Agrowisata Situ Bolang, Wisata Edukasi & Kekinian di Indramayu

Agrowisata Situ Bolang Indramayu

Lokasi: Jatisura, Kec. Cikedung, Kab. Indramayu.
MapCek Lokasi

Kabupaten Indramayu termasuk dalam provinsi Jawa Barat yang memiliki segudang tempat wisata yang memamerkan pemandangan indah seperti wisata alam. Namun selain wisata alam, Kabupaten Indramayu memiliki pariwisata khusus seperti hasil perkebunan sebagai daya tarik wisata. Namanya Agrowisata Situ Bolang, yang akhir-akhir ini memiliki tanggapan yang positif dari wisatawan.

Agrowisata Situ Bolang terletak di Desa Jatisura ini menyajikan tepat wisata yang berbau tentang perkebunan dan keasrian. Agrowisata ini diresmikan pada tanggal 13 Oktober 2019 oleh Wakil Bupati Indramayu. Sejak diresmikannya Agrowisata ini, pengunjung tak kunjung hentinya mendatangi lokasi wisata. Sampai akhirnya tempat ini menjadi viral di media sosial dan banyak mendatangkan wisatawan.

Di Agrowisata Situ Bolang wisatawan dapat menyejukkan mata bahkan pikiran dengan melihat ratusan pohon mangga. Bukan hanya pohon mangga saja, kabarnya di Agrowisata Situ Bolang banyak menawarkan objek wisata lainnya. Jika berminat ingin berlibur ke tempat wisata ini, berikut beberapa penjelasan tentang Agrowisata Situ Bolang.

Agrowisata Situ Bolang, Tempat Wisata Kekinian di Indramayu

Agrowisata Situ Bolang, Tempat Wisata Kekinian di Indramayu

Image Credit: Infopublik.id

Agrowisata Situ Bolang terletak di Indramayu, Jawa Barat dimana destnasi in memiliki lahan seluas lahan 12 hektar. Wisata yang menyuguhkan pemandangan dengan objek wisata perkebunan. Agrowisata ini merupakan tempat perkebunan pohon mangga jenis Agrimania. Yang jarang bisa tumbuh di daratan rendah.

Hal ini yang menjadi keunikan dari tepat wisata ini. Karena memang biasanya mangga jenis Agrimania ini tumbuh di daratan tinggi. Dengan penanganan yang ahli dan dirawat oleh tangan yang ahli maka pohon mangga jenis Agrimania dapat tumbuh dengan baik meski di daratan rendah sekalipun.

BACA:  Pesona Keindahan Pantai Kejawanan di Cirebon yang Memukau

Awal Agrowisata Situ Bolang ini dibuat untuk memajukan perekonomian daerah dalam bidang pertanian. Hingga ada usulan ide bagaimana caranya membuat kebun sekaligus dijadikan tempat wisata yang dapat menghasilkan pemasukan untuk daerah. Sekaligus ingin mengenalkan buah mangga Agrimania kepada publik.

Buah mangga agrimania merupakan buah khas dari Indramayu. Buah mangga Agrimania pernah masuk dalam penobatan yang memperoleh juara 1. Penghargaan ini diberikan oleh pihak kementrian pertanian, menjadi buah unggul dalam kategori nasional pada tahun 2014.

Pembukaan Agrowisata Situ Bolang bekerjasama dengan 14 anggota swadaya yang ingin memajukan pendapatan daerah. Serta ingin mengenalkan berbagai macam pohon mangga. Ide ini mendapat tanggapan positif dari pemerintahan setempat dan akhirnya dibangunlah tempat Agrowisata ini.

Fasilitas yang Ditawarkan Agrowisata Situ Bolang

Fasilitas yang Ditawarkan Agrowisata Situ Bolang

Image Credit: Jurnalindonesiabaru.com

Agrowisata Situ Bolang merupakan salah satu tempat tujuan para wisatawan yang akan berlibur dan ingin menikmati suasana alam yang asri. Selain menyuguhkan perkebunan dengan berbagi spesies buah mangga. Agrowisata ini juga menawarkan fasilitas seperti taman bunga matahari, wahana motor ATV, market buah dan tempat edukasi.

Berwisata di Situ Bolang akan membuat Anda bersemangat. Karena Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam jenis mangga dan tentunya jika datang pada saat musim panen. Anda bisa memanen buah mangga dengan jerih payah Anda sendiri. Memang Argowisata Situ Bolang ini membolehkan Anda memetik buah mangga yang sudah matang.

Cara memetiknyapun tidak boleh sembarangan, Anda di sini juga akan diajarkan cara memetik buah mangga yang sudah matang. Tidak hanya itu saja Anda pun juga bisa membeli buah mangga yang sudah Anda panen tadi dengan harga terjangkau, karena Agrowisata Situ Bolang menawarkan harga di bawah harga pasar.

BACA:  Taman Buah Mekarsari, Tempat Rekreasi Agrowisata di Jawa Barat

Selain bisa memetik buah mangga sendiri, Anda juga akan disuguhkan dengan ladang bunga matahari yang sangat luas. Di ladang ini Anda juga dapat berswafoto sebanyak-banyaknya dengan bunga matahari. Selain itu Anda juga bisa mengajak buah hati Anda berenang bersama. Bukan hanya itu, bahkan Anda juga bisa berpiknik di area perkebunan.

Agrowisata ini juga menyediakan wahana yang dapat memicu adrenalin, seperti wahana motor ATV. Di tempat wisata ini juga sudah disediakan track yang menantang Anda untuk segera menaikinya. Selain menawarkan beragam wahana dan objek wisata, mereka juga menawarkan edukasi tentang tanaman mangga.

Beberapa pengunjung sebagian besar adalah seorang pelajar yang terkadang sedang study tour. Pihak Agrowisata sendiri memutuskan untuk menyediakan layanan edukasi cara menanam pohon mangga yang baik dan benar. Para pelajar akan diajari mulai dari cara memilih bibit yang bagus, pembibitan, penyemaian hingga penanaman dan perawatannya.

Fasilitas Penunjang di Agrowisata Situ Bolang

Fasilitas Penunjang di Agrowisata Situ Bolang

Dharmaayunagari.blogspot.com

Untuk fasilitas umumnya sangat banyak. Mulai dari mushola, toilet umum, tempat piknik, dan tempat parkir. Para wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan tidak adanya sarana umum yang disediakan. Di Agrowisata sendiri sarana umum sangatlah diperhatikan dan dianggap penting. Karena sarana umum adalah salah satu struktur untuk tempat wisata.

Fasilitas umum lainnya yang ditawarkan adalah market. Disana Anda juga bisa membeli buah yang Anda petik sendiri dengan harga yang murah. Selain buah mangga disana juga menjual buah seperti buah kelengkeng, durian dan lainnya.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Agrowisata Situ Bolang

Lokasi & Harga Tiket Masuk Agrowisata Situ Bolang

Image Credit: Dharmaayunagari.blogspot.com

Untuk akses menuju tempat wisata ini masih tergolong mudah. Memang untuk aksesnya Anda masih harus masuk kawasan perkebunan lainnya. Tapi jangan khawatir karena pemerintah setempat sudah membukakan jalan dan membangun aspal untuk sekitar lokasi wisata.

BACA:  8 Air Terjun (Curug) di Purwakarta Paling Hits Dikunjungi

Selain itu, banyak rambu-rambu yang menunjukan arah ke tempat lokasi wisata. Kalau Anda masih bingung Anda tinggal ketik di google map cari Agrowisata Situ Bolang. Anda akan langsung diarahkan ke tempat lokasi.

Apabila Anda ingin berwisata ke Agrowisata Situ Bolang dengan keluarga atau sanak saudara. Anda hanya perlu meraih uang Rp 8.000 untuk 1 orang. Harga tiket tersebut sudah menjangkau orang dewasa dan anak-anak.

Dengan Harga tiket Rp 8.000 Anda dapat menikmati fasilitas yang diberikan pihak Agrowisata Situ Bolang. Andapun juga dapat menikmati suasana alam yang asri dan indah. Selain itu Anda juga mendapat pelajaran yang sangat bermanfaat dan bisa diterapkan di rumah untuk menanam pohon mangga yang baik dan benar.

Sebagai catatan harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kebijakan dari pihak Agrowisata. Jadi sebelum Anda ingin berlibur alangkah baiknya Anda harus mengecek harga tiket terlebih dahulu. Agar Anda tidak kecewa sesampainya di Agrowisata Situ Bolang, Indramayu. Untuk harga parkirnya juga masih murah.

Inilah sedikit informasi yang dapat disampaikan mengenai Agrowisata Situ Bolang, yang kekinian di daerah Kabupaten Indramayu. Bagi Anda yang ingin mempersiapkan liburan, jangan lupa untuk mengecek segala sesuatunya. Mulai dari perlengkapan kendaraan, barang bawaan hingga harga tiketnya.

Tidak ada salahnya untuk berlibur disela-sela waktu yang begitu sibuk. Berlibur meskipun dengan harga yang sangat ekonomis, yang penting bisa menghilangkan penat akan pekerjaan dan hiruk pikuk suasana kota. Maka jangan ragu untuk mengunjungi tempat Agrowisata Situ Bolang yang menyajikan berbagai macam objek wisata yang menarik.