Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Bolang, Girikarto, Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pernah mendengar salah satu objek wisata yang bernama Heha Ocean View? Jika belum, maka anda wajib menyimak ulasan kami pada kesempatan kali ini. Sebenarnya tidak wajar jika anda belum mendengar nama destinasi wisata tersebut karena saat ini mulai banyak yang membicarakannya. Namun menjadi wajar ketika tempat wisata dengan panorama cantik Pantai Selatan tersebut baru diresmikan pada Februari 2021 kemarin.

Yogyakarta selalu memberi kejutan dalam hal pariwisata, terbukti dari banyaknya objek wisata baru yang langsung hits. Kali ini lokasinya berada di Gunung Kidul dan masih satu konsep dengan Heha Sky View. Hanya saja bukan pemandangan lampu kota dan keindahan tatanan kota yang disuguhkan, melainkan perpaduan antara pantai dengan tebing tinggi yang ada di sebelahnya.

Lokasinya yang luas sangat memungkinkan pengunjung untuk memanfaatkan semua fasilitas yang ada. Selain tebing dan pantai, objek wisata ini juga menawarkan berbagai spot foto dengan panorama alam, khususnya Pantai Selatan. Bagi anda yang masih bingung dengan pilihan objek wisata yang akan dikunjungi ketika liburan, tidak ada salahnya menempatkan Heha Ocean View pada daftar urutan teratas.

Daya Tarik yang Dimiliki Heha Ocean View

Daya Tarik Heha Ocean View Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Novia Moliana Saragih

Ada alasan kenapa objek wisata kali ini selalu ramai dikunjungi. Alasan yang dimaksud tidak lain adalah dari daya tariknya. Seperti halnya tempat wisata lain, selau ada yang menarik dan juga memikat wisatawan. Untuk kali ini, apa saja daya tariknya? Mari kita simak bersama ulasan berikut ini!

1. Pemandangan Indah Pantai dan Tebing

Seperti yang dikatakan tadi, lokasi Heha Ocean View ini dibangun diatas lahan luas yang berada di tepi pantai. Di lokasi yang sama juga terdapat tebing yang juga menjadi pemandangan indah lainnya. Tidak jarang wisatawan yang memanfaatkan tebing tersebut untuk melihat pemandangan Pantai Selatan.

Bagaimana tidak, pemandangan dari atas sangat indah dan membuat siapa saja takjub. Ombak yang menyapu tebing sangat jelas terlihat indahnya, meskipun sedikit menyeramkan. Gulungan ombak dari kejauhan yang tiada henti juga terlihat menakjubkan. Apalagi adanya angin laut yang terkadang membuat suasana semakin syahdu.

Masih belum berhenti melihat keindahan sepanjang garis pantai, pepohonan rindang yang mengelilingi lokasi menjadikan nuansa asri dan sejuk. Warna hijau dari pohon yang ada di atas tebing lebih terlihat seperti semak atau lumut. Kontur tebing yang mirip dengan perbukitan juga menjadi pemandangan lain yang layak disaksikan.

2. Berbagai Spot Foto Menarik

Daya tarik berikutnya dari Heha Ocean View yakni banyaknya spot foto yang dipastikan menarik. Beberapa spot juga terlihat unik dengan memakai konsep yang ada di luar negeri. Sebagai contoh adalah Santorini yang merupakan salah satu pulau indah di Yunani. Warna khas putih dan biru sangat memberikan nuansa seperti aslinya.

Ada juga balon udara yang dinamakan Heha Air Baloon. Spot ini menjadi salah satu paling favorit bagi wisatawan. Bukan hanya sebuah replika, namun memang balon udara asli yang bisa dinaiki. Akan tetapi tentunya tidak dapat terbang seperti halnya balon udara sebagai alat transportasi.

Apabila anda ingin latar belakang foto dengan nuansa romantis, ada Pink Horizon yang merupakan bangunan sederhana. Meski demikian, konsep yang diambil tetap menjadi daya tarik. Apalagi jika mengambil latar belakang Pantai Selatan, yang mana terlihat horizon atau garis laut yang terhubung langsung dengan langit.

3. Sebagai Tempat Melihat Sunset

Heha Ocean View juga memiliki daya tarik lain, yakni sebagai tempat melihat matahari terbenam. Sangat jelas terlihat karena lokasinya langsung berhadapan dengan arah matahari sedang undur diri, yakni ke barat. Warna orange dari matahari yang tenggelam berpadu dengan air laut kebiruan menjadi pemandangan yang sayang dilewatkan.

Lebih jelas lagi jika anda menjadi saksi keindahan ini dari atas tebing. Pancaran sinar seolah tidak mau terhalang oleh tingginya tebing yang ada di lokasi. Pengunjung yang ingin melihat panorama alam ini kebanyakan datang pada sore hari. Mereka biasanya bersantai sambil menikmati makanan ketika menunggu keindahan yang dipastikan datang ketika cuaca cerah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Heha Ocean View Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Aristiono

Pastikan anda menuju ke alamat Bolang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, jika ingin berkunjung. Lokasinya berjarak sekitar 45 kilometer jika dihitung dari pusat kota Jogja. Jarak tersebut normalnya bisa ditempuh dengan waktu sekitar 90 menit, tergantung dari kondisi jalan dan kecepatan kendaraan.

Heha Ocean View berada tidak jauh dari lokasi wisata lain, seperti Pantai Gesin dan Nguluran. Anda bisa mengambil rute menuju Jalan Nasional III yang berakhir ke Wonosari. Setelah sampai di pertigaan Gading, ambil arah kanan hingga melewati Paliyan dan berakhir di kawasan Panggang. Supaya lebih mudah, pastikan mengikuti papan petunjuk yang ada di lokasi terakhir yang dimaksud.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Heha Ocean View Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Nick Handri

Keindahan yang disuguhkan bukan berarti membuat harga tiketnya mahal. Untuk sekelas destinasi wisata dengan berbagai daya tarik dan kelebihan, harga yang ditawarkan cukup murah. Ada pembagian harga tiket sesuai dengan hari berkunjung. Untuk senin sampai jumat, anda cukup mengeluarkan biaya sebesar 15.000 rupiah.

Bagi pengunjung yang datang ke Heha Ocean View pada hari minggu atau weekend, harga tiketnya sebesar 20.000 rupiah. Perlu diketahui, harga tersebut masih belum termasuk beberapa spot foto yang tersedia. Tiap spot memiliki tiket masuk tersendiri, tergantung dari keindahan dan panorama yang disajikan. Pada umumnya, harganya masih berkisar antara 10.000 – 30.000 rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Heha Ocean View

Aktivitas Heha Ocean View Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Ade Setiawan

Hampir setiap aktivitas yang ada di lokasi wisata ini selalu menarik dilakukan. Tidak dapat di pungkiri bahwa kebanyakan pengunjung yang datang dipastikan ingin berburu spot foto dengan panorama alam. Untuk lebih jelasnya, kami sudah merangkum beberapa aktivitas yang menarik dilakukan ketika mengunjungi Heha Ocean View.

1. Berburu Spot Foto

Aktivitas foto menjadi wajib ketika mengunjungi destinasi wisata, apalagi dengan suguhan panorama indah. Pengelola dengan cerdik menambahkan spot foto agar pengunjung betah berlama-lama. Selain spot yang telah disebutkan pada daya tarik diatas, masih banyak lagi yang perlu anda ketahui.

Terra Cruve merupakan sebuah bangunan yang mengambil latar belakang laut lepas. Di sudut lain, ada sebuah tebing yang menjadi pembatas antara lautan dengan daratan. Spot ini semakin cantik dengan desain bangunan dominan putih sehingga menghasilkan warna foto lebih cerah.

Spot Rainbow tidak kalah menarik meskipun bangunannya sederhana. Konsep yang diambil adalah pelangi, dimana ada gerbang berlapis dengan varian warna. Anda bisa mengambil foto degan masuk kedalam gerbang tersebut. Background lautan menjadi salah satu faktor alam yang menghasilkan foto semakin indah.

Diantara spot foto yang ada, Heha Air menjadi idaman bagi setiap wisatawan. Terdapat sebuah pesawat yang diletakkan diatas bangunan yang menghadap langsung ke arah laut. Anda bisa berfoto sambil menaiki pesawat tersebut dengan pemandangan pantai dan tebing. Tidak perlu pose terbaik karena hembusan angin terkadang menambah hasil foto lebih estetik.

2. Menyaksikan Keindahan Matahari Terbenam

Seperti yang dikatakan tadi, Heha Ocean View juga menawarkan panorama indah dari matahari terbenam. Kilauan cahaya matahari yang perlahan berwarna orange menjadi pemandangan unik tersendiri. Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan yang ada di café atau resto di dekat lokasi.

Apabila anda tidak memiliki banyak waktu dan hanya ingin menyaksikan pesona alam ini, ada baiknya datang pada sore hari. Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika anda datang sekalian berburu spot foto yang telah disebutkan.

3. Pijat Refleksi

Lelah setelah keliling lokasi Heha Ocean View yang tergolong luas? Silahkan datang ke Heha Reflexology. Fasilitas tersebut memberikan layanan pijat refleksi yang nyaman dan dapat menghilangkan pegal. Pekerja yang profesional siap melayani anda sebaik mungkin dan memijat titik dimana penyebab lelah yang dirasakan.

Bangunan dari fasilitas ini termasuk besar dan banyak tenaga ahli yang tersedia. Jadi anda tidak perlu mengantre ketika ingin merasakan relaksasi pijatan dari mereka. Akan tetapi hal ini belum termasuk tiket masuk, jadi anda perlu membayar biaya tambahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Aktivitas Seru Heha Ocean View Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Amin C

4. Wisata Kuliner Nikmat

Belum lengkap rasanya jika belum menikmati hidangan khas yang ada di lokasi wisata, termasuk Heha Ocean View. Apalagi jika objek wisata ini menawarkan berbagai menu nikmat, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Bukan hanya itu, tersedia juga berbagai minuman dengan harga lumayan murah.

Konsep yang digunakan yakni Beach Club, jadi anda bebas memilih tempat duduk yang tersedia. Kebanyakan berupa tempat duduk kursi bersandar dengan meja yang dilengkapi dengan payung putih besar khas pantai. Sambil menikmati hidangan, anda bisa merasakan sejuknya angin pantai dan juga menikmati indahnya ombak berkejaran.

5. Berburu Oleh-oleh Khas Jogja

Jangan lupakan anggota keluarga yang ada di rumah, anda bisa membawakan mereka oleh-oleh khas Jogja. Selain oleh-oleh berupa makanan ringan, ada juga dari jenis barang yang berupa souvenir. Sebagian besar berupa kerajinan tangan dengan nilai seni tinggi. Meski demikian, harganya relatif murah karena bahan yang digunakan terbuat dari kayu atau rotan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Heha Ocean View Gunung Kidul
Image Credit: Twitter Wego Indonesia

Pengelola dengan baik merencanakan pembangunan Heha Ocean View dan memperhatikan setiap detail nya, termasuk dalam hal fasilitas. Beberapa fasilitas yang menjadi hak wisatawan yakni tempat parkir luas dengan kondisi aman. Selain itu, ada toilet sebagai tempat bersih diri dan juga mushola sebagai tempat ibadah.

Bukan hanya itu, ada juga area yang khusus digunakan untuk bersantai sambil nongkrong menikmati pemandangan. Dalam hal fasilitas untuk mengisi perut, ada café, resto, angkringan, dan drink corner yang tersebar di beberapa titik. Taman yang tidak terlalu besar juga menjadi fasilitas yang bisa anda nikmati bersama rombongan.

Pada waktu tertentu, ada panggung hiburan yang biasanya diisi dengan band lokal. Meski bukan menjadi fasilitas wajib, setidaknya kehadiran mereka dapat sedikit menghibur pengunjung. Jangan pernah lupakan fasilitas spot foto yang telah dibahas diatas. Untuk kali ini, anda perlu menyediakan budget lebih karena sebagian besar spot tidak gratis.

Apakah dari penjelasan diatas sudah cukup menjadikan alasan untuk berkunjung? Waktu terbaik untuk mengunjungi Heha Ocean View di Gunung Kidul yakni ketika cuaca cerah. Usahakan datang pada pagi atau sore hari karena udara yang ada di lokasi tidak terlalu panas. Malam hari juga menjadi waktu terbaik, namun untuk spot foto pastinya kurang berkesan karena tidak tampak panorama alam lautan.