Pulau Labengki, Surga Bahari Andalan Sulawesi Tenggara

Pulau Labengki

Pulau Labengki dapat menjadi pilihan destinasi wisata di Sulawesi Tenggara dengan tawaran pantai yang eksotis dengan pemandangan layaknya Raja Ampat dan pesona bawah lautnya.

Lokasi: Labengi, Kec. Lasolo, Kab. Konawe Utara.
Map: Cek Lokasi

Pesona alam Sulawesi Tenggara seakan tiada habisnya, selain Taman Nasional Wakatobi yang mendunia Anda juga patut mengunjungi surga tersembunyi lainnya yaitu Pulau Labengki. Menawarkan keindahan bak surga, pulau ini sering disebut sebagai Raja Ampat versi Sulawesi Tenggara.

Berkunjung ke surga bahari Sulteng ini, Anda akan disuguhkan indahnya perairan jernih dan keanekaragaman biota lautnya. Lingkungan wisata yang tergolong masih asri karena tidak terlalu banyak disentuh tangan manusia dapat menyegarkan kembali.

Bagi Anda yang menyukai jalan-jalan tidak ada salahnya menjadikan pulau cantik yang tersembunyi ini sebagai tujuan wisata Anda. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak ulasan tentang Pulau Labengki berikut ini.

Mengintip Eloknya Pulau Labengki di Sulawesi Tenggara

Mengintip Pulau Labengki

Image Credit: Pegipegi.com

Pulau Labengki merupakan salah satu pulau indah yang terletak di Sulawesi Tenggara. Secara administratif pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Bagi Anda yang berencana atau singgah di Sulawesi Tenggara, berkunjung ke tempat ini tidak ada salahnya.

Pulau Labengki terbagi menjadi dua bagian, yakni Labengki Besar dan Labengki Kecil. Labengki Besar merupakan pulau tak berpenduduk dan kawasan hutan yang dilindungi. Berbeda dengan Labengki Kecil, pulau indah ini dihuni oleh Suku Bajo.

Terdapat pulau-pulau kecil dengan struktur bebatuan karst menyebar di sekitar Kawasan kepulauan, tak ayal banyak yang menyebutnya sebagai Raja Ampat versi Sulawesi. Gugusan batuan karst yang menjulang dari permukaan lalu berpadu dengan gradasi warna air laut akan membuat Anda takjub dengan keindahan yang dimiliki pulau ini.

Rute Menuju Lokasi Kepulauan Labengki

Lokasi Kepulauan Labengki

Image Credit: Reddoorz.com

Karena merupakan kepulauan, jalan yang tepat untuk menikmati panorama Pulau Labengki yaitu melalui jalur laut. Namun Anda tidak perlu khawatir karena beberapa dermaga melayani penyeberangan menuju pulau eksotis ini.

Berangkat dari kota Kendari, Anda bisa melanjutkan perjalanan darat menuju Toli-toli Kabupaten Konawe sekitar satu jam. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal menuju Pulau Labengki yang memakan waktu sekitar tiga jam. Anda akan dimanjakan dengan indahnya lautan luas selama perjalanan menuju pulau tersebut.

BACA:  Pulau Bokori, Destinasi Bahari Nan Eksotis di Sulawesi Tenggara

Anda juga bisa lewat jalur Desa Sawa menuju dermaga setempat dengan menggunakan kendaraan umum selama satu setengah jam. Kemudian perjalanan dilanjutkan sekitar satu setengah jam dengan menggunakan kapal menuju Pulau Labengki. Jika Anda memilih rute ini, selain menikmati keasrian desa-desa kecil Anda juga akan mendapatkan pengalaman baru tak terlupakan.

Pilihan alternatif yang ketiga yaitu melalui Desa Lasolo. Dari Kendari menuju dermaga Lasolo dapat ditempuh dengan jalur darat sekitar dua setengah jam. Perjalanan dari dermaga Lasolo menuju Pulau Labengki dilanjutkan dengan kapal yang menghabiskan waktu sekitar empat jam. Meskipun memakan waktu yang lama, Anda tidak akan menyesal ketika sampai Kawasan pulau ini.

Rute keempat sekaligus juga rute yang cukup singkat yaitu melalui Desa Nil Tanasa, kecamatan Soropia. Perjalanan darat dari Kendari menuju ke dermaga Tanasa dapat ditempuh sekitar setengah jam, lalu dilanjutkan dengan perjalanan laut selama dua jam menuju Pulau Labengki, Anda dapat memilih rute ini karena waktu tempuhnya yang relatif singkat.

Anda dapat memilih rute-rute di atas sesuai dengan kebutuhan, tentunya dengan kekurangan dan keunggulan masing-masing rute yang berbeda. Namun, hal yang penting ketika perjalanan yaitu mengutamakan keselamatan sehingga Anda dapat menikmati liburan dengan leluasa hingga puas.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pulau Labengki

Harga Tiket Pulau Labengki

Image Credit: Yukkuy.com

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Labengki sebagai tujuan liburan, Anda perlu menyiapkan budget yang cukup lumayan. Harga tiket memasuki kawasan pulau cantik ini sekitar Rp 400.000 per orang. Meskipun terbilang cukup mahal, Anda tidak akan merasa kecewa karena suasana dan ciamiknya alam pulau ini yang menenangkan jiwa, termasuk keindahan bawah lautnya.

Ada baiknya Anda konfirmasi atau cek terlebih dahulu harga tiket yang bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, Anda jangan pernah bosan untuk selalu update informasi dari pihak berwenang jika hendak menyusuri pulau ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Labengki

Fasilitas Pulau Labengki

Image Credit: Youtube.com @fakultas teknologi industri UMI

Keindahan lautan dan kehidupan bawah laut Pualu Labengki merupakan daya tarik utama. untuk memanjakan pengunjung yang datang. Anda bisa menggunakan fasilitas yang tersedia.

Anda tertarik menghabiskan malam di Pulau Labengki? Anda dapat menginap di penginapan atau di rumah penduduk. Meskipun pulau ini tidak berpenghuni namun pengelola memberikan fasilitas pengunjung untuk menetap lebih lama di penginapan terdekat disekitar Kepulauan Labengki. Jika Anda ingin sensasi baru, menginap di rumah penduduk asli Suku Bajo di Labengki Kecil juga pilihan yang bagus.

BACA:  Pantai Nirwana, Wisata Pantai Eksotis di Baubau

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Labengki

Kegiatan di Pulau Labengki

Image Credit: Kompas.com

Snorkeling merupakan kegiatan yang tidak boleh terlewatkan saat Anda berkunjung ke Pulau Labengki. Tak membawa perlengkapan snorkeling? Anda tidak perlu khawatir karena pengelola pulau ini menyewakan perlengkapan snorkeling. Dengan begitu Anda dapat menikmati keindahan alam bawah laut di pulau ini yang beranekaragam.

Selain melihat surga bawah laut, Anda bisa mencoba memancing di atas kapal. Berbagai jenis ikan yang bisa didapatkan yaitu Tuna Sirip Kuning, Kakap Merah, Kerapu, Ikan Layar bahkan Barakuda. Hasil tangkapan tersebut dapat Anda nikmati sebagai santapan nikmat sambil menikmati suasana Pulau yang tenang dan menentramkan.

Keindahan laut dan keberagaman jenis jenis biota perairan Labengki juga menawarkan pertunjukan cantik lainnya. Jika beruntung Anda dapat menyaksikan kemunculan lumba-lumba dari permukaan laut. Kemunculan lumba-lumba tersebut akan membuat perjalanan Anda semakin berkesan.

Mendarat di Pulau Labengki Anda akan disambut dengan lembutnya pasir dan bentangan indah pesisir pantai Belum cukup menikmati eloknya pesisir pantai yang asri, Anda juga akan disuguhkan dengan karang-karang menjulang tinggi di atas laut yang tersebar secara acak. Maka tak heran, banyak yang mengatakan tempat ini mirip dengan Wayag Raja Ampat.

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika ke Pulau Labengki berikutnya yaitu Teluk Cinta. Dinamakan demikian karena gradasi antara air laut dan bibir pantai bentuknya menyerupai hati. Jika dilihat dari bibir pantai mungkin tidak nampak demikian. Jika ingin melihat lebih jelas, Anda harus bisa menggunakan drone atau mendaki ke puncak yang kini sudah tersedia anak tangga agar lebih mudah.

Singgah di Teluk Cinta anda juga bisa menikmati wahana yang ditawarkan oleh pengelola. Anda dapat melihat keindahan Teluk Cinta secara jelas dengan melintasi lintasan Flying Fox. Kegiatan ini dapat Anda jadikan pilihan untuk menantang adrenalin sekaligus ajang menikmati pesona Teluk Cinta dari ketinggian.

Tak jauh dari Teluk Cinta anda dapat singgah menikmati keseruan Pantai Pasir Merah. Pantai ini memiliki pasir berwarna merah atau oranye, serta terdapat pohon kelapa bengkok yang unik di tepi pantai. Tempat ini menjadi spot foto favorit karena keunikan pohon kelapa bengkok yang dilengkapi dengan pemandangan lautan lepas.

BACA:  15 Hotel Murah di Kendari Dengan Promo Terbaik

Dari Pantai Pasir Merah anda dapat melanjutkan untuk menjelajahi spot keren lainnya yaitu Laguna Mahumalalang. Laguna cantik ini memiliki perairan berwana tosca, campuran hasil air tawar dan air laut yang asin. Dikelilingi oleh susunan karang tajam yang ditumbuhi oleh tanaman rumpun nan hijau indah, tentu akan membekas di pikiran Anda.

Kegiatan menarik selanjutnya yaitu berkenalan dengan Suku Bajo di Labengki Kecil. Saat berkunjung ke tempat ini Anda akan disambut dengan ramah oleh penduduk sekitar. Di tempat ini Anda bisa berinteraksi bahkan menginap di rumah penduduk asli Suku Bajo. Tercatat ada kurang lebih sekitar 100 kepala keluarga menetap di Labengki Kecil.

Apabila Anda memilih menginap di rumah penduduk Labengki Kecil, terdapat goa unik yang tak jauh dari pemukiman penduduk. Goa unik tersebut dikenal dengan Goa Kolam Renang. Bagian dalam goa ini berbentuk seperti kolam di tengah lorong. Goa di tengah pulau Labengi kecil ini dapat Anda kunjungi dengan menempuh waktu lima menit dengan jalan kaki.

Selain memiliki goa unik, Labengki Kecil juga mempunyai destinasi menarik yang legendaris. Terdapat sebuah mercusuar tua yang terletak di tepi pantai. Mercusuar tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda. Oleh karena itu, tidak diperkenankan untuk naik ke mercusuar tersebut karena sangat dijaga oleh penduduk setempat.

Terkenal dengan keberagaman spesies bawah laut dan spot menyelam terbaik yang menyebar di berbagai titik, ternyata perairan Pulau Labengki terdapat Kerang Kima. Kerang Kima merupakan kerang raksasa yang besarnya bisa mencapai 50cm. Kerang Kima tercatat sebagai kerang terbesar kedua di dunia.

Perairan di sekitar Lebengki ini dijadikan konservasi, penangkaran sekaligus tempat penelitian Kerang Kima. Sebagai habitat alami Kerang Kima yang dilindungi kegiatan menggunakan alat-alat seperti pukat atau bom ikan sangat dilarang, karena dapat merusak ekosistem dan habitat biota laut perairan Pulau Labengki.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang Pulau Labengki. Bagi Anda yang ingin menikmati panorama bawah laut, jangan lupa untuk ke surga bahari Sulawesi Utara. Anda dapat mengunjunginya bersama keluarga, teman atau orang terdekat agar lebih menyenangkan.