Dinamakan Pantai Sepanjang karena memang garis pantainya yang terlihat begitu panjang. Beragam tawaran keindahan pun dapat anda temukan saat mengunjungi wisata pantai di Gunung Kidul ini.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam Alamat: Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Nama unik pantai ini menggambarkan suasana asli dari pantai itu sendiri. Bernama Pantai Sepanjang, kawasan pantainya memang memiliki garis pantai yang cukup panjang hingga terhitung lebih dari 1 km. Berada di ketinggian dari sisi selatan Kota Yogyakarta, membuat pantai tersebut memiliki rute perjalanan yang cukup ekstrem.

Walaupun begitu, keindahan yang ditawarkan pun sebanding dengan lamanya perjalanan yang akan anda tempuh. Banyak juga kegiatan menarik lainnya yang dapat anda lakukan saat berada di kawasan pantai tersebut. Terlebih lagi kondisi ombaknya yang tidak terlalu tinggi, sehingga aman untuk wisatawan.

Jika anda tertarik mengunjungi lokasi wisata pantai satu ini, berikut ini ada beberapa informasi yang dapat anda simak terlebih dahulu. Akan lebih seru lagi jika anda berangkat bersama keluarga atau teman, suasana seharian selama di pantai tersebut tentu akan terasa lebih mengasyikkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sepanjang

Daya Tarik Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @traveloversid

1. Menjadi Tempat untuk Bertelur Penyu

Kawasan Pantai Sepanjang memang terkenal sebagai tempat yang sering digunakan oleh para penyu untuk bertelur. Bahkan jenis penyu langka pun pernah terlihat sedang menggali pasir untuk menyimpan butiran telur yang berukuran cukup besar tersebut.

Para penyu tersebut tidak sungkan berjalan melewati keramaian wisatawan yang sedang asik bermain air atau pasir. Tak jarang wisatawan di kawasan pantai pun menyempatkan waktu sejenak untuk melihat fauna unik tersebut sedang mengubur telur-telurnya.

Selain mendarat saat siang hari, para penyu ini juga sering memilih waktu malam hari karena memang suasananya akan lebih sepi oleh wisatawan. Jika tempat yang digunakan penyu untuk menyembunyikan telur diketahui oleh pihak pengelola pantai, maka area tersebut akan dijaga. Hal ini disebabkan karena penyu merupakan jenis hewan yang hampir punah.

2. Terdapat Sebuah Petilasan Wali Songo

Selain menyajikan pemandangan pantai yang mempesona, terdapat sebuah petilasan wali songo yang berada dekat dengan lokasi wisata pantai tersebut. Cerita turun-temurun dari penduduk sekitar mengatakan bahwa tempat tersebut dulunya digunakan untuk bertapa salah satu tokoh wali songo.

Petilasan ini berupa mata air yang di sekitarnya terdapat sebuah kolam alami yang cukup lebar. Air yang berada di kolam tersebut digunakan untuk keperluan sehari-hari, mulai dari mandi hingga kebutuhan untuk memasak.

Namun wisatawan Pantai Sepanjang yang ingin melihat petilasan Banyusepuh ini, perlu bantuan pihak pengelola setempat untuk penunjuk jalan. Lingkungan yang ditumbuhi oleh banyak pepohonan membuat jalan menuju lokasi tersebut tertutup oleh rimbunya daun. Bahkan kolam air yang berada di petilasan terlihat kotor karena kurang terawat.

Daya Tarik Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja285)

3. Memiliki Garis Pantai yang Panjang

Jika biasanya pantai di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, berbeda halnya dengan pantai satu ini. Walaupun terdapat dua buah tebing karang yang berada disisi timur dan barat, panjang garis pantainya mencapai lebih dari 1 km.

Hal ini membuat kawasan wisata tersebut menjadi salah satu destinasi pantai terpanjang yang ada di Gunung Kidul. Banyak wisatawan yang berdatangan dibuat penasaran dengan kawasan pantai dengan keindahan garis pantai yang berpasir putih.

Daya tarik tersebut menjadi pemikat utama para wisatawan lokal maupun wisatawan yang datang dari luar daerah. Tak jarang wisatawan tersebut rela menginap hingga beberapa hari untuk dapat menikmati keindahan pantai dalam waktu yang lebih lama.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Sepanjang

Alamat Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Shafa Lyana)

Berada di kawasan Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, pantai ini berjarak kurang lebih 65 km dari arah pusat Kota Yogyakarta. Dengan waktu tempuh rata-rata 2 jam, jika menggunakan kendaraan pribadi. Jika anda berangkat menggunakan kendaraan roda dua, waktu yang anda tempuh akan lebih singkat lagi.

Rute perjalanan dari arah kota adalah dengan melewati Jalan Wonosari yang memiliki kondisi jalan yang menanjak. Setelah menemukan arah menuju jalan Ring Road Selatan dari pusat kota, kendaraan anda cukup berjalan ke arah timur mengikuti jalanan tersebut.

Setelah sampai di Jalan Piyungan, anda diharuskan mengambil arah ke Pantai Baron terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan selanjutnya menuju Pantai Sepanjang. Perjalanan naik turun tersebut akan sampai pada sebuah TPR, yang mengharuskan anda membayar biaya memasuki kawasan wisata sebesar Rp 25.000.

Tidak jauh dari lokasi pembayaran retribusi tersebut, ada sebuah pertigaan yang bertuliskan nama dari pantai yang menjadi tujuan anda. Arahkan kendaraan anda untuk berbelok ke kiri pada pertigaan tersebut, hingga menemukan pintu masuk wisata pantai tujuan anda.

Rute tersebut terbilang cukup mudah jika dilakukan oleh pemula sekalipun, pasalnya jalanan yang anda lewati sudah beraspal dan memiliki kondisi yang baik. Namun jika anda masih kebingungan untuk mencapai lokasi wisatanya, jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk yang anda temui selama perjalanan.

Harga tiket masuk kawasan pantai ini dikenakan biaya Rp 10.000 per orangnya. Tentu harga tersebut tidak terlalu mahal, mengingat tawaran keindahan dan beberapa fasilitas yang sudah memadai dari pantai tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sepanjang

Kegiatan di Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @hyacintz

1. Berfoto dengan Pemandangan Laut yang Cantik

Pesona pemandangan laut yang berwarna biru kehijauan dengan hamparan pasir putih dari Pantai Sepanjang ini dapat memikat mata siapa saja yang melihatnya. Kawasan pantai yang masih terjaga kealamiannya ini dapat menjadi ide untuk sebuah tempat pengambilan gambar.

Dengan mengambil keindahan suasana pantai sebagai latar belakang yang dapat memberikan nuansa eksotis, hasil foto tersebut bisa menjadi unggahan menarik di sosial media. Tak lupa menambahkan aksesoris seperti topi pantai atau kacamata, dijamin hasil foto anda akan terlihat lebih sempurna.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa spot foto yang sengaja dibuat oleh pengelola setepat untuk para wisatawan yang hobi dalam kegiatan fotografi. Salah satu spot foto yang menjadi favorit adalah sebuah pohon sakura buatan lengkap dengan kursi yang berada di tengahnya.

Spot foto menarik lainnya bisa anda coba tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Tentu dengan adanya beragam spot foto menarik ini, wisatawan yang hobi mengabadikan setiap momen di pantai tersebut akan merasa puas dan lebih betah.

2. Berkemah

Kegiatan menarik lain seperti berkemah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan anda di kawasan Pantai Sepanjang. Jarak bibir pantai dengan lokasi yang digunakan untuk mendirikan tenda terbilang cukup jauh, sehingga aman untuk anda yang ingin merasakan bermalam di pantai tersebut.

Segala peralatan dan kebutuhan untuk berkemah bisa dipersiapkan terlebih dahulu, walaupun di sekitar pantai dapat anda jumpai beberapa toko yang menyewakan perlengkapan berkemah. Namun dengan membawa peralatan sendiri, biaya yang anda keluarkan tentu akan lebih sedikit daripada memakai peralatan sewa.

Hal lain yang perlu diingat adalah untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih. Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan, atau akan lebih baik lagi jika anda membawanya kembali pulang. Jagalah kawasan pantai agar tetap bersih, karena wisatawan lain juga berhak menikmati keindahan pantai satu ini.

Kegiatan Menarik di Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @dimaswitjaksana

3. Menikmati Keindahan Bawah Laut

Di Pantai Sepanjang ini, anda bisa melakukan kegiatan olahraga bawah air seperti snorkling di kawasan perairannya. Kegiatan tersebut akan menyuguhkan keindahan bawah laut dengan biota dan terumbu karang yang mulai terlihat dari kedalaman 1 meter.

Bagi anda yang masih terbilang pemula untuk melakukan kegiatan satu ini, akan ada pendamping ahli yang siap menemani anda selama kegiatan berlangsung. Jadi untuk menikmati keindahan bawah laut yang dimilik oleh pantai tersebut dengan bersnorkling, anda tidak perlu khawatir apalagi takut.

Sebelum dapat melakukan kegiatan seru satu ini, anda diharuskan untuk memakai pelampung dan kacamata khusus agar mata tidak perih ketika terkena air asin. Namun biaya untuk snorklingnya sendiri masih cukup mahal, karena masih jarang yang melakukan kegiatan ini di kawasan pantai tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Tiket.com

1. Penginapan Rukun Pantai Sepanjang

Di kawasan pantai ini sendiri terdapat banyak penginapan yang dapat anda temukan, salah satunya adalah penginapan sederhana satu ini. Jaraknya cukup dekat dengan lokasi pantainya, hanya terletak di beberapa meter dari arah barat pantai tersebut.

Penginapan yang masih mempertahankan bangunan lama ini terlihat unik jika dilihat dari desain di setiap sisinya. Tipe kamar yang ditawarkan untuk para tamu pun rata-rata memiliki single bed, dengan fasilitas kipas angin di setiap kamarnya.

2. Penginapan Victouris

Berjarak tidak lebih dari 150 meter dari lokasi pantai, penginapan satu ini menjadi favorit para wisatawan yang ingin menginap di kawasan pantai tersebut. Pelayanan yang ramah pun menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh penginapan Victouris ini.

Fasilitas yang akan anda dapatkan setelah memesan kamarnya adalah tv, air conditioner, dan kamar mandi dengan ruangan yang bersih. Tidak hanya itu, terdapat sebuah rumah makan didepan penginapan tersebut yang menyajikan beberapa hidangan laut yang lezat.

3. Gubuk Asmoro Nglolang

Yang terakhir ada penginapan yang bergaya klasik bernama Gubuk Asmoro Nglolang. Cukup berjalan kaki sekitar 2-3 menit dari arah pantai, penginapan ini dapat anda temukan dengan beberapa tumbuhan yang berada di halaman depannya.

Harga sewa kamarnya pun terbilang cukup murah, namun fasilitas yang diberikan tentu tidak murahan. Kamar berukuran luas dengan segala fasilitas didalamnya akan anda dapatkan jika memilih bermalam di penginapan satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @jogjatamasya

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sepanjang sendiri sudah dapat dikatakan cukup lengkap. Mulai dari toilet, kamar untuk mengganti pakaian, hingga mushola untuk beribadah umat muslim sudah tersedia di beberapa titik di lokasi pantai tersebut.

Tak hanya itu, di sepanjang pinggiran pantai tersebut terdapat gasebo-gasebo yang berjajar rapi dari ujung timur hingga barat. Fasilitas ini dapat digunakan oleh para wisatwan untuk beristirahat sejenak atau berteduh dari panasnya sinar matahari.

Jika anda ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, terdapat warung yang khusus menjual beragam hiasan dan pernik-pernik dari kerang. Selain itu, para pedagang ini juga menawarkan olahan rumput laut goreng yang menjadi favorit para pengunjung pantai tersebut.

Itulah informasi mengenai Pantai Sepanjang yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jadi bagaimana? Apakah anda sudah merencanakan untuk liburan di kawasan pantai tersebut?