Pantai Jayanti, Wisata Bahari Terindah & Favorit di Cianjur

Pantai Jayanti Cianjur

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.
MapCek Lokasi

Kota Cianjur mungkin tidak sementereng Bandung ataupun Lembang dalam hal pariwisata. Namun bila bicara soal pesona alam yang indah dan masih alami, Cianjur tentu tidak kalah. Terletak di area pegunungan pedalaman Jawa Barat membuat kota Cianjur terkenal akan kesejukan dan nuansa alaminya.

Menghabiskan waktu libur di kota Cianjur bisa menjadi opsi yang menarik. Ada banyak destinasi wisata yang masih sangat alami. Segala aktivitas sehari-hari yang penat akan hilang seketika dengan keindahan dan kesejukan yang ditawarkan. Anda bisa datang bersama keluarga agar makin menyenangkan.

Ada banyak pilihan destinasi yang bisa Anda kunjungi. Tidak hanya seputar pegunungan saja yang indah, Cianjur juga memiliki tempat ciamik berupa pantai. Salah satu pantai yang paling terkenal di sini yakni pantai Jayanti yang dikenal indah nan eksotis.

Mengintip Keindahan Alam Pantai Jayanti

Mengintip Keindahan Alam Pantai Jayanti

Image Credit: Nafisblog.wordpress.com

Pantai Jayanti tidak berbeda dengan pantai pada umumnya. Di lihat dari letaknya yang masih jarang terjamah, pantai ini masih begitu alami, enak di pandang dan begitu menyejukan. Hamparan pasir di sekitar pantai begitu luas sehingga Anda akan terpesona melihat keindahan nuansa pantai yang eksotis ini.

Pantai Jayanti di kenal memiliki hamparan pasir hitam memanjang yang sangat indah. Hamparan tersebut kurang lebih sejauh 4 km. Bila Anda datang bersama rekan tentu akan lebih seru bisa melihat keindahan ombak pantai. Pengunjung juga dapat bermain di bibir pantai yang luas tersebut mulai dari bermain voli, sepak bola, permainan pasir dan lain-lain.

Bagi Anda yang berada di Bandung maupun Cianjur kota, tidak akan salah bila mampir di pantai Jayanti. jarak yang akan di tempuh dari kedua tempat tersebut tidaklah jauh. Dari Bandung saja hanya di butuhkan sejauh 150 km. Sedangkan dari pusat kota jelas lebih dekat dengan hanya berjarak 60 km atau bisa membutuhkan waktu kurang lebih 4 km.

Daya Tarik dari Pantai Jayanti

Daya Tarik dari Pantai Jayanti

Image Credit: Mapio.net

Pantai Jayanti memiliki daya tarik kuat untuk di kunjungi. Keadaan alam sekitar yang masih sangat asri membuat Anda akan semakin nyaman berjalan-jalan di sekitar area pantai. Pantai ini juga terkenal akan bibir pantai memanjangnya yang indah, jadi pengunjung dapat bersantai-santai di dekat pantai. Namun, jangan lupa selalu memakai lotion agar kulit aman dari pancaran sinar matahari.

Bagi Anda yang hobi berswafoto, pantai ini juga sayang untuk dilewatkan. Ada banyak spot yang bisa di pilih untuk membantu pengunjung mendapatkan hasil jepretan yang maksimal. Sewa perahu juga tersedia untuk Anda yang ingin lebih dekat dengan pantai eksotis ini. Pengunjung tidak perlu risau mengenai keamanan karena nelayan berpengalaman sendiri yang akan mengantar.

Keanekaragaman hayati di pantai Jayanti tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya pantainya saja yang indah melainkan kekayaan lautnya pun begitu melimpah. Tak jauh dari pantai, Anda bisa melihat transaksi jual beli ikan atau bahkan ikut berpartisipasi dalam pelelangan ikan. Kualitas ikan jelas segar dan berkualitas tinggi jadi Anda bisa jadikan sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya ikut serta dalam jual beli ikan, Pantai Jayanti juga terkenal akan wisata kuliner yang memanjakan lidah. Anda dapat mencicipi beragam olahan masakan ikan segar yang tersedia di dekat lokasi pantai. Harga setiap olahan masih sangat bersahabat namun cita rasanya sangat menggugah selera. Dengan begitu pengunjung akan semakin betah berlama-lama di pantai yang indah ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jayanti

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jayanti

Image Credit: Cianjurekspres.net

Pantai Jayanti menawarkan keindahan suatu pantai yang masih sangat alami. Belum banyak sentuhan teknologi yang masuk di pantai yang sangat indah ini. Oleh karena itu, fasilitas yang ditawarkan masih sangat minim. Bagaimanapun Anda dapat mengakses sebuah pantai yang benar-benar masih alami dengan hamparan pasir memanjang begitu indah.

Beberapa fasilitas yang sudah ada meliputi sewa kapal yang siap mengantar pengunjung menjelajah area pantai. Tidak hanya itu, ada satu lokasi yang bisa di eksplore lebih mendalam. Tempat itu ialah hutan hujan dekat dermaga. Lokasinya yang dekat dermaga membuat Anda bisa melihat aktivitas masyarakat dan nelayan yang sedang berinteraksi. Baik mengangkat hasil ikan maupun jual beli.

Air pantai yang jernih di sertai pasir hitam yang bersih membuat Anda dan rekan bisa bermain bersama-sama. Keseruan jelas akan tersaji apalagi bila sudah waktu sore hari, pengunjung akan disajikan sunset yang begitu indah di pantai Jayanti. Hal itu akan menjadi pengalaman yang tidak akan mudah terlupakan.

Cara Menuju Lokasi Wisata Pantai Jayanti

Cara Menuju Lokasi Wisata Pantai Jayanti

Image Credit: Updatetiket.com

Bagi Anda yang hendak ingin menghabiskan waktu di pantai Jayanti tidak perlu khawatir tentang akses jalan. Bisa di bilang akses akan mudah di lalui baik menggunakan kendaraan pribadi maupun alat transportasi yang ada. Semua sudah di rancang dengan baik sehingga memudahkan pengunjung yang ingin berlibur.

Bila Anda berhalangan menggunakan kendaraan pribadi dan memiliki niat menaiki angkutan umum maka tidak perlu risau. Pengunjung bisa menaiki mini bus dengan rute terminal pasirhayam menuju terminal cidaum. Perjalanan selanjutnya dapat mengendarai sepeda motor sendiri maupun naik ojek menuju ke lokasi yang hanya membutuhkan jarak 4 km lagi.

Perlu diketahui bahwa jarak Pantai Jayanti dengan pusat kota Cianjur sendiri mencapai 60 km. Agak sedikit jauh mengingat butuh waktu sekitar 5 sampai 6 jam untuk sampai lokasi. Namun rute dan akomodasi transportasi sudah lengkap jadi akan memudahkan setiap pengunjung yang berniat datang ke pantai Jayanti.

Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti, Cianjur

Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti, Cianjur

Image Credit: Republika.co.id

Pantai Jayanti memang layak untuk Anda kunjungi. Selain pemandangannya yang indah, harga tiket masuknya pun sangatlah bersahabat. Pengunjung hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 per orang plus kendaraan roda dua. Apabila menggunakan kendaraan roda empat seperti mobil/travel maka biaya menjadi Rp 10.000.

Harga yang demikian tergolong sangat murah. Mengingat keadaan pantai yang sangat alami dan asri. Apalagi keamanan dan kenyamanan selalu menjadi hal utama bagi pihak pengelola. Jadi Anda tidak perlu berpikir dua kali lagi jika ingin ke pantai Jayanti. Beberapa biaya tambahan bisa dikenakan apabila Anda ingin menyewa kapal maupun mencicipi wisata kuliner yang ada.

Perlu diketahui bahwa harga tiket yang ada bisa berubah tergantung dari kebijakan pihak terkait. Maka dari itu, ada baiknya Anda sebagai pengunjung selalu update mengenai harga tiket terbaru yang disediakan pihak pengelola yang ada.

Itulah beberapa informasi menarik seputar pantai Jayanti. Pantai yang masih alami tersebut nyatanya menyimpan keindahan dan pesona alam yang begitu mumpuni. Bila Anda menyukai kesan ramai maka bisa mengunjungi pantai ini di hari libur atau weekend. Namun, jika tidak ingin terlalu ramai dan menenangkan diri maka datang saat hari biasa menjadi pilihan.