HeHa Sky View salah satu objek wisata unik dan hits di Gunung Kidul, Jogja yang menawarkan beragam aktivitas seru dan fasilitas wisata. Tersedia banyak spot foto selfie, restoran unik, food stall, bean bag dan taman yang keren.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 10.00-23.00 WIB, Alamat: Jl. Dlingo-Patuk No.2, Bukit, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berlibur ke Yogyakarta merupakan sesuatu yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Daerah istimewa yang ada di bagian selatan Pulau Jawa tersebut menawarkan lokasi yang minimalis namun berkelas Internasional. Hampir setiap tempat di sana bisa menjadi tujuan wisata bagi siapapun yang hendak rekreasi menjernihkan hati dan jiwa.

Provinsi tersebut tidak hanya menampilkan wisata budayanya seperti keraton, alun-alun utara dan selatan, tugunya yang begitu tersohor, ataupun Pasar Malioboro. Jika ditelisik lebih lanjut lagi, ternyata Yogyakarta mampu memberikan pesonanya yang paling indah tepat dari atas salah satu bukitnya. Pemandangan dari ketinggian memang akan selalu memanjakan mata.

HeHa Sky View yang merupakan objek wisata yang dimaksud dan berada di perbukitan Gunung Kidul yang tidak jauh dari pusat Jogja. Tidak hanya pemandangannya saja, namun lebih banyak lagi hal yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang ke sana. Wisatawan juga bisa menikmati berbagai jenis santapan makanan yang akan memanjakan perut sambil menikmati eloknya pemandangan.

Daya Tarik yang Dimiliki HeHa Sky View

Daya Tarik HeHa Sky View
Image Credit: Twitter.com @nendrabertus

1. Pemandangan Indah Jogja dari Atas ketinggian

Ini merupakan sesuatu yang menjadikan tempat ini begitu tersohor oleh berbagai kalangan. Objek wisata tersebut memang menawarkan sebuah panorama yang tidak akan terlupakan. Siapapun yang melihatnya akan berdecak kagum akan keindahannya. Di sana, pengunjung bisa menemukan sisi lain dari Yogyakarta yang seringkali dilupakan oleh orang-orang.

Dari ketinggian tersebut, berbagai hal bisa dilakukan oleh wisatawan yang hadir di HeHa Sky View. Lebih dari sekedar foto-foto, beberapa titik di sana memberikan sentuhan-sentuhan khusus yang akan membuat jepretan kamera menjadi tampak apik lagi. Jumlahnya tersebut lebih dari satu, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan berdesak-desakan dan harus antre karena ramai.

Hal ini akan menjadi semakin indah tatkala momen tergelincirnya matahari. Momen swastamita yang elok tersebut membuat pesona Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi semakin indah bak seberkas surga yang hadir di bumi pertiwi. Jika tidak terhalang oleh awan, maka semburat sinar matahari yang berwarna jingga kemerahan akan menghiasi langit-langit tempat wisata tersebut.

2. Kolam Renang

Keunikan lain yang tersaji di sana adalah adanya sebuah kolam renang yang ada di salah satu sudutnya. Meskipun memang secara keseluruhan tidak jauh berbeda dari kolam-kolam renang yang lainnya, namun karena keberadaannya di objek tersebutlah yang menjadikannya unik. Pasalnya, sebuah kolam renang ada di tempat yang tinggi dan menampilkan apiknya pemandangan alam.

Hal tersebut bukanlah sesuatu yang biasa dan mudah ditemui. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang berbondong-bondong ingin mengunjungi tempat rekreasi tersebut karena kehadiran kolam ini. Menikmati kesegaran air sambil melihat Jogja dari atas sungguh bukan pengalaman yang biasa dan tidak akan mudah untuk dilupakan.

3. Paket Outbound yang Seru

HeHa Sky View memang dikenal memiliki wisata penjelajahan mini yang bisa melatih ketangkasan dan juga kelincahan anak-anak. Di sana terdapat sebuah dinding untuk melakukan panjat tebing, walaupun secara terbatas. Bagaimanapun, dengan lokasinya yang memang berada di ketinggian membuat suasana yang dirasakan menjadi cukup nyata dengan yang sebenarnya.

Tidak hanya itu saja, berbagai hal juga bisa dilakukan di dalam paket outbound tersebut. Buah hati akan dapat menjajal berbagai wahana yang melatih reflek dan juga keberanian. Terdapat sebuah balon udara yang berukuran mini di sana. Akan tetapi objek tersebut tidak bisa benar-benar diterbangkan.

Seperti halnya berbagai hal lain yang ada di lokasi wisata tersebut, balon udara tersebut hanya digunakan untuk hiasan saja. Jadi, pengunjung tidak akan bisa benar-benar memakainya untuk terbang atau hanya sekadar naik masuk ke dalamnya. Sebagai gantinya, balon tersebut bisa dipakai sebagai latar belakang yang eksotik untuk potret foto yang diambil.

Menjadikan objek tersebut sebagai spot untuk berfoto akan menambah kesan unik pada gambar yang diambil. Karena warnanya yang bervariasi, balon tersebut akan menambah kesan ceria dan bahagia untuk orang yang berkunjung ke sana.

Daya Tarik HeHa Sky
Image Credit: Twitter.com @achikaafriyati

4. Lantai Kaca yang Mempesona

Salah satu bagian yang menjadi favorit wisatawan yang singgah di HeHa Sky View adalah lantai kaca yang ada tepat di bagian ujung dekat dengan dataran yang menjorok ke bawah. Lantai kaca tersebut seolah menjadi pemikat tambahan yang akan semakin memperdaya masyarakat karena keindahannya. Tempat ini menjadi titik untuk berfoto yang sangat fenomenal.

Namun, untuk mendapatkan kesempatan berada di atasnya maka pengunjung perlu membayar tarif ekstra dalam jumlah tertentu. Walaupun lantai tersebut hanya satu petak saja, namun luasnya cukup untuk menampung beberapa orang. Ada berbagai alasan mengapa dikenakan biaya tambahan untuk mengaksesnya, namun yang paling utama adalah keteraturan pengunjung saat berada di sana.

Walaupun lantai kaca atau biasa disebut sky glass tersebut sudah teruji kekuatannya, namun tetap saja tidak boleh dinaiki oleh orang dalam jumlah yang sangat banyak. Dengan adanya ongkos ketika hendak menikmati fasilitas itu, maka orang-orang akan antre dan dengan lebih mudah diatur. Muatan yang ditanggung oleh kaca-kaca tersebut pun menjadi terkendali.

5. Berbagai Kuliner yang Tersedia

Pada objek wisata tersebut, banyak ditemui kedai-kedai yang menjual santapan yang lezat serta minuman yang menyegarkan. Tempat ini memang sebenarnya merupakan sebuah pujasera unik yang ada di sudut lain dari Yogyakarta.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi HeHa Sky View

Alamat HeHa Sky View
Image Credit: Google Maps (Aufa Mf)

Tempat wisata ini ada di daerah Gunung Kidul Jogja yang tidak jauh dari keramaian. Lokasi tepatnya yakni ada di desa patuk dan kecamatan dengan nama yang sama. Lebih rinci lagi, keberadaannya ada di sekitar Jalan Dlingo hingga ke Patuk.

Untuk menjangkaunya sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Jika mulai dari titik nol Yogyakarta, maka harus melewati Jalan Kusumanegara dan berbelok ke Jalan Gedongkuning. Sesampainya di Wonosari, maka harus melakukan perjalanan naik. Di sanalah mulai memasuki area Gunung Kidul Yogyakarta atau biasa disebut dengan daerah perbukitan bintang.

Jika sudah berada di sana, maka pengunjung hanya perlu mengikuti jalan saja. Masuk ke jalur Dlingo Patuk dan akhirnya wisatawan akan tiba di destinasi yang dituju. Untuk melakukan perjalanan tersebut, bisa ditempuh dengan kurung waktu kurang dari satu jam. Jarak tempuh yang dilewati sepanjang kurang dari 20 kilometer.

Harga Tiket Masuk HeHa Sky View Jogja

Harga Tiket HeHa Sky View
Image Credit: Google Maps (Dinul Haq)

Untuk mendapatkan akses di HeHa Sky View, maka pengunjung perlu mengeluarkan kocek untuk membeli tiket masuk. Harganya tergantung dari hari dan pukul berapa ingin berkunjung ke sana. Sebelum jam empat sore, maka wisatawan yang datang harus membayar Rp 10.000 pada hari Senin hingga Jumat. Pada akhir pekan dan semua hari libur nasional maka perlu mengeluarkan hanya Rp 15.000 saja.

Namun, jika lebih dari pukul tersebut tarif yang dibayarkan akan berbeda. Para turis yang berdatangan harus membayar sekitar Rp 15.000 ketika hari Senin hingga ke Kamis. Ketika hari Jumat dan juga akhir pekan maka harus mengeluarkan uang sejumlah Rp 20.000. Hal serupa juga berlaku sama ketika hari-hari besar.

Selain itu, ada beberapa fasilitas yang tidak bisa dimanfaatkan dengan cuma-cuma oleh wisatawan yang datang. Hal tersebut memang terkait dengan perawatan benda-benda tersebut dan faktor lainnya yang membuatnya berbeda dan harus dipisahkan dari biaya utamanya. Kocek Rp 10.000 bisa dikeluarkan untuk menikmati kolam refleksi dan juga taman untuk melakukan swafoto.

Sedangkan untuk menikmati HeHa Aeroplane serta Balon Udara yang merupakan bagian dari outbound di sana, harus mengeluarkan biaya dua kali lipatnya. Tarif yang paling mahal memang ada di titik Sky Glass, yakni sekitar Rp 30.000. Di situlah pengunjung akan melakukan observasi melakukan berbagai hal untuk mendapatkan hasil jepretan yang apik. Jam operasionalnya pun dimulai dari pukul 10 pagi sampai pukul 11 malam, sedangkan ada pengecualian di hari Minggu. Pada hari tersebut, turis bisa mendapatkan akses ketika sudah memasuki pukul delapan pagi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di HeHa Sky View

Aktivitas di HeHa Sky View
Image Credit: Google Maps (Lutfi Anshori)

1. Asiknya Menjepret-Jepret Kamera

Mengabadikan momen yang tak akan terlupakan baik bersama dengan keluarga ataupun teman-teman di HeHa Sky View adalah sesuatu yang sangat wajib untuk dilakukan. Selain karena berada di tempat yang cukup tinggi, semua sisi di tempat tersebut memang didesain untuk berfoto-foto. Gambar yang diambil akan nampak elok dan cocok menjadi salah satu album yang dimiliki.

Ada beberapa titik juga yang memang dirancang untuk melakukan sesi foto-foto. Tempat-tempat tersebut diantaranya yakni Bola Udara, tempat penyewaan ourbound, dan juga lantai kaca khas destinasi ini.

2. Menikmati Wisata Kuliner

Tempat ini memang sebenarnya dibangun untuk menyatukan berbagai penjual makanan maupun minuman yang ada di sekelilingnya. Para pedagang itu memiliki kios atau hanya sekadar diperbolehkan berjualan di sana. Harga yang ditawarkan kepada hampir semua pembeli tentunya berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Aktivitas di HeHa Sky
Image Credit: Google Maps (Liam Sshi)

3. Mengitari Areanya yang Luas

Tempat tersebut tidak akan kalah menariknya jika dibanding oleh kebanyakan destinasi di Jogjakarta. HeHa Sky View memang memberikan pemandangan yang indah sehingga akan sangat rugi jika tidak dinikmati. Pengunjung bisa secara sederhana melakukannya dengan berjalan memutari seluruh area tersebut.

4. Menunggu Sang Surya Terbenam

Keindahan sang surya memang menjadi berkat tersendiri bagi manusia. Hal tersebut akan semakin berlipat-lipat ganda ketika momen tergelincirnya. Inilah yang bisa ditunggu oleh turis yang berekreasi di sana. Jika memang kondisi langit sedang cerah, maka menunggunya tidak akan sia-sia. Ketika tiba saatnya matahari terbenam, maka fenomena ini dapat membuat melongo orang yang melihatnya.

Fasilitas yang Tersedia di HeHa Sky View Jogja

Fasilitas di HeHa Sky View
Image Credit: Google Maps (Yukitadolan Channel)

Seperti yang telah diketahui bahwa tempat ini memberikan berbagai titik yang sangat cocok untuk berfoto. Tempat ini juga menawarkan beragam penjual kuliner sehingga pengunjung bisa bebas ingin menyantap makanan apa saja.

Ada juga kolam, tempat panjat tebing, balon udara, balkon lantai kaca, glamping, dan lain sebagainya. Terdapat pula Mushola serta toilet dan juga area parkir kendaraan.

Destinasi wisata yang menampilkan keelokan alam memang selalu bisa menjadi nomor satu, tak terkecuali dengan HeHa Sky View di Gunung Kidul. Tempat tersebut memang menjadi salah satu wisata unggulan baru yang ada di Jogja. Letaknya yang tak jauh dari pusat kota, dan sejalur dengan arah menuju ke berbagai pantai di Yogyakarta, membuatnya seolah cocok untuk dikunjungi.