Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Destinasi wisata yang banyak digandrungi pemuda milenial adalah daerahnya mudah dijangkau, pemandangan alamnya indah, banyak spot foto menarik, cantik dan eksotik. Spesifikasi tersebut ada dalam objek wisata Pantai Pasir Kadilangu, sebab keberadaannya terletak di tempat strategis, hanya 25 km dari pusat perkotaan.

Selain itu, panorama alamnya cantik dengan konsep hutan mangrove membuat tempat tersebut terlihat sangat asri. Adapun tempat favorit yang sering dikunjungi para kawula muda adalah spot foto desain cinta dengan bunga aneka warna dan background hutan mangrove. Begitu juga jembatan kayu berbentuk love, terowongan dari kayu aneka warna dan masih banyak yang lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Kadilangu

Daya Tarik Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps Imam Kurniawan

Era digitalisasi dan media sosial sangat membantu objek wisata yang ada di daerah pedesaan, hal itu terbukti pada destinasi wisata Pantai Pasir Kandilangu. Bagi warga lokal, daya pikat yang ada di area ini terlihat biasa. Akan tetapi, ketika pihak pengelola dan sebagian pengunjung mengupload berbagai foto dan video ke media sosial, kini area tersebut menjadi spesial.

1. Hamparan Hutan Mangrove yang Luas

Meski ada nama Pasir di dalamnya, namun sulit bagi wisatawan untuk mencari pasir di lokasi ini. Sebab kawasan piknik yang cantik tersebut hanya sekedar nama, namun tidak ada segenggam pasir pun. Akan tetapi, meski tidak ada pasir berserakan, namun tidak mengurangi keindahan alam yang ada di area ini.

Sebagai gantinya, terdapat hamparan hutan mangrove atau bakau yang luas, sehingga bola mata wisatawan dimanjakan dengan pemandangan alam pantai beserta hutan bakau nya. Selain itu, hidung, paru-paru dan seluruh anggota tubuh luar pengunjung dimanjakan dengan udara kaya oksigen saat angin bertiup di area pantai.

2. Spot Foto Cantik dan Eksotik

Selain hamparan hutan mangrove, daya tarik lain Pantai Pasir Kadilangu adalah tersedia berbagai spot foto cantik dan eksotik. Pada umumnya, pantai hanya menyajikan panorama alam laut, pasir, bebatuan dan yang lainnya. Namun di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati spot foto seperti bangunan yang tidak terlalu tinggi mirip dengan Menara Eiffel dengan bendera merah putih di atasnya.

Selain itu, ada juga spot foto dengan desain love dari kayu yang dihiasi bunga aneka warna, berlatar belakang pantai beserta hutan mangrove di dalamnya. Daya tarik lain di area tersebut yaitu jembatan dari kayu yang di desain membentuk cinta. Sehingga saat di lihat dari kejauhan atau mengambil gambar foto atau video dengan drone, terlihat sangat cantik dan eksotik.

3. Jembatan Penghubung yang Unik

Bukan hanya hutan mangrove yang luas dan spot foto cantik serta eksotik, namun Pantai Pasir Kadilangu juga terdapat jembatan penghubung yang unik. Berbagai tempat yang ada di kawasan ini, mulai area hutan mangrove, wilayah menuju pantai dan lokasi lainnya semua saling terhubung dengan baik dan sempurna. Sehingga memudahkan wisatawan untuk menikmati setiap zona yang ada di destinasi wisata tersebut.

Selain itu, hal menarik dan fantastik dari jembatan ini adalah bahan yang digunakan terbuat dari bambu dan kayu. Bahkan ada sebuah jembatan yang di desain membentuk hati atau cinta, dan di tengahnya di tancapkan bendera merah putih. Sehingga kadangkala para pengunjung, terutama para pemuda milenial pernah melakukan upacara bendera.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps Imam Kurniawan

Bagi anda yang ingin berlibur ke Pantai Pasir Kadilangu, objek wisata ini berada di Pasir Kadilango, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Alam wisata tersebut tidak jauh dari pusat perkotaan, hanya berjarak 23 km dari Jalan Nasional III Kabupaten Kulon Progo, dan hanya membutuhkan waktu 39 menit saja.

Apabila perjalanan start dari Kulonprogo, maka rute nya yaitu menuju ke Jalan Pengasih, lalu arahkan kendaraan menuju ke Jalan Margosari. Setelah itu, ada pertigaan ambil arah belok kanan menuju ke Samsat Kulonprogo dan melalui jalan kawasan Wates. Saat tiba di Simpang Tiga Toyan, arahkan kendaraan ke kanan menuju Siluwok.

Ikuti jalur utama hingga kendaraan sampai di Jalan Nasional III, lalu ambil jalur menuju ke arah Jalan Daendels, setelah itu belok kiri ke Jalan Wanatirta. Nah, jika sudah tiba di Jalan Wanatirta, perjalanan akan dipermudah, sebab ada papan petunjuk arah ke lokasi wisata tersebut, ikuti papan tersebut hingga tiba ke kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir kadilangu
Image Credit: Google Maps Mustopo Sugito Martodiharjo

Piknik ke destinasi wisata Pantai Pasir Kadilangu tidak memakan banyak biaya, harga tiket masuk hanya Rp. 3.000 pada hari Senin hingga Jumat. Akan tetapi, saat hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur Nasional, sebesar Rp. 4.000 saja. Sebuah harga yang sangat murah meriah dibandingkan dengan beragam daya tarik yang ditawarkan.

Bagi pengunjung yang membawa sepeda motor, maka retribusi parkir hanya Rp. 2.000, sedangkan wisatawan yang membawa mobil karcis parkir cuma Rp. 5.000 saja. Beragam biaya tersebut suatu saat bisa berubah, tergantung kebijakan yang diambil oleh pihak pengelola. Adapun jam operasional kawasan berlibur ini di buka mulai jam 07.00 WIB hingga 18.00 WIB

Aktivitas yang Menarik di Pantai Pasir Kadilangu

Aktivitas Menarik Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps ocha maosawati

Pantai Kadilangu merupakan tempat travelling anti mainstream. Sehingga para pengunjung tidak akan menemukan kegiatan bermain air dan bermain pasir, apalagi berenang di zona wisata ini. Meski beragam aksi tersebut tidak dapat dilakukan, namun ada banyak aktivitas lain yang tidak kalah seru.

1. Menikmati Panorama Alam Indah Mempesona

Objek wisata di Jogja ini berkonsep pantai yang di balut dengan hutan mangrove atau tanaman bakau yang panjang dan luas. Selain itu, ada jembatan dari bambu dan kayu yang unik dan menarik. Sehingga memudahkan wisatawan untuk mengakses berbagai tempat yang ada di area ini sambil menikmati panorama alam indah mempesona.

Hutan mangrove yang hijau dan asri memanjang hingga kilometer, membuat sedap dipandang mata dan menyejukkan jiwa. Berbagai desain bangunan dari bambu dan kayu, menambah keindahan tersendiri di zona wisata ini. Pihak pengelola sangat kreatif dan inovatif mengelola tempat ini, karena memadukan alam dengan konsep kekinian.

2. Berkeliling Jembatan dan Hunting Foto

Jembatan yang membentang dan saling terhubung di Pantai Pasir Kadilangu dapat dimaksimalkan oleh para pengunjung untuk berkeliling di kawasan pantai. Aktivitas menarik inilah yang sering di lakukan oleh wisatawan saat berada di area wisata ini. Karena beragam spot cantik dan eksotik, seperti bangunan Menara Eiffel, desain love dengan bunga aneka warna di samping dan yang lainnya.

Beragam keindahan yang ada, membuat jiwa fotografer pengunjung mulai bangkit, dan tanpa komando mereka berkeliling jembatan dan hunting foto serta video di setiap sudutnya. Sehingga berkeliling menyusuri jembatan dan berburu foto dan video menjadi kegiatan yang menarik, bahkan tidak terasa sampai memakan banyak waktu hingga capek dan lapar.

3. Wisata Kuliner

Pada saat berkeliling jembatan untuk berburu foto di Pantai cantik ini membuat capek dan lapar, anda bisa beristirahat sambil menikmati wisata kuliner. Sebab kawasan piknik ini juga dilengkapi dengan warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan khas Jogja. Selain itu ada juga kopi, teh dan minuman lainnya, sehingga zona ini sangat cocok untuk tempat hangout.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps Iroel Fata

Sarana pendukung di daerah wisata Pantai Pasir Kadilangu cukup lengkap. Sudah dilengkapi lahan parkir kendaraan yang luas dan toilet umum. Ada juga mushola sebagai sarana ibadah umat muslim. Selain itu, ada juga wahana bermain dan fasilitas penunjang lainnya yang memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Ulasan diatas adalah sebagai bahan referensi bagi para pecinta travelling. Destinasi wisata ini merupakan zona piknik yang unik dan menarik, sebab dapat menggabungkan keindahan alam dengan konsep kekinian tanpa merusak alam sekitar. Pantai Pasir Kadilangu hanya salah satu contoh kreativitas yang dapat ditiru oleh kawasan leon berupa pantai.