Pulau Bokori, Destinasi Bahari Nan Eksotis di Sulawesi Tenggara

 Pulau Bokori

Pulau Bokori di Sulawesi Tenggara menjadi destinasi bahari yang indah patut untuk diperhitungkan. Biaya murah dan akomodasi yang mudah layak menjadi kelebihan lain dari Pulau Bokori.

Lokasi: Tapulaga, Kec. Soropia, Kab. Konawe.
Map: Cek Lokasi

Sulawesi Tenggara menyimpan sebuah pulau yang memiliki keindahan eksotis yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Walaupun belum seterkenal Bali, pesona pulau diyakini tidak kalah indah dengan Bali. Karena itulah Pemerintah terus melakukan perbaikan supaya pulau bisa dinikmati keindahannya.

Pulau Bokori tidak salah jika dijadikan surganya Sulawesi Tenggara. Tidak jarang turis luar negeri bisa menghabiskan waktu yang lama di pulau ini untuk berlibur. Di samping itu, biaya yang dikeluarkan untuk berlibur tidak terlalu besar. Jadi berlibur ke Bokori bisa dijadikan alternatif lain selain ke Pulau Bali.

Untuk pergi ke pulau yang letaknya cukup jauh maka harus memperhatikan beberapa hal supaya tidak salah lokasi, waktu, dan akomodasi menuju pulau yang terkenal di wilayah Kendari ini.

Liburan ke Pulau Bokori yang Eksotis

Liburan ke Pulau Bokori

Image Credit: Tripadvisor.com

Pulau Bokori merupakan salah satu pulau yang sering dijadikan lokasi berlibur oleh banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Semua masyarakat sepakat kalau pulau tersebut memiliki keindahan dan sisi eksotika yang tidak perlu ditanya lagi.

Pesona pulau ini tidak kalah dengan Pulau Bali yang menawarkan pesona surgawi dunia di Sulawesi Tenggara. Pengalaman berlibur di sana bisa membuat wisatawan bisa melupakan beban berat yang menggelayut di pundak dan di kepala sepanjang waktu karena pekerjaan.

Pulau Bokori sebetulnya termasuk ke dalam wilayah kota Kabupaten Konawe. Akan tetapi masyarakat lebih mengenalnya sebagai wisatawan kepulauan di Kendari. Jadi jangan sampai salah dalam menentukan lokasinya supaya tidak salah jalan saat menuju lokasi wisatanya. Usahakan mempelajari lokasi ke sana sebelum membeli tiket bagi wisatawan luar pulau.

Meski pulau berlokasi di ibukota akan tetapi wisatawan akan bisa merasakan udara laut yang terbawa oleh angin laut yang berhembus sepanjang hari. Pemerintah Sulawesi Tenggara sendiri masih dan terus mengembangkan sisi pariwisata di wilayahnya. Terutama di pulau Bokori ini.

Pulau Bokori sangat diharapkan menjadi pesona daya tarik lebih untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan untuk berkunjung. Karena dengan banyaknya wisatawan yang datang akan menghidupkan perekonomian masyarakat lokal.

BACA:  10 Tempat Wisata di Kolaka Timur Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pulau Bokori adalah sebuah pulau kecil yang jadi lokasi pariwisata. Walaupun pulau ini adalah wilayah perkampungan Suku Bajo yang bekerja sebagai nelayan. Pada pertengahan 80an, puluhan Suku Bajo mulai tinggal dan menetap di wilayah pesisir pantai Pulau Bokori.

Di samping itu, para pengembara laut mulai secara perlahan dipindahkan ke Soropia. Mayoritas mata pencaharian Bajo adalah sebagai nelayan. Pulau Bokori menjadi lokasi pariwisata sejak awal tahun 90an.

Pulau Bokori memiliki sebuah kumpulan pulau kecil yang mirip dengan pulau di Hawaii. Wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan pohon kelapa berdiri berjajar di atas hamparan pasir putih. Apalagi ditambah birunya air laut dengan ombak yang tenang dan tidak begitu besar. Keindahan yang menyejukan hati.

Di pinggir pantai telah berdiri kokoh vila kayu berukuran kecil yang menambah pesona dari pulau. Semua keindahan ini belum tentu bisa ditemukan di tempat lain karena masyarakat Pulau Bokori betul-betul menjaga keasrian alamnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Bokori

Aktivitas di Pulau Bokori

Image Credit: Okezone.com

Bagi yang belum pernah menginjakan kaki di Pulau Bokori pasti punya pertanyaan mengenai kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat berlibur di sana. Karena saat berlibur pasti ingin sekali menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan bisa melepas kepenatan kerja.

Kegiatan yang bisa dilakukan di sana bisa dilakukan secara gratis maupun berbayar. Dan bisa dilakukan sepanjang hari. Pilihlah kegiatan yang sesuai dengan hobi dan yang paling disukai.

Hal pertama yang bisa dilakukan di sana adalah menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Banyak wisatawan berburu foto sunset di sana untuk memperoleh foto siluet yang baru hits saat ini. Warna jingga langit Bokori memberikan warna indah alam pantai.

Kegiatan selanjutnya adalah hammocking bertingkat. Kegiatan ini paling seru jika dilakukan secara ramai-ramai dengan sahabat dan keluarga. Bagi yang takut dengan ketinggian bisa memilih hammock paling bawah. Duduk di atas hammock di pinggir pantai dengan rekan atau keluarga memberikan pengalaman baru dalam berlibur.

Aktivitas berikutnya adalah menyelam di laut pendek atau snorkeling. Kegiatan ini akan membuat wisatawan untuk merasakan bersih, jernih, dan segarnya air laut. Wisatawan bisa menyaksikan dari dekat ikan warna warni serta terumbu karang yang masih terjaga keasliannya.

BACA:  10 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Paling Hits

Bagi yang suka kegiatan yang memacu adrenalin maka bisa menjajal banana boat. Di pantai juga disediakan penyewaan. Menikmati pantai di atas kapal dengan kecepatan tinggi akan membuat teriakan-teriakan yang dipercaya melapaskan segala beban pikiran yang menggelayut.

Kegiatan di Pulau Bokori terakhir yang bisa dilakukan adalah menyaksikan luasnya hamparan padang ilalang yang indah. Terdapat padang ilalang yang dijadikan spot foto yang instagramable yang menjadi buruan wisatawan. Apalagi udara di sekitar padang ilalang sejuk membuat orang mampu bertahan lama.

Akomodasi Menuju ke Pulau Cantik Sulawesi Tenggara

Akomodasi Menuju Pulau Cantik

Image Credit: Pegipegi.com

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pulau bisa mempertimbangkan cara-cara berikut. Cara yang pertama yaitu melalui jalur laut. Terdapat 3 pelabuhan menuju Desa Bajoe yang saat ini jadi dermaga ke Bokori.

Pemerintah sudah menyediakan dermaga dengan segala kelengkapannya untuk mendukung keamanan dalam penyeberangan. Wisatawan akan dikenai biaya yang yang cukup terjangkau kurang lebih 20 ribu per orang. Hanya saja harus menunggu sampai kapal penuh dulu baru bisa berangkat.

Bagi yang tidak ingin menunggu dan jika sudah memiliki kelompok paling tidak 3 orang, maka bisa langsung berangkat dengan membayar sekitar 100 ribu. Harga yang sangat terjangkau untuk sebuah akomodasi laut saat ini.

Sementara jalan kedua ke Bokori adalah melewati pemukiman Suku Bajo di Desa Bajo Mekar. Jika memilih jalur ini, untuk sampai sana hanya memerlukan waktu 10 menit. Apalagi nelayan menyediakan perahu yang siap mengantar dan menjemput hanya dengan mengeluarkan ongkos 30 ribu saja.

Perjalanan dari Kendari ke Labuhan Bajo hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit saja. Disarankan untuk berhati-hati dalam perjalanan karena jalan aspal di sana masih banyak yang berlubang dan masih perlu untuk diperbaiki sebagai sarana wisata yang lebih baik.

Saat menyeberang menuju ke Bokori juga tidak memerlukan waktu yang lama hanya kurang lebih 5-10 menit. Saat tiba di Bokori, wisatawan sudah bisa berjalan menyusuri pulau dan merasakan hamparan pasir putih yang sangat luas.

Biaya yang Diperlukan Berlibur ke Pulau Bokori

Biaya ke Pulau Bokori

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Jika ingin berwisata ke sana maka tidak perlu memikirkan biaya tiket masuk pulau. Pemerintah setempat sudah membebaskan biaya tiket masuk menuju Pulau Bokori. Wisatawan hanya mengeluarkan biaya untuk bermalam di resort sekitar pantai.

BACA:  15 Hotel Murah di Kendari Dengan Promo Terbaik

Harga sewa penginapan juga bervariasi. Semua disesuaikan dengan fasilitas dan lokasi penginapan yang dipilih. Semakin bagus view lokasi dan semakin lengkap fasilitas maka harga sewa akan semakin mahal. Tinggal sesuaikan saja dengan dana yang sudah siap. Jangan sampai bengkak di pengeluaran.

Tips Mudah Berlibur ke Pulau Bokori

Tips Mudah ke Pulau Bokori

Image Credit: Kataomed.com

Saat berlibur ke Bokori haruslah di saat yang tepat. Jangan sampai sudah meluangkan waktu tapi di waktu yang tidak pas hanya akan merugikan diri sendiri. Agar tidak sia-sia maka alangkah baiknya perhatikan tips liburan berikut.

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah cuaca. Sebelum datang mengunjungi Bokori, sebaiknya perhatikan baik-baik cuaca saat ini. Pilihlah cuaca yang cerah dan kemudian berangkatlah di siang hari. Hal ini memungkinkan untuk memperoleh matahari terbenam. Tapi perhitungkan lamanya perjalanan terlebih dahulu.

Tip selanjutnya adalah bawalah teman atau rombongan. Jika ingin berlibur ke Pulau Bokori dengan dana lebih sedikit, wisatawan sebaiknya berlibur dengan membawa teman atau rombongan. Di samping biayanya lebih murah, berlibur dengan teman tentunya memberikan suasana yang lebih menyenangkan.

Selanjutnya adalah pilihlah vila. Sudah dikatakan sebelumnya fasilitas pendukung pulau adalah adanya penginapan di sekitar pantai. Supaya tetap bisa mendapat cottage dengan fasilitas yang bagus sebaiknya hubungi villa dahulu. Cari referensi villa yang ada di sekitaran pulau.

Tips terakhir dan yang tak kalah penting adalah pilihlah waktu yang tepat untuk berlibur. Bagi wisatawan yang tinggal dari jauh dari Sulawesi sebaiknya turlah waktu liburan supaya tidak terlalu lelah di perjalanan. Semua ini diperlukan untuk memperoleh waktu berlibur yang menyenangkan dan sesuai harapan.

Sangat sayang jika berlibur ke Bokori ini dalam waktu yang sangat singkat. Paling tidak habiskan waktu 2 sampai 3 hari di sana supaya tidak terlalu lelah di jalan. Sebaiknya gunakan waktu libur yang cukup panjang supaya betul-betul bisa berlibur dengan tenang dan tidak terganggu dengan pekerjaan.

Indonesia memiliki banyak pulau yang belum tersiar keindahannya. Salah satunya Pulau Bokori. Walaupun lokasinya yang cukup jauh dari pusat pemerintahan Negara tidak menghalangi keindahan yang dimiliki untuk dijamah masyarakat luar. Menghabiskan waktu di sana akan membuat fresh pikiran.