12 Tempat Wisata di Jembrana (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Jembrana Bali

Destinasi wisata di Bali memang tidak pernah ada habisnya. Seolah Pulau Bali seluruhnya berisi tempat wisata. Mulai dari pantai yang berada di seluruh pinggir pulau hingga ke seluruh tempat hingga ke tengahnya. Kebudayaan dan tradisi Bali yang masih kental dan terus dilestarikan juga menjadi daya tarik tersendiri untuk berlibur ke sana.

Salah satu lokasi di pulau Bali yang juga menyuguhkan banyak tempat berlibur terbaik adalah Jembrana. Tempat ini merupakan sebuah kabupaten yang berada di Bali Barat. Nama Jembrana sendiri berasal dari kata “Jaran Rana” yang mempunyai kisah menarik pada masa lampau.

Banyak tempat wisata di Jembrana yang tak kalah mempesona dibanding kota-kota terkenal di Bali seperti Kuta atau Ubud. Mulai dari pantai hingga puncak, Jembrana merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali.

1. Pantai Medewi

Pantai Medewi

Lokasi: Medewi, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana. – Image Credit by 17Sekians.com

Tempat wisata pertama yang wajib disambangi adalah pantai Medewi. Pantai ini terkenal karena deburan ombaknya yang tinggi dan panjang. Oleh karena itu, pantai Medewi menjadi tempat yang tepat bagi para pecinta surfing.

Selain itu, lokasi pantai ini juga relative jauh dari keramaian sehingga dapat memberikan suasana yang tenang dan damai untuk menikmati indahnya pemandangan pantai. Pantai ini juga masih sepi pengunjung, cocok bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati pantai.

2. Pantai Baluk Rening

Pantai Baluk Rening

Lokasi: Baluk, Kec. Negara, Kab. Jembrana. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai selanjutnya yang dapat dijadikan destinasi wisata adalah pantai Baluk Rening. Pantai ini memiliki pasir hitam. Pantai yang satu ini memiliki suasana yang cukup tenang berpadu dengan tebing-tebing yang mempesona. Deretan pohon kelapa di tepi pantai menambah suasana semakin eksotis.

BACA:  12 Tempat Wisata di Klungkung (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Mirip dengan pantai sebelumnya, pantai Medewi sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari segala kepenatan. Menyegarkan pikiran sejenak dengan mengunjungi pantai yang memiliki gelombang laut yang cukup tenang dan tidak berombak.

3. Pantai Candikusuma

Pantai Candikusuma

Lokasi: Candikusuma, Kec. Melaya, Kab. Jembrana. – Image Credit by Kintamani.id

Selanjutnya masih seputar pantai. Kali ini Jembrana memiliki pantai Candikusuma. Pantai ini cukup populer menjadi destinasi wisata di Bali Barat. Pantai yang berpasir hitam dengan laut yang berwarna biru menawarkan pemandangan yang mempesona.

Suguhan pemandangan hamparan biru laut menimbulkan decak kagum bagi para pelancong. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berselancar, mandi pantai, atau memancing.

4. Pantai Perancak

Pantai Perancak

Lokasi: Perancak, Kec. Jembrana, Kec. Jembrana. – Image Credit by Reyginawisataindonesia.blogspot.com

Pantai selanjutnya yang berada di Jembrana adalah pantai Perancak. Pantai ini letaknya cukup jauh dari pusat pariwisata yang lain sehingga tidak banyak dikunjungi wisatawan. Pantai yang satu ini lebih dominan dikunjungi oleh warga lokal.

Meski begitu, pemandangan yang disuguhkan pantai Perancak tidak kalah mempesona dibanding pantai-pantai lain. Tempat ini cukup unik dengan jejeran perahu nelayan yang berwarna-warni. Hal ini menimbulkan suasana khas kampung nelayan Bali yang tidak akan terlupakan.

5. Wisata Bunut Bolong

Wisata Bunut Bolong

Lokasi: Manggissari, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana. – Image Credit by Bali.panduanwisata.id

Beralih dari pantai, Jembrana memiliki wisata Bunut Bolong. Bunut merupakan pohon yang karakteristiknya yang mirip seperti pohon beringin. Yang membuat khas Bunut Bolong adalah di tengah-tengah pohon ini memiliki lubang yang cukup besar seperti lorong.

Tempat ini wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Jembrana, sebab warga lokal di sini begitu ramah kepada para wisatawan. Alam sekitar tempat ini juga masih sangat terjaga keasriannya yang berpadu dengan desa hutan tropis yang mempesona.

BACA:  19 Wisata Pantai di Bali Favorit Dikujungi Para Wisatawan

6. Puncak Mawar Dewasana

Puncak Mawar Dewasana

Lokasi: Pendem, Kec. Jembrana, Kab. Jembrana. – Image Credit by Travelingyuk.com

Destinasi wisata selanjutnya adalah Puncak Mawar Dewasana. Objek wisata ini terglong baru di Jembrana. Tempat ini menjadi populer setelah diperkenalkan melalui media sosial dan banyak dikunjungi wisatawan.

Puncak Mawar Dewasana menawarkan pemandangan yang begitu memesona dari atas puncak bukit. Hamparan lembah yang hijau serta hamparan laut biru begitu menakjubkan dipandang dari atas puncak.

7. Wisata Air Gumbrih

Wisata Air Gumbrih

Lokasi: Gumbrih, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana. – Image Credit by Kintamani.id

Jembrana juga memiliki wisata air yang menyenangkan, ialah Wisata Air Gumbrih. Tempat yangs satu ini menawarkan sensasi petualangan air dengan menyusuri sungai Tukad Pangyangan. Bukan olahraga arung jeram yang akan didapatkan dari wisata ini, melainkan menyusuri sungai dengan menaiki sampan.

Sungai Pangyangan memiliki arus air yang cukup tenang sehingga sangat cocok untuk berlayar menggunakan sampan. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang seolah belm terjamah dan masih sangat asri.

8. Bendungan Palasari

Bendungan Palasari

Lokasi: Jl. Taman Wana, Ekasari, Kec. Melaya, Kab. Jembrana. – Image Credit by Ksmtour.com

Destinasi wisata di Jembrana selanjutnya adalah Bendungan Palasari. Bendungan ini nampak seperti sebuah danau. Nuansa alamnya yang berpadu dengan latar belakang hutan lindung sangat menyejukkan mata.  Udaranya juga cukup nyaman untuk berada berlama-lama di sini.

Bendungan seluas 100 hektar ini selain untuk bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan alam, biasanya terdapat aktivitas lain. Biasanya orang yang berkunjung ke sini melakukan berbagai aktivitas seperti, memancing, berlayar menggunakan sampan, berkeliling bendungan, dan sebagainya.

9. Air Terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk Manis

Lokasi: Manggissari, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Destinasi wisata di Jembrana selanjutnya berupa air terjun. Air terjun Juwuk Manis menawarkan pemandangan eksotisme air terjun yang menyenangkan. Dikelilingi tebing tinggi membuat pemandangan di air terjun ini semakin menakjubkan.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Air dari Juwuk Manis berasal dari mata air pegunungan Bali yang sangat jernih dan segar. Debit air terjun di sini cukup deras yang sangat cocok untuk mandi di bawahnya.

10. Air Terjun Batu Belah Dewasana

Air Terjun Batu Belah Dewasana

Lokasi: Dewasana, Pendem, Kec. Jembrana, Kab. Jembrana. – Image Credit by Kintamani.id

Selain air terjun Juwuk Manis, Jembrana masih memiliki air terjun lain, yakni Air Terjun Batu Belah Dewasana. Sesuai namanya, air terjun ini mengalir melalui celah batu yang terbelah. Tempat ini juga dikenal dengan nama Yeh Mecebur atau Cegur Holy Water.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, namun langsung jatuh ke kolam di bawahnya yang masih begitu alami. Kolam itulah tempat yang tepat untuk melompat atau menceburkan diri ke dalamnya dari atas batu kolam. Kegiatan itu akan menimbulkan sensasi yang sangat menyenangkan.

11. Pura Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi

Lokasi: Yeh Embang Kangin, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana. – Image Credit by Trava.id

Di Bali, banyak pura tempat peribadatan umat Hindu yang menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah Pura Rambut Siwi. Pura ini berada di atas jurang dan berbatasan langsung dengan laut, sehingga keindahan pemandangannya sudah tidak diragukan lagi.

Pura Rambut Siwi ini juga masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu sebab menjadi tempat yang disinggahi oleh Dang Hyang Nirartha. Para wisatawan yang berkunjung di sini diharapkan untuk menjaga sopan santun di tempat yang sakral ini.

12. Pura Majapahit

Pura Majapahit

Lokasi: Baluk, Kec.n Negara, Keb. Jembrana. – Image Credit by Yehpelung.blogspot.com

Pura selanjutnya yang menjadi tempat wisata yakni Pura Majapahit. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara pada hari biasa, terlebih lagi liburan.

Pura ini seperti pada pura pada umumnya, namun memiliki pesona keindahan yang tidak biasa. Tempat wisata yang satu ini menjadi daftar kunjungan wajib ketika berlibur ke Jembrana.

Itulah tadi 12 rekomendasi tempat wisata di Jembrana yang mempesona dan wajib Anda kunjungi. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk menjadi panduan wisata di Jembrana, Bali.