Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 17.00-23.00 WIB, Alamat: Jl. Turunan, Girisuko, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Momen ketika matahari terbit atau sering disebut sunset adalah salah satu waktu terbaik menikmati keindahan matahari. Sunset yang cantik bisa ditemukan di Gunung Kidul tepatnya di Watu Payung Turunan. Destinasi liburan kekinian ini paling indah dinikmati ketika bulan Mei sampai dengan Juni.

Tempat kekinian ini menyuguhkan berbagai spot foto instagramable bagi pengunjung, lokasinya berada di perbukitan dengan view cantik ala Gunung Kidul, Yogyakarta. Perpaduan indahnya kekayaan alam dengan ragam spot foto ini jadi daya tarik utama dari destinasi alam ini. Tempat cantik ini tengah menjadi pembicaraan di kalangan netizen.

Nama Watu Payung sendiri untuk tujuan liburan ada beberapa yang masih 1 tempat di Gunung Kidul untuk itu pastikan ketika ingin berkunjung gunakan nama Watu Payung Turunan yang ada di Kecamatan Panggang. Tempat kekinian ini menyuguhkan tempat instagenik bernuansa pemandangan alam yang indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Watu Payung

Daya Tarik Watu Payung
Image Credit: Google Maps tommy

1. Asal Mula Nama

Watu Payung berada di kawasan hutan konservasi Yogyakarta. Diberi nama tersebut karena Watu berarti Batu, di tempat ini ada sebuah batu yang bentuknya seperti payung yang menjadi ikon dari tempat rekreasi ini.

2. Tempat Sejuk

Berada di kawasan hutan membuat wahana kunjungan hits ini memiliki kondisi cuaca yang sejuk ditambah dengan rindangnya pepohonan. Tempatnya teduh, sejuk dan juga udara yang masih sangat asri. Background foto berupa pegunungan hijau, sungai dan area hutan konvensional.

3. View Sungai Oya

Dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan aliran Sungai Oya dari atas ketinggian. Sungai ini juga sangat cantik dijadikan sebagai background foto. View dari tempat indah ini bisa disaksikan 360 derajat, pada setiap sudutnya punya pemandangan indah menyegarkan mata.

4. Spot Foto Keren

Daya tarik utama dari tempat cantik ini adalah adanya spot foto keren yang memiliki nilai seni tinggi. Akar akar pohon dibuat sedemikian rupa menjadi cantik dan menarik untuk spot foto. Pengunjung akan dibuat bingung saking banyaknya tempat foto keren disini.

5. Camping Ground

Suka kegiatan di alam terbuka? Pas banget karena di Watu Payung Turunan ada area camping bagi pengunjung yang ingin merasakan bermalam di alam terbuka. Untuk bisa camping pengunjung akan dikenakan sejumlah biaya sewa. Biaya sebanding dengan fasilitas yang akan diperoleh.

Daya Tarik Dimiliki Watu Payung
Image Credit: Google Maps sagara tirta

6. Tempat Foto Prewed

Keindahan alam ditambah dengan spot foto keren menjadikan tempat indah ini jadi langganan untuk tempat prewed ada juga yang menggunakan untuk acara pernikahan bertema outdoor lho. Pengunjung akan dikenakan biaya tambahan jika ingin prewed atau menikah disini.

7. Jembatan Dibawa Tangan Raksasa

Salah satu keindahan karya manusia ditambah keindahan alam yang menawan adalah adanya jembatan, jembatan seolah diangkat oleh dua tangan raksasa dengan ornamen warna warni. Tangan membentuk seolah sedang berdoa.

8. Perahu Rotan

Tempat uang yang jadi favorit untuk berfoto di Watu Payung ada perahu kecil yang terbuat dari rotan disusun membentuk setengah lingkaran dengan tambahan ornamen seperti sebuah bunga. Ornamen terbuat dari akar kayu yang dibentuk indah bernilai seni tinggi dengan pewarnaan yang terkesan alami.

9. Pendopo untuk Tempat Istirahat

Di depan bangunan batu yang berbentuk payung ada sebuah pendopo yang bisa dipakai untuk pengunjung beristirahat bangunan Joglo ini khas dari kota Yogyakarta. Ingat untuk tetap menjaga kebersihan selama berada di area pendopo.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Watu Payung
Image Credit: Google Maps Ely Sam

Watu Payung Turunan ada di Kecamatan Panggang, salah satu dari banyaknya tempat indah di Gunung Kidul. Jarak dari pusat kota Yogyakarta kesini sekitar 35 Km yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama 1 jam.

Rute perjalanan menuju lokasi dari Pusat Yogyakarta yaitu ke arah selatan ke Jalan Imogiri Barat. Setelah sampai ke Kecamatan Imogiri, rute kembali dipacu ke arah selatan tempatnya menyusuri jalanan Imogiri-Siluk. Jalanan sudah cukup bagus untuk area ini.

Terus ikuti sampai bertemu dengan jalan Siluk-Panggang, terus laju kendaraan kurang lebih sejauh 10 KM sampai bertemu dengan plang nama Watu Payung. Setelah itu belok ke kiri ikuti jalan sampai ke pintu gerbang tempat untuk membeli tiket masuk.

Perjalanan ke tempat hits ini bisa dilalui dengan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Belum ada akses transportasi umum untuk sampai ke lokasi. Bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah bisa menyewa kendaraan untuk dipakai berkeliling di Kota Yogyakarta. Harga sewanya sangat bervariasi disesuaikan dengan durasi pemakaian.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Watu Payung
Image Credit: Google Maps Cahya Agil S

Tiket masuk atau biaya retribusi yang dikenakan kepada pengunjung Watu Payung Turunan Panggang sebesar Rp. 5.000,- saja untuk satu orang. Biaya parkirnya standar motor Rp. 3.000,- dan mobil Rp. 5.000,- . Untuk spot fotonya sendiri pengunjung perlu menambah biaya mulai dari Rp. 5.000,- saja.

Di wahana menawan ini juga tersedia paket untuk yang ingin mengadakan foto prewed dengan biaya sebesar Rp. 250.000,- sedangkan untuk pernikahan biaya sewa tempatnya sebesar Rp. 1.500.000,- untuk kebutuhan camping memang harus membayar biaya sebesar Rp. 1.200.000,- Biaya tambahan untuk kebutuhan makanan dan minuman.

Jam operasional destinasi kekinian ini, buka setiap hari Senin sampai minggu, dari pukul 5 pagi sampai jam 11 malam. Waktu kunjungan paling ramai saat pagi hari sebelum matahari terbit dan saat sore. Ada pula pengunjung yang sengaja datang malam hari untuk menyaksikan cahaya lampu kota.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Watu Payung

Aktivitas Menarik Watu Payung.jpg
Image Credit: Google Maps koko anjar

1. Swafoto atau Selfie

Kegiatan menarik pertama yang bisa dilakukan adalah mengambil ponsel ataupun kamera untuk berfoto. Ada banyak spot foto cantik yang tersedia. Abadikan semua tempat dengan gaya dan pose unik dan menarik untuk diupload ke sosial media. Tempat foto keren ada dj perahu rotan, jembatan, depan monumen batu payung, dan latar belakang pemandangan.

2. Menikmati Pemandangan Alam

Pesona Watu Payung Turunan ada pada keindahan alamnya Jajaran pepohonan hijau di sekeliling membuat pemandangan alamnya segar di mata. Dari tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan aliran sungai secara langsung. Tempat ini masih sangat asri dengan udara yang bersih dan jauh dari polusi.

3. Berburu Sunrise Jangan Sampai Ketinggalan

Sunrise jadi waktu yang paling dinanti untuk dilihat dari Watu Payung Turunan. Indahnya matahari yang baru keluar dari singgasana memancarkan semburat cahaya orange yang indah. Paparan sinar matahari pagi menyegarkan tubuh.

4. Sunset Juga Tidak Kalah Indah

Meskipun pesona utamanya saat sunrise, namun unset di tempat ini tidak kalah indah. Dari atas ketinggian di Kota Yogyakarta pengunjung bisa menyaksikan rumah-rumah warga yang tampak kecil dari ketinggian. Menikmati sunset bisa dipadukan dengan teman ngopi.

Aktivitas Menarik di Watu Payung
Image Credit: Google Maps Arie Setiawan

5. Outbound

Outbound adalah kegiatan melatih motorik yang dilakukan di luar ruangan. Kegiatan outbound biasa dilakukan secara kelompok supaya lebih seru dan menarik. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berupa kegiatan outbound bagi pengunjung tentunya dengan membayar sejumlah biaya.

6. Camping

Punya camping bersama komunitas atau keluarga besar bisa mendatang Watu Payung hits ini. Tersedia area khusus untuk camping yang bisa disewa oleh pengunjung. Harga sewanya terjangkau dengan berbagai fasilitas yang diberikan. Penyewa bisa request kepada pihak pengelola jika ingin disediakan fasilitas khusus.

7. Sepedaan

Penyuka sepeda downhill atau sepeda gunung pasti suka dengan tempat yang satu ini karena disini pengunjung bisa mencoba medan Gunung Kidul untuk ditaklukan dengan sepeda. Jenis kegiatan olahraga yang satu ini selain menyehatkan tubuh juga mampu merefleksikan pikiran dengan melihat wisata alam cantik ini.

8. Berdiam Diri Sembari Menikmati Secangkir Kopi

Tersedia fasilitas berupa warung makan yang menyediakan berbagai macam makanan ringan serta minuman dingin dan panas. Buat pengunjung yang sudah lelah seharian bekerja bisa melakukan kegiatan santai disini. Secangkir kopi ditemani gorengan dipadukan dengan indahnya pemandangan, mampu membuat pikiran tenang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Watu Payung Turunan
Image Credit: Google Maps Kawi Boedisetio

Sebagai objek wisata kekinian Watu Payung Turunan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang antara lain area parkir, toilet dan warung makan. Fasilitas umum ini sudah bisa dinikmati dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.

Ketiganya telah tersedia disini, selain itu ada pula fasilitas berupa Gazebo atau pendopo untuk tempat istirahat. Sebagai fasilitas utama yang menarik minat pengunjung tentu adanya wahana spot foto instagramable.

Sejumlah spot foto bergaya rustik dari akar kayu pohon tersedia disini, spot utamanya berupa perahu kecil yang disusun membentuk setengah lingkaran. Bila dilihat dari atas seperti sebuah bunga. Ada pula jembatan yang ditopang dengan tangan dan masih banyak lagi. Tidak semua spot gratis untuk dicoba.

Itulah pesona keindahan dari Watu Payung Turunan yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Masih banyak spot menarik yang bisa dikunjungi selama berada di Kota Pelajar ini, jadi pastikan liburan bermakna dengan mendatangi tempat keren ala kekinian.