Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Destinasi wisata Yogyakarta selalu menawarkan keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Provinsi ini tak hanya menyuguhkan kebudayaan erat dengan masih berlangsungnya sistem kerajaan, tetapi juga menghadirkan wisata alam yang layak untuk dieksplor, diantaranya daerah perairan Pantai Ngrawah.

Pantai ini terletak di kawasan Gunung Kidul. Pantai yang masih tersembunyi ini dapat dikatakan sebagai surga tersembunyinya Yogyakarta, sebab masih jarang terjamah manusia, bahkan oleh masyarakat setempat. Tempat wisata ini masih baru dan tidak terkenal seperti pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul lainnya.

Namun, walaupun masih belum terkenal tetapi pemandangan yang disajikan di pantai ini tak kalah eksotis dari pantai lainnya dengan menyajikan panorama tebing-tebing yang menjelang disertai suasana yang sepi sangat cocok bagi pengunjung yang mencari ketenangan, sehingga layak untuk mendatanginya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrawah

Daya Tarik Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps krisnagentur 312

1. Keindahan Pantai

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai dengan pasir putih ini memang menawarkan keindahan yang tiada duanya. Laut bersih yang berwarna biru kehijauan membentang luas sepanjang mata memandang.

Ombak di pantai ini cukup besar, jadi pengunjung harus berhati-hati ketika bermain di bibir pantai. Mengingat ombaknya yang cukup besar, pihak pengelola menyarankan pengunjung untuk tidak berenang di pantai. Terlebih pantai ini juga memiliki batu karang di sepanjang pantai.

Yang membuat pantai ini semakin menarik yakni keberadaan tebing yang mengelilingi pantai. Tebing ini ditumbuhi pepohonan-pepohonan yang hijau sehingga tampak semakin indah. Tidak sedikit wisatawan yang memanfaatkan keindahan tebing ini sebagai spot untuk berfoto.

2. Letak yang Tersembunyi

Pantai ini merupakan pantai yang indah dengan pesonanya yang masih tersembunyi. Perjalanan menuju ke lokasi pantai cukup jauh untuk dilalui. Sebelum memasuki lokasi pantai, pengunjung harus melalui perjalanan yang terjal seperti menuruni beberapa jalanan yang cekung hingga menaiki jalanan yang menikung.

Letaknya yang tersembunyi inilah menjadi salah satu alasan masih sepi pengunjung. Tetapi tenang saja, panorama yang diberikan pantai sangat menarik sehingga bagi yang pertama kesini akan selalu merasa kurang dan ingin mengunjungi lagi. Pantai ini juga dijadikan pusat best camp.

Kebanyakan pengunjung yang datang untuk bermalam di lokasi pesisir pantai sambil menikmati keindahan. Walaupun letaknya masih tersembunyi tetapi pantai ini sangat aman untuk para pengunjung yang bermalam karena tidak terdapat hewan-hewan buas yang berada di pinggir pantai.

Jika ingin bermalam disini, disarankan untuk membawa perlengkapan camping sendiri karena disini tidak ada penyewaan tenda. Dan yang terpenting, cari shelter yang aman dan nyaman.

Hindari shelter yang terlalu dekat dengan bibir pantai karena bisa terkena pasang air laut. Selain itu, hindari pula shelter yang ada di perbukitan karena cukup berbahaya. Selain lokasinya yang cukup tinggi, kemungkinan ada hewan seperti ular juga ada di semak-semak.

3. Keindahan Karang

Tidak semua pantai memiliki karang di sepanjang pantainya. Berbeda dengan di Ngrawah, pantai ini memiliki barisan karang yang indah dan cukup menawan.

Batuan karang yang berwarna kecoklatan ini terbentuk selama ratusan hingga jutaan tahun lalu dan menjadi benteng pantai. Meski terlihat indah, Anda harus berhati-hati jika ingin berjalan diatas bebatuan ini. Pasalnya selain licin, karang disini juga cukup tajam sehingga cukup berbahaya jika tidak berhati-hati.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Amelia Sari

4. Menikmati Suasana Sunset dan Sunrise

Pantai Ngrawah menampilkan pesona sunset yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Ketika memasuki waktu senja dimana matahari mulai terbenam, disaat inilah keindahan pantai berubah menjadi hal yang menakjubkan. Anda dapat menikmati keindahan sunset di pesisir pantai sambil mendengar deburan ombak.

Selain itu, spot menarik menikmati senja juga banyak diminati pengunjung dengan berada di atas perbukitan tebing. Menikmati keindahan langit dari ketinggian di atas permukaan air. Namun, Anda harus mengeluarkan tenaga untuk menaiki bukit yang ada di sekeliling pantai ini.

5. Pesona Bukit Pantai

Pantai yang eksotis ini dikelilingi oleh beberapa perbukitan yang ditumbuhi tanaman hijau. Hal ini menjadi salah satu keindahan yang akan anda dapatkan. pengunjung dapat menikmati pemandangan lanskap laut dengan lantang dari atas ketinggian bukit, alternatifnya, pengunjung dapat mendaki bukit untuk menyaksikan panoramanya.

Bukit ini juga cukup sembunyi karena Anda harus menyusuri beberapa permukiman, menjadikannya sebagai pesona dari banyaknya surga Yogyakarta. Anda dapat bersantai di bukit sambil menikmati keindahan pemandangan pantai dari atas bukit.

6. Spot yang Tenang

Bagi anda yang mencari spot pantai yang tenang, maka pantai Ngrawah adalah pilihan tepat karena pantai ini masih memiliki sedikit peminat bahkan di hari-hari libur sekalipun. Lokasinya yang tersembunyi membuat pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Ketika sampai ke pantai, hal pertama yang akan didengar pengunjung adalah suara deras dari deburan ombak yang menghantam batu-batu karang. Selain itu terdengar juga beberapa kicauan burung di pepohonan yang sesekali hinggap di atas pasir pantai ditambah dengan suara tiupan angin yang menyambar baju.

Selain itu, daya tarik utama bagi pengunjung ketika berkunjung ke pantai ini adalah menikmati suasana di pesisir pantai. Duduk sambil melihat panorama. Pantai ini memang masih memiliki ombak yang besar tetapi untungnya terdapat banyak batu karang yang menjadi tameng ombak sebelum sampai ke bibir pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ngrawah
Image Credit: Istagram Don Suryo

Pantai yang tersembunyi ini merupakan bagian dari Provinsi Yogyakarta. Letaknya berada tak jauh dari pantai lainnya yaitu pantai Midodaren di sebelah barat dan pantai Ngerenehan di sebelah timur. Tepatnya di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, Gunung Kidul.

Rute menuju lokasi sangat terjal dengan jalanan tanah liat. Anda akan melewati berbagai kawasan seperti permukiman hingga perkebunan warga. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan sawah yang membentang.

Sebelum memasuki lokasi, anda akan melewati pantai Ngerenehan. Di pantai inilah terdapat parkir kendaraan. Setelah itu lanjutkan perjalanan kaki dengan menempuh jarak sekitar 2 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit jalan kaki.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Ngrawah
Image Credit: Instagram indoflashlight

Untuk masuk ke kawasan pantai yang eksotis ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000. Sementara itu untuk biaya parkir kendaraannya dibebankan lagi dengan berbeda. Untuk kendaraan beroda empat membayar parkir sebesar Rp 5.000 per mobil.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan beroda dua membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 per motor. Anda bisa mengunjungi wisata ini setiap waktu karena pihak mengelola membuka wisata ini setiap hari dan selama 24 jam. Dapat juga bermalam di pantai dengan mendirikan tenda, tetapi sayangnya harus membawa peralatan sendiri.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngrawah

Aktivitas di Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps siwi hadiatmadja

1. Camping di Pantai Ngrawah

Kegiatan utama yang banyak digunakan pengunjung saat berwisata adalah bermalam di kawasan pantai. Menikmati keindahan malam pantai merupakan hal yang sangat menarik.

Pantai ini menyediakan khusus kawasan untuk mendirikan tenda. Anda dapat camping bersama-sama dengan rombongan, khususnya bagi pecinta alam.

Suasana pantai yang sepi tentu menjadikan kegiatan camping semakin menarik. Bagi yang suka dengan suasana tenang maka bisa membawa perlengkapan camping dan bernalam di pantai populer ini.

2. Hunting Foto

Salah satu alasan beberapa pengunjung ke pantai adalah mengabadikan beberapa momen-momen itu dalam suatu potret kamera. Anda dapat ber-selfie atau berfoto dengan keluarga dan teman-teman. Pemandangan yang indah ini dapat anda jadikan latar yang bagus.

Pemandangan indah seperti deburan ombak, pasir putih, batuan karang yang dihiasi warna-warna hijau dari rerumputan adalah spot yang bagus untuk diambil. Terlebih jika anda datang pada waktu sunset dan sunrise maka pemandangan indah pantai akan lebih menarik dengan warna langit yang mendukung.

3. Menangkap Kepiting

Aktivitas yang dapat anda lakukan adalah berburu kepiting-kepiting kecil yang bersembunyi di lubang-lubang yang berada di hamparan pasir putih. Sesekali binatang kecil ini akan melompat dengan lincahnya menampakkan diri keluar dari lubang dan bersembunyi di balik pasir putih.

Kepiting-kepiting ini bukanlah untuk dijadikan menu kuliner, melainkan untuk bermain. Anda bisa melepasnya kembali ke pantai setelah menangkapnya.

Aktivitas Menarik di Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Jeffri Cahyono

4. Bermain Pasir

Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut sehingga sangat mengasyikan jika digunakan untuk bermain. Pasir disini juga cukup luas membentang. Anda bisa memilih bermain pasir di dekat tebing yang agak teduh, tidak langsung terkena matahari yang menyengat.

Anda yang mengajak anak-anak tentu sangat disarankan untuk melakukan kegiatan ini.

Anda bisa membuat istana atau patung-patung lucu dengan pasir. Atau bisa juga mengubur badan di pasir yang lembut. Namun, tentunya Anda harus terus mengawasi anak-anak Anda ketika bermain pasir.

5. Menyusuri Pantai

Tidak ada hal yang indah selain menikmati keindahan pantai dengan menyusuri setiap sudut pantainya. Begitu juga ketika Anda berada di Pantai Ngrawa. Pantai ini memiliki bentangan pasir yang cukup luas dengan diapit oleh dua bukit di sisi kanan dan kirinya.

Garis pantai yang tidak terlalu panjang bisa Anda susuri dalam waktu yang tidak lama. Meski demikian, Anda bisa menikmati setiap langkah kaki saat menyusurinya. Tak jarang ketika menyusuri pantai Anda akan menjumpai beberapa binatang-binatang kecil seperti kepiting kecil, siput laut, dan lain-lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Ngrawah
Image Credit: Instagram Galeri Wisata Gunung Kidul

Sayangnya, kawasan Pantai Ngrawah belum memiliki fasilitas yang memadai di sepanjang kawasan tidak terdapat warung-warung yang menyuguhkan makanan dan minuman. Sangat disarankan bagi anda yang berkunjung untuk membawa bekal sendiri sebelum memasuki lokasi kawasan pantai.

Tetapi, sebelum memasuki kawasan pantai telah terdapat area parkir kendaraan yang luas dilengkapi oleh penjagaan yang ketat dari petugas. Selain itu, disini belum tersedia bangunan Musholla, sehingga bagi anda yang ingin menunaikan sholat disarankan untuk menemui bangunan di pantai sekitarnya.

Pantai ini memiliki fasilitas toilet, terlihat beberapa toilet tetapi seperti kurang terurus. Namun, anda tetap bisa menggunakannya. Di kawasan juga terdapat area khusus untuk mendirikan tenda. Kebanyakan pengunjung yang datang ke pantai adalah seorang pecinta alam yang ingin camping di area pantai.

Pantai Ngrawah merupakan pantai dengan pesona yang sangat menakjubkan. Walaupun pantai ini tersembunyi dengan minat pengunjung yang masih sepi serta masih memiliki. Fasilitas yang belum memadai tetapi pemandangan yang ditawarkan pantai sangat menarik yang tak kalah jauh dari pantai-pantai lainnya.