Pantai Nirwana, Wisata Pantai Eksotis di Baubau

Pantai Nirwana Baubau

Baubau dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan asri. Bisa dilihat langsung di Pantai Nirwana, wisata pantai eksotis di Baubau yang semakin dikenal di kalangan traveler.

Lokasi: Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau.
Map: Cek Lokasi

Pantai Nirwana merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Baubau, Sulawesi Tenggara. Pemandangan eksotis dari kawasan wisata ini tersaji indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang begitu jernih. Air lautnya juga dikenal memiliki gradasi warna cantik yang semakin menambah keeksotisan kawasan wisata ini.

Objek wisata bahari ini sangat cocok untuk liburan dengan teman-teman atau keluarga. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di area pantai ini. Kawasan pantainya pun bersih dengan pasir yang halus sehingga nyaman untuk aktivitas wisatawan.

Liburan ke Pantai Nirwana akan menyenangkan karena selain akses yang mudah, fasilitas di tempat ini juga sudah cukup lengkap. Wisatawan pun dapat berlibur dengan nyaman di pantai eksotis ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Nirwana

Daya Tarik Pantai Nirwana

Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai Nirwana Baubau memiliki daya tarik utama dari pemandangannya yang indah dan eksotis. Pantai berpasir putih dengan laut yang bersih menarik banyak wisatawan datang mengunjungi kawasan wisata ini. Air lautnya terlihat memiliki warna-warna yang berbeda, mulai dari biru muda, hijau toska, dan yang lebih bening di bibir pantai.

Gradasi warna air laut yang cantik dan pasir pantai yang putih adalah kombinasi yang sempurna untuk kawasan wisata eksotis ini. Suasana pantai khas daerah tropis semakin terasa dengan deretan pohon-pohon kelapa di tepian pantai. Semilir angin pun terasa segar di area tersebut.

Selain dimanjakan dengan pemandangan yang indah, tempat wisata ini juga menawarkan tempat terbaik untuk wisatawan menikmati sunrise maupun sunset. Lokasi pantai yang ideal untuk menikmati dua momen yang sering ditunggu-tunggu tersebut. Anda bisa memilih datang pagi atau sore hari untuk menikmati suasana romantis itu.

Daya tarik Pantai Nirwana lainnya adalah ombaknya yang relatif tenang. Pantai ini aman untuk kegiatan berenang di dekat bibir pantai. Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan pelampung jika ingin berenang di pantai dengan lebih aman. Biasanya area pantai dengan air laut bening dan hijau toska adalah daerah yang cukup aman.

Daya Tarik Ditawarkan Pantai Nirwana

Image Credit: Pinterest.com @dirna prajawati

Pantai yang lokasinya tidak jauh dari Kota Baubau ini juga menawarkan keragaman hayati laut yang menarik untuk dijelajahi. Bagi wisatawan yang mampu menyelam bisa mencoba diving di sekitar Pantai Nirwana. Air lautnya yang begitu jernih memberikan jarak pandang yang cukup baik untuk para penyelam.

BACA:  Taman Nasional Wakatobi, Pesona Bawah Laut Keren di Sulawesi Tenggara

Pantai Nirwana juga memiliki daya tarik lain yaitu dengan keberadaan sebuah gua. Wisatawan dapat berjalan kaki ke arah selatan untuk menemukan gua tersebut. Anda bisa melihat gua lebih dekat untuk menambah pengalaman tak terlupakan saat berada dipantai ini.

Namun tidak kalah penting adalah kawasan wisata Pantai Nirwana ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Sarana penunjang wisatawan tersebut tentu menjadi daya tarik tambahan untuk para traveler untuk berkunjung ke Pantai ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Nirwana

Alamat Pantai Nirwana

Image Credit: Vibizmedia.com

Objek wisata Pantai Baubau terletak sekitar 15 menit dari pusat kota. Lokasi tersebut cukup dekat dengan Bandara Baubau yang hanya sekitar 10 menit. Akses menuju lokasi pantai juga mudah karena sudah tersedia banyak papan penunjuk jalan untuk arah Pantai Nirwana.

Rute perbukitan kota Baubau dapat diambil untuk mencapai lokasi pantai. Perjalanan tersebut melalui jalan aspal yang bagus. Selain itu, saat di perjalanan Anda bisa melihat pemandangan Pulau Muna dan Pulau Buton.

Lokasi Pantai Nirwana sendiri bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum seperti ojek. Transportasi umum tersebut bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan sendiri.

Harga Tiket Masuk Pantai Nirwana

Harga Tiket Pantai Nirwana

Image Credit: Liputan6.com

Pantai Nirwana merupakan salah satu pilihan wisata murah di Baubau. Pengunjung dapat menikmati kawasan pantai hanya dengan membayar retribusi masuk. Setiap orang dikenai biaya Rp 2.000,- untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini.

Setelah membayar uang retribusi, wisatawan dapat menikmati pantai sepuasnya. Besaran tiket masuk atau biaya retribusi di Pantai Nirwana bisa berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Nirwana

Kegiatan di Pantai Nirwana

Image Credit: Zonasultra.com

1. Berenang

Pantai Nirwana sangat terkenal dengan warna air lautnya yang begitu cantik dan kondisinya pun bersih. Warna bening di bibir pantai, lebih jauh lagi airnya terlihat hijau toska, dan biru di perairan yang paling jauh dari pantai. Gradasi warna yang begitu indah apalagi pasir pantainya yang putih bersih.

BACA:  10 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Paling Hits

Pemandangan laut yang begitu menyegarkan tentu sayang jika dilewatkan begitu saja. Berenang di dekat pantai bisa menjadi salah satu aktivitas seru untuk dilakukan wisatawan di Pantai Nirwana. Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga aman untuk aktivitas berenang. Jika perlu, Anda bisa menggunakan pelampung atau ban karet.

2. Bermain Pasir

Pantai indah di Baubau ini memiliki hamparan pasir yang cukup luas. Pasir putihnya juga cukup halus sehingga nyaman untuk wisatawan bermain di atasnya. Pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajak bermain dengan membuat bangunan pasir. Mengubur bagian kaki di dalam pasir juga bisa menjadi aktivitas seru di pantai ini.

3. Berburu Sunrise atau Sunset

Pantai Nirwana bisa menjadi rekomendasi tempat terbaik untuk berburu sunrise maupun sunset. Wisatawan yang datang pagi hari sekitar pukul 05.30 berkesempatan untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di pantai ini. Semburat warna kemerahan menghiasi langit Pantai cantik di Baubau ini yang juga terpantul di air lautnya.

Selain sunrise, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan sunset di pantai ini. Anda bisa datang sore hari untuk menunggu senja atau matahari terbenam. Suasana pantai pun akan berubah romantis saat warna-warna senja muncul di langit Pantai Nirwana. Momen tersebut menjadi waktu terbaik untuk Anda mengambil foto dengan konsep siluet.

4. Berfoto-Foto

Berlibur ke pantai memang kurang lengkap jika tidak berfoto-foto. Pantai Nirwana menawarkan banyak spot foto menarik untuk para wisatawan yang datang. Pemandangan laut dan pasir putih adalah yang paling favorit di tempat ini. Keindahan Pantai Nirwana tersebut memang sangat bagus untuk dijadikan background foto.

5. Melihat Gua

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung Pantai Nirwana adalah melihat langsung keberadaan Gua Moko. Sebuah gua dengan pemandian air payau yang dapat dijumpai di sisi selatan dari kawasan Pantai Nirwana. Pemandian air payau di gua tersebut memanjang kurang lebih 50 meter.

6. Bersantai di Gazebo

Wisatawan dapat menghabiskan waktu liburan di Pantai Nirwana dengan bersantai di gazebo. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai gode-gode untuk sebuah gubug di tepi pantai yang beratap rumput alang-alang kering. Wisatawan dapat menikmati suasana pantai dengan semilir angin yang menyegarkan dari gubug tersebut.

7. Diving

Kawasan Pantai Nirwana, Baubau juga memiliki beberapa spot yang sering dijadikan tempat untuk kegiatan diving atau menyelam. Beberapa wisatawan termasuk wisatawan mancanegara yang menyelam di kawasan ini biasanya membawa kamera underwater untuk memotret keindahan bawah lautnya.

BACA:  10 Tempat Wisata di Kolaka Timur Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

8. Melihat Budidaya Rumput Laut

Tempat budidaya rumput laut dapat dijumpai di sekitar objek wisata Pantai Nirwana. Lokasi kegiatan nelayan rumput laut saat menanam bibit atau saat panen tidak jauh dari kawasan wisata pantai ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Nirwana

Penginapan Sekitar Pantai Nirwana

Image Credit: Tripadvisor.com

1. The Galton Hotel

Salah satu penginapan terdekat dari Pantai Nirwana adalah Galton Hotel. Jarak hotel ke lokasi pantai kurang lebih 1,5 km. Tersedia 21 kamar yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti AC, kamar mandi shower, LED TV, dan akses WIFI gratis. Hotel ini juga menyediakan layanan gratis untuk menjemput wisatawan dari bandara.

2. Nirwana Buton Villa

Penginapan ini berada tidak jauh dari Pantai Nirwana dengan jarak yang hanya sekitar 2 menit dengan jalan kaki. Menyediakan kamar dengan interior nyaman yang dilengkapi AC, teras, kamar mandi pribadi, dan akses wifi gratis. Fasilitas lain yang disediakan di tempat ini adalah restoran, layanan laundry, dan layanan antar jemput bandara.

3. Hotel Galaxy Inn

Hotel bintang dua ini menawarkan kamar untuk tamu yang ingin menginap di sekitar Pantai Nirwana. Jaraknya hanya sekitar 1,3 km dengan fasilitas yang dapat membantu liburan Anda lebih menyenangkan. Selain fasilitas penginapan yang nyaman, hotel ini juga menyediakan layanan untuk snorkeling dan diving.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nirwana

Fasilitas Pantai Nirwana

Image Credit:Indonesia-timur.com

Liburan di Pantai Nirwana akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Apalagi fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap. Tersedia jasa penyewaan pelampung untuk wisatawan yang ingin berenang.

Fasilitas gode-gode juga tersedia untuk tempat wisatawan beristirahat dan makan-makan. Jika tidak membawa bekal sendiri, di sekitar pantai ini bisa dijumpai beberapa warung makan.

Fasilitas tempat parkir di kawasan pantai juga sudah dikelola dengan baik. Beberapa hotel di sekitar pantai bisa menjadi akomodasi penginapan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nirwana. Ada banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel bintang 2 hingga vila atau resort yang modern dan mewah.

Itulah beberapa hal menarik dari salah satu objek wisata pantai yang terkenal di Baubau. Liburan di pantai dengan pemandangan eksotis tidak harus jauh-jauh apalagi mahal. Pantai Nirwana bisa menjawab kebutuhan liburan Anda tanpa harus menguras kantong terlalu dalam.