Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Ngetun merupakan destinasi pantai dengan khas bebatuan bukit yang menghimpitnya. Lokasinya berada di deretan pantai populer Gunung Kidul, Yogyakarta. Meskipun kondisi bibir pantai yang tidak begitu luas. Akan tetapi, keindahan yang disuguhkan mampu membuat mata terbelalak karena pesonanya.

Bak permata yang tersembunyi. Keberadaan pantai nan cantik ini belum banyak dikenal wisatawan. Sehingga suasana pantai masih benar-benar terasa alami. Hamparan pasir putih yang bersih bebas dari sampah ditambah dengan banyaknya biota laut tentu menjadi pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Bagi wisatawan yang sedang mencari wisata pantai dengan suasana masih begitu sepi, maka langsung saja berkunjung ke pantai ini. Dijamin Anda tidak akan merasa kecewa. Fasilitas di lokasi Pantai Ngetun juga cukup memadai. Sehingga wisatawan semakin merasa nyaman untuk melakukan beberapa aktivitas seru.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngetun

Daya Tarik Pantai
Image Credit: Google Maps Haruyuki

1. Pemandangan Pantai yang Sangat Cantik

Sepanjang perjalanan mungkin Anda akan selalu menaruh rasa penasaran. Terlebih bagi wisatawan yang baru pertama kali akan menginjakkan kaki di Pantai Ngetun. Berharap keindahan pantainya tidak mengecewakan.

Sesampainya di lokasi, benar apa yang dibayangkan. Pesona alamnya sangat memanjakan mata. Pemandangan berbeda juga terlihat di pantai nan cantik ini. Salah satunya terdapat dua bukit yang mengapit pantai.

Bukit-bukit tersebut dihiasi oleh tanaman nan hijau subur khas pantai. Sehingga suasana pantai tidak gersang. Terlihat cantik dan menyejukkan. Siapapun yang berkunjung ke pantai ini akan betah untuk berlama-lama.

2. Terdapat Penyu dan Biota Lainnya

Mengingat kondisi Pantai Ngetun yang belum banyak terjamah oleh aktivitas manusia, maka alamnya masih sangat asri. Oleh sebab itu, pemandangan unik yang ada di pantai ini adalah adanya penyu-penyu yang menepi di bibir pantai.

Area pasir putih nan alami ini ternyata menjadi sarang penyu untuk bertelur. Sehingga wisatawan bisa menyaksikan penyu-penyu kecil tersebut bermain di pasir pantai. Bahkan Anda juga bisa mengajaknya untuk berfoto selfie.

3. Diapit Oleh Dua Bukit

Adanya bukit yang mengapit pantai nan cantik ini menambah kecantikan pemandangan. Layaknya sebuah terowongan jalan, bukit-bukit ini ada di sisi kanan kiri pantai. Sehingga jika dilihat dari kejauhan pemandangannya akan lebih menawan.

Selain banyak ditumbuhi tanaman hijau. Bukit-bukit ini juga sebagai rumah bagi para lobster. Sehingga jangan heran jika Anda akan menjumpai beberapa pemancing yang ada di area bukit. Tidak hanya warga setempat tetapi banyak wisatawan dari berbagai daerah yang juga ikut berburu lobster.

Daya Tarik Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Bernadus ADP

4. Banyak Ditemukan Biota Laut

Jika anda ingin menemukan beberapa jenis biota laut, tidaklah sulit. Anda tidak perlu menyelam ke dasar laut. Karena ombak di Pantai Ngetun cukup besar sehingga berbahaya untuk melakukan berenang ataupun menyelam tanpa pengawasan sang profesional.

Anda cukup berjalan menyusuri pantai, maka Anda bisa menjumpai kepiting yang berlarian. Menyembul ataupun bersembunyi di balik pasir dengan gayanya yang gesit. Bahkan Anda juga bisa menemukan bintang laut dan beberapa jenis kerang.

5. Suasana Pantai yang Tenang

Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai yang belum banyak dikenal masyarakat luas ini karena ingin mencari suasana tenang. Jauh dari keramaian kota serta bebas dari polusi.

Bahkan ada yang ingin lebih lama menikmati ketenangan pantai dengan melakukan camping. Biasanya nuansa ini akan banyak dijumpai di musim libur. Cenderung wisatawan berasal dari luar daerah terutama pengunjung dari kota.

6. Terdapat Lokasi Camping

Lokasi yang sering dipilih untuk mendirikan tenda-tenda camping yakni di pinggir Pantai Ngetun dan atas bukit. Dengan adanya tenda yang berwarna warni menjadikan pemandangan pantai menjadi lebih unik dan menarik. Apalagi jika dilihat dari atas bukit, pemandangannya terkesan memanjakan mata.

Tidak ada batasan waktu untuk camping. Sehingga wisatawan bebas melakukannya kapan saja. Di area pantai juga sudah terdapat fasilitas pendukung seperti warung dan toilet. Sehingga para traveller tidak lagi khawatir akan kelaparan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai
Image Credit: Google Maps Bayu Isna Fahrizal

Pantai Ngetun berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Tepus. Terletak di Desa Purwodadi, Dusun Sureng. Dari pusat Kota Jogja berjarak kurang lebih 70 kilometer.

Pengunjung bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi sekitar 2 jam 20 menit. Berawal dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke arah Wonosari, Gunung Kidul. Pengunjung juga akan melewati Jalan menuju Pantai Baron hingga sampai ke Tepus.

Setelah sampai di Kecamatan Tepus, arahkan kendaraan menuju Indrayanti atau Pulang Sawal. Pengunjung akan melalui Pok Tunggal. Dilanjutkan melewati Pantai Seruni. Kemudian ada papan penunjuk arah untuk sampai ke lokasi Ngetun.

Selain rute tersebut, wisatawan juga bisa menjadikan SD negeri Gembuk sebagai patokannya. Pertama ambil arah ringroad ke Jl. Wonosari. Dilanjutkan melewati Piyungan. Masih arah lurus hingga melalui Patuk Bukit Bintang. Lanjutkan perjalanan menuju Giri Panggung hingga menemukan pertigaan Balong.

Sesampainya di pertigaan Balong, Anda ambil arah menuju Jalan Purwodadi menuju Gesing. Bertemu dengan SD Negeri Gembok. Terdapat jalan beraspal berukuran kecil. Itulah jalan ke arah pantai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Bayu Indra Setyanto

Deretan pantai di Gunung Kidul yang memiliki pemandangan nan elok dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau. Termasuk beriwsata ke Pantai Ngetun. Pengunjung hanya dikenakan tarif tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang.

Jika Anda membawa kendaraan bermotor cukup membayar parkir Rp 3.000. Sedangkan untuk mobil maka perlu menyediakan uang tambahan sebesar Rp 5.000 per unit.

Jam operasional pantai nan menawan ini dibuka setiap hari dalam waktu 24 jam. Oleh sebab itu, wisatawan bisa berkunjung untuk menikmati keindahan pantai tanpa ada batas waktu tertentu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngetun

Aktivitas di Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Ayo Dolan Indonesia

1. Berfoto dengan Background yang Menawan

Pantai Ngetun memang belum sepopuler pantai di sekitarnya. Akan tetapi, keindahan yang dimiliki bagaikan sebuah perhiasan yang mahal harganya. Setiap wisatawan yang berkunjung pasti akan terpesona oleh keesotisannya. Terutama bagi pecinta fotografi.

Ketika sampai di lokasi pantai melihat kekokohan bukit nan hijau yang mengapit pantai ini pasti langsung terbersit untuk berswafoto. Background alam nan hijau dengan balutan pasir putih serta air yang kebiruan membuat gradasi warna yang sangat menawan.

Apalagi jika ditambah dengan view burung-burung yang berterbangan di area pantai. Tentu menjadikan hasil gambar menjadi lebih fantastis atau bernilai seni tinggi.

2. Berjalan di Hamparan Pasir Putih

Meskipun tidak seluas pantai pada umumnya, tetapi pengunjung tetap bisa merasakan sensasi kelembutan pasir pantai. Anda bisa berjalan menyusuri bibir pantai, merasakan angin yang berhembus sepoi-sepoi.

Bahkan di hamparan pasir putih ini, pengunjung bisa menemukan banyak cangkang kerang ataupun bintang laut. Beberapa biota langka masih bisa ditemukan di pantai nan cantik ini.

3. Memancing di Pantai Ngetun

Selain cocok dijadikan tujuan berlibur untuk menikmati pemandangannya yang khas, pengunjung juga bisa memancing di area ini. Aktivitas yang satu ini juga bisa menjadi penghilang stress.

Biasanya para warga setempat juga banyak yang memancing di area bukit. Adanya bukit bebatuan ini menjadi tempat bersembunyi para lobster. Sehingga banyak para warga yang berburu biota yang mahal harganya ini. Selain lobster juga terdapat beberapa jenis ikan khas Pantai Ngetun.

4. Mendirikan Tenda Camping

Menikmati suasana pantai dengan cara nge-camp rasanya menjadi tantangan tersendiri yang seru untuk dilakukan. Terlebih jika dilakukan bersama rombongan dalam jumlah yang banyak. Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil melalukan kegiatan seru. Baik di siang hari ataupun malam.

Lokasi yang biasanya dipilih para traveller untuk mendirikan tenda campingnya yakni di atas bukit. Dengan alasan agar aman dari deburan ombak saat pasang di malam hari. Namun, ada juga yang memasang tendanya di area pinggir pantai.

Nah, jika Anda berniat untuk camping merasakan suasana pantai di malam hari maka bisa membawa perlengkapan pribadi dari rumah. Di area ini belum terdapat jasa sewa tenda. Hanya terdapat fasilitas area camping saja.

5. Menaiki Bukit di Sisi Pantai

Jika Anda berkeinginan untuk melihat pemandangan lautan luas dari atas ketinggian, maka bisa memilih spot puncak bukit. Di sisi Pantai Ngetun terdapat dua bukit nan hijau. Dipenuhi oleh tanaman khas pantai serta beberapa pandan laut.

Bukit tersebut bernama Bukit Gentong dan Bukit watu Bangku. Bukit yang memiliki puncak lebih tinggi disebut sebagai Bukit Watu Bangku. Selain untuk menikmati keelokan pantai cantik ini, pengunjung juga sering menjadikannya sebagai spot foto karena landscape pemandangannya yang keren.

6. Menyaksikaan Keeksotisan Sunrise dan Sunset

Ketika pagi menjelang, wisatawan khususnya yang melakukan camping dapat menyaksikan keindahan matahari terbit. Suasana pantai berangsur-angsur menjadi lebih terang. Birunya air laut dan pasir putih pun semakin terlihat jelas. Kicauan burung-burung menyambut suasana pagi nan cerah.

Sama halnya dengan keindahan di sore hari Pantai Ngetun memiliki destinasi pemandangan senja yang mempesona. Langit berwarna kuning keemasan, matahari perlahan turun bersembunyi di balik lautan. Suasana yang terang perlahan menjadi gelap. Banyak pengunjung yang ingin menikmati momen ini dengan berfoto.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps Heru Hartanto

1. Lokasi Parkir Kendaraan

Pihak pengelola Pantai Ngetun telah menyediakan fasilitas tempat parkir dengan nyaman dan aman. Pengunjung hanya perlu membayar karcis parkir sesuai ketentuan. Bahkan kendaraan yang terparkir juga terlihat rapi.

2. Musholla

Meskipun belum begitu tersohor, tetapi fasilitas yang ada di lokasi pantai cukup lengkap. Salah satunya terdapat musholla yang lengkap dengan perlengkapan sholatnya. Sehingga pengunjung yang ingin melaksanakan sholat ketika sudah tiba waktunya, tak perlu lagi bingung mencari mushola di luar lokasi.

3. Warung Kuliner

Adanya warung-warung di sekitar pantai sangat membantu wisatawan untuk mencari makanan atau minuman. Menu khas yang ada di warung ini adalah olahan seafood. Harganya juga sangat terjangkau.

4. Toilet

Fasilitas keberadaan toilet dapat digunakan sesuai kebutuhan pengunjung. Kondisi toilet juga masih terawat. Mulai dari kebersihan hingga ketersediaan airnya yang mencukupi.

5. Area Camping

Jika Anda ingin nge-camp tak perlu lagi direpotkan dengan mencari lokasi yang tepat. Hal ini disebabkan sudah adanya fasilitas area camping yang nyaman dan aman.

6. Tong Sampah

Setiap pengunjung diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan. Oleh sebab itu, pihak pengelola telah menyediakan tong sampah.

Itulah ulasan singkat tentang Pantai Ngetun di Gunung Kidul. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini bersama orang tercinta. Selamat berlibur.