20 Wisata Pantai di Jogja

Siapa sih yang tak kenal Yogyakarta, kota yang dijuluki sebagai kota Pelajar ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Penduduk yang ramah dan banyaknya destinasi wisata menarik, menjadi alasan Jogja wajib menjadi tujuan untuk menghabiskan waktu liburan.

Berlibur ke Yogyakarta tak harus mengunjungi Candi Prambanan atau Malioboro saja, ada banyak destinasi menakjubkan lain yang wajib dikunjungi saat berada disini. Salah satunya wisata dengan nuansa alam seperti pantai.

Nah, berikut ini 20 rekomendasi wisata pantai di Yogyakarta yang wajib dikunjungi bersama keluarga atau partner vacation Kamu. Karena selain memiliki pemandangan yang eksotis, rekomendasi wisata pantai ini juga mempunyai akses yang sangat mudah.

1. Pantai Jogan

Pantai Jogan

Lokasi: Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjasuper.co.id

Ingin menikmati wisata pantai sekaligus air terjun? Ya, Kamu bisa mengunjungi Pantai Jogan yang berada di Gunung Kidul. Air terjun disini memiliki ketinggian 10 meter, dan bersumber langsung dari perbukitan karst yang terdapat di sekitar pantai. Uniknya, air terjun ini alirannya langsung jatuh ke pantai.

Selain pemandangan air terjunnya, Pantai Jogan juga memiliki panorama alam yang sangat cantik. Bentang alam pantai ini juga unik, karena dikelilingi tebing pegunungan kapur yang tinggi.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Lokasi: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai romantis di Gunung Kidul yang memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Sehingga tak boleh terlewatkan saat berlibur ke Kota Gudeg ini.

Pantai Indrayanti juga memiliki fasilitas yang beragam, seperti persewaan jetsky, restoran dengan hidangan khas pantai, hingga cottage atau penginapan untuk tempat bermalam di Pantai ini. Selain panorama yang cantik, dan fasilitas beragam, pantai ini memiliki harga tiket masuk yang murah.

3. Pantai Nglambor atau Lambor

Pantai Nglambor atau Lambor

Lokasi: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab.Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Awasanton.blogspot.com

Pantai Nglambor berlokasi tak jauh dari Pantai Jogan. Kamu bisa mengunjungi pantai ini untuk melakukan kegiatan snorkeling. Berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya, Pantai Lambor ini memiliki ombak pantai yang jauh lebih tenang.

Selain panorama pantai yang eksotis, pemandangan bawah laut pantai ini juga tidak ada duanya. Banyaknya biota laut seperti ikan kecil, terumbu karang yang cantik menjadi alasan Kamu harus snorkeling disini.

4. Pantai Siung

Pantai Siung

Lokasi: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Eksotisjogja.com

Di pantai ini ada banyak medan panjat tebing, dengan ketinggian dan kesulitan yang beragam. Bahkan Pantai ini juga sering dijadikan lokasi perlombaan panjat tebing tingkat nasional hingga internasional.

Berada diatas tebing yang tinggi, Kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Siung yang sangat eksotis. Namun bagi wisatawan yang tak bisa memanjat, bisa bermain puas di pantainya. Disini juga di sediakan camping area untuk mendirikan tenda.

5. Pantai Timang

Pantai Timang

Lokasi: Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Piknikasik.com

Pantai Timang, salah satu destinasi di Gunung Kidul yang keindahannya wajib dijamah segera. Disini juga terdapat pulau kecil bernama Pulau Timang, yang terbentuk dari bokahan batuan karang dengan tebing yang sangat curam. Dan untuk mencapainya, Kamu harus naik/sewa gondala tradisional.

Berada diatas gondala dengan ketinggian 9-11 mdpl, Kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat eksotis. Tak hanya itu saja, saat berada di Pulau Timang Kamu akan berjumpa dengan banyak binatang lobster yang terkenal itu.

6. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Lokasi: Glagah, Temon, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjaland.net

Pantai Glagah merupakan pantai di Kabupaten Kulon Progo dengan hamparan pasir hitam, serta memiliki banyak keunikan. Salah satunya terdapat tetrapod yang dapat memecah ombak laut selatan. Berdiri di dekat tetrapod Kamu bisa merasakan langsung deburan ombak khas Pantai Glagah yang besar.

Selain itu, Pantai Glagah juga memiliki laguna yang indah dan luas. Disini wisatawan bisa bermain kano, perahu bebek, bahkan bermain sampan untuk mengelilingi laguna pantai. Kamu juga bisa menelusuri setiap sudut pantai menggunakan ATV, atau mengunjungi perkebunan buah yang berada di dekat pantai.

7. Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara Bantul

Lokasi: Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.- Image Credit by Jogjaland.net

Karena terdapat banyak tumpukan pohon cemara yang membentuk seperti goa, dengan lubang sebagai mulut gua sehingga destinasi wisata di Kabupaten Bantul ini dijuluki Pantai  Goa Cemara Bantul. Mulut goa ini merupakan akses masuk ke bibir pantai.

Pantai Goa Cemara Bantul ini memang terkesan seperti hutan. Bahkan salah satu setting pantai ini mirip seperti yang ada di film Twilight. Berwisata kesini cocok buat Kamu yang ingin terhindar dari cuaca panas khas pantai.

8. Pantai Depok

Pantai Depok

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Holobis.net

Ingin berwisata sekaligus menikmati hidangan khas pantai? Berlibur saja ke Pantai Depok. Pantai yang berada di Kabupaten Bantul ini selain memiliki panorama alam yang eksotis, juga merupakan pusat wisata kuliner laut yang enak.

Disini terdapat pasar ikan yang menjadi lokasi pelelangan hasil tangkapan laut seperti udang, cumi, ikan, kerang, dan lain sebagainya. Kamu bisa langsung beli sendiri di pasar ikan dan meminta tolong pemilik warung untuk memasaknya.

9. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Lokasi: Ngalos, Kemadang, Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Sewamotordijogja.com

Disebut Pantai Sepanjang karena memiliki garis pantai yang sangat panjang. Hamparan pasir putih, batuan karang yang eksotis, serta biota laut yang beragam merupakan daya tarik dari Pantai Sepanjang.

Berwisata kesini, Kamu bisa berenang menikmati keindahan dasar laut, atau bermain air di antara batuan karang saat air laut surut. Kamu juga bisa sekedar duduk-duduk santai menikmati pemandangan sunset yang sangat khas dari Pantai Sepanjang.

10. Pantai Krakal

Pantai Krakal

Lokasi: Ngestirejo, Kec. Tanjung Sari, Kab. Gunungkidul, Daetah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Pegipegi.com

Memiliki ciri khas berupa 2 batuan karang besar, Pantai Krakal merupakan destinasi yang wajib dikunjungi. Batuan karang ini memiliki warna hitam, dan kontras dengan hamparan pasir Pantai Krakal. Selain itu batuan ini juga menjadi pembatas antar pantai. Diatas batuan eksotisme pantai bisa dinikmati.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Krakal, seperti surfing dan snorkeling menikmati pemandangan bawah laut yang indah atau menikmati panorama sunset dan sunrise. Untuk fasilitasnya sudah cukup lengkap, mulai dari restoran dengan menu khas pantai sampai penginapan.

11. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Lokasi: Pok Tunggal, Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Pantainesia.com

Cukup dengan bersepeda motor atau melakukan trekking, Kamu akan menjumpai destinasi pantai yang sangat cantik yaitu Pantai Pok Tunggal. Keberadaan pantai ini ditKamui dengan Pohon Duras, yang merupakan tumbuhan satu-satunya yang tumbuh didekat pantai.

Berwisata ke Pantai Pok Tunggal cocok buat Kamu yang ingin mendapat suasana tenang, karena kondisi sekitar pantai masih sangat sepi. Hamparan pasir putih dan deburan ombak yang tenang menjadi daya tarik pantai ini. Kamu juga bisa berenang di pinggir pantai, atau sekedar duduk santai di gazebo yang ada.

12. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Lokasi: kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Visitingjogja.com

Melipir ke sisi timur Pantai Ngobaran, ada satu destinasi wisata yang tak bisa dilewatkan yaitu Pantai Ngrenehan. Berwisata kesini, Kamu bisa melihat berbagai aktivitas para nelayan mulai dari menyiapkan perahu hingga mengangkat hasil tangkapan yang diperoleh.

Selain itu, pemandangan bukit kapur yang indah serta hamparan pasir putih nan bersih juga menjadi daya tarik wisata ini. Uniknya lagi, di Pantai Ngrenehan masih sering dilangsungkan upacara adat. Upacara Melasti ini dilakukan saat bulan purnama tepatnya di Hari Raya Nyepi.

13. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu

Lokasi: Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Piknikdong.com

Berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, Pantai Pasir Kadilangu merupakan destinasi wisata yang masih terbilang baru. Pantai ini menyuguhkan pesona hutan bakau yang sangat indah. Selain itu, akses menuju lokasi yang mudah juga menjadi alasan Pantai Pasir Kadilangu banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai Pasir Kadilangu memiliki banyak spot tematik yang instagramable. Berada disini Kamu bisa menikmati berbagai atraksi spektakuler, berjalan santai di jembatan bamboo, atau naik kapal perahu untuk mengelilingi sungai Bogowonto.

14. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng

Lokasi: Songbanyu, Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Blog.reservasi.com

Pantai Sadeng merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, saat musim liburan ataupun hari biasa. Pantai ini memiliki keunikan yakni dianggap sebagai muara Sungai Bengawan Solo.

Selain pemandangan pelabuhan yang indah, Pantai Sadeng juga memiliki hamparan pasir yang bersih serta deburan ombak yang cukup tenang. Sehingga cocok buat Kamu yang ingin berenang disini.

15. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo

Lokasi: Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  – Image Credit by Sukagitu.com

Pantai Wedi Ombo, salah satu pantai di Gunung Kidul yang wajib dikunjungi saat berada Jogja. Berada diantara bukit dan tebing, membuat panorama alam pantai sangatlah menarik. Tak hanya itu saja, pemandangan bawah lautnya juga menawan sehingga pas dijadikan sebagai spot untuk snorkeling.

Bagi pecinta olahraga surfing wajib berkunjung kesini, dikarenakan ombak Pantai Wedi Ombo cukup besar. Disini juga disediakan kolam renang alami, yang bisa dijadikan sebagai spot untuk berenang bersama buah hati.

16. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Lokasi: Kretek, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Sudah menjadi destinasi wisata wajib saat berlibur ke Yogyakarta, Pantai Parangtritis yang terkenal dengan cerita mitos Nyai Roro Kidul. Ombak di pantai ini juga terkenal sangat ganas, bahkan mampu menyeret wisatawan jika tak berhati-hati.

Terlepas dari cerita mitos dan kengerian ombaknya, Pantai Parangtritis menyimpan banyak keindahan alam. Salah satunya keindahan panorama sunset dan sunrisenya, serta menjadi satu-satunya pantai yang menyatukan antara air tawar dengan air laut. Disini juga tersedia delman untuk mengelilingi pantai.

17. Pantai Drini

Pantai Drini

Lokasi: Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewah Yogyakarta. – Image Credit by Tempat-wisatabagus.blogspot.com

Sudah terkenal dengan spot snorkeling yang sangat indah, membuat Pantai Drini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Yogyakarta. Selain itu pemandangan pulau kecil yang berada di tengah pantai, juga menjadi daya tarik wisatawan.

Tak hanya untuk menikmati pemandangan alamnya saja, berwisata ke Pantai Drini juga bisa memuaskan lidah dengan menyantap berbagai kuliner khas pantai yang lezat. Wisatawan dapat memilih sendiri jenis dan ukuran ikan untuk disantap.

18. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok

Lokasi: Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Sewamotorjogja.id

Meski terletak di kawasan Gunung Kidul, namun Pantai Jungwok masih sedikit yang menjamah. Selain itu, lokasi yang cukup jauh juga menjadi alasan mengapa wisatawan masih belum banyak yang tahu. Pantai ini memiliki ciri khas bentuk melengkung dan dikelilingi banyak bukit yang sangat mempesona.

Pantai Jungwok juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat 3 aliran sungai air tawar yang langsung mengarah ke pantai. Sehingga memberi kesan seolah-olah pantai terbelah menjadi 3 bagian. Berwisata kesini usahakan membawa banyak perlengkapan, karena masih sedikit fasilitas yang disediakan.

19. Pantai Kukup

Pantai Kukup

Lokasi: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Sobatjogja.com

Berada di kawasan Gunung Kidul, Pantai Kukup merupakan destinasi populer dengan banyak daya tarik. Tak hanya pemandangan alamnya yang sungguh eksotis, ternyata Pantai Kukup juga memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat Pulau Karang di sebelah timur pantai.

Pantai Kukup ini memiliki hamparan pasir putih bersih, ombak tenang, serta lantai karang yang bisa menjadi spot untuk melihat beraneka biota laut saat air mulai surut. Disini Kamu juga bisa berenang puas, atau sekedar duduk menikmati pemandangan khas Pantai Kukup.

20. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Lokasi: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Blog.reservasi.com

Merupakan pantai cantik di Yogyakarta yang memiliki banyak keunikan. Salah satunya terdapat tempat beribadah dari masing-masing agama di Indonesia, seperti masjid dan pura. Selain itu, kondisi alam Pantai Ngobaran juga masih sangat asri, karena belum banyak yang menjamah destinasi ini.

Pantai Ngobaran juga menjadi lokasi umat Hindu melakukan upacara saat Hari Raya Nyepi sehingga nuansa mistispun bisa terasa disini. Pemandangan senja yang eksotis membuat Pantai Ngobaran harus dikunjungi, apalagi jika menikmatinya diatas bukit.

Nah, apakah sudah siap menjelajah satu-satu 20 rekomendasi pantai di Yogyakarta diatas? Ayo segera jadwalkan cuti liburan Kamu, dan ajak keluarga atau teman untuk menjamah keindahan pantai-pantai diatas.