Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Guyangan Lor, Mertelu, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Green Village Gedangsari tergolong sebagai salah satu destinasi alam yang wajib dikunjungi ketika berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pemandangan alam terbuka masih terlihat natural yang cocok sebagai tempat melepas penat sejenak. Destinasi cantik ini juga cukup jauh dari area pemukiman dan keramaian.

Pengunjung bisa menemukan gardu pandang untuk menikmati deretan bukit hijau. Disana memang banyak landscape menarik yang ditawarkan. Para tamu pasti ingin memotret semua keindahan di area menggunakan kamera karena tidak semua wisata menyuguhkan pemandangan yang begitu cantik.

Jika wisatawan memilih berkunjung ke Green Village saat pagi atau siang hari maka dapat mencoba flying fox. Permainan tersebut memang sengaja disediakan supaya Anda bisa melihat keelokan alam secara keseluruhan. Tak hanya itu, traveller juga bisa menemukan spot lain yang menawarkan miniatur dengan bentuk unik.

Daya Tarik yang Dimiliki Green Village Gedangsari

Daya Tarik Green Village Gedangsari
Image Credit: Google Maps Ronny Yahya

1. Tempat Bermain

Green Village sering kali digunakan traveller sebagai spot bermain. Anda dapat menemukan beragam permainan seperti flying fox yang sudah ada di area. Bermain di sekitar dengan melihat keindahan alam sudah menjadi favorit para tamu. Bahkan pengunjung bisa pula membawa layang-layang saat liburan ke destinasi alam ini.

Pelancong disarankan berkunjung ketika cuaca bagus untuk melakukan berbagai permainan seru. Tenang saja petugas akan memberikan pengaman selama Anda bermain di kawasan. Daya tarik ini membuat Green Village hampir tidak pernah sepi. Setiap hari destinasi terlihat begitu ramai dipadati kalangan muda hingga tua yang mencoba bermain flying fox disana.

2. Pemandangan Cantik

Pengunjung yang melipir ke Green Village Gedangsari pasti tidak bosan selama melihat panorama. Wisata cantik ini memang berada di atas puncak dekat bukit. Traveller bisa memperoleh spot yang indah dengan beragam pemandangan dari atas. Biasanya para tamu pun kerap menyiapkan kamera untuk memotret setiap panorama yang muncul ketika berlibur kesana.

Bukit yang bercorak hijau dengan kecantikan gunung dan awan putih pasti membuat Anda semakin betah. Apalagi beberapa orang juga sering menunggu waktu sunset atau sunrise dari atas perbukita ini. Anda bisa pula melihat para tamu yang berlalu lalang bermain flying fox dari atas. Kecantikan panorama memang begitu lengkap dan tidak membuat kecewa.

3. Spot Melepas Penat

Green Village Gedangsari menawarkan angin yang begitu sejuk. Hal itulah yang membuat para tamu selalu senang saat melepas penat di area. Spot bersantai memang cukup banyak, apalagi setiap gazebo sudah memiliki bentuk yang berbeda. Anda dapat memanjakan mata sambil melepas penat dan membawa camilan untuk menikmati kecantikan wisata alam itu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Green Village Gedangsari
Image Credit: Google Maps Dan W.

Green Village terletak di Pedukuhan Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Gendang Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Para tamu dari luar kota Jogja selalu tertarik datang kesana dan sering membawa kendaraan pribadi. Tenang saja akses di setiap rute sudah termasuk bagus serta memadai. Namun, bagi Anda yang tidak membawa kendaraan sendiri maka bisa naik ojek yang berlalu lalang.

Rute paling mudah untuk menuju tempat ini dapat dijangkau dari pusat kota Jogja. Anda bisa mulai masuk ke kawasan Jalan Jagalan Beji dan belok menuju Jalan Jayeng Prawiran. Lurus saja sampai Jalan Gajah Mada, lalu melipir ke area Jalan Purwanggan. Pengunjung bisa lurus terus menuju Jalan Munggur, selang beberapa meter mulai ke Jalan Laksda Adisucipto.

Rute berikutnya dapat ditempuh menuju Jalan Srowot serta tetap lurus sampai Jalan Sunan Pandanaran. Disana sudah tidak begitu jauh karena Anda akan bertemu kawasan Guyangan Lor. Rute tersebut bisa dilalui siapa saja yang ingin liburan dari pusat Jogja. Namun, wisatawan juga boleh berangkat dari Wonosari atau rute lain yang lebih dekat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Green Village
Image Credit: Google Maps Fathin Azhari Wibowo

Green Village Gedangsari memang banyak dijadikan tempat liburan keluarga karena tiket masuk ke destinasi masih gratis. Kawasan wisata memang dikelola warga setempat dan pengunjung dari daerah manapun bisa datang setiap hari. Jam kunjungan mulai pagi sampai sore menjelang malam, hal ini pasti membuat traveller betah selama menikmati liburan.

Pada area wisata alam tampak sewa flying fox bagi pelancong yang ingin bermain. Biaya selama bermain flying fox dibandrol mulai Rp 100.000. Harga memang masih sedikit mahal, namun Anda pasti senang ketika bermain karena bisa melihat panorama cantik dari atas. Biasanya kalangan muda kerap mencoba flying fox ketika berada disana.

Pengunjung juga dapat menyiapkan biaya lebih selama berkunjung untuk membayar karcis parkir. Jenis kendaraan roda dua hanya memiliki tarif parkir sebesar Rp 2.000 saja. Sedangkan pengendara roda empat seperti bus atau mobil pribadi dapat membayar Rp 5.000. Kemudian berburu spot foto di kawasan wisata tidak perlu biaya tambahan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Green Village

Aktivitas Menarik Green Village
Image Credit: Google Maps iwan j prasetyo

1. Menunggu Sunset

Green Village Gedangsari termasuk tempat yang cocok untuk menunggu matahari tenggelam. Keindahan sunset memang bisa dilihat secara jelas jika Anda berada di atas ketinggian. Bahkan tidak sedikit pelancong yang menjepret momen sunset ketika warna senja dari langit mulai muncul.

2. Mengabadikan Momen

Momen berlibur bersama keluarga atau teman tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pengunjung dapat mencari spot yang paling cantik untuk mengabadikan momen. Tenang saja di area Green Village sudah terlihat miniatur yang berjejer. Bahkan pesona alam yang menunjukkan hamparan bukit hijau pasti membuat latar foto semakin bagus.

3. Menjelajah Green Village

Kawasan wisata hits ini mempunyai lahan yang tergolong luas. Sudut area yang dilengkapi dengan miniatur foto dan pemandangan alam terbuka cocok dijelajahi saat menginjakkan kaki di wisata. Pengunjung dapat berjelajah sambil menikmati udara segar. Suasana alam yang terpancar indah pasti membuat Anda tidak terasa lelah saat menjelajah tempat ini.

4. Bermain Flying Fox

Permainan flying fox tampak tersedia di Green Village yang boleh dicoba oleh semua tamu. Setiap kali berkunjung pasti ada saja traveller yang naik flying fox. Bermain di area pasti terasa seru sambil menikmati panorama bukit dari atas. Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk mencoba permainan flying fox.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Green Village Gedangsari
Image Credit: Google Maps Ganang Wibisono

Green Village Gedangsari telah mempunyai beragam pilihan fasilitas umum di sekitar. Warung wisata yang menjual makanan dan minuman dapat dijumpai pengunjung. Biasanya kios itu banyak yang menawarkan mie, bakso, nasi, hingga teh. Gardu pandang untuk spot melihat pemandangan indah terlihat sudah tersedia di dalam destinasi itu.

Bagi para tamu yang ingin mencari tempat ibadah bisa langsung menuju ke mushola dekat destinasi. Ruang mushola memang tidak luas, tetapi tampak memadai serta bersih. Kamar mandi umum sudah terlihat ada, Anda bisa mencarinya di sudut wisata. Sejumlah gazebo disediakan dengan bentuk yang unik dan sering digunakan untuk mengambil potret foto.

Green Village tentu memiliki area camping yang begitu luas. Kemudian lahan parkir kendaraan roda dua serta empat tampak memadai. Outbound area pun tersedia bagi siapa saja yang ingin menggunakan destinasi hits ini sebagai tempat berkumpul dan bermain. Pilihan miniatur untuk mengabadikan momen tampak banyak di setiap sudut.

Green Village Gedangsari yang menawarkan hamparan bukit hijau pasti membuat Anda kagum. Panorama di area memang tidak hanya itu saja karena tampak gunung yang indah. Wisatawan yang ingin menemukan tempat nyaman untuk berlibur bisa langsung datang ke destinasi alam ini. Jangan lupa ajak kerabat kesana sambil mencoba bermain flying fox.