Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Pantai Ngobaran salah satu objek wisata pantai yang populer di Gunung Kidul, Jogja. Termasuk dalam gugusan laut pantai selatan, pantai ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan dikenal sebagai Tanah Lot-nya Jogja.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Desa Kanigoro, kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berwisata di Yogyakarta seperti tidak ada tamatnya, bahkan hingga pelosok daerah pun terdapat tempat wisata yang menyajikan keunikannya tersendiri. Pantai Ngobaran adalah salah satunya, pantai yang memiliki pasir putih ini berada di Kabupaten Gunung Kidul.

Wilayah pantainya memang tak begitu luas, mungkin memiliki panjang garis pantai sekitar 1,5 km saja. Namun jangan diremehkan soal pesona yang disuguhkan pantai ini, suasana religi akan terasa saat Anda pertama kali masuk di kawasan pantainya.

Dengan harga tiket yang dibandrol cukup murah, Anda sudah bisa menikmati alam khas Yogyakarta lantai dua dari indahnya Pantai Ngobaran ini. Jalan menuju lokasi wisata pantai pun sangat mudah dijangkau, di setiap perjalanan Anda akan melewati beberapa hutan yang masih asri.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngobaran

Daya Tarik Pantai Ngobaran

Image Credit: Instagram.com @a.wahyu.widayat

1. Pura Hindu

Di pantai ini tak hanya pemandangan lautnya saja yang banyak menarik perhatian wisatawan. Tetapi ada satu bangunan untuk beribadah umat Hindu yang berdiri di atas batu karang yang menjorok ke laut.

Segara Wukir masyarakat sekitar sering menyebutnya, pura yang sudah dibangun sejak 2003 ini memiliki desain yang sama seperti pura Hindu pada umumnya. Terdapat gerbang pintu masuk yang diikat oleh kain berwarna kuning keemasan.

Pura ini masih aktif dipergunakan untuk beribadah oleh masyarakat sekitar yang memiliki kepercayaan Hindu. Sering juga mereka mengadakan upacara tradisi yang menyangkut agama di pura ini.

Ada upacara tertentu yang akan diselenggarakan pada saat malam bulan purnama. Tepat saat bulan berbentuk bulat sempurna, umat Hindu akan melaksanakan suatu upacara khusus untuk menghormati dewa mereka.

Diresmikan pertengahan tahun 2004, pura ini kemudian menjadi spot foto bagi para wisatawan yang berkunjung di Pantai Ngobaran. Terdapat titik untuk berfoto yang memberikan latar belakang tebing-tebing disisi timur pantai.

Banyak pasangan muda yang sengaja datang di pantai ini untuk mengabadikan sebuah foto yang diambil di area pura. Agar hasil foto lebih maksimal, tambahkan properti kaca mata atau topi pantai agar terlihat lebih nyentrik.

Terdapat arca berbentuk dewa yang menghiasi area depan pura tersebut. Anda akan melihatnya saat akan memasuki gerbang menuju Pura Segara Wukir. Suasana saat memasuki pura akan seperti di Bali yang khas dengan bau-bau dupa.

BACA:  Pantai Glagah, Pantai yang Menawan di Kulon Progo Jogja

Selain pura milik umat Hindu, bangunan candi juga ada di sekitar pantai. Candi ini memiliki nama Candi Moyodipo, biasa digunakan masyarakat sekitar yang memiliki kepercayaan kejawen.

Kejawen sendiri merupakan kepercayaan beberapa masyarakat Yogyakarta yang masih sangat menghormati budaya terdahulu milik nenek moyang. Masyarakat yang masih menjalankan kejawen ini bertujuan untuk melestarikan budaya para leluhur.

2. Tebing dan Batuan Karang

Keunikan Pantai Ngobaran ini adalah kawasannya yang dikelilingi oleh tebing-tebing batuan kapur di setiap sisi kanan dan kirinya.

Tebing kapur yang sudah ada dari zaman pra sejarah ini dapat Anda nikmati pesonanya dari pantai. Ada fakta menarik mengenai batuan kapur di tebing Pantai Ngobaran ini, yaitu ditemukanya fosil biota laut di tebing ini.

Ini berarti pantai pada zaman dulu berada di ketinggian tebing tersebut, lalu karena faktor alam akhirnya air laut semakin surut. Kemudian menyisakan batuan kapur yang berada di dalam air, menjadi sebuah tebing yang bisa dijadikan sebagai spot foto seperti sekarang ini.

Setelah membicarakan tebing tinggi yang indah, pesona laut yang dimiliki pantai ini jangan sampai terlewatkan. Anda dapat memijakkan kaki di batuan karang yang menjadi bibir pantainya. Batu karang ini akan terlihat hijau karena alga yang menyelimuti permukaanya.

Saat memperhatikan lebih detail dari batuan karang ini, Anda dapat menemukan ekosistem laut yang berada di sela-sela batuan. Ikan-ikan kecil, rumput laut, bahkan bintang laut terlihat jelas karena airnya yang jernih.

Namun hati-hati saat menapakkan kaki di batuan karang ini, gunakan alas kaki untuk mencegah batuan karang yang dapat menggores telapak kaki Anda. Selain itu, sering juga pengunjung yang berpapasan dengan ular laut yang terkenal akan racunnya.

Perlu diingat bahwa Pantai Ngobaran ini berhadapan langsung dengan palung laut yang berkedalaman hingga puluhan kilometer. Jadi jangan pernah mencoba untuk berenang di kawasan pantai, hal ini akan sangat membahayakan diri Anda.

Ombak yang dapat datang kapan saja juga perlu diwaspadai saat Anda sedang asik bermain di bibir pantai. Jika dirasa ombak yang datang cukup besar, sebaiknya cepat-cepat cari wilayah yang lebih aman atau menepi menjauh dari bibir pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ngobaran

Alamat Pantai Ngobaran

Image Credit: Google Maps (Sugi Arto)

Jarak pantai dari pusat kota Yogyakarta memang cukup jauh, memakan waktu hingga 1 jam lebih jika Anda berangkat dari kota.

Berada di Desa Kanigoro, pantai ini terletak di sisi barat selatan Kabupaten Gunung Kidul. Pastinya perjalanan Anda akan melintasi jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Barisan hutan yang masih terjaga keasriannya akan terlihat saat memasuki kawasan pegunungan.

BACA:  Pantai Kukup, Pantai Cantik Andalan Gunung Kidul Jogja

Rute menuju Pantai Ngobaran adalah mencari jalan yang mengarah ke Piyungan, disini Anda bisa melewati jalan Ring Road. Setelah mengikuti jalan Ring Road yang mengarahkan ke Piyungan, tanjakan pertama akan terlihat setelah lampu merah terakhir dekat dengan lapangan bola.

Ikuti saja jalur utama yang akan naik-turun seirama dengan kelokannya yang agak tajam. Di tengah perjalanan, hutan lindung milik pemerintah Yogyakarta akan Anda lewati, namanya hutan Sodong. Setelah melewati beberapa kelok jalan setelah hutan, cari jalan yang menuju Kecamatan Saptosari.

Rute lain yang dapat Anda ambil adalah melewati salah satu jalan terkenal di Yogyakarta, yaitu jalan Parangtritis. Jika memilih jalur ini Anda akan disuguhi pemandangan hamparan persawahan dan perbukitan di sisi timur.

Setelah sampai di kawasan pantai Parangtritis, ambil arah kiri yang memiliki kemiringan jalan hingga 45º. Mulai dari sini Anda hanya akan mengikuti satu jalur yang lumayan lebar, struktur jalannya halus seperti masih aspal baru. Perjalanan akan selesai sampai Anda menemukan plakat nama dari pantai.

Jalanan yang sudah memasuki kawasan pantai akan sedikit bergelombang, hati-hati saat membawa kendaraan yang melintasi jalan ini. Lubang-lubang kecil yang muncul di jalanan ini karena efek dari kendaraan besar yang setiap harinya melewati jalan tersebut.

Walaupun jalanan yang tidak rata, namun bus kecil dengan kapasitas 50 orang bisa melewati jalan ini. Hal ini akan memudahkan pengunjung yang berangkat secara rombongan dengan menggunakan kendaraan bus.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Ngobaran

Image Credit: Instagram.com @125pantaijogja

Tiket untuk masuk wisata Pantai Ngobaran ini dipatok dengan harga Rp 5.000 per orang. Harga ini termasuk murah, karena tiket pantai ini juga bisa digunakan untuk masuk ke pantai lain yang masih bertetangga.

Untuk parkir kendaraan roda dua, Anda cukup membayar sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Lahan parkir pantai ini terbilang luas, disediakan juga parkir khusus untuk bus wisata.

Namun sebelum memasuki wilayah Gunung Kidul, akan ada pos di perbatasan untuk pembayaran seluruh wisata di kabupaten ini. Tarif yang dikenakan biasanya Rp 20.000 setiap satu motor atau mobil. Bahkan saat hari libur tertentu, pos ini akan dijaga oleh aparat kepolisian dan tentara setempat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngobaran

Kegiatan di Pantai Ngobaran

Image Credit: Google Maps (Juntrung Puji Ananto)

1. Kuliner Landak Laut

Hewan yang memiliki duri tajam dan berbentuk seperti buah Rambutan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan Pantai Ngobaran. Masyarakat sekitar pantai biasa mencari hewan ini di sela-sela batu karang di area bibir pantai.

BACA:  25 Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Populer

Setelah dicuci dan dibersihkan dari pasir-pasir yang masih terbawa, kemudian duri tajam yang berfungsi sebagai pelindung dari hewan ini dipotong. Gunakan pisau yang tajam dan sarung tangan agar tidak bersentuhan langsung dengan racunnya.

Bagian yang akan dikonsumsi adalah telur dari Landak Laut, berbentuk menyerupai kuning telur ayam namun oval. Selanjutnya telur hewan ini akan direbus menggunakan air yang sudah dicampuri garam hingga matang dan mengeluarkan banyak busa.

Anda bisa mencicipi olahan seafood anti-mainstream ini dengan rasa pedas manis. Rasa yang semakin pedas akan membantu menghilangkan bau amis dari telur Landak Laut ini.

Hidangan ini disajikan bersama sepiring nasi hangat dan minuman es yang menyegarkan. Setiap rumah makan yang berada di kawasan Pantai Ngobaran ini telah menyediakan hidangan ini di menunya.

2. Pesona Sunset

Tak lengkap rasanya jika menyambangi wisata pantai tanpa menikmati suasana saat sore hari. Waktu dimana sang surya mulai tenggelam di ufuk barat, goresan warna langit berubah menjadi jingga.

Momen inilah yang ditunggu oleh banyak pengunjung di Pantai Ngobaran. Duduk di pinggiran pantai atau di puncak tebing batu kapur, akan sama-sama menemukan keindahan alam satu ini. Sembari bernyanyi atau bermain gitar akan menambah suasana menjadi lebih asik.

Siluet tebing di sisi barat akan terlihat estetik ketika diabadikan melalui sebuah gambar. Mengambil video dengan mode time-lapse akan menyimpan memori bagaimana pergantian hari dari siang hingga petang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Ngobaran

Image Credit: Google Maps (PRAMBANAN RENTCAR JOGJA wisata Jogja)

Wisata pantai ini menyediakan beberapa fasilitas yang ditujukan untuk para pengunjungnya. Toilet merupakan hal penting yang harus disiapkan oleh pihak pengelola wisata, di pantai ini terdapat toilet di salah satu sudutnya.

Tempat ibadah untuk umat muslim juga disediakan di pantai ini. Terdapat sebuah mushola yang terletak di dekat pura Hindu, wisatawan yang akan menunaikan sholat bisa menggunakan fasilitas ini.

Rumah makan yang ada di sekitar pantai juga banyak menyajikan hidangan seafood dengan cita rasa khas olahan Yogyakarta. Selain dimakan di tempat dengan pemandangan pantai, Anda juga bisa membawa pulang beberapa sajian untuk dimakan di rumah.

Pulang dari liburan kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Tenang saja, di Pantai Ngobaran ini berdiri toko yang menjual pernik-pernik barang yang terbuat dari kulit kerang. Cermin, hiasan meja, hingga gorden yang ditempeli kerang akan siap mempercantik rumah Anda.

Pantai yang memiliki pasir putih ini memiliki segudang daya tarik dan kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di sana. Sebelum berangkat di Pantai Ngobaran Gunung Kidul, siapkan kendaraan dengan kondisi yang benar-benar sehat. Jalanan yang berkelok akan menjadi tantangan Anda.