Pantai Depok salah satu pantai cantik dan populer untuk penikmati kuliner laut di Bantul, Jogja. Pantai berpasir ini memiliki pesona alam yang menakjubkan, laguna yang indah dan pasar pelelangan yang menarik dikujungi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bagi sebagian wisatawan, tentu tidak merasa asing lagi dengan keindahan Pantai Depok. Selain Pantai Parangtritis, destinasi ini juga kerap menjadi tujuan wisata bahari. Memang keindahannya sampai saat ini tidak dapat dimungkiri.

Ciri khas paling mencolok yang ditawarkan di sini berupa hamparan pasar hitam dan pelelangan ikan. Dimana banyak wisatawan tertarik berkunjung karena menawarkan makanan laut yang masih segar. Tak ayal, membuat suasananya lebih ramai dibanding pasar pelelangan di kawasan yang lain.

Tak hanya mampu manjakan lidah dengan aktivitas kuliner, Pantai Depok menyimpan lanskap menawan sehingga sangat enak dipandang mata. Lebih dari sekadar wahana liburan, berkunjung ke sini bisa jadi salah satu cara merekatkan hubungan yang mulai renggang akibat padatnya aktivitas.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Depok

Daya Tarik Pantai Depok
Image Credit: Instagram @alfiah.agustin

1. Pasar Pelelangan dan Sejarahnya

Banyak nelayan menjajakan hasil tangkapannya setiap kali mentari terbit di pagi hari. Beragam jenis ikan rasanya tak luput dari pelelangan. Dalam rekam sejarahnya, tercatat pernah ada nelayan yang berasal dari Cilacap sampai menjelajahi kawasan Pantai Depok ini demi menangkap ikan. Memang faktanya, ternyata ada tempat khusus yang menjadi habitat ikan-ikan.

Warga sekitar pun pada akhirnya mulai beralih profesi sebagai nelayan. Seiring berjalannya waktu, pasar pelelangan perlahan didirikan. Hingga kini, sukses bertranformasi menjadi daya tarik utama yang mampu memikat hati wisatawan. Masyarakat mengelola tempat ini sebaik mungkin agar pengunjung bisa nyaman ketika berburu ikan laut segar.

Sebagai efeknya, ekonomi lokal ikut meningkat. Pengunjung akan segera dihampiri oleh petugas ketika pertama kali menginjakkan kaki di area parkir. Petugas tersebut nantinya berperan menawarkan makanan laut. Jika tertarik, pengunjung akan dibawa ke warung terdekat.

Di samping itu, pengunjung bisa mendatangi kapal nelayan langsung jika ingin menikmati hasil olahan ikan segar yang baru ditangkap. Memiliki persediaan dengan harga cukup terjangkau. Mulai dari ikan cakalang, tuna, bandeng, tongkol, bahkan cumi-cumi, kepiting, dan belut laut. Harga per kilo dibanderol paling tidak Rp 60.000-an.

Usahakan membeli ikan yang durinya sedikit agar lebih mudah ketika dinikmati. Setelah memilih ikannya dari kapal nelayan, pengunjung dapat menyambangi kembali warung terdekat untuk proses pengolahan. Cara penyajiannya menyesuaikan selera pembeli.

Namun, apabila pengunjung belum lapar dan ingin bermain terlebih dahulu, bisa langsung meneruskan perjalanan menyusuri kawasan pantai. Setelahnya, pengunjung juga difasilitasi untuk membawa pulang ikan dari Pantai Depok.

2. Pesona Pagi Hari yang Bikin Penasaran

Ada pemandangan unik yang siap menyambut wisatawan, di mana area pantai difungsikan sebagai pasar tradisional pada pagi hari. Menawarkan berbagai kuliner selain makanan laut seperti bubur, capcay, dan sambal goreng, bahkan menjual bumbu dapur.

Menariknya, hampir tidak ditemukan sampah berserakan di sini sebab para petugas kebersihan siap siaga membereskannya. Acap kali terlihat pengunjung meninggalkan sampah, maka dengan segera akan dipungut dan dimasukkan ke tong pembuangan.

Wisatawan bisa menyaksikan kapal-kapal berlabuh di kawasan pesisir. Mentari belum begitu terik hingga cuacanya terasa hangat. Disarankan untuk berkunjung pada waktu-waktu seperti ini untuk mendapatkan pengalaman maksimal.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Depok
Image Credit: Twitter.com @id_tempatwisata

3. Laguna Tersembunyi

Tampaknya belum banyak yang mengetahui bawa Pantai Depok berada di dekat laguna. Lokasinya tak begitu jauh, pengunjung bisa belok ke kanan sebelum memasuki gapura. Jika melintasi pasar pelelangan, hanya perlu mengambil arah lurus.

Laguna dapat dikatakan sebagai spot terbaik untuk mengabadikan lanskap pantai dari sudut lain. Suasananya sepi dan kondisi air relatif lebih tenang. Waktu paling tepat untuk menyambangi laguna adalah sore hari, sekaligus menikmati panorama senja.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat Pantai Depok
Image Credit: Instagram.com @nila_kurniati09

Berada di sebelah barat Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo, terpaut sekitar 40 km dari pusat Kota Yogyakarta. Tepatnya berlokasi di Bantul, Depok, Sawangan, Jalan Raya Pasir Putih. Butuh waktu paling tidak 1 jam untuk tiba di sini.

Wisatawan bisa mengambil arah selatan dari Kota Yogyakarta menuju Jalan Parangtritis. Ikuti arus utama hingga tiba di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis. Setelah itu, teruskan perjalanan sampai memasuki kawasan TPR Pantai Depok. Dapat dikunjungi dengan memanfaatkan kendaraan roda empat atau dua.

Berlaku ketentuan biaya sesuai jadwal kunjungan. Saat weekday, tiket masuk dipatok seharga Rp 7.500 per orang. Bertambah jadi Rp 10.000 ketika weekend dan sedang ada evant tertentu yang berlangsung pada waktu bersamaan. Adapun sewa parkirnya, berlaku biaya Rp 3.000 untuk motor, sedangkan mobil Rp 5.000. Jadwal operasional selama 24 jam setiap harinya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Depok

Kegiatan Dilakukan di Pantai Depok
Image Credit: Twitter.com @nyerohits

1. Bermain di Hamparan Pasir hingga Membangun Miniatur Istana

Pantai Depok menawarkan hamparan pasir yang terbilang luas dengan garis pesisir cukup panjang. Selain teksturnya lembut, warnanya agak mencolok dengan nuansa serba abu kehitaman. Di atas lahan ini didirikan sejumlah spot foto, warung tenda, payung pelindung, dan sebagainya. Di samping itu, tersedia fasilitas ATV.

Pengunjung dapat menyusuri kawasan pantai menggunakan bantuan ATV atau berjalan kaki. Ditemani semilir angin dan suara deburan ombak. Namun, di sekitar sini jarang ditemukan pepohonan hijau sehingga cuacanya cukup menyengat, terutama di kala siang. Ada mobil-mobilan khusus anak dengan tarif Rp10.000 per orang, letaknya di halaman depan.

Lelah menyusuri pantai? Tersedia alternatif berupa membangun miniatur istana. Akitivitas yang patut dicoba terutama jika datang bersama anak kecil. Hanya saja, pastikan senantiasa mengawasi anak kecil, hindari bermain persis di bibir pantai.

Ombak di sini lumayan kencang, dimana warga setempat bahkan mengeluarkan larangan untuk beraktivitas di dalam air seperti mandi atau berenang. Karena itu, tetaplah berhati-hati dan waspada. Jika ingin sekadar bersantai dan menikmati suasana, pilihan lainnya yaitu berjemur.

Pihak pengelola menyediakan spot untuk berjemur berupa payung pelindung dan tikar yang digelar di atas pasir. Jangan lupa gunakan sunblock atau sunscreen untuk mengamankan tubuh dari serangan sinar UV yang berpotensi merusak kulit. Sambil menikmati es kelapa muda, biarkan diri merasakan relaksasi setelah penat bekerja.

2. Hunting Foto

Melihat eksotisme yang ditawarkan Pantai Depok, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan setiap momen. Bentangan laut berwarna biru keabuan tampak memikat mata. Belum lagi, tatkala awan putih berarak di bawah langit biru. Perpaduan kedua panorama ini benar-benar tak boleh diabaikan begitu saja.

Para pengunjung pecinta spot buatan berdesain instagramable pun turut difasilitasi. Hanya saja, akan dikenakan biaya Rp 3.000 per orang jika berfoto di spot tersebut. Potongan harga berlaku saat berfoto lebih dari 1 orang sehingga berubah Rp 5.000.

Di samping itu, pihak pengelola juga menyediakan jasa cetak foto alami dengan tarif bervariasi. Setiap lembar foto dibanderol seharga Rp 5.000 – Rp 10.000.

Kegiatan di Pantai Depok
Image Credit: Twitter.com @JogjaUpdate

3. Mengunjungi Pasar Digital Khas Tempo Dulu

Sudah menjadi ciri khas destinasi wisata di daerah Yogyakarta untuk senantiasa menyajikan cerita sejarah dari waktu ke waktu, tidak terkecuali di Pantai Depok. Pasar Digital, begitulah sebutanya. Para pengunjung dimungkinkan untuk bertransaksi menggunakan sebuah koin. Sebelum itu, koin tersebut ditukarkan dengan uang tunai dalam bentuk rupiah.

Bahkan, agar suasana tempo dulunya semakin kental, pihak pengelola memainkan musik gamelan yang syahdu dan kadang membuat bulu kuduk merinding. Apabila koin-koin milik pengunjung masih tersisa, maka bisa ditukarkan kembali seperti semula, yakni berbentuk rupiah. Pasar Digital menawarkan beragam kuliner menggoda.

4. Menyaksikan Festival Perahu Naga

Wisatawan perlu berkunjung di waktu yang tepat untuk bisa menikmati atraksi yang satu ini di Pantai Depok. Desa Laguna yang letaknya tidak jauh dari sini sering kali menjadi titik kumpul perlombaan perahu naga. Peserta datang dari berbagai penjuru seperti Cilacap, Balikpapan, Pati, dan bukan sekadar warga Yogyakarta saja.

Sampai tahun lalu, Festival Perahu naga sudah diselenggarakan sebanyak 14 kali. Lebih dari sekadar melestarikan tradisi dan budaya, melainkan juga berfungsi sebagai sarana lomba dayung. Wisatawan akan dihibur dengan aneka pertunjukan seperti tarian daerah dan barongsai. Tentunya, menyaksikan lomba tak kalah seru.

5. Bermain Voli atau Sepak Bola

Hamparan pasir yang terbilang luas, setidaknya cukup untuk digunakan sebagai arena voli atau sepak bola. Terutama ketika datang bersama keluarga atau sahabat, jangan lewatkan kesempatan untuk menciptakan keseruan.

Hanya saja, pihak pengelola tidak menyediakan peralatan olahraga karena itu pengunjung harus membawa dari rumah. Selama proses permainan berlangsung, pastikan untuk tidak mengusik kenyamanan pengunjung lain. Jadi, berhati-hatilah dan perhatikan situasi sekitar.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Terdekat Pantai Depok
Image Credit: Traveloka.com

1. Sidomukti Villa

Tarif per malam dibanderol sebesar mulai dari Rp 130.000-an, bisa dipesan melalui situs atau aplikasi perjalanan. Menawarkan nuansa penginapan layaknya rumah sendiri. Tersedia layanan resepsionis stand by 24 jam. Terpaut sekitar 4,3 km dari Pantai Depok.

2. Guest House Parangtritis

Fasilitas penunjang berupa AC, parkiran, akses WiFi gratis, dan area bebas asap rokok. Namun, layanan kamar dan resepsionis memiliki batasan jam. Per malamnya pengunjung akan dikenai tarif mulai dari Rp 100.000-an. Terpaut sejauh 4,6 km dari lokasi tujuan wisata. Kamar yang ditawarkan lumayan bersih sehingga bisa membuat pengunjung betah.

3. Queen of The South Beach Resort

Menawarkan fasilitas berupa outdoor yang unik dan kamar super bersih. Pengunjung akan disuguhkan panorama Sumudera Hindia. Bagian dalam hotel mengusung konsep bernuansa Jawa.

Dikenakan tarif kamar per malam sebesar Rp 850.000. Tersedia dua tipe kamar, yakni suite dan superior. Fasilitas penunjang lainnya berupa AC, WiFi gratis, handuk, bathtub, kolam renang, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Depok Bantul

Fasilitas di Pantai Depok Bantul
Image Credit: Instagram.com @sangraja_radenwijaya

Segala kebutuhan wisatawan sesungguhnya telah disiapkan dengan baik oleh pihak pengelola. Mulai dari warung makan, musala, kamar mandi, parkiran, dan berbagai layanan pendukung lain yang bisa memberikan kenyamanan.

Ada pula sewa tikar, payung pelindung, kolam renang anak yang dibanderol Rp 5.000 untuk tiket masuknya. Jika pengunjung ingin berburu suvenir, di sini juga telah difasilitasi melalui kios yang tersebar di sekitar kawasan. Bahkan, saat pengunjung tertarik uji adrenalin, sudah dilengkapi dengan ATV. Secara umum, pengelolaan pantai cukup bagus.

Kepopuleran Pantai Depok sebagai wisata bahari sangat bisa dimengerti. Tak hanya menawarkan keindahan, tetapi juga diikuti fasilitas memadai. Namun demikian, semuanya akan menjadi semakin luar biasa jika di sekitarnya ditanami pepohonan hijau. Dengan begitu, wisatawan tak perlu was-was mengenai cuaca saat berkunjung kapan saja.