Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Banyak sekali tempat wisata alam nan indah mempesona di Indonesia yang perlu di bedah, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Kandang yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Destinasi yang asyik dan menarik untuk berlibur ini berkonsep air terjun bertingkat nan cantik dan eksotik.

Beragam daya tarik yang ditawarkan kawasan ini seperti panorama alam indah mempesona, air terjun yang mengalir dari ketinggian bertingkat hingga ke dasar kolam, dapat memanjakan mata. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari inspirasi dan menghindari polusi udara. Selain itu, berbagai aktivitas menarik juga dapat dilakukan di sana, seperti berkemah dan bermain air.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kedung Kandang

Daya Tarik Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps AV Komputer Service

Wajar saja jika Air terjun Kedung Kandang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebab tempat wisata alam ini seperti serpihan keindahan yang terurai dan disatukan kembali. Kecantikan curug yang bertingkat dengan bebatuan alam nan eksotik dan persawahan menyatu dalam satu lokasi.

1. Air Terjun Cantik dan Eksotik

Sudah barang tentu yang menjadi daya tarik utama adalah pesona keindahan air terjunnya yang cantik dan eksotik. Curug biasanya sering dijumpai di daerah hutan yang jauh dari perkampungan, namun di lokasi ini air terjun berada di tengah persawahan. Selain itu, ketinggian air terjun mencapai 25 meter, namun memiliki beberapa tingkatan hingga mencapai sepuluh buah.

Apalagi bebatuan yang tersusun pada setiap tingkatan yang ada di curug, membentuk bangunan yang cantik dan eksotik. Sehingga aliran air yang mengalir dari satu ketinggian menuju tingkatan yang lebih rendah, membuat setiap mata yang memandang tidak pernah jenuh dan lelah. Bagi wisatawan yang hobi berlibur ke air terjun, petualangan anda belum lengkap jika belum singgah ke tempat ini.

2. Panorama Alam Indah Mempesona

Keindahan Air Terjun Kedung Kandang tidak hanya berhenti di bagian curug nya saja, akan tetapi di sekitar zona tersebut terdapat panorama alam yang indah mempesona. Ketika anda menyaksikan air terjun di hutan, maka pandangan mata untuk melihat keindahan alamnya akan terhalang oleh keberadaan air terjun dan bebatuan yang ada.

Berbagai pohon hijau tumbuh subur di area ini, seperti pohon kelapa, pisang dan berbagai pohon lainnya yang tumbuh rimbun dan rindang. Otomatis kawasan tersebut mempunyai hawa yang sejuk dan segar, serta mengandung kaya akan oksigen. Hal inilah yang menjadi daya tarik berikutnya dari tempat ini, khususnya bagi mereka yang bising dengan kehidupan kota dan ingin mencari inspirasi baru.

3. Sawah Hijau yang Memukau

Selain air terjun yang cantik dan eksotik, panorama alam yang indah mempesona, Air Terjun Kedung Kandang juga terdapat sawah hijau yang memukau. Keberadaan persawahan ini tidak hanya di sebagian lokasi saja, namun terhampar luas mengelilingi air terjun tersebut. Selain itu, bentuk terasering pada sawah membuat tempat ini semakin indah mempesona bak Surga yang hilang.

Air terjun bertingkat yang mengalir dari pegunungan memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Karena keberadaan air tersebut dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk irigasi sawah. Sedangkan sawah yang di desain terasering, berfungsi agar tidak terjadi longsor. Oleh karena itu, wajar jika daerah ini sangat subur dan ditumbuhi banyak pepohonan hijau yang berbuah, seperti pohon mangga, pisang, dan kelapa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps Opik Tri Handono

Segera masukkan daftar Air Terjun Kedung Kandang sebagai tempat berlibur anda, sebab destinasi wisata alam ini layak untuk dikunjungi. Bagi anda yang ingin pergi ke lokasi, daerah ini berada di Gunung Butak, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apabila wisatawan melakukan perjalanan dari Jalan Piyungan – Ngoro, Sleman, maka jarak tempuh sekitar 30 km, sedangkan waktu yang dibutuhkan hanya 1 jam saja. Akan tetapi, jika pelancong memulai petualangan dari Jalan Nasional III Wonosari, maka jarak tempuh yang harus di lalui 16,7 km, sedangkan perjalanan hanya membutuhkan waktu 28 menit.

Kawasan wisata ini mudah dijangkau, sehingga bisa diakses menggunakan sepeda motor atau mobil. Saat berkunjung ke tempat ini, wisatawan tidak akan tersesat. Karena banyak warga sekitar yang berlalu lalang melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, terdapat papan nama di titik strategis sebagai penunjuk menuju lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedun Kandang
Image Credit: Google Maps Sinar Pelangi Surakarta

Tempat berlibur yang berkualitas, tidak selalu menguras isi tas. Seperti halnya Air Terjun Kedung Kandang, destinasi wisata alam berkonsep air terjun dan pemandangan ini, tiket masuknya hanya Rp. 7.000 saja. Kawasan wisata ini buka setiap hari Senin sampai hari Minggu, atau tidak ada hari libur. Sedangkan jam operasionalnya mulai jam 00.01 – 24.00, atau di buka selama 24 jam nonstop.

Biaya untuk retribusi parkir mobil, hanya dipatok Rp. 5.000, namun bagi pelancong yang membawa motor, karcis parkir lebih murah yaitu Rp. 2.000. Keamanan tempat parkir telah terjamin, sebab ada petugas yang menjaga. Kenyamanan nya juga selalu tersedia, karena lahannya cukup luas.

Aktivitas yang Menarik di Air Terjun Kedung Kandang

Aktivitas Menarik Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps Erwan Afriyanto

Daya tarik, alamat lengkap dan rute menuju lokasi, serta harga tiket telah disampaikan. Berikutnya yang perlu diketahui adalah kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika wisatawan berada di tempat ini, agar bisa melakukan persiapan dan tidak ada barang yang tertinggal.

1. Bermain Air Terjun

Saat musim kemarau, debit Air Terjun Kedung Kandang tidak terlalu tinggi dan alirannya tidak terlalu deras. Sebab volume air pada pusatnya yaitu dari gunung tidak terlalu banyak, sehingga bermain air terjun yang mengalir menjadi aktivitas yang menarik dan seru untuk dilakukan. Karena air yang mengalir begitu jernih dan segar, sangat cocok untuk cuci muka, membasahi kepala, hingga berendam di kolam.

Akan tetapi, saat musim hujan tiba, volume air di gunung akan meningkat, sehingga debit air yang mengalir akan semakin deras. Pada situasi seperti ini wisatawan harus lebih waspada, bebatuan yang ada akan semakin licin dan arus air lebih berbahaya. Ketika berkunjung ke daerah ini pada musim hujan, maka silahkan berhati-hati.

2. Berkemah Bersama Keluarga

Bagi pelancong yang tidak terlalu suka bermain air, dan cukup puas hanya melihatnya saja, maka tidak usah risau dan galau. Destinasi wisata alam ini tersedia lahan untuk tempat camping, berkemah bersama keluarga menjadi aktivitas menarik yang dinantikan dan dirindukan oleh mereka yang jarang bersua.

Agar keamanan dan kenyamanan berkemah tetap terjaga, maka sebaiknya konfirmasi ke petugas pengelola area wisata. Kawasan yang telah di buka selama 24 jam non stop ini sangat disayangkan jika dikunjungi hanya beberapa jam saja. Oleh karena itu, mengeksplorasi tempat ini dari pagi, malam, hingga pagi lagi menjadi petualangan yang seru dan menyenangkan.

3. Berswafoto

Setiap pelancong yang berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang selalu mengabadikan tempat ini. Kesempurnaan destinasi wisata alam ini sangat disayangkan jika terlewatkan sedikitpun. Banyak wisatawan yang mengambil gambar pemandangan alam pegunungan dan pepohonan, sawah dan ladang, dan juga air terjun yang eksotik.

Kecantikan sekitar Air Terjun yang dikelilingi sawah membuat pesona dari alam tampak lengkap. Hal itulah yang membuat wisatawan tidak pernah kecewa dalam berfoto memakai latar dari pesona tersebut. Selain berfoto dengan keindahan alam, Anda dapat merekam kejernihan air. Semua foto bisa Anda kumpulkan dengan menentukan spot cantik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps Aileen

Zona wisata Air Terjun Kedung Kandang sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti lahan parkir yang cukup luas untuk motor dan mobil. Selain itu, ada juga warung makan bagi pelancong yang ingin kuliner memanjakan perut yang lapar. Di samping itu, jika ingin buang air kecil dan air besar, juga tersedia toilet umum.

Saat musim libur sekolah, pastikan ajak keluarga untuk rekreasi menghabiskan waktu liburan. Karena destinasi wisata alam ini sangat cocok untuk tempat wisata bersama keluarga. Area nya sejuk, segar dan udaranya menyehatkan. Selain itu, berkemah di sekitar area Air Terjun Kedung Kandang dapat bercengkrama bersama keluarga lebih lama.