15 Tempat Wisata di Grobogan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Grobogan

Ingin Liburan ke Grobogan? Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Grobogan, Jawa Tengah. Objek Wisata Menarik Terbaru, Populer & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Grobogan merupakan daerah yang masuk di wilayah Purwodadi, Jawa Tengah. Daerah ini terbilang kecil dan tidak terlalu terkenal secara spesifik sebagai daerah wisata. Meski demikian, Grobogan memiliki banyak sekali koleksi tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri.

Di Grobogan, yang akan banyak sekali dijumpai adalah wisata alamnya, mulai dari air terjun hingga goa. Selain itu, daerah ini juga memiliki banyak sekali wisata sejarah dan edukatif sehingga cocok untuk liburan bersama keluarga. Tak perlu bingung lagi memilih tempat wisata di Grobogan karena akan ada banyak sekali pilihannya.

Bagi yang sedang berada di Grobogan atau berencana akan datang ke sana, simak daftar di bawah ini. Ada beragam tempat unik dan menarik yang bisa dijadikan referensi untuk tujuan piknik saat di Grobogan. Semua tempat wisata di Grobogan bisa ditemukan dengan mudah dan tidak menguras kantong karena kebanyakan bisa dikunjungi dengan tiket masuk yang cukup murah.

1. Air Terjun Widuri

Air Terjun Widuri

Image Credit: Grobogantoday.com

Air terjun selalu menjadi salah satu objek wisata menarik di daerah manapun. Tempat wisata semacam ini pasti akan lebih menarik jika suasananya masih alami dan debit airnya cukup banyak. Pengunjung bisa menikmati sejuknya udara di sekitar air terjun dan juga bermain air di bawah air terjun.

Di Grobogan, salah satu objek wisata air terjun yang paling populer adalah Air Terjun Widuri. Tingginya lebih dari 50 meter dan membuat air terjun ini terlihat sangat cantik. Sekeliling air terjun masih asri dan dipenuhi dengan bebatuan alam dan hijaunya tanaman-tanaman liar. Hal ini membuat Air Terjun Widuri sangat cocok dijadikan tempat wisata alam pilihan.

Lokasi: Widuri, Kemaduhbatur, Kec. Tawangharjo, Kab. Grobogan.

2. White Canyon

White Canyon

Image Credit: Wisata.bukaaja.site

Di Amerika ada tempat wisata Grand Canyon yang merupakan perbukitan kapur yang berbentuk tebing-tebing. Di Grobogan, ternyata juga ada tempat wisata seperti itu. Namanya adalah White Canyon. Bentuknya hampir sama dengan yang ada di Amerika. Ada tebing kapur dan bebatuan alam yang membuat pemandangannya sangat indah.

Di sini wisatawan biasanya akan sibuk berfoto-foto ria. Mereka biasanya juga akan memanfaatkan momen matahari terbit atau matahari terbenam untuk mendapatkan foto yang cantik di tempat ini. Jadi jangan heran jika tempat ini cukup ramai dipenuhi oleh pengunjung, terutama dari kalangan anak muda.

Lokasi: Mrisi, Kec. Tanggungharjo, Kab. Grobogan.

3. Desa Purba Banjarejo

Desa Purba Banjarejo

Image Credit: Patinews.com

Bagi penggemar sejarah dan arkeologi, pasti sudah bukan hal yang aneh lagi jika Grobogan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang harus dikunjungi. Hal ini dikarenakan di daerah ini ada satu desa di mana banyak sekali ditemukan fosil manusia-manusia purba. Desa ini dikenal dengan nama Desa Purba Banjarejo.

BACA:  9 Wisata Pantai di Pekalongan Paling Hits Dikunjungi

Di desa ini banyak situs sejarah yang bisa dilihat dan dipelajari. Semuanya sangat menarik, apalagi jika yang datang ke sana memang tertarik di bidang arkeologi dan pra-sejarah. Karena sudah termasuk desa wisata, jangan heran jika di desa ini sudah tersedia fasilitas seperti penjual makanan, toilet umum, dan lain sebagainya.

Lokasi: Desa Banjarejo, Kec. Gabus, Kab. Grobogan.

4. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

Image Credit: Tirto.id

Waduk Kedung Ombo merupakan salah satu objek wisata waduk buatan yang ada di Grobogan. Pemandangan ini waduk ini terbilang asri dan masih enak sekali udaranya. Inilah mengapa waduk ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menjauh dari hiruk-pikuk perkotaan dan mendapatkan ketenangan serta udara yang segar.

Untuk bisa menikmati suasana di waduk ini, pengunjung bisa menyewa perahu atau bisa duduk-duduk di area yang disediakan di pinggir waduk. Karena biaya masuknya cukup terjangkau dan suasananya yang memang masih alami sekali, tak heran jika waduk ini lumayan banyak pengunjungnya, terutama di saat-saat liburan.

Lokasi: Rambat, Juworo, Kec. Geyer, Kab. Grobogan.

5. Ayodya Water Park

Ayodya Water Park

Image Credit: Seputarsemarang.com

Jika datang ke Grobogan bersama dengan rombongan keluarga dan ada anak-anak kecil di dalam rombongan, tentu saja tempat wisata yang harus dikunjungi adalah yang ramah anak. Salah satu pilihan terbaiknya adalah di Ayodya Water Park. Kompleks kolam renang ini memiliki konsep modern yang pasti disukai oleh anak-anak kecil.

Selain ada aneka ragam kolam renang, Ayodya Water Park juga memiliki seluncuran dengan berbagai model dan juga wahana-wahana permainan lainnya. Hal ini membuat bermain air dan berenang di tempat ini menjadi tidak membosankan. Selain anak kecil, orang dewasa pun juga bisa berenang di tempat ini karena ada kolam renang untuk dewasa yang tersedia.

Lokasi: Jl. A. Yani No.1, Porong, Kuripan, Kec. Purwodadi, Kab. Grobogan.

6. Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen

Image Credit: Pegipegi.com

Jika ada tempat wisata unik di Grobogan, salah satu yang paling dikenal tentu saja adalah Api Abadi Mrapen. Ya, di sini ada sumber api yang tidak akan pernah padam. Fenomena alam ini diduga karena adanya sumber gas alam yang terpendam di dalam tanah.

Meski diguyur hujan, sumber api di Mrapen ini tidak akan pernah padam. Api abadi ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan sakral, seperti untuk keperluan upacara Waisak dan juga untuk sumber api seremoni Pekan Olahraga Nasional atau PON.

Lokasi: Mrapi, Manggarmas, Kec. Godong, Kab. Grobogan.

7. Danau Resto

Danau Resto

Image Credit: Widoajiwibowo.info

Untuk tujuan wisata kuliner sekaligus foto-foto, tempat terbaik di Grobogan yang harus dikunjungi adalah Danau Resto. Restoran ini lokasinya dekat dengan danau dan dilengkapi dengan gazebo-gazebo yang mengapung di tengah danau.

BACA:  15 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain tempatnya cantik, makanan yang dijual di sini rasanya juga enak dan harganya cukup terjangkau. Inilah mengapa Danau Resto menjadi salah satu lokasi wisata kuliner populer di kota Grobogan ini.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Kuripan, Kec. Purwodadi, Kab. Grobogan.

8. Bumi Perkemahan Cindelaras

Bumi Perkemahan Cindelaras

Image Credit: Wisatagrobogan.com

Jika ingin mencari tempat terbuka bagi publik, salah satu tempat di Grobogan yang bisa dikunjungi adalah di Bumi Perkemahan Cindelaras. Bumi perkemahan ini selain luas juga memiliki aneka jenis fasilitas untuk wisatawan.

Ada beberapa wahana untuk permainan anak. Selain itu, ada pula beberapa tempat untuk nongkrong-nongkrong di sini. Para pedagang makanan dan minuman juga gampang untuk ditemui di sekitar lokasi.

Lokasi: Bandungharjo, Kec. Toroh, Kab. Grobogan.

9. Puncak Pelangi Gunung Ulo

Puncak Pelangi Gunung Ulo

Image Credit: Tempatwisatadaerah.com

Untuk wisatawan yang ingin piknik dengan cara selfie di ketinggian, dengan background perbukitan, tempat wisata yang bisa dituju adalah di Puncak Pelangi Gunung Ulo. Di tempat ini, tersedia spot selfie yang letaknya puluhan meter di atas permukaan tanah.

Pastikan yang datang ke sini bukan mereka yang takut akan ketinggian karena tujuan dari tempat wisata ini memang untuk mendapatkan foto-foto cantik dengan latar belakang awan dan pemandangan khas ketinggian.

Lokasi: Blimbing, Dokoro, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan.

10. Bledug Kuwu

Bledug Kuwu

Image Credit: Maps.google.com @mimi Mollusca

Bagi yang mencari tempat wisata unik, Bledug Kuwu adalah jawabannya. Ini adalah wilayah di Grobogan di mana dari dalam tanahnya menyembur lumpur-lumpur alami. Lumpurnya meletup-letup sepanjang waktu sehingga menyajikan pemandangan yang cukup unik.

Bledug Kuwu kerap kali menjadi pilihan para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata yang lain daripada yang lain. Di sekitar lokasi juga sudah banyak fasilitas pendukung seperti tempat parkir dan toilet umum sehingga memudahkan wisatawan.

Lokasi: Jl. Wirosari, Kuwu, Kec. Kradenan, Kab. Grobogan.

11. Goa Macan dan Goa Lowo

Goa Macan dan Goa Lowo

Image Credit: Sharinghealhty.wordpress.com

Goa Macan dan Goa Lowo sudah menjadi satu paket wisata dan kadang pengunjung akan selalu datang ke kedua goa tersebut dan tidak hanya satu di antaranya. Kedua goa tersebut tak terpaut jauh lokasinya dan sama-sama memiliki keindahan alam berupa starlit.

Dari dalam goa, pengunjung bisa mendapatkan banyak sekali keunikan alami seperti dinding-dinding dari batuan alami dan juga ada sungai kecil di dalam goa. Tentu saja hal ini merupakan pemandangan menarik, apalagi bagi wisatawan yang datang dari kota besar dan belum pernah masuk ke goa sebelumnya.

Lokasi: Watusong, Ngajaran, Sedayu, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan.

12. Jati Pohon Indah

Jati Pohon Indah

Image Credit: Twitter.com @wisata_grobogan

Jati Pohon Indah merupakan tempat wisata di Grobogan yang terletak di ketinggian. Tempatnya ada di puncak bukit dan dari atas sini pengunjung bisa melihat pemandangan kota Grobogan nan indah. Pengunjung yang menyukai ketinggian dipastikan akan menyukai tempat wisata yang satu ini.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Semarang Favorit Wisatawan

Di sini tersedia tempat selfie bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen dengan background nan indah. Dari atas sini, sudah bisa dipastikan jika momen seperti sunset atau matahari terbenam akan terlihat sangat indah. Ini menjadi alasan mengapa tempat ini masih cukup ramai sampai senja dan malam hari.

Lokasi: Jl. Pati, Sumberjati Pohon, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan.

13. Taman Remaja Pungkruk

Taman Remaja Pungkruk

Image Credit: Facebook.com @Taman-Pungkruk-Gunung-Wulan-Kedungjati

Taman Remaja Pungkruk merupakan tempat wisata terbuka di Grobogan. Konsepnya adalah bumi perkemahan sekaligus arena publik yang penuh dengan aneka fasilitas, termasuk dengan spot selfie dan juga area semacam taman bermain bagi anak-anak. Pengunjung yang datang ke sini bisa memanfaatkan semua fasilitas di sini secara gratis.

Taman ini cukup ramai tiap harinya karena merupakan ruang terbuka untuk publik. Jadi, jangan heran jika tempat ini akan selalu penuh dengan pengunjung, mulai dari anak-anak kecil hingga para remaja. Mereka semua ingin menikmati fasilitas-fasilitas taman sekaligus berwisata di tempat ini.

Lokasi: Kedungjati, Kec. Kedungjati, Kab. Grobogan.

14. Grojogan Ngrandu

Grojogan Ngrandu

Image Credit: Citratrans.com

Bagi yang ingin bermain air di tempat dengan suasana alami namun tidak tertarik dengan air terjun, jawabannya adalah bermain air di grojogan atau di semacam bendungan. Di Grobogan ada satu grojogan yang cukup terkenal yaitu Grojogan Ngrandu. Tempat ini ada di tengah sungai dan konsepnya memang seperti bendungan yang memecah debit air.

Di sini, pengunjung bisa mendekat ke sekitar grojogan dan bermain air di sana. Namun, satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan adalah sungainya lumayan dalam dan tidak disarankan bagi yang tidak bisa berenang untuk main di tempat seperti ini. Jika hanya ingin selfie dengan background grojogan dan pepohonan di sekitarnya dirasa tidak masalah.

Lokasi: Desa Lebengjumuk, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan.

15. Waduk Klambu

Waduk Klambu

Image Credit: Pinterest.com @bukaajasite

Waduk Klambu adalah salah satu wisata alam buatan di Grobogan. Jadi, meski konsepnya adalah waduk untuk menampung air, namun suasanya sangat alami, sepertinya layaknya danau. Orang-orang banyak yang datang ke waduk ini untuk memancing atau berkeliling menggunakan perahu sewaan.

Waduk ini terbilang masih murah tiket masuknya dan masih terawat dengan baik. Inilah mengapa siapapun bisa berkunjung ke waduk ini dengan mudah dan menikmati keindahannya. Tidak harus menyewa perahu atau menggunakan speed boat karena cukup dengan duduk santai di pinggir waduk pun kadang sudah cukup bagi pengunjung.

Lokasi: Penganten, Kec. Klambu, Kab. Grobogan.

Sudah terbukti jika meski bukan kota besar, Grobogan menawarkan banyak tempat wisata menarik nan unik bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Jadi, jangan bingung lagi ketika berada di Grobogan karena di sana siapapun bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang disebutkan di daftar di atas tadi.