Pantai Sanur tergolong destinasi wisata yang populer di Pulau Bali. Pantai pasir putih dengan panorama yang memukau dan dapat menghadirkan pengalaman wisata super lengkap.

Lokasi: Jl. Kusuma Sari No.1, Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.
Map: Cek Lokasi

Pulau Bali merupakan tempat idaman bagi kebanyakan dari Anda. Pulau yang disebut sebagai negeri para dewa ini menawarkan keindahan alam yang tidak ada matinya. Setiap tempat di poles menjadi sebuah destinasi yang masih alami namun bertaraf internasional. Banyak lokasi wisata yang wajib Anda datangi ketika berkunjung. Salah satunya ialah pantai Sanur yang mana terletak paling strategis.

Berbicara soal pantai menawan ini, Anda yang pernah ke pulau Dewata pasti mampir ke destinasi yang satu ini. Sanur merupakan destinasi yang amat strategis berkat lokasinya yang tak jauh dari pusat kota. Hal itu membuat siapa pun pasti hendak untuk datang mengunjungi. Apalagi akses jalan cukup mudah dijangkau dan Anda juga bisa melihat pemandangan Sunrise yang terkenal menawan dari dekat pantai.

Pantai Sanur telah lama dikenal sebagai spot melihat matahari terbit. Meski begitu aktivitas yang dapat wisatawan lakukan tidak hanya itu saja. Ada banyak variasi kegiatan yang bisa dilakukan untuk menunjang waktu berlibur pengunjung. Datang bersama rekan atau keluarga akan kian membuat momen berlibur semakin seru.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sanur

Daya Tarik Pantai Sanur
Image Credit: Twitter.com @maria26915

Setiap destinasi wisata tentu memiliki daya tarik tersendiri. Demikian pula dengan Sanur yang terkenal menawarkan banyak hal bagi pengunjung. Lokasi wisata yang berada di pulau Bali juga membuat destinasi ini sangat terlihat indah. Berikut adalah beberapa daya tarik dari pantai yang satu ini.

1. Menawarkan Keindahan Matahari Terbit

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, pantai ini terkenal menjadi spot melihat Sunrise. Tak ayal Anda akan melihat banyak wisatawan berbondong-bondong datang mengunjungi lokawisata saat pagi hari. Keindahan Sunrise memang akan terlihat sangat nyata mengingat Sanur terletak di sebelah Timur Bali sehingga menjadi spot terbaik melihat penampakan fenomena alam ini.

2. Pantai yang Indah

Melihat matahari terbit merupakan kegiatan yang seru. Apalagi pantai Sanur memiliki keindahan alam yang masih begitu terjaga. Pengunjung akan betah melihat dan bersantai di tengah hamparan pasir putih yang menghampar luas. Nampak pula berbagai batu karang warna-warni menghiasi di sekitar pantai yang mana membuat pemandangan makin mempesona.

3. Terlihat Gugusan Pantai

Pantai Sanur memiliki ada saja yang membuat destinasi ini menarik. Bila Anda beruntung bahkan kerap sekali terlihat gugusan pantai yang sangat menawan. Gugusan itu merupakan gambaran dari Nusa Penida. Selain itu di tengah air yang surut kerap pula terlihat gugusan Serangan yang mana makin membuat pemandangan kian cantik.

Daya Tarik dari Pantai Sanur
Image Credit: Facebook.com @kemenkeuri

4. Wahana dan Fasilitas Lengkap

Apa yang membuat pantai ini selalu di padati pengunjung ialah ada pilihan wahana dan fasilitas yang lengkap. Selain menawarkan pemandangan menakjubkan melalui nampak matahari terbit, pengunjung juga dapat menikmati beragam jenis wahana yang tersedia di sini. Anda dapat memilih permainan wahana air yang mana akan membuat momen liburan semakin seru.

Pilihan wahana yang ada memang sangat lengkap. Bahkan satu hari saja bisa dirasa kurang untuk dapat menikmati semuanya. Selain itu beragam aktivitas seru pun dapat dilakukan di pantai ini berupa jalan-jalan di pasir putih yang indah ataupun sekedar bersantai menikmati pemandangan yang ada. Dengan pemandangan demikian maka suasana bersantai kian bikin betah wisatawan.

5. Spot Foto Bervariasi

Tujuan berwisata memang untuk menghilangkan penat kegiatan sehari-hari. Namun tidak ada salahnya juga Anda ingin mengambil banyak hasil jepretan foto keren. Apalagi pantai Sanur memiliki banyak sekali pilihan spot foto yang siap memanjakan pengunjung. Setiap detail foto akan terlihat begitu menarik sehingga momen liburan akan semakin menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Sanur

Alamat Pantai Sanur
Image Credit: Google Maps (Harry Afandy)

Mengenai penempatan dan lokasi pantai Sanur memang sudah tak terbantahkan lagi. Dalam hal ini memiliki artian bahwa pantai dengan fasilitas lengkap ini berada di area yang sangat strategis. Lokasi wisata ini juga kerap dijadikan destinasi awal untuk setiap trip selama wisatawan datang ke pulau dewata. Apalagi selama perjalanan tidak ada hambatan berarti mengingat kondisi jalan yang bagus.

Alamat lengkap dari destinasi menawan ini yaitu berada di Jalan Kusuma Sari No 1. Sanur, Kota Denpasar. Lokasi yang demikian membuat Anda akan mudah untuk menemukannya. Bahkan bila pengunjung datang dari Bandara Ngurah Rai maka hanya butuh sekitar jarak 17 km untuk sampai ke pantai ini. Bila dari pusat kota itu sendiri maka dibutuhkan waktu hanya selama 10 menit.

Lebih jauh terkait pemilihan rute bisa di akses melalui dua jalur. Jalur pertama dapat melalui jalur Madara menuju By Pass Ngurah untuk estimasi perjalanan sekitar 1 3 km. Ada pun Anda dapat pula melalui jalan Danau Tamblingan untuk tak lama kemudian akan sampai ke lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Sanur Bali

Harga Tiket Pantai Sanur Bali
Image Credit: Denpasarkota.go.id

Untuk dapat menikmati keindahan pemandangan alam dan Sunrise selama berkunjung ke pantai Sanur, Anda tidak perlu menggelontorkan uang dengan jumlah banyak. Penerapan harga tiket masuk itu sendiri tidak ada, hanya saja pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 untuk parkir kendaraan mobil. Sedangkan untuk kendaraan roda dua dibebankan uang sejumlah Rp 5.000.

Tarif demikian jelas tidak sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan selama berkunjung. Hal ini juga menjadi bukti bahwa tidak semua lokasi menawan butuh biaya besar untuk berkunjung. Mengenai penambahan biaya lain hanya bisa dilakukan bila mana wisatawan mengakses setiap wahana yang tersedia di pantai yang indah ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sanur

Kegiatan di Pantai Sanur
Image Credit: Google Maps (Bangkit Wiguna)

1. Menyelam

Datang ke pantai belum lengkap kalau tidak bermain air. Anda yang suka berenang pun di izinkan untuk menyelam di lokasi wisata. Hal itu didasarkan terhadap arus di pantai Sanur ini memiliki ombak yang begitu tenang. Kondisi yang demikian tentu menguntungkan setiap wisatawan untuk sekedar bermain air atau menyelam.

Demi membuat pengalaman wisatawan makin seru bahkan pihak penyelenggara menyediakan berbagai perlengkapan untuk berenang. Dengan begitu Anda dapat menyewa peralatan menyelam serta pendamping ahli untuk menikmati keindahan biota laut berupa menikmati fasilitas berupa diving ataupun snorkling.

2. Mengikuti Seawalker

Tidak semua pantai bisa untuk kegiatan yang satu ini. Seawalker berarti Anda akan diajak berjalan di atas air dengan ketinggian air. Latar belakang ketenangan ombak di pantai Sanur membuat aktivitas ini bisa dilakukan. Apalagi dasar pantai cukup dangkal membuat kegiatan berjalan di air akan menciptakan momen keseruan yang hebat.

3. Bermain Kano

Fasilitas wahana di pantai ini memang terbilang lengkap. Nah menaiki sebuah kano tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Ombak laut yang tenang serta air yang jernih akan begitu nyaman untuk pengunjung eksplore. Wisatawan juga akan diajak berkeliling pantai dengan kano selagi melihat pemandangan sekitar yang menakjubkan.

4. Bermain Jetski

Selain dapat menyewa sebuah kano, Anda juga bisa menyewa jetski untuk menikmati pengalaman seru. Berkendara dengan sebuah jetski tentu mengacu adrenalin dan begitu mendebarkan. Bila belum ahli tidak perlu khawatir sebab wisatawan juga dapat meminta pemandu yang ahli sekaligus untuk belajar memainkan fasilitas wisata bahari ini.

5. Jogging atau Bersepeda

Bila Anda bosan menikmati beragam pilihan kegiatan di pantai, ada aktivitas di daratan yang tak kalah seru. Kegiatan itu ialah berjalan santai atau bersepeda. Apalagi pantai Sanur telah menyediakan lintasan khusus yang bisa di akses untuk jogging ataupun bersepeda. Tak ayal nuansa berolahraga di dekat lokasi wisata jelas bikin nyaman pengunjung sekaligus menyehatkan badan.

6. Menikmati Sunrise

Momen yang paling wajib dilakukan ketika datang ke pantai cantik ini tentu saja untuk melihat Sunrise. Matahari terbit dari pantai ini memang akan sangat begitu mempesona. Pemandangan juga tak luput dari bebatuan karang yang makin membuat menawan. Anda dapat datang di pagi hari untuk menunggu momen spesial tersebut tentu di saat cuaca sedang mendukung.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Sanur

Penginapan Murah di Pantai Sanur
Image Credit: Agoda.com

Pantai Sanur terletak di area strategis tak jauh dari pusat kota. Fakta itu tentu membuat segala fasilitas terjamin adanya. Demikian pula soal penginapan yang mana di sekitar lokasi wisata terdapat banyak sekali pilihan. Jadi wisatawan hanya perlu memilih sesuai kehendak atau pun menyesuaikan dengan budget.

Beberapa pemilihan penginapan yang di rekomendasikan antara lain Hotel Kesumasari yang hanya berjarak 1 km dari lokasi, Hotel Abian Kokoro, Artotel Sanur, Akana Boutique Hotel, Sri Phal Resort ABND Vila, Blanjang Homestay, Reddorz dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sanur Bali

Fasilitas di Pantai Sanur
Image Credit: Twitter.com @pramahotels

1. Fasilitas Wisata Bahari

Pantai Sanur dikenal memiliki fasilitas yang lengkap. Beberapa di antaranya terkait dengan fasilitas hiburan untuk pengunjung. Sebut saja wisata bahari yang begitu lengkap di sini seperti bermain kano, jetski, snorkeling, diving, seawalker dan masih banyak lagi. Kelengkapan fasilitas demikian tentu membuat siapa pun akan betah selama berkunjung.

2. Jogging Track

Fasilitas inilah yang kerap dimanfaatkan untuk pengunjung jalan-jalan santai atau bersepeda. Tidak semua pantai memiliki kelengkapan fasilitas seperti ini sehingga ketika berada di Sanur Anda wajib menikmatinya. Apalagi trek untuk jogging atau bersepeda ini juga menambah pemandangan indah yang terlihat di pantai.

3. Gazebo dan Fasilitas Umum

Ketika menikmati keseruan mengunjungi sebuah pantai, Anda pasti butuh tempat untuk bersantai. Nah di sana pengunjung dapat sekedar bersantai di sebuah gazebo yang banyak tersedia di pinggiran pantai. Mengenai fasilitas umum lain pun sangat terjamin tersedia mulai dari tempat parkir, toilet, kamar ganti, tempat duduk, dan lain-lain.

4. Restoran atau Bar

Lelah beraktivitas pasti Anda butuh asupan makanan untuk tubuh. Tak perlu khawatir sebab tidak jauh dari kawasan pantai terdapat banyak variasi restoran ataupun bar yang cocok untuk memanjakan perut. Bahkan di malam hari kerap ada sebuah pasar malam sanur atau Sanur night Market yang mana banyak menyediakan menu hidangan yang super lezat.

Itulah beragam penjelasan mengenai pantai Sanur Bali. Pantai ini terbukti lengkap dengan kegiatan menarik serta fasilitas yang terjamin. Anda dijamin akan betah dengan segala keseruan yang ditawarkan di pantai ini. Adapun tersedia banyak lokasi toko suvenir yang mana untuk wisatawan membeli oleh-oleh.