Taman Air Percut salah satu objek wisata yang sedang hits dekat Kota Medan, tepatnya berada di Deli Serdang. Taman air keren yang menawarkan beragam wahana permainan yang cocok dikunjungi bersama orang tercinta.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Paluh Gelombang, Tanjung Rejo, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Taman Air Percut merupakan salah satu objek wisata populer yang banyak diminati wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah. Memiliki berbagai wahana permainan yang menarik membuat objek wisata ini tak hanya ramai dikunjungi saat weekend dan hari libur. Melainkan juga ramai pada hari-hari weekdays.

Memiliki alam yang indah, pemandangan dari Taman Air Percut nampak serasi dengan perpaduan hijaunya dedaunan pepohonan dan beningnya air kolam. Potret keindahan ini tentunya sulit dilupakan setiap wisatawan yang berkunjung kesana. Udara wilayah taman air pun masih sangat terjaga kesegarannya.

Para wisatawan yang berkunjung juga dapat menikmati fasilitas serta sarana prasarana yang disediakan pengelola wisata. Fasilitas tersebut merupakan pendukung yang meningkatkan kenyamanan dan kesenangan wisatawan dalam berwisata. Kebutuhan berwisata meliputi tempat beribadah, cafetaria, wahana bermain dan berolahraga telah tersedia di Taman Air Percut.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Air Percut

Daya Tarik Taman Air Percut
Image Credit: Google Maps (Heryanto Sun)

Taman Wisata Air Percut merupakan objek wisata dengan konsep air yang ramai diperbincangkan publik. Taman wisata ini menjadi salah satu incaran wisatawan untuk menghabiskan liburan baik bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Diresmikan sejak 2017 lalu objek wisata ini kini berkembang menjadi objek wisata yang memiliki aneka ragam penawaran wisata yang sulit ditolak.

1. Pemandangan Alam yang Menawan

Taman Air Percut juga lekat dengan keindahan alamnya yang menawan. Hijaunya pepohonan serta beningnya air kolam membuat para wisatawan betah berlama-lama di tempat ini. Udaranya yang segar menandakan bahwa kandungan oksigen di wilayah ini pun masih cukup tinggi.

Jika dilihat dari ketinggian maka Akan terlihat hamparan daerah persawahan di sekitar objek wisata. Hamparan persawahan ini nampak hijau segar saat sedang bersemi. Dan terlihat kuning cerah saat sedang masa panen.

2. Wisata Air Dengan Konsep Edukasi

Tak hanya remaja yang tertarik berkunjung kesini melainkan juga para orang tua dan keluarganya. Pasalnya wisata taman air ini juga menyajikan beraneka spot berwisata yang cocok untuk dunia pendidikan dan dalam membantu perkembangan anak.

Aneka wahana wisata yang tersedia di tempat ini merupakan wahana yang mampu merangsang perkembangan fisik dan metal anak. Seperti contohnya, terdapat wahana bola yang mampu melatih respon sensori dan motorik pada anak.

3. Memiliki Ragam Spot Foto yang Menarik

Satu lagi daya tarik dari wisata alam hits ini adalah banyaknya spot foto yang menarik di wahana wisata ini. Wisatawan dapat berfoto di spot-spot foto yang telah disiapkan oleh pengelola wisata. Salah satu spot foto yang menjadi rebutan bagi masyarakat yang berkunjung adakah spot foto “sampan romance” (sebuah spot foto yang dihias cantik penuh dengan kerlap-kerlip luapan cinta).

Tak hanya di sampan romance wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang partisi wahana wisata yang lainnya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Taman Air Percut

Alamat & Lokasi Taman Air Percut
Image Credit: Google Maps (Rahmat Ramadhan Ritonga)

Taman Air ini merupakan salah satu wisata alam yang populer dikalangan masyarakat lokal dan luar daerah. Lokasinya terletak di Jalan Kawasan Industri, Paluh Gelombang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

Menggunakan jalur darat, waktu tempuh menuju Taman Air Percut kurang lebih sekitar 50 hingga 60 menit dari Kota Medan. Hal ini lantaran jarak dari Kota Medan menuju kawasan wisata ini kurang lebih 19,8 Kilometer. Meskipun demikian, saat weekend dan hari libur biasanya sedikit terjadi kemacetan di Jalan Bayangkara Kota Medan sehingga waktu tempuh bisa lebih lama.

Akses menuju lokasi wisata alam ini juga dapat Anda tempuh dengan kendaraan roda empat, roda dua, maupun juga bus wisata. Namun, juga tak jarang masyarakat lokal berwisata dengan mengendarai sepeda dengan tujuan sekaligus berolahraga.

Harga Tiket Masuk Taman Air Percut

Harga Tiket Masuk Taman Air Percut
Image Credit: Google Maps (L G)

Tiket masuk Taman Air Percut ini relatif terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 10.000,00 per orang untuk tiket first gate memasuki area wisata. Tiket ini nantinya dapat Anda tukarkan dengan free welcoming drink yang disediakan pengelola wisata setempat. Anda dapat menukarkan tiket ini di pusat layanan informasi yang telah disediakan.

Sedangkan untuk memasuki wahana wisata khusus, seperti “Sampan Romance” Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000,00 saja. Tentunya masing-masing wahana memiliki besar tiket masuk yang berbeda-beda. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir lantaran tiket wahana khusus tersebut rata-rata bernilai dibawah Rp 100.000,00.

Bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor menuju taman ini, Anda juga harus membayar retribusi parkir. Biaya parkir yang harus dibayarkan adalah Rp 5.000,00 untuk tipe kendaraan roda empat dan Rp 3.000,00 untuk kendaraan roda dua.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Air Percut

Kegiatan Dilakukan di Taman Air Percut
Image Credit: Google Maps (Andika Kalimaniez)

1. Jalan Santai

Aktivitas olahraga ringan seperti jalan santai merupakan salah satu pilihan olahraga terbaik yang bisa Anda lakukan. Pepohonan yang rindang membuat udara di objek wisata ini terasa lebih segar dibanding dengan daerah sekitarnya.

Anda pun tak perlu ragu berjalan tanpa alas kaki, lantaran tanah di objek wisata ini sebagian besar ditumbuhi rumput manila (rumput lapangan bola). Jika Anda tertarik dengan kegiatan jalan santai ini, maka waktu berkunjung yang tepat adalah saat pagi hari.

2. Piknik Keluarga

Wisatawan yang datang kemari biasanya juga menghabiskan waktu dengan mengadakan piknik keluarga. Rata-rata wisatawan akan memilih spot untuk piknik di bawah pepohonan yang rindang. Wisatawan pun bebas membawa makanan dari luar objek wisata.

Oleh karenanya tak heran banyak keluarga yang membawa berbagai macam bekal untuk bahan piknik mereka. Selain membawa bekal, Anda pun bisa mengagendakan piknik dengan konsep grill yang juga sangat cocok dilakukan disini.

3. Berkuda

Bagi Anda yang belum pernah mencoba berkuda, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mencobanya. Di Taman Air Percut Anda dapat menyewa kuda dan menungganginya sambil berkeliling menikmati keindahan alam yang masih asri.

Tak perlu khawatir terjatuh, saat berkuda tentunya Anda akan ditemani oleh pelatih yang profesional. Pastinya sensasi berkeliling wisata dengan menunggangi kuda merupakan pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

4. Kompetisi Memanah

Jika Anda datang bersama sahabat, mengadakan kompetisi memanah di wahana panahan tentunya menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menantang. Perlombaan meregangkan busur dan melontarkan anak panah ini dijamin memicu adrenalin. Sebagai wasit perlombaan, Anda dapat meminta pelatih wahana memanah untuk mengawasi jalannya pertandingan.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan memanah, jangan berkecil hati. Pelatih wahana ini juga selalu siap mengajari Anda bagaimana sikap memanah yang baik dan benar.

5. Bermain Flying Fox

Tak kalah seru, Anda juga dapat merasakan sensasi bermain flying fox dari ketinggian 10 meter. Permainan ini tak hanya menyenangkan tetapi juga aman lantaran terdapat pengawas yang membantu jalannya permainan. Memastikan keamanan wisatawan yang bermain, double check akan dilakukan untuk menilai kelayakan wire rope, clem slink, dan stopper sebelum digunakan.

Kegiatan di Taman Air Percut
Image Credit: Google Maps (Gus Bagia Putra)

6. Mendayung Rakit Karet

Aktivitas air lainnya yang tidak kalah menyenangkan adalah mendayung rakit karet. Tak beda jauh dengan bermain sampan di tengah lautan, Anda juga dapat merasakan sensasi yang tak terlupakan dengan bermain rakit karet.

Permainan mendayung rakit karet ini sangat seru jika dimainkan bersama dengan kelompok. Maka, Anda dapat mengajak sahabat, rekan kerja, juga keluarga untuk mencoba wahana ini.

7. Berfoto

Pastinya kegiatan favorit para wisatawan juga bisa Anda lakukan di objek wisata ini. Taman Air Percut menyediakan berbagai macam spot berfoto yang tentunya menarik sebagai latar belakang swa-foto Anda.

Anda juga dapat berfoto di lokasi yang telah disediakan pengelola wisata setempat, seperti spot love dengan partisi berbentuk hati yang nampak cantik di tepian kolam. Terdapat pula jasa foto keliling polaroit yang selalu siap mengabadikan momen-momen kebersamaan wisatawan disini.

8. Bermain Bebek Air

Ingin mencoba olahraga air? Anda dapat melakukan permainan bebek air. Mengendarai kendaraan berbentuk bebek dengan cara mengayuhnya ke tengah kolam juga menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.

Sambil mengayuh pedal bebek, Anda dapat menikmati hijaunya pepohonan dan jernihnya air kolam di taman hits ini. Jika lelah, Anda dapat beristirahat di tengah kolam sambil menikmati pemandangan sekitar.

9. Berkeliling Dengan Kereta

Salah satu kegiatan menarik lainnya adalah menaiki tiruan kereta api atau yang lebih populer disebut odong-odong. Seolah kembali ke masa kecil, berkeliling Taman Air Percut dengan kereta tentunya memiliki kesenangan tersendiri yang wajib Anda coba.

Tentunya Anda tak perlu malu dengan usia, lantaran mayoritas pengunjung yang mencoba kereta wisata ini terdiri dari wisatawan dewasa.

10. Memancing Ikan

Mancing mania pastinya paling menyukai kegiatan yang satu ini. Berbekal kail dan mata pancing, Anda dapat menyalurkan hobi memancing di kolam yang tersedia. Berbagai jenis ikan seperti ikan gabus, patin, nila, dan lain-lainnya dapat menjadi objek pancing Anda.

Tentunya, pengelola wisata juga menyediakan perlengkapan memancing bagi wisatawan yang tidak membawanya. Sebagai bonus, ikan yang Anda dapatkan dari hasil memancing juga dapat Anda bawa pulang.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Air Percut

Fasilitas di Taman Air Percut
Image Credit: Google Maps (Heryanto Sun)

Fasilitas yang tersedia di Taman Air Percut tentunya sangat lengkap. Selain ketersediaan lahan parkir yang luas, objek wisata ini juga dilengkapi dengan MCK yang memadahi, taman bersantai dengan gazebonya, cafetaria, serta tentunya tempat ibadah yang terjaga kebersihannya. Anda pun tak perlu khawatir dengan keamanan lantaran petugas keamanan dan CCTV selalu siaga 24 jam.

Bagi Anda yang lelah berjalan kaki, taman wisata ini juga menyediakan persewaan sepeda dan juga motor yang dapat Anda kendarai sendiri untuk berkeliling lokasi.

Selain itu, juga terdapat tempat penjualan souvenir dan oleh-oleh yang menjual bermacam buah tangan khas Taman Air Percut, seperti aneka kerajinan tangan, makanan, hingga ragam aksesori lainnya. Bahkan pengelola wisata juga menyediakan fasilitas penginapan bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan malam di tempat wisata ini.

Demikianlah gambaran daya tarik dari objek wisata Taman Air Percut. Memiliki aneka ragam wahana dan fasilitas yang menarik, menjadikan nilai tawar tersendiri bagi objek wisata ini. Pengelola wisata yang profesional serta sarana dan prasarananya yang bersih dan nyaman tentunya menambah kesenangan wisatawan saat berlibur ke taman air unggulan Deli Serdang ini.