Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Katobengke, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Pantai Lakeba menjadi salah satu wisata favorit yang banyak dikunjungi saat ke Sulawesi Tenggara. Destinasi ini menyimpan beragam spot menarik yang memiliki keunikan tersendiri. Adanya jembatan besi di sudut tengah air laut menghiasi wisatanya dilengkapi dengan bangunan menyerupai gazebo kecil. Orang yang berdatangan akan dibuat kagum saat melihatnya.

Aktivitas nelayan yang mencari ikan menjadikan pinggiran pantai sebagai tempat berlabuh. Pemandangan perahu kecil akan terpampang saat Anda berada di kawasannya. Adanya dermaga kayu yang dibangun pengelola juga menambah ke estetikan lakeba. Bangunan tersebut seakan memberi pesan agar pengunjung lebih dekat ke laut agar bisa merasakan nuansanya.

Konon Pantai Lakeba menjadi tempat berlibur akhir pekan orang kota Bau-Bau yang datang berbondong-bondong mulai pagi. Namun, seiring perkembangan waktu tempat rekreasi ini banyak dikenal oleh masyarakat luar karena cuacanya yang sejuk dengan nuansa alami. Destinasi tersebut dilindungi dan dijaga kebersihan area sekitarnya untuk melestarikan keberadaannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lakeba

Daya Tarik Pantai Lakeba
Image Credit: Instagram like_buton

1. Memiliki Dermaga

Tepat di bibir pantai akan terdapat sebuah dermaga yang dibangun seperti gazebo. Tetapi pengunjung harus melewati jembatan terlebih dahulu agar bisa sampai ke areanya. Dermaga ini dibangun menjorok ke arah air laut tepat berada persis di tengah. Uniknya lagi tiang penyanggahnya terbuat dari kayu yang sangat kuat menapak ke bawah laut.

Kabarnya bangunan tersebut dibuat agar para tamu yang berlibur dapat melihat kejernihan air laut lebih dekat. Apalagi saat sore menuju malam, banyak yang menjadikannya sebagai spot melihat sunset yang indah. Jembatannya pun akan nampak dipadati oleh banyak orang yang lalu lalang.

2. Dikelilingi Pohon Kelapa

Hawa sejuk dan asri di sekitar wisata Pantai Lakeba salah satunya disebabkan oleh banyaknya pohon kelapa. Penghijauan ini dilakukan pengelola setempat agar melengkapi keindahan lokasi dan mencegah pengikisan pantai oleh air laut. Wisatawan akan merasakan ketenangan saat duduk di bawah pohon kelapa dengan angin sepoi-sepoi.

Terkadang warga sekitar ada yang mengambil kelapa muda dari pohon ini untuk dijual di sekitar kawasan. Namun dalam pengambilannya tidak dilakukan secara banyak untuk menjaga kelestarian. Saat siang hari, pengunjung tidak akan merasakan panas saat berada di lakeba karena adanya penghijauan tersebut. Pengelola akan terus memperbanyak tanaman lain di sekitarnya.

3. Air Laut Biru Kehijauan

Keberadaan Pantai Lakeba yang terjaga kebersihannya membuat pantai ini memiliki air yang sangat jernih. Ombaknya juga hanya riak-riak kecil, tidak begitu ganas. Saat dipotret melalui kamera, maka akan terlihat warna awan putih, langit biru, dan air laut biru kehijauan yang sangat kontras dan senada. Terlihat pula beberapa batuan cadas yang disusun di sudut pantai.

Tak hanya itu, pariwisata ini dikenal memiliki pasir putih yang begitu halus saat dipegang. Wisatawan yang bermain di sekitar banyak yang tidak menggunakan alas kaki untuk menikmatinya. Garis pantai pun cukup lebar, tak heran jika hal tersebut membuat pengunjung ingin mengelilinginya. Pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan beragam pemandangan yang menyejukkan mata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Lakeba
Image Credit: Facebook Anwar Lolibu

Lokasi Pantai Lakeba tepat berada di Katobengke, Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Jika pengunjung dari arah Kendari maka titik pemberhentiannya di Pulau Muna, lanjut dengan menaiki kapal feri menuju pulau Buton. Perjalanan ini membutuhkan sekitar 13 jam untuk dapat menuju Bau-Bau dan langsung ke arah lakeba.

Bandara yang dekat dengan pantai ini yaitu betomari bau-bau yang biasanya tersedia penyewaan travel untuk menuju ke daerah Kendari. Pengunjung juga dapat membawa kendaraan pribadi baik sepeda maupun mobil. Berlibur ke wisata ini memang akan terasa menyenangkan karena harus menyebrangi lautan terlebih dahulu sebelum sampai ke kawasannya.

Perjalanan yang jauh tidak membuat para pelancong enggan mengunjunginya. Bahkan wisatawan dari luar negeri pun nampak bergantian ingin mengetahui lakeba. Selama berada di kapal feri, Anda akan melihat keindahan laut dan bisa beristirahat di dalamnya. Pengalaman seru inilah yang akan menjadi kenangan tersendiri saat sudah pulang menuju kampung halaman.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Lakeba
Image Credit: Google Maps Restoe Ramli

Destinasi Pantai Lakeba bisa dinikmati wisatawan dengan harga yang termasuk murah. Pada hari biasa, pengunjung tidak akan dikenai tarif tiket atau bisa dibilang gratis. Saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu penjaga pantai hanya akan mengenai tarif sebesar Rp 2.000 saja per orang. Hal itulah yang membuat wisata ini cocok sebagai rekomendasi berlibur bersama keluarga.

Sebelum masuk kawasan, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenai karcis. Khusus untuk sepeda Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000. Dengan biaya tersebut Anda bisa sepuasnya melihat keindahan di dalam wisata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Lakeba

Aktivitas di Pantai Lakeba
Image Credit: Google Maps wakanda forever

1. Parasailing

Salah satu kegiatan menarik di Pantai Lakeba adalah bermain parasailing. Satu sampai dua orang yang menaiki akan dilengkapi dengan rompi dan dikaitkan di kait parasut. Lalu spead boat akan menarik peserta dengan gerakan melawan angin agar parasut bisa terbang. Cuaca cerah dan angin yang kencang akan mendukung aktivitas tersebut.

2. Mengelilingi Pesisir Pantai

Panorama alam yang banyak dijumpai di sekitar wisata banyak membuat para pelancong ingin mengelilingi. Anda akan dibuat takjub dengan melihat tiap sudutnya. Bersantai sambil jalan-jalan di pesisir bisa dilakukan saat siang maupun sore dengan ditemani pasir putih di sepanjang jalan.

3. Bermain Jet Ski

Bagi siapa saja yang gemar berolahraga air, maka akan terasa senang saat menemui jet ski. Wahana ini hanya berkapasitas 2 orang dan akan diberi pelampung oleh petugas sebelum menaikinya. Nuansa angin yang sejuk dengan air laut jernih akan mengiringi Anda sepanjang bermain jet ski. Ajak keluarga atau kerabat agar kegiatan ini terasa semakin seru.

Aktivitas Menarik di Pantai Lakeba
Image Credit: Instagram Fay

4. Mengunjungi Tempat Makan

Tempat duduk yang ditata rapi di pesisir Pantai Lakeba sangat cocok untuk menikmati hidangan khas Bau-Bau. Kuliner yang terkenal enak dan mempunyai ciri khas tersendiri yaitu ikan bakar dan ayam nasu walio. Ada pula minuman seperti es pisang ijo dan es kelapa muda untuk melepas dahaga sambil melihat keindahan sekeliling wisata.

5. Memancing

Perahu nelayan yang berjejer di pinggiran pantai menandakan bahwa wisata ini sangat cocok untuk memancing. Biasanya saat ombak tenang, wisatawan dapat mengunjungi tempat pemancingan ditemani oleh warga setempat. Ada juga perahu kecil yang memang khusus disewakan dengan harga murah supaya memudahkan pengunjung untuk menikmati kegiatan ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Terdekat Pantai Lakeba
Image Credit: Facebook Rizalafi Rizalafi

1. Nirwana Button Villa

Keunikan dari villa ini yaitu tempatnya langsung menghadap ke arah laut di Bau-Bau. Anda dapat menikmati fasilitas yang tersedia mulai dari tempat tidur yang dilengkapi AC, kulkas, dan kamar mandi pribadi. Pada daerah luarnya juga dikelilingi pohon kelapa dan tanaman bunga. Design bangunannya pun terlihat klasik berwarna coklat.

2. Sunset Resort Hotel Bau-bau

Penginapan sunset resort hanya berjarak 50 meter saja ke arah Pantai Lakeba. Di dalamnya terdapat banyak pilihan kamar dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 270.000. Tempatnya yang nyaman sangat cocok digunakan untuk menginap dengan keluarga. Di dalamnya juga ada restaurant yang menghidangkan makanan khas setempat.

3. Calista Beach Hotel

Hotel ini merupakan salah satu yang banyak dikunjungi karena letaknya yang dekat dengan pantai. Tersedia kolam renang, lahan parkir, dan wifi gratis yang bisa digunakan tamu pengunjung. Penginapan ini memiliki 3 tingkat, namun belum terdapat lift di dalamnya dan hanya ada tangga biasa. Letaknya pun sangat strategis berada di pusat kota dan langsung menghadap ke arah pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Lakeba
Image Credit: Google Maps Muh Kenzie Sultan

Area sekitar Pantai Lakeba sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang bisa digunakan oleh wisatawan. Beragam fasilitas ada yang gratis dan berbayar, namun harganya sangat ramah di kantong. Salah satunya kamar mandi umum yang dikenai tarif Rp 2.000 oleh petugas. Pengunjung diharapkan tetap menjaga kebersihan sebelum dan sesudah memakai kamar mandi.

Banyak pula tempat duduk atau gazebo dari kayu sebagai tempat untuk bersantai menikmati suasana pantai. Di sudut area pun ada banyak tempat sampah agar orang yang berdatangan tidak membuang sampah sembarangan terutama plastik. Namun mushola dan tempat ibadah lain belum tersedia karena letak pantai yang jauh dari pemukiman.

Anda akan menjumpai tempat bermain anak seperti ayunan dan prosotan di dekat warung pedagang. Wahana ini bisa digunakan secara gratis bergantian dengan pengunjung lain. Berjarak 100 meter dari gerbang utama, tersedia lahan parkir untuk kendaraan tamu yang datang.

Demikian ulasan lengkap mengenai destinasi bahari Pantai Lakeba. Daya tarik, harga tiket, dan fasilitasnya bisa Anda jadikan list tempat yang harus dikunjungi saat ke Bau-Bau. Hal yang terpenting adalah tidak merusak area sekitarnya agar lakeba menjadi salah satu tempat berlibur yang nyaman dikunjungi.