10 Tempat Wisata di Kotamobagu Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Kotamobagu

Kotamobogu merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara yang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Keeksotisan alamnya yang sangat memesona membuat siapa saja bakal betah berada di sana. Tidak hanya itu, masyarakatnya terkenal ramah dan sopan kepada setiap pengunjung yang datang.

Anda bakal menemui beragam satwa maupun sajian kuliner yang menggugah selera di Kotamobagu. Serta akan menikmati setiap perjalanan mengunjungi destinasi baik alam maupun wisata religi. Kota penuh tradisi dan alamnya yang masih alami membuat Anda tertarik datang ke sana.

Kotamobagu kini giat berbenah diri untuk mengenalkan setiap destinasi maupun pesona alamnya yang tidak bosan dipandang. Setiap lekukan alamnya baik gunung maupun air terjunnya sangat instagrammable. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Kotamobagu yang dapat menjadi pilihan terbaik saat liburan.

1. Air Terjun Mongkonai

Air Terjun Mongkonai

Image Credit: Jalanwisata.id

Percikkan air terjunnya yang dingin dengan ketinggian berkisar 16 meter tentunya membuat Air Terjun Mongkonai kian dibanjiri para wisatawan. Struktur dinding batuan-batuannya yang berukuran besar menghiasi setiap pemandangan di air terjun ini. Tidak hanya sejuk tapi mata akan dimanjakan dengan tanaman yang tumbuh menghijau.

Letaknya yang sangat cantik dan instagrammable menarik minat banyak wisatawan untuk berfoto bersama maupun selfi. Tidak hanya itu, tempat air terjun cukup dekat dengan area pemukiman dengan jarak 500 meter. Mongkonai sangat mudah dijangkau dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Lokasi: Mongkonai Barat, Kec. Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu.

2. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Image Credit: Jalanwisata.id

Menikmati keindahan satwa yang berkeliaran maupun keeksotisan flora yang tumbuh di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone menjadi kenangan tidak terlupakan. Luas hutan berkisar 287.115 hektar ini sangat memanjakan mata dengan beragam kumpulan satwa khas pulau Sulawesi yang berada di zona wallacea.

Tidak hanya memukau dengan 38 spesies kupu-kupu maupun 200 spesies kumbang yang menghuni hutan ini. Tetapi, ragam floranya juga sangat beragam dan menawan. Hutan ini banyak ditemui beragam spesies palem, anggrek dan lainnya. Selain itu, udaranya yang bersih membuat Anda semakin rileks dan tenang.

BACA:  26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer

Lokasi: Mongkonai Barat, Kec. Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu.

3. Danau Moat

Danau Moat

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Menikmati keindahan danau moat membuat siapa saja betah menikmatinya untuk menyejukkan pikiran. Letaknya yang sangat eksotis dengan tumbuhan hijau yang mengitarinya membuatnya tampak nyaman untuk terus dinikmati. Danau ini berada di antara perbukitan yang menjadikannya tidak membuat jenuh karena keasrian alamnya.

Pengunjung bisa duduk menikmati tempat wisata ini di gazebo maupun dermaga perahu. Selain itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan tanaman hortikultura yang sangat beragam dan tumbuh subur di area ini. Anda bisa menikmati keindahannya bersama keluarga tercinta ke tempat wisata ini.

Lokasi: Danau Moat, Kec. Modayag, Kab. Bolaang Mongondow Timur.

4. Gunung Ambang

Gunung Ambang

Image Credit: Totabuan.news

Menikmati kesejukan dan keindahan pegunungan bisa ditemui di Gunung Ambang yang posisinya berada di 3 kabupaten sekaligus. Pengunjung biasa dikenai tarif terjangkau untuk memasuki area gunung berkisar Rp 2.500 setiap orang. Lokasinya memang sangat cantik dan mempesona. Pengunjung bisa datang ke lokasi selama 30 dari kotamobagu.

Keindahan pemandangan hijaunya yang menyejukkan sangat cocok untuk melepas pikiran penat keseharian. Apalagi, banyak ditemui variasi varietas tumbuhan maupun satwa endemik Sulawesi yang sangat menawan. Tentunya, destinasi seperti ini sangat cocok untuk pendakian maupun sekedar camp biasa.

Lokasi: Gunung Ambang, Bongkudai Utara, Kec. Modayag, Kab. Bolaang Mongondow Timur.

5. Danau Tondok

Danau Tondok

Image Credit: Matakameraku.wordpress.com

Letak Danau Tondok sangat dekat dengan Danau Moat, hanya berkisar 1 kilometer. Menjadikan Danau Tondok sebagai saran kunjungan selanjutnya bagi para traveller. Namun, anggapan masyarakat sekitar mengenai danau ini sangatlah kental dengan mistis. Hal ini dikarenakan danau yang tidak terurus.

Meskipun demikian, keindahannya sangatlah mengagumkan. Pengunjung bisa menikmati beragam pemandangan alam yang masih alami. Tidak hanya itu, perjalanan menjadi sangat menyenangkan apabila datang secara rombongan. Menikmati pesona alam yang hampir sama dengan kenampakan alam Danau Moat.

BACA:  10 Tempat Wisata di Bitung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Moat, Kec. Modayag, Kab. Bolaang Mongondow Timur.

6. Air Terjun Molipungan

Air Terjun Molipungan

Image Credit: Wisata-terdekat.blogspot.com

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam luar biasa cantiknya dari air terjun Molimpungan. Jaraknya yang relatif jauh dari permukiman berkisar 4 kilometer membuatnya sering dikunjungi para wisatawan. Sekarang, pemerintah mulai membenahi objek wisata ini dengan pembebasan tarif parkir dan membangun jembatan untuk kemudahan akses.

Anda bisa menikmati keindahan 5 air terjun yang ada di lokasi ini. Selain itu, butuh tenaga ekstra apabila ingin menikmati puncaknya. Hal ini dikarenakan banyak sekali tanjakan yang harus dilewati. Kemiringannya yang curam disertai batunya yang licin ditumbuhi lumut. Tentunya, membuat pengunjung harus ekstra hati-hati.

Lokasi: Kobo Kecil, Kec. Kotamobagu Timur, Kab. Kotamobagu.

7. Rumah Adat Bobakidan

Rumah Adat Bobakidan

Image Credit: Wisatasia.com

Sajian alam yang mempesona dan memanjakan mata tentunya sudah hal biasa untuk dikunjungi. Alangkah baiknya mengenalkan anak-anak mengenai beragam keindahan adat budaya, salah satunya Rumah Adat Bobokidan. Rumah tradisional yang dipertahankan sampai saat ini untuk dinikmati beragam sejarah maupun fungsinya.

Rumah khas Sulawesi ini memberikan gambaran kekeluargaan dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari fungsinya sebagai tempat diskusi maupun bermusyawarah untuk mencapai suatu kesepakatan dalam menuntaskan masalah. Apalagi, hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat pedesaan.

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso, Kotobangon, Kec. Kotamobagu Barat, Kab. Kotamobagu.

8. Hutan Kawasan Kota Bonawang

Hutan Kawasan Kota Bonawang

Image Credit: Bolmongnews.com

Menikmati sajian ragam satwa dan flora yang menawan di hutan taman kota sangat asyik untuk dikunjungi. Luas lahan berkisar 4,3 hektar ini menjadikan hutan kawasan kota bonawang menjadi jujugan yang tidak akan pernah didatangi bagi para pengunjung dari berbagai daerah. Hal ini dikarenakan kesejukan dan tatanan taman yang sangat indah.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba

Pengunjung bisa membawa anak-anaknya untuk belajar mengenal beragam jenis satwa maupun 100 spesies tumbuhan yang ada di taman ini. Menikmati kebersamaan dengan pemandangan alam yang cantik dan menawan. Hal ini memungkinkan untuk menikmati camp biasa maupun sekedar berjalan-jalan.

Lokasi: Mongkonai Kec. Kotamobagu Barat, Kab. Kotamobagu.

9. Pemandian Air Panas Banyu anget

Pemandian Air Panas Banyu anget

Image Credit: Bolmora.com

 

Menikmati rasa lelah keseharian bekerja bisa membuat siapa saja merasa suntuk. Salah satu solusi untuk menguranginya dengan menikmati Pemandian Air Panas Banyuanget. Pengunjung bakal dimanjakan dengan kolam air panas seluas 6/10 meter. Tidak hanya itu, beragam wahana dan kafe membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati sensasi memancing lele di air tawar dan kolam dingin. Hal ini akan memanjakan sekaligus menghilangkan penat. Pengunjung bisa menjadikannya sebagai pilihan akhir segala rentetan agenda traveling di berbagai tempat wisata yang telah dikunjungi bersama rombongan maupun keluarga.

Lokasi: Poyowa Besar II, Kec. Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu.

10. Air Terjun Mopuya

Air Terjun Mopuya

Image Credit: Indonesia.tripcanvas.co

Banyak sekali air terjun cantik yang bisa dikunjungi di Kotamobagu salah satunya Air Terjun Mobuya yang eksotis. Pengunjung bisa menikmati keindahan panorama yang menawan dan menyejukkan mata diantara persikan air terjun yang jatuh. Apalagi air terjun ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot tempat wisata instagrammabale.

Spot wisata yang sangat bisa menjadi andalan keluarga untuk sekedar menikmati keindahan dan melepas penat selama bekerja penuh. Tentunya, akan membuat pikiran menjadi rileks. Hal ini akan membuat peforma menjadi lebih baik. Keeksotisan air terjun ini memberikan sensasi yang sangat menyejukkan.

Lokasi: Mopuya, Kec. Dumoga Utara, Kab. Bolaang Mongondow.

Itulah 10 tempat wisata di Kotamobagu, Sulawesi Utara yang siap menghiasi liburan Anda. Menikmati keragaman alam maupun destinasi kuliner menjadikan kotamobagu kian menarik untuk dikunjungi. Apalagi kota ini perlu mendapat sorotan sekaligus berbenah untuk meningkatkan pelayanan di setiap destinasi wisatanya.