Air terjun Tirta Rimba salah satu wisata alam yang menakjubkan di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Air terjun tersembunyi yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah patut Anda jelajahi saat liburan dan akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Air Terjun menjadi wisata yang menarik di kunjungi saat berlibur. Di Indonesia sendiri, banyak sekali air terjun di seluruh daerah-daerah. Salah satunya yaitu di daerah Sulawesi Tenggara, tepatnya di kota Baubau. Ada sebuah air terjun yang sangat indah di tempat ini yang bernama Air Terjun Tirta Rimba.

Wisata Air Terjun ini menjadi tujuan utama saat berlibur di kota Baubau. Tak hanya itu pesona alamnya, yang luar biasa membuat pengunjung terpesona. Salah satunya adalah airnya yang jatuh dari batu besar. Batu tersebut berbentuk unik yakni mirip dengan jamur.

Oleh sebab itu, sebelum Anda berlibur ke kota Baubau, alangkah baiknya Anda mengetahui apa saja informasi menarik dari wisata ini. Diantaranya daya tarik, alamat, rute, harga tiket, dll. Sehingga liburan Anda bisa berjalan sesuai rencana. Langsung saja yuk baca sampai habis.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tirta Rimba

Daya Tarik Air Terjun Tirta Rimba
Image Credit: Google Maps (Rede Experiment)

1. Air Terjun Unik

Daya tarik yang paling menarik pengunjung adalah tempat jatuhnya air terjun Tirta Rimba ini. Air jatuh tersebut jatuh dari atas bebatuan yang sangat unik. Keunikan tersebut disebabkan bentuknya yang menyerupai jamur. Seperti di dunia dongeng, namun bedanya ia tidak berwarna-warni tetapi berwarna hitam saja.

Air terjun juga disebut dengan nama Air jatuh oleh masyarakat setempat. Air jatuh ini turun dari aliran sungai Kokalukuna, yang tingginya mencapai 6 meter, sedangkan untuk lebarnya sekitar 5 meter. Cukup tinggi dan lebar sekali dan ia tampak indah.

Dengan keunikan tersebut Anda bisa berfoto menggunakan ponsel Anda maupun kamera DSLR yang Anda bawa. Sebab latar belakang dengan hal tersebut sangat indah dan terlihat enak dipandang.

2. Pepohonan yang Rindang

Di tempat wisata ini juga banyak sekali pepohonan rindang yang mengelilingi. Hal inilah penyebab dari udara sejuk dan dingin. Selain itu pepohonan ini bisa membuat pandangan menjadi terang dan jelas. Sangat cocok untuk melepaskan penat dan beban hidup Anda khusus sehari.

Banyaknya pepohonan yang rindang dan nampak asri tersebut diimbangi oleh berbagai satwa disana. Salah satunya adalah cuitan burung yang merdu dan menambah ketentraman Anda. Sehingga tercipta ekosistem yang sempurna. Sebab itu, jangan lupa ke tempat ini ya saat ke kota Baubau.

3. Air yang Jernih

Hal yang bisa menggoda pengunjung untuk berlibur kesini adalah airnya yang jernih. Kejernihan air di wisata ini membuat pengunjung betah berenang berlama-lama. Sebab dibawah air terjun ini terdapat kolam untuk berendam maupun berenang. Anda tidak perlu takut hanyut, sebab aliran airnya tidak begitu deras dan aman untuk bermain-main air.

Selain itu air yang jernih tersebut juga terasa sangat segar, sebab hawanya yang sangat sejuk. Air Terjun Tirta Rimba ini memang tetap terjaga kebersihannya agar nampak jernih. Sebab air jatuh ini termasuk bagian dari kawasan konservatif. Selain itu ia juga berada dibawah pengawasan Menteri Kehutanan Republik Indonesia.

Air jatuh ini akan terlihat tenang dan sepi jika di hari biasa. Sehingga Anda bisa menenangkan pikiran Anda dan bisa bermain air yang jernih ini sepuasnya tanpa ada gangguan. Untuk bermain air sudah ada sebuah kolam seluas 10×7 meter yang mirip waterpark disertai tempat untuk seluncuran.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Air Terjun Tirta Rimba

Alamat Air Terjun Tirta Rimba
Image Credit: Google Maps (Clarissa Chandara)

Air Terjun eksotis ini terletak di Desa Kadolomoko lebih tepatnya di kecamatan Kokalukuna yang berada di kota Baubau Sulteng. Saat ini akses menuju air jatuh ini sudah sangat mudah dan jalanannya pun mulus. Sehingga Anda tidak terkendala saat ke sana, baik menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda 4 milik Anda.

Untuk rutenya sendiri tergantung darimana Anda berangkat, tapi yang jelas jarak Wisata populer ini hanya membutuhkan waktu setengah jam dari pusat kota Baubau. Namun alangkah baiknya jika Anda berkunjung di hari biasa sebab banyak sekali wisatawan yang berliburan saat hari libur. Sehingga Anda tidak bisa leluasa. Jika Anda masih bingung jalannya, maka Anda bisa menggunakan teknologi GPS.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tirta Rimba

Harga Tiket Air Terjun Tirta Rimba
Image Credit: Google Maps (Arip Fahruddin)

Apakah Anda termasuk orang yang hemat? Jika iya tentu Air Terjun Wisata Rimba ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur dengan biaya minim. Tempat ini juga bisa menjadi opsi kedua saat Anda berlibur di daerah Baubau Sulteng. Jadi ia sangat cocok sebagai tempat mampir untuk sekedar refreshing. Sebab harganya yang relatif murah tadi.

Harga tiket masuk di wisata ini terbilang sangat murah yakni hanya Rp 2.000 saja. Namun, harga tiket ini bisa diubah kapan saja oleh pengelola setempat. Tapi jangan khawatir pastinya harganya masih relatif murah kok. Sebab dengan harga yang cukup murah tersebut, kita bisa menikmati pesona alam Air Terjun Tirta Rimba.

Namun harga tiket di wisata ini bisa sewaktu-waktu berubah. Mungkin bisa jadi tempat ini akan lebih terkelola lagi kedepannya menjadi tempat wisata dengan aneka fasilitas yang bisa menunjang kebutuhan wisatawan. Sehingga harga tiket ini menjadi wewenang dari pengelola setempat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Tirta Rimba

Aktivitas di Tirta Rimba
Image Credit: Google Maps (Arip Fahruddin)

1. Berburu Foto Keren

Air terjun Tirta Rimba sangat menarik untuk berfoto, baik selfie, difotokan, maupun foto bersama. Diantaranya yaitu foto dengan latar belakang air terjun dengan batunya yang unik. Bukan itu saja, adapun rongga-rongga yang terdapat pada batu tersebut. Dimana tempat tersebut juga diabadikan oleh pengunjung.

Pada aliran sungainya air terjun ini dibuat berundak-undak namun ia terlihat saat musim penghujan saja, sehingga waktu terbaik untuk berlibur di tempat ini adalah musim hujan. Pada saat musim kemarau, ia terlihat agak kering. Selain itu saat curah hujan tinggi pepohonan sekitar nampak lebih hijau. Dengan begitu foto selfie Anda akan nampak lebih instagramable.

2. Menikmati Keindahan Alam

Sambil jalan-jalan mengelilingi hutan Anda bisa melihat pemandangan hijau yang menggoda. Diiringi irama kicauan burung yang tinggal di kawasan hutan lindung ini sembari menghirup udara yang segar sambil memakai jaket yang melindungi Anda dari hawa dingin.

suara derasnya air yang jatuh di Air Terjun Tirta Rimba ini akan membuat pikiran Anda tenang dan jauh lebih tentram serta membuat Anda semakin betah di tempat ini. Anda pun juga bisa membawa bekal sambil menikmati pesona Air terjun tersebut karena tidak ada penjual makanan di sana. Namun jangan membuang sampahnya sembarangan ya.

Bukan hanya itu saja, alam yang masih asri ini bisa membuat Anda merasakan ketentraman. Seakan-akan kedamaian sedang menghampiri Anda. Menarik kan? Segara masukan daftar rencana liburan Anda.

3. Bermain Air

Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke tempat wisata air tanpa mencelupkan diri kedalamnya. Entah hanya kaki saja maupun seluruh tubuh yang berendam ataupun lomba berenang dengan teman. Sehingga hal ini merupakan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Tirta Rimba.

Air Jatuh Tirta Rimba ini sangat cocok untuk berenang, karena airnya yang tidak terlalu deras. Sehingga aman dan tidak perlu risau terjadi bencana hanyut dll. Adapun hal yang perlu Anda perhatikan yaitu baju ganti. Tujuannya agar Anda bisa langsung ganti setelah berenang, agar tidak masuk angin karena hawanya yang begitu dingin.

4. Berkemah

Bagi Anda si pencinta alam dan petualang sejati, maka tempat ini sangat pas untuk Anda. Sebab hutannya yang masih dan alamnya yang termasuk hutan lindung membuat tempat ini cocok untuk bermalam atau kemah. Di tempat ini pula Anda bisa melakukan jelajah hutan.

Jelajah memang sangat menantang, menarik dan menyenangkan. Di tempat ini Anda bisa menjelajahi hutan maupun menyusuri sungai. Keseruan akan lebih menyenangkan jika Anda kemari untuk berkemah dengan rombongan maupun teman-teman seorganisasi. Sehingga pada saat malam hari Anda bisa mengusik kesepian hutan dengan bernyanyi bersama didampingi hangatnya api unggun.

Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan, salah satunya adalah tidak membuang sampah merata-rata, tidak merusak lingkungan alias libur dulu tangan nakalnya serta patuhi aturan yang berlaku di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Tirta Rimba

Fasilitas di Air Terjun Tirta Rimba
Image Credit: Google Maps (Anggri Marlia)

Objek wisat air terjun ini memang sangat masyur, baik oleh masyarakat setempat maupun masyarakat daerah lain. Akan tetapi, fasilitas di tempat ini masih kurang menunjang kebutuhan wisatawan. Di tempat wisata ini pun tidak ada warung atau tempat makan. Sehingga Anda perlu membawa bekal saat kemari.

Namun dibalik itu semua ada hikmahnya, jadi Air terjun ini tetap bersih dan terjaga keasriannya. Selain itu tempat ini juga cocok untuk berkemah, apalagi jika ramai-ramai dengan teman-teman Anda. Tentunya pasti akan sangat menyenangkan dan menjadi momen tak terlupakan.

Air terjun memang cocok untuk menenangkan pikiran. Selain karena percikan airnya yang jatuh dan menimbulkan kesegaran tetapi juga karena pepohonan yang menyejukan. Tak terkecuali Air Terjun Tirta Rimba ini yang memiliki keduanya tersebut.