Pantai Glagah salah satu pantai yang memukau di Kulon Progo, Jogja yang menarik untuk dieksplor keindahannya. Pantai dengan hamparan pasir hitam ini memiliki laguna yang digunakan sebagai tempat wisata air.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Untuk proses pengembangan sektor wisata di Indonesia, diharapkan masyarakat juga ikut andil dalam setiap prosesnya. caranya adalah dengan mengunjungi setiap wisata yang ada di tiap daerah masing-masing. Di Yogyakarta misalnya, kini ada sebuah pantai yang terletak di daerah Kulon Progo. Kulon Progo menjadi salah satu daerah yang berada di Provinsi Yogyakarta.

Siapa sangka wilayah yang satu ini juga menyimpan keindahan alam yang begitu luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan adanya lokasi wosata pantai yang layak menjadi target liburan. Dengan pemandangan alam yang memukau Pantai Glagah menjadi salah satu wisata primadona yang dekat dengan airport. Di sinilah Anda bisa menikmati suasana pantai yang begitu asri.

Belum lagi gulungan ombak yang seakan memecah bibir pantainya. Selain itu, Pantai Glagah juga memiliki daya tarik yang beragam, di mana hal tersebut akan diulas secara lengkap di artikel kali ini. Seperti yang kita tahu, Indonesia sendiri masuk ke dalam wilayah kepulauan. Tidak heran di negara ini banyak disuguhkan dengan pemandangan laut dan pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Glagah

Daya Tarik Pantai Glagah
Image Credit: Facebook.com @jogjaku

1. Tempat Berburu Sunset

Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Glagah memang beragam, tapi ada satu fenomena alam yang menjadi primadona di tempat ini. Apalagi kalau bukan keindahan dari matahari terbenam. Iya, lokasi pantainya yang menghadap ke arah barat memungkinkan pengunjung untuk melihat sunset yang begitu memukau.

Sejenak, mata akan terbius akan cahaya jingga yang muncul sedikit demi sedikit di ufuk barat. Langit senja tersebut kemudian akan terbias ke air laut sehingga menampakkan refleksi yang indah.

2. Garis Pantai yang Indah

Keunikan lain dari pantai hits di Kulon Progo ini adalah pasir pantainya lain dari pada yang lain. Bagaimana tidak pasirnya berwarna kehitaman seperti bercampur dengan butiran belerang. Selain itu, garis pantai juga terbentuk dengan indah. Pengunjung dapat berjalan-jalan menikmati tekstur pasirnya yang halus.

Di beberapa area, Pantai Glagah dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan. Sehingga udara pun terasa begitu sejuk. Rasakan pula angin sepoi khas pantai yang menerpa tubuh Anda. Seketika lelah akan sirna sebab yang ada hanya rasa nyaman seolah beban pikiran terangkat begitu saja.

3. Laguna Pantai Glagah yang Indah

Anda pasti sudah tidak aing lagi dengan istilah Laguna. Iya, Laguna juga bisa diartikan sebagai cekungan yang terbentuk di sebagian daratan pantai sehingga serupa dengan kolam alami. Begitupula di Pantai Kulon Progo yang juga memiliki Laguna dengan isian berupa air laut.

Air laut yang ada di Laguna tersebut terbawa saat air sedang pasang. Pengunjung bisa menikmati keindahan di Laguna ini sambil melakukan berbagai aktivitas air.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Glagah

Alamat Pantai Glagah
Image Credit: Google Maps (Septian Joddie)

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke destinasi wisata alam Kulon Progo bisa datang langsung ke Desa Glagah, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk bisa sampai di lokasi wisata Anda bisa melewati jalur pusat Kota Yogyakarta. Selanjutnya, berkendaralah menuju jalur Purworejo tepatnya ke arah jln Bantul. Belok kanan setelah Anda menemukan lampu merah di daerah Palbapang.

Agar bisa sampai di Pantai Glagah Anda juga harus melewati jembatan Srandakan, ambil jalur kiri setelah menemukan lampu merah. Waktu tempuh dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke lokasi pantai adalah 1 jam 30 menit, pasalnya jarak yang harus ditempuh adalah 45 km.

Seperti tempat wisata pada umumnya, di pantai ini juga dikenakan biaya tiket masuk untuk pengunjung. Meski begitu harga tiketnya tidak terlalu mahal untuk ukuran tempat wisata yang menyuguhkan keunikan beragam. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 5000 saja Anda sudah bisa akses segala bentuk keindahan alamnya.

Jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir. Rp 3000 untuk kendaraan roda dua, Rp 10000 teruntuk roda empat, dan Rp 20.000 untuk bus. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati indahnya ombak laut yang menerjang kawasan Laguna.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Glagah

Aktivitas di Pantai Glagah
Image Credit: Google Maps (Anchovy44)

1. Berkeliling di Laguna

Menjadi salah satu destinasi wisata pilihan, Pantai Glagah menyuguhkan berbagai aktivitas pantai yang menarik. Salah satunya adalah dengan mengunjungi wisata air Laguna. Perlu Anda tahu bahwa pantai ini memiliki laguna yang indah.

Tempat ini merupakan sebuah cekungan yang terbentuk alami dengan isian berupa air laut yang tergulung ombak. Di bagian tepi laguna, Anda akan melihat jajaran rumput liar yang tumbuh mengelilingi cekungan tersebut.

Laguna ini memang begitu identik dengan pantai ini. Jadi, jangan sampai Anda melewatkannya ketika memutuskan untuk berwisata ke pantai Jogja. Untuk bisa berkeliling laguna, pengunjung dapat menyewa perahu. Perahu ini biasanya sudah disediakan oleh pengelola pantai untuk disewakan.

2. Bermain Kano

Kano adalah semacam perahu kecil yang biasanya digunakan untuk perorangan saja. Untuk bisa mengendalikan kano Anda bisa menggunakan dayung yang memang sudah disediakan sepaket.

Nah, bermain kano merupakan aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika berada di Pantai Glagah. Permainan ini akan membawa Anda mengelilingi perairannya dengan leluasa. Meski begitu tetap hindari mendayung terlalu ke tengah ya.

Bermain kano juga menjadi aktivitas pilihan untuk menikmati semilir angin laut. Pengunjung pasti betah ketika menaiki transportasi air ini. Apalagi jika Anda memutuskan untuk melakukan perlombaan kano bersama teman atau keluarga, maka aktivitas ini pun akan menjadi semakin seru.

3. Menaiki Perahu Bebek

Anda tentu tidak asing bukan dengan perahu bebek yang biasa digunakan untuk permainan di air. Di Pantai Glagah sendiri pengunjung sudah bisa menaiki perahu bebek ini. Untuk bisa menaiki perahu tersebut pengujung tentu harus melalukan transaksi sewa menyewa terlebih dulu.

Perahu bebek bisa dinaiki oleh dua orang sekaligus. Untuk teknis kendalinya sendiri, perahu bebek dilengkapi dengan pedal yang harus dikayuh oleh pemain, agar perahu tersebut dapat berjalan di atas air. Mengayuh pedal juga harus kompak dengan partner bermain ya.

Aktivitas Menarik di Pantai Glagah
Image Credit: Google Maps (Bernardia Vitri Arumsari)

4. Memancing

Bagi pengunjung yang hobi memancing, nyatanya pantai ini juga menyediakan spot memancing. Spot ini berada tidak jauh dari lokasi pantai itu sendiri. Anda hanya perlu membawa alat pancing serta umpan secara mandiri.

Memancing memang bisa mengobati penat dari aktivitas sehari-hari. Perlu diketahui pula bahwa aktivitas ini juga membutuhkan kesabaran ekstra. Spot memancing di sekitar pantai sudah berisi ikan-ikan segar yang siap memakan umpan yang Anda berikan.

5. Berkeliling Pantai Menggunakan Motorcross

Ingin berlagak seolah menjadi pembalap sehari? Kini di Pantai Glagah Anda bisa mewujudkan impian tersebut. Pasalnya disinilah Anda bisa berkeliling pantai menggunakan motorcross. Pantai yang dikenal memiliki lapisan pasir besi ini akan memacu adrenalin Anda. Jadi, Anda harus menguji keberanian dengan melaju di atas trekking yang cukup terjal.

6. Melihat Tetrapod

Pantai cantik ini memiliki kawasan laut dengan ombak yang cukup deras. Agar sambaran ombaknya tidak terlalu mengenai kawasan pantai, maka dibuatlah sebuah jalan panjang yang dilengkapi dengan tetrapod. Tetrapod inilah yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Tetrapod yang ada di pantai ini dibuat di sekeliling jalan yang menjorok ke laut.

7. Berwisata Kebun Buah

Destinasi wisata Pantai Glagah juga dekat dengan lokasi agrowisata kebun buah. Kebun ini bernama Kusuma Wanadri. Di sini Anda akan mendapati berbagai macam tanaman buah yang menggugah selera, diantaranya buah naga, melon dan semangka.

Di tempat ini pengunjung bisa memetik buah sekaligus memakannya secara gratis. Untuk Anda yang ingin bawa pulang buah kesukaan bisa membelinya di bagian pemasaran ya.

Di Kebun Wanadri, pengunjung dapat secara mandiri memilih buah dan memetiknya secara langsung. Untuk bisa menikmati panen buah, berkunjunglah ketika musim panas tiba. Karena pada saat itulah waktu panen telah tiba.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Glagah

Penginapan Terdekat Pantai Glagah
Image Credit: Pegipegi.com

1. Wisma Lovina

Tempat penginapan terdekat di Kulon Progo yang pertama adalah Wisma Lovina. Dekatnya lokasi ini dengan Pantai Glagah bisa dirasakan oleh pengunjung, pasalnya deru ombak laut masih terdengar hingga penginapan tersebut. Tempatnya bersih dan cukup luas. Penginapan Wisma Lovina masih berada di Desa Glagah, Temon, Kulon Progo.

Anda juga bisa melihat beberapa anjing yang nampak berkeliaran di sekitar lokasi. Meski begitu Anda tidak perlu takut, sebab hewan tersebut merupakan peliharaan warga. Pekerjanya ramah dengan fasilitas yang cukup memadai untuk sebuah wisma.

2. OYO 2314 Hapsari Homestay

Penginapan terdekat selanjutnya adalah OYO 2314 Hapsari Homestay. Tempat ini dibanderol dengan harga di bawah Rp 300.000 permalamnya, sehingga masih ramah di kantong. Tempat ini sudah dilengkapi dengan ruangan ber AC, parkir serta wifi gratis.

Tempat ini dibangun begitu strategis sehingga ketika pagi hari tiba, Anda bisa menikmati sunrise dari belakang hotel, sedangkan untuk bagian depannya pengunjung bisa melihat sunset. Para pengunjung juga sudah difasilitasi dengan room service dan kolam renang.

3. Lumintu Guest House

Yang terakhir ada Lumintu Guest House yang masih berada di desa Glagah. Dari depan sudah nampak kemewahan dari penginapan ini. Tersedia pula berbagai fasilitas berupa parkir gratis, area free wifi, dan ruangan ber AC. Untuk yang ingin bersepeda santai bisa menyewa fasilitas tersebut di area terkait.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Glagah Jogja

Fasilitas di Pantai Glagah Jogja
Image Credit: Google Maps (Dita Wahyu)

Sebagai destinasi wisata pilihan di Kulon Progo yang juga memiliki keindahan alam luar biasa ada beberapa fasilitas penunjang di sini. Tentunya fasilitas tersebut memudahkan pengunjung supaya betah berlama-lama berkunjung ke sana. Berbagai fasilitas tersebut diantaranya adalah wahana permainan seperti motorcross, perahu, sampan, dan kano.

Sedangkan untuk fasilitas umum yang bisa menunjang liburan Anda adalah keberadaan toilet, tempat makan, peristirahatan, serta tempat ibadah berupa mushola. Sehingga pengunjung tidak perlu keluar lokasi pantai untuk berganti baju setelah melalukan aktivitas di Pantai Glagah Kulon Progo.

Berbagai hal mengenai Pantai Glagah yang ada di Kulon Progo membuktikan bahwa Indonesia juga memiliki lokasi wisata yang tak kalah indah. Anda bisa menjadikan Pantai ini sebagai referensi liburan bersama keluarga tercinta. Dengan kenampakan alamnya yang indah, pengunjung dijamin betah dan tak terasa bahwa waktu senja hampir tiba.