16 Tempat Wisata di Banjarnegara

Tempat Wisata Banjarnegara

Banjarnegara menjadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan minuman khasnya, yaitu dawet ayu. Selain terkenal dengan dawet ayunya, Banjarnegara juga dikenal dengan bahasa daerahnya yang ngapak.

Setiap kabupaten yang ada di Jawa Tengah memang memiliki keunikan sendiri-sendiri, termasuk di Banjarnegara. Kabupaten dengan luas wilayah lebih dari 1000 km persegi ini juga memiliki beragam tempat wisata unik yang bisa kamu kunjungi.

Di Banjarnegara kamu dapat menemukan wisata alam, wisata budaya, wisata pendidikan, dan jenis-jenis tempat wisata lainnya. Berikut ini adalah 16 tempat wisata di Banjarnegara yang bisa kamu jadikan rujukan saat berlibur ke sana.

1. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka

Lokasi: Pekasiran, Kec. Batur. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Kawah Candradimuka yang terletak di Kecamatan Batur. Menurut cerita yang beredar, kawah ini merupakan tempat tokoh wayang Gatot Kaca untuk pertama kalinya mendapatkan kesaktian.

Di sini kamu akan menemukan pemandangan alam yang menakjubkan, yang masih asri dan juga alami. Kawah ini dibuka untuk umum selama 24 jam non stop dan tiket masuk yang perlu kamu bayarkan pun tidak terlalu mahal.

2. Gunung Lanang

Gunung Lanang

Lokasi: Jl. Wiradrana, Wiradrana, Majalengka, Kec. Bawang. – Image Credit by Ksmtour.com

Jika kamu adalah pecinta wisata alam pegunungan, Gunung Lanang bisa menjadi salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi di Banjarnegara. Gunung Lanang yang terletak di Kecamatan Bawang ini masih cukup kental dengan hal-hal mistis.

Jika kamu ke sana, barangkali kamu akan menjumpai orang-orang yang hendak mengantar sesaji atau sekadar bertapa mencari ilmu. Tempat wisata ini bisa kamu kunjungi mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore.

3. Surya Yudha Park

Surya Yudha Park

Lokasi: Jl. Raya Rejasa No.KM, RW.1, Rejasa, Kec. Madukara. – Image Credit by Beritagar.id

Jika kamu ingin berlibur sambil bermain air, datanglah ke Surya Yudha Park yang ada di Kecamatan Madukara. Di sini kamu akan menemukan tempat untuk outbound, arena olahraga, rafting, dan juga penginapan.

Kamu juga akan disuguhi dengan replika monumen terkenal dari negara lain, seperti Singapura dengan Patung Merolin, dan juga Patung Liberty yang ada di Amerika Serikat. Wisata ini sangat recomended untuk kamu berlibur bersama keluarga.

4. Waduk Mrica

Waduk Mrica

Lokasi: Karangjambe, Kec. Wanadadi. – Image Credit by Islamireligius.blogspot.com

Waduk Mrica yang berada di Kecamatan Wanadadi ini merupakan salah satu waduk buatan yang terbesar di Asia Tenggara lo. Meski di beberapa area sudah nampak adanya sedimentasi, namun Waduk Mrica masih nampak indah untuk dikunjungi.

Di waduk ini kamu  bisa menikmati keindahan alam sambil duduk-duduk santai di sekitar waduk. Atau jika mau, kamu juga bisa mengambil foto di sana dengan latar belakang panorama waduk yang sangat indah saat sore hari.

5. Tampo Mas

Tampo Mas

Lokasi: Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara No.7, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara. – Image Credit by Budparbanjarnegara.com

Wisata selanjutnya adalah Tampo Mas yang merupakan sisa-sisa pembangunan yang digunakan untuk kepentingan Waduk Mrica. Meski masih terlihat sisa-sisa penambangan yang ditinggalkan begitu saja, namun Tampo Mas menjadi nampak indah dan eksotis.

Di area pinggir nampak mengundak, sementara di tengahnya adalah genangan air berwarna hijau yang nampak serasi dengan tumbuh-tumbuhan di sekelilingnya. Karena keindahannya, tempat ini kerap dijadikan spot untuk berfoto.

6. Anglir Mendung

Anglir Mendung

Lokasi: Jl. Raya Karangkobar, Kasimpar, Paweden, Kec. Karangkobar. – Image Credit by Ksmtour.com

Wisata alam yang terletak di tengah-tengah hutan lindung ini bisa kamu temukan di Karangkobar. Wisata sejuk dan asri ini juga sangat recomended untuk kamu yang akan berlibur bersama keluarga di Banjarnegara.

Dan jika kamu beruntung, akan ada pertunjukan seni tari tradisional khas daerah yang bisa kamu nikmati. Sesuai namanya, di sini kamu akan merasakan aliran angin yang deras dengan langit yang ditutupi awan hitam.

7. Curug Sikopel

Curug Sikopel

Lokasi: Babadan, Kec. Pagentan. – Image Credit by Jalanjalanenak.com

Curug Sikopel menjadi salah satu di antara banyaknya tempat wisata yang menyimpan berbagai mitos. Ada sebuah mitos di curug ini, yaitu barang siapa mandi di curug atau air terjun ini maka ia akan menjadi awet muda.

Mitos ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang penasaran dengan kebenaran mitos tersebut. Selain mitosnya yang menarik pengunjung, keindahan alam yang ditawarkan Curug Sikopel juga tak kalah menarik.

8. Wadas Tumpang

Wadas Tumpang

Lokasi: Majalangu, Majalengka, Kec. Bawang – Image Credit by Wisatadiindonesia.com

Jika bosan dengan wisata alam Banjarnegara, kamu bisa menikmati wisata budaya yang tak kalah bagusnya. Wadas Tumpang menjadi tempat yang masih kaya dan kental akan berbagai ritual adat budaya.

Tempat ini dikenal sebagai pertapaan masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya, terbukti dengan adanya sesaji di sana. Di sini pengunjung dapat melihat kandang macan alami serta kera putih yang bersliweran.

9. Curug Mrawu

Curug Mrawu

Lokasi: Giritirta, Kec. Pejawaran. – Image Credit by Ksmtour.com

Di Banjarnegara terdapat banyak sekali wisata air terjun atau curug, selain curug Sikopel, masih ada lagi Curug Mrawu. Curug Mrawu cocok sekali bagi Anda yang suka tracking untuk sampai ke tempat wisata.

Selama berjalan kaki menuju Curug Mrawu, kamu akan disuguhi dengan indahnya persawahan dan hutan di sepanjang jalan. Jadi meskipun cukup jauh, kamu tak akan merasa lelah untuk sampai ke Curug Mrawu.

10. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Lokasi: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur. – Image Credit by Histori.id

Kawah Sikidang merupakan objek wisata Dieng yang masih ada di wilayah administratif Kabupaten Banjarnegara. Kawah Sikidang wajib kamu kunjungi karena areanya yang terletak di tanah datar sangat mudah dijangkau.

Di kawah Sikidang ini kamu bisa menyaksikan aktivitas vulkanik secara langsung. Jika ingin berfoto dengan hasil yang maksimal, kamu bisa menyewa fotografer di sana, kamu juga bisa berfoto dengan burung hantu.

11. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda

Lokasi: Sidomulyo, Pekasiran, Kec. Batur. – Image Credit by Ksmtour.com

Sumur Jalatunda ini menawarkan daya tarik sebuah sumur kuno yang memiliki ukuran sangat lebar, diameternya 90 meter dengan kedalaman sekitar 150 meter. Konon katanya, sumur ini terbentuk dengan sendirinya.

Sumur yang berada di Kecamatan Batur ini tidak boleh digunakan untuk mandi atau berenang, karena sumur ini sangatlah dalam. Wisatawan yang ingin ke sana bisa datang kapanpun karena tempat ini buka setiap hari.

12. Taman Serulingmas

Taman Serulingmas

Lokasi: Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara. – Image Credit by Inibaru.id

Taman yang berada di Kecamatan Banjarnegara ini selalu ramai oleh pengunjung baik di hari biasa maupun hari libur. Wisata Taman Serulingmas ini menawarkan keindahan yang menarik untuk para pengunjung.

Wisata Taman Serulingmas ini memiliki area yang sangat luas, sehingga cocok untuk kamu yang hendak berlibur bersama keluaga. Di sana kamu juga bisa berfoto dengan satwa-satwa yang sudah dijinakkan.

13. Arum Jeram Sungai Serayu

Arum Jeram Sungai Serayu

Lokasi: Randegan, Kec. Sigaluh – Image Credit by Thepikas.com

Wisata Arum Jeram Serayu yang ada di Banjarnegara ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Bagi kamu yang suka dengan wisata air dan tantangan-tantangan yang memacu adrenalin, wisata ini harus kamu coba.

Di sana kamu akan menemukan banyak penduduk lokal yang siap membantu kamu jika butuh bantuan. Kamu bisa menikmati liburan di Arum Jeram Sungai Serayu bersama teman-temanmu, saudara, maupun keluarga.

14. D’Qiano Hot Spring Waterpark

D’Qiano Hot Spring Waterpark

Lokasi: Krajan, Kepakisan, Kec. Batur. – Image Credit by Inibaru.id

Apakah kamu ingin menikmati liburan sembari memanjakan badan dengan mandi air hangat? Jika iya maka kamu harus mencoba salah satu tempat wisata di Banjarnegara ini, yaitu D’Qiano Hot Spring Waterpark.

Di sini ada dua kolam yang memiliki suhu berbeda, kamu bisa memilih hendak berendam di mana. Setelah berendam, kamu bisa menikmati makanan atau menginap di salah satu penginapan di sekitar situ.

15. Museum Kailasa Dieng

Museum Kailasa Dieng

Lokasi: Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur. – Image Credit by Wikipedia.org

Museum ini merupakan museum yang diresmikan di Banjarnegara pada tahun 2008. Di dalam museum ini terdapat banyak koleksi benda-benda bersejarah, juga warisan bersejarah seperti artefak dan arkeologis.

Di dalam museum yang berlokasi di Kecamatan Batur ini kamu juga dapat menemukan keterangan mengenai berbagai jenis flora dan fauna. Jika ingin masuk ke museum,kamu bisa datang sekitar pukul 8 pagi sampai 4 sore.

16. Telaga Dringo

Telaga Dringo

Lokasi: Pekasiran, Kec. Batur. – Image Credit by Yukpiknik.com

Telaga Dringo uga berada di Kecamatan Batur, dan untuk mencapainya kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit. Keindahan telaga ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para  wisatawan dari luar negeri.

Telaga Dringo dibuka untuk umum selama 24 jam, dan jika akan berkunjung ke sana, sebaiknya kamu datang di waktu pagi hari. Karena selain tracking yang cukup lama, suasana pagi hari jauh lebih sejuk dan segar. Namun kadang, telaga ini juga ditutup untuk sementara.

Nah, itulah daftar tempat wisata di Banjarnegara yang bisa kamu masukkan ke dalam list jadwal liburan kamu. Kamu tinggal memilih tempat yang cocok dan menentukan waktu untuk berkunjung. Jangan lupa mengajak keluarga dan teman-teman agar liburanmu lebih menyenangkan ya. Selamat berlibur.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak