Pantai Drini, Objek Wisata Pantai Nan Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Drini Gunung Kidul

Pantai Drini salah satu wisata pantai favorit di Gunung Kidul, Jogja. Pantai yang menawarkan keindahan panorama alam, tebing karang dan kejernihan air laut mampu memanjakan siapapun yang berkunjung.

Lokasi: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung kidul.
Map: Cek Lokasi

Pantai Drini, atau yang kerap disebut Pantai Perawan oleh masyarakat setempat, adalah objek wisata pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia ini disebut demikian karena tempatnya yang di daerah terpencil ini masih sangat asri, bersih dan belum terjamah oleh banyak wisatawan.

Pantai yang terbagi menjadi sisi barat dan timur ini sangat indah dan siap memanjakan para pengunjung dengan pemandangannya yang luar biasa. Pasalnya ketika datang pengunjung langsung dihadapkan dengan hamparan pasir putih dan udara yang sangat sejuk.

Tidak hanya pantai pasir putihnya yang indah saja yang menjadi fokus utama objek pariwisata ini. Wisatawan juga disuguhkan kuliner laut yang luar biasa lezat, kegiatan mendayung kano, menyeberang ke Pulau Drini dan banyak hal menarik lainnya yang dapat dilakukan ketika Anda berkunjung ke tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Drini Jogja

Daya Tarik Pantai Drini

Image Credit: Facebook.com @jogya

1. Pantai yang Masih Perawan

Seperti sebutannya, pantai ini belum terlalu banyak dijamah oleh wisatawan sehingga kondisinya masih sangatlah asri. Anda bisa melihat pantai dan lautnya yang masih bersih dan udaranya yang sangat sejuk.

2. Pemandangan Alam yang Menawan

Pantai ini juga disebut sebagai Tanah Lotnya Kota Yogyakarta sebab pemandangannya mirip dengan tempat wisata di Pulau Bali dan sangat memukau. Apalagi dengan pasir putihnya yang bersih, laut berwarna biru dengan ombak yang tidak terlalu ganas, dan pepohonan serta kekayaan biota lautnya yang melimpah.

3. Puncak Kosakora dan Amarei Hill

Anda bisa datang ke Bukit Kosakora atau Amarei Hill yang ada di tengah pantai. Bukit-bukit yang ada tak jauh dari pantai ini memiliki pemandangan atas bukit yang sangat memukau. Apalagi jika dikunjungi ketika matahari terbenam.

4. Tebing-Tebing Karang yang Mempesona

Terdapat banyak tebing karang yang indah di sekeliling Pantai Drini. Anda dapat menjelajahi tebing-tebing karang itu dan melihat betapa kaya akan sumber daya alam serta betapa hijaunya tempat ini. Anda juga dapat melihat ganggang hijau serta rumput laut yang tumbuh dan banyak ditemukan di sekitar tebing-tebing ini.

Daya Tarik Pantai Drini Jogja

Image Credit: Facebook.com @jogjafamilyfm

5. Datang ke Pulau Drini

Pulau yang ada di seberang pantai ini menjadi salah satu objek wisata yang harus dikunjungi ketika berada di kawasan wisata ini. Pulau karang yang dulu harus menunggu surutnya air laut baru bisa dikunjungi ini sekarang sudah disediakan jembatan khusus untuk menyeberang. Panorama yang disuguhkan dari atas pulau ini sangatlah indah.

BACA:  Merapi Park, Destinasi Wisata Hits Jogja & Replika Landmark Terkenal Dunia

6. Mencoba Wahana Airnya yang Seru

Pengelola dan warga setempat menyediakan banyak wahana air yang seru yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke pantai. Wisatawan dapat bermain dan menjelajah lautan di pantai ini dengan kano.

7. Kuliner Lautnya yang Khas

Untuk wisatawan yang datang karena ingin mencoba jajanan khas pantai tidak perlu khawatir karena kekayaan laut pantai ini sangatlah beranekaragam. Dengan di dukung oleh para nelayan yang selalu menyediakan bahan makanan segar langsung dari laut, pantai ini menjadi salah satu pantai yang menyediakan makanan lezat dan juga memuaskan selera Anda.

Ada banyak jenis masakan yang dapat dicicipi. Mulai dari olahan udang, ikan, dan hidangan laut lain yang bisa dinikmati sembari bersantai di gazebo atau duduk di tikar di tepi pantai.

8. Banyak Spot Foto Keren

Selain alamnya yang menawan, Pantai Drini juga menyediakan spot untuk foto yang dibuat khusus untuk para pengunjung yang tentu saja sangat menarik. Spot-spot tersebut antara lain adalah tulisan logo pantai dengan background laut biru yang luas, kapal-kapal nelayan yang sangat fotoable, dan payung-payung pantai yang berwarna-warni.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Drini

Alamat Pantai Drini

Image Credit: Google Maps (Agvs wahyu)

Objek wisata alam di tepi laut Kota Yogyakarta ini berada di Desa Banjarejo, tepatnya di Kecamatan Tanjungsari daerah Gunungkidul. Dari pusat Kota Yogyakarta, Anda harus menempuh kurang lebih 60 km atau 2 – 3 jam lamanya waktu perjalanan untuk berwisata ke tempat ini.

Rute yang bisa diambil yaitu dari pusat Kota Yogyakarta ke daerah Piyungan, Pathuk, di Lapangan Udara Gading. Setelah itu terus berjalan ke Pantai Baron. Di pertigaan sebelum arah masuk Pantai Baron belok kiri dan tinggal mengikuti papan penunjuk jalan yang akan langsung mengarahkan ke Pantai Drini.

Anda tidak perlu khawatir akan tersesat atau terhenti karena banyaknya halangan yang ada. Hal itu karena akses jalan dan rute menuju pantai ini sudah beraspal dan cukup bagus untuk dilalui bahkan oleh kendaraan-kendaraan besar.

Harga Tiket Masuk Pantai Drini Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Drini

Image Credit: Google Maps (Arnali Rafflessia)

Berkunjung ke Pantai Drini tidak memerlukan biaya yang mahal. Tempat yang terbuka selama 24 jam ini hanya membutuhkan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- saja dengan lama waktu kunjungan sepuasnya. Tetapi perlu diingat meski pantainya terbuka 24 jam, wisatawan hanya dapat membeli tiket ketika loket sedang beroperasi saja.

BACA:  Candi Ratu Boko, Wisata Situs Purbakala Kaya Pesona di Yogyakarta

Kemudian selain tiket masuk, pengunjung juga perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,- sementara kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,-.

Yang menarik, di tempat ini wisatawan dibebaskan untuk memilih tempat parkir yang mau digunakan dan dari manapun Anda masuk biaya tiket masuk yang dikenakan tetap sama.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Drini

Kegiatan di Pantai Drini

Image Credit: Google Maps (Nur Arifin Enggar Kurniawan)

1. Melihat Matahari Terbenam yang Indah

Anda yang datang ke pantai ini sayang jika melewatkan pemandangan terbenamnya matahari yang luar biasa. Dengan pantai yang terbagi menjadi dua sisi, tentu saja wisatawan akan mendapatkan dua pemandangan matahari terbenam dengan nuansa yang berbeda.

2. Menikmati Pemandangan Sambil Bersantai

Untuk wisatawan yang ingin bersantai saja, Anda dapat duduk di bawah payung warna-warni yang ada di pinggir pantai dan menikmati pemandangan alamnya yang indah. Atau dengan membayar Rp 50.000,- Anda dan keluarga dapat duduk di gazebo yang nyaman di tepi pantai sembari menyesapi hidangan pantai yang banyak dijajakan.

3. Bermain Kano

Penikmat olahraga dayung atau wahana air wajib mencoba bermain kano di pantai. Dengan membayar sekitar Rp 50.000,- saja Anda dan pasangan dapat menyewa kano dan bermain dayung-dayungan sepuas hati. Apalagi dengan pemandangan lautnya yang sangat memukau.

4. Berenang

Lautnya yang tidak memiliki ombak yang besar membuat tempat ini sangat pas untuk bermain air. Anda dapat berenang dengan nyaman di laut sambil menikmati pemandangan biota laut yang ikut berenang di sekeliling Anda.

5. Bermain Voli Pantai

Tempatnya yang sangat luas cocok untuk kegiatan olahraga berkelompok, seperti voli pantai dan sepak bola pantai.

6. Jogging

Garis pantainya yang panjang membuat pantai ini sangat luas untuk dijelajahi. Anda dapat mencoba jogging dari ujung pantai ke ujung lainnya sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

7. Menjelajah Bukit-Bukit Karang

Pantai Drini yang lokasinya masih jarang dikunjungi ini memiliki banyak bukit karang yang sangat mempesona dan dihias lumut-lumut serta biota laut yang unik. Menjelajah bukit-bukit ini bisa menjadi salah satu agenda ketika berkunjung ke pantai ini.

8. Berkemah dan Mendaki Kosakara

Anda dapat mendirikan tenda untuk berkemah di atas bukit kecil ini. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- dan membawa peralatan kemah sendiri, Anda dapat menikmati pemandangan alam dan matahari terbenam sembari merasakan rasanya berkemah di pantai.

9. Menjajal Kuliner Khas Pantai

Terdapat banyak pilihan kuliner laut di pantai ini yang wajib dicoba ketika berkunjung. Olahan ikan, udang dan banyak binatang laut lain yang lezat bisa dipesan di rumah makan yang berjejer di pinggir pantai. Tentunya dengan harga yang masih terjangkau.

BACA:  Sindu Kusuma Edupark, Destinasi Taman Hiburan Keluarga Favorit di Jogja

10. Berkunjung ke Pulau Drini

Untuk Anda yang ingin mencoba wisata pantai dengan rasa berbeda, Anda bisa datang ke pantai ini dan mencoba jembatan penyeberangan ke Pulau Drini. Dengan membayar mulai dari Rp 5.000,- Anda bisa mencoba menyeberangi jembatan ini menuju pulau tengah pantai yang sangat hijau dan memiliki pemandangan luar biasa ini.

11. Berfoto

Berkunjung ke pantai tidak lengkap tanpa berfoto. Ada banyak tempat berfoto menarik di pantai ini seperti di samping perahu para nelayan, payung-payung pantainya yang berwarna warni, logo nama pantainya yang unik, dan tentu saja pemandangannya yang mempesona.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Drini

Penginapan di Sekitar Pantai Drini

Image Credit: Pegipegi.com

1. Hotel Kampoeng Drini

Hotel yang berjarak hanya 68 meter dari pantai ini menawarkan harga yang bersahabat dan kamar dengan fasilitas lengkap serta berkualitas. Dengan harga mulai dari Rp 300.000,- Anda akan mendapatkan fasilitas kamar lengkap dengan ac, tv dan shower. Selain itu lokasinya dekat dengan stasiun, pusat perbelanjaan Kota Yogyakarta, dan tempat-tempat wisata lain.

2. Penginapan Joko Samudro

Guest house yang ada di area Pantai Kukup dan dekat dengan lokasi-lokasi pantai pesisir laut di Yogyakarta ini menyediakan tempat yang nyaman dengan harga terjangkau. Dengan biaya kamar mulai dari Rp 126.000,- Anda sudah bisa mendapatkan kamar dengan nuansa adat Jawa yang khas.

3. Radika Paradise Villa & Cottage

Hostel yang ada di Jl. Pantai Selatan Jawa Kawasan Pantai Indrayanti ini selain dekat dengan Pantai Drini juga dekat dengan tempat-tempat wisata lain di Yogyakarta. Dengan harga mulai dari Rp 450.000,- Anda sudah mendapatkan fasilitas kamar lengkap dengan ac, teras dan shower. Selain itu tempat ini juga menyediakan resepsionis dan layanan kamar 24 jam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Drini Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Drini

Image Credit: Google Maps (Aris Fadillah)

Di lokasi wisata ini terdapat fasilitas umum yang sangat memadai untuk para wisatawan yang datang. Terdapat area parkir yang luas terutama untuk menampung bus pariwisata dengan ukurannya yang besar, penjual souvenir, ruang bilas dan toilet, gazebo, bahkan mushola untuk beribadah.

Anda juga tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari tempat makan karena terdapat banyak resto atau rumah makan di pinggir pantai dengan harganya yang terjangkau dan rasa makanannya yang lezat. Terdapat juga banyak toko cinderamata, tempat persewaan perahu atau kano, gazebo untuk para pengunjung, dan spot foto beratribut yang unik.

Pantai Drini merupakan bagian dari Kota Yogyakarta yang menarik para wisatawan karena berjuta pesonanya. Tempat yang bagaikan Tanah Lotnya Pulau Jawa ini mampu membius wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang datang.