Suasana berbeda akan Anda rasakan saat berada di wisata Pantai Krakal. Dengan berbagai keindahan alam dan pesona lautnya yang dapat memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 4.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kawasan bibir pantai berupa batuan karang yang berada di Pantai Krakal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Lokasinya berada di lantai dua Yogyakarta yakni daerah Gunung Kidul, rute perjalanan yang dapat Anda tempuh pun cukup beragam.

Selain keindahan pesona laut dan hamparan pasir putih yang ditawarkan, pantai ini juga terkenal akan olahan khasnya berupa rumput laut goreng. Makanan yang biasa dikonsumsi sebagai camilan ini, memiliki rasa asin dan tekstur yang renyah seperti olahan keripik bayam.

Lokasi wisata pantai tersebut sangat cocok digunakan untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga atau teman. Akan ada banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di kawasan wisata tersebut. Jika Anda tertarik, berikut ini ada informasi mengenai tempat wisata satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Krakal

Daya Tarik Pantai Krakal
Image Credit: Twitter.com @kabarjogjakarta

1. Banyaknya Penjual Rumput Laut Goreng

Camilan dengan rasa gurih atau asin ini berbahan dasar dari rumput laut yang dikeringkan terlebih dahulu. Di kawasan Pantai Krakal ini, Anda dapat menemukannya di setiap jalanan dari arah parkir kendaraan menuju lokasi pantainya. Bahkan dapat dikatakan camilan unik satu ini menjadi unggulan dari wisata pantai tersebut.

Harga untuk camilan ini pun cukup murah, untuk setiap kemasan dengan berat setengah kilo, Anda cukup membayar Rp 15.000 saja. Namun, jika Anda ingin membeli dalam jumlah yang cukup besar, Anda bisa menanyakan kepada penjualnya untuk meminta kemasan yang lebih besar.

Selain itu, beberapa pedagang menggoreng rumput laut ini secara langsung. Jadi selain wisatawan dapat membeli kemudian pergi, dapat juga menunggu sebentar sembari melihat proses penggorengannya.

Bagi Anda yang belum pernah merasakan camilan ini, hal pertama yang akan Anda rasakan adalah seperti memakan keripik bayam. Rumput laut goreng yang renyah ini dapat menjadi teman camilan saat menonton televisi. Tak hanya itu, rasanya yang asin bisa menjadi pengganti lauk saat Anda makan.

2. Bibir Pantai Berupa Batuan Karang

Jika wisata pantai yang lain memiliki bibir pantai berupa pasir yang landai dan menjorok langsung ke perairan, maka berbeda halnya dengan Pantai Krakal. Batuan karang yang tampak di sepanjang bibir pantainya, menjadi keunikan tersendiri dari wisata pantai satu ini.

Dari nama pantainya sendiri yaitu ‘Krakal’ yang berarti batuan karang dalam bahasa Indonesia, menggambarkan suasana dari pantainya itu sendiri. Sepanjang timur hingga barat pantai, akan dapat ditemui banyak batu karang dengan ukuran yang beragam.

Wisatawan yang mendatangi kawasan pantai tersebut dapat melihat berbagai jenis ikan kecil yang terperangkap dalam celah batuan karang. Saat ombak surut, Anda dapat berjalan melewati batuan karang pada bibir pantai untuk melihat berbagai macam biota laut kecil didalamnya.

Namun saat berjalan diatas batuan karang tersebut, wisatawan sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki yang cukup tebal. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera pada telapak kaki karena batuan karang yang terkadang tajam.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Image Credit: Instagram.com @deasyharii16

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Tanjungsari daerah Gunung Kidul, yang lebih tepatnya terletak di wilayah Desa Ngastiharjo. Perjalanan dari arah kota maupun dari kabupaten lain, dapat Anda ambil sesuai dengan keinginan. Namun jika ingin menempuh perjalanan yang lebih singkat, maka berangkat dari Kabupaten Bantul adalah pilihannya.

Untuk dapat sampai di wisata Pantai Krakal, perjalanan pertama dari arah Bantul adalah dengan melewati daerah Imogiri. Melalui jalur utama yakni Jalan Imogiri Barat, Anda akan berjalan ke arah selatan hingga menemukan sebuah pertigaan dengan lampu merah.

Kemudian berbelok ke kiri pada pertigaan tersebut, akan Anda temukan sebuah jembatan yang berada di atas sungai yang cukup lebar. Masih di jalur yang sama, ukuran jalan yang akan Anda lewati terlihat semakin sempit. Tak hanya itu, terdapat sebuah pasar tradisional di sisi jalan yang cukup ramai.

Setelah melewati jalan tersebut, kendaraan yang Anda bawa akan berbelok ke kanan memasuki Jalan Raya Panggan dengan kondisi yang mulai menanjak. Walaupun keadaan jalannya yang terbilang cukup ekstrem, namun dapat Anda lihat keindahan pemandangan dari atas ketinggian.

Tak terasa waktu yang ditempuh sudah lebih dari 1,5 jam, hingga pada akhirnya Anda sampai di daerah Paliyan. Jalan desa yang akan Anda lewati di daerah tersebut, menjadi rute terakhir dari perjalanan panjang yang Anda tempuh. 30 menit kemudian, akan terlihat pintu masuk menuju lokasi wisata pantai yang menjadi tujuan Anda sebelumnya..

Sebelum dapat menikmati berbagai macam keindahan wisata pantai satu ini, wisatawan diharuskan membayar tiket dengan harga Rp 4000. Harga ini terbilang cukup murah untuk kawasan wisata yang berada di Kota Yogyakarta. Tak hanya itu, akan ada banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di kawasan pantai tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Krakal

Kegiatan Menarik di Pantai Krakal
Image Credit: Twitter.com @gembel_motret

1. Berselancar Merasakan Keganasan Ombak Selatan

Tidak hanya pulau dewata saja yang terkenal sebagai lokasi favorit untuk berselancar, namun juga dengan Pantai Krakal yang berada di kawasan Yogyakarta satu ini. Perairan selatan Jawa tersebut memang terkenal dengan keganasan ombak yang mampu menantang adrenalin.

Oleh karena itu, keadaan tersebut banyak dilirik oleh para peselancar profesional dari berbagai daerah. Tak jarang para peselancar tersebut rela datang dari jauh hanya untuk berselancar merasakan keganasan ombak pantai selatan.

2. Menikmati Keindahan Biota Laut

Olahraga air lain seperti snorkling, dapat menjadi pilihan kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di lokasi wisata pantai satu ini. Anda akan diajak berenang sembari melihat ikan-ikan kecil yang bermain di celah terumbu karang.

Untuk peralatannya sendiri sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai, jadi Anda tidak perlu membawanya sendiri dari rumah. Bagi Anda yang masih pemula, ada seorang pendamping yang akan menemai selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan di Pantai Krakal
Image Credit: Google Maps (Sisilia Prita Ascaryansari)

3. Mengabadikan Keindahan Alam dengan Berfoto

Pemandangan tebing kapur dengan lautan luas berwarna biru pekat dari Pantai Krakal ini memang tidak bisa dipungkiri lagi keindahannya. Kesempatan tersebut dapat Anda jadikan sebagai ide latar belakang dari hasil foto Anda.

Jangan sampai satu momen pun dapat terlewat dari jepretan lensa kamera yang Anda gunakan. Persiapkan dengan baik kebutuhan fotografi Anda saat berada di pantai ini, agar mendapat hasil gambar yang lebih maksimal.

4. Menghabiskan Sore dengan Sunset yang Indah

Berburu sunset adalah kegiatan lain yang menjadi favorit bagi banyak wisatawan yang mengunjungi pantai berpasir putih satu ini. Keindahan langit yang mulai berubah menjadi berwarna jingga, bisa Anda nikmati dengan duduk santai di gasebo yang telah disediakan.

Usahakan berangkat pada waktu yang tepat untuk dapat menghabiskan sore dengan menikmati sunset indah di pantai tersebut. Jangan lupa membawa camilan untuk menemai waktu Anda.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat Pantai
Image Credit: Agoda.com

1. The Royal Joglo

Penginapan bernama The Royal Joglo ini terletak cukup dekat dengan kawasan Pantai Krakal, yakni sekitar 180 meter saja. Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu beberapa hari di pantai tersebut, dapat memilih penginapan ini untuk bermalam.

Desain bangunan yang terinspirasi dari Joglo khas Jawa, menampilkan suasana yang lebih nyaman dan terlihat menenangkan. Remang-remang dari lampu berwarna kuning saat malam hari, akan menambah suasana didalam penginapan tersebut menjadi semakin tenang.

Tak hanya itu, nuansa sejuk akan terasa karena adanya beberapa tanaman di setiap sudut ruangannya. Fasilitas seperti kolam renang dan kursi untuk bersantai, juga akan Anda dapatkan dari penginapan unik berbentuk joglo satu ini.

2. Spot On 90276 Mayasari Guesthouse

Penginapan yang sering disebut Mayasari Guesthouse ini menawarkan harga yang cukup murah untuk pemesanan setiap kamarnya. Para tamu tersebut hanya perlu membayar sekitar Rp200.000 untuk menginap satu malam di penginapan ini.

Fasilitas yang disediakan pun tidak berbeda dengan penginapan berharga lebih tinggi lainnya. Untuk fasilitas di dalam kamarnya sendiri terdapat televisi, kamar mandi, dan air condirioner. Walaupun desain ruangannya terlihat sederhana, namun hal itulah yang akan membuat Anda anda merasakan kenyamanan seperti di rumah sendiri.

Letak penginapan ini pun tak jauh dari Pantai Krakal, cukup dengan berjalan kaki selama 1 menit. Lokasi penginapan tersebut lebih tepatnya berada di sisi barat dari arah pantai, dengan dominasi warna hijau yang mencolok.

3. Hohok House

Memiliki jarak kurang lebih 150 meter dari lokasi pantainya, penginapan unik ini menjadi favorit bagi wisatawan pantai tersebut khususnya yang berasal dari luar daerah. Dapat dikatakan unik karena penginapan ini menggunakan seluruh materi bangunan dari kayu.

Selain itu, hiasan dinding dan beberapa fasilitas lainnya juga mengambil peran kayu sebagai bahan dasarnya. Warna coklat dari kayu akan sangat melekat pada bangunan dari penginapan ini, karena warna asli dari kayu tersebut dapat memberi kesan yang lebih natural.

Untuk setiap kamarnya sendiri, dari penginapan ini menyediakan ukuran kamar yang cukup luas, dengan kapasitas maksimal 6-8 orang. Dengan ukuran kamar yang terbilang besar tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk menginap bersama keluarga atau teman saat berlibur.

Bagi Anda yang suka minum kopi saat pagi maupun malam hari, di penginapan tersebut tersedia fasilitas bar kecil. Berbagai sajian minuman dihidangkan kepada para tamu, salah satunya minuman kopi itu sendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Krakal Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Krakal
Image Credit: Google Maps (Autonomous Driver)

Fasilitas yang ada di Pantai Krakal ini sudah dapat dikatakan cukup memadai. Karena memang lokasinya yang menjadi salah satu wisata unggulan dari daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Tak hanya fasilitas dasar seperti toilet atau kamar ganti, namun juga beberapa penginapan yang berjarak cukup dekat.

Selain itu, ada fasilitas sewa alat snorkling dari pihak pengelola pantai untuk wisatawan yang ingin merasakan keseruan olahraga air satu ini. Dengan biaya Rp 50.000 per orangnya, Anda akan mendapatkan peralatan berupa rompi pelampung dan kacamata beserta alat pernafasan.

Itulah informasi mengenai tempat wisata Pantai Krakal yang namanya sudah terkenal hingga luar daerah. Tak hanya keindahan pesona alamnya yang dapat menarik perhatian banyak pasang mata, namun juga karena lokasinya yang mudah dijangkau. Jadi sempatkan diri Anda untuk mendatangi wisata pantai satu ini.