Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.; Map: Cek Lokasi

Pantai Baron adalah destinasi pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta yang menyuguhkan pemandangan sangat menawan. Kondisi air di pantai ini sangat jernih berwarna kebiruan. Airnya juga terdapat dua jenis yakni air tawar dan air asin. Inilah salah satu bukti keunikan yang dimilikinya.

Sesampainya di lokasi pantai, pengunjung akan disambut oleh deretan perahu-perahu nelayan yang memenuhi bibir pantai. Perahu tersebut akan terlihat lebih banyak di pagi hari. Dimana para nelayan sudah pulang dari melaut dan memarkirkan perahunya di bibir pantai. Pengunjung bisa menjadikannya sebagai spot untuk berfoto.

Mungkin, nama pantai ini terlihat sedikit unik. Ya, kata Baron diambil dari nama seorang bangsawan Belanda yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai nan cantik ini. Bangsawan tersebut bernama Baron Skeber. Oleh sebab itu, pantai ini disebut sebagai Pantai Baron.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Baron

Daya Tarik Pantai Baron
Image Credit: Google Maps The Sunset Admirer

1. Keunikan Aliran Air

Pantai nan menawan ini memiliki 2 aliran air, yakni air tawar dan air asin. Di waktu 5 tahun sekali, aliran air di pantai ini bisa berubah arah dengan sendirinya. Yang awalnya mengalir dari barat ke laut berubah menjadi ke arah timur. Pertemuan kedua aliran tersebut menjadi daya tarik untuk disaksikan.

Warna air yang berasal dari aliran sungai berada di bawah laut dengan warnanya yang kehijauan. Sedangkan air laut asli dari pantai ini berwarna kebiruan. Gradasi warna inilah yang membuat pantai semakin elok untuk dipandang.

2. Pemandangan yang Mempesona

Pantai Baron memiliki hamparan pasir putih kecoklatan. Teksturnya lembut dan halus. Sehingga kaki terasa dimanjakan ketika menginjaknya. Di sisi pantai juga terlihat wilayah perbukitan nan tinggi. ditumbuhi oleh beberapa tanaman hijau yang subur.

Wisatawan yang berkunjung bisa menikmatinya dengan nyaman. Menghirup udara segar aroma khas pantai. Ditemani dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Batuan karang yang kokok juga terlihat ada di pantai nan cantik ini.

Ketika musim libur tiba, baik libur sekolah, hari raya maupun libur nasional lainnya suasana di pantai nan cantik ini sangatlah ramai. Apalagi jika menjelang sore hari. Para pengunjung berbondong-bondong lebih banyak yang ingin menikmati suasana senja.

3. Ombak Pantai yang Tenang

Meskipun termasuk dalam deretan pantai selatan, tetapi ombak di Pantai Baron yang sedang hits ini ombaknya tidak begitu besar. Oleh sebab iu, banyak pengunjung yang ingin merasakan sensasi kesegaran airnya dengan berenang.

Meskipun demikian, anda harus tetap selalu berhati-hati. Jika kurang yakin dengan kondisi air pantai maka bisa menyewa pelampung di lokasi setempat. Ukuran pelampung bisa Anda sesuaikan dengan ukuran badan. Tidak hanya untuk orang dewasa, pelampung khusus anak-anak juga tersedia di jasa penyewaan.

Daya Tarik Dmiliki Pantai Baron
Image Credit: Google Maps dyah candra

4. Terdapat Gardu Pandang

Jika Anda ingin melihat keelokan Pantai Baron yang memiliki dua aliran air ini dari posisi ketinggian maka bisa naik ke gardu pandang. Anda bisa naik ke tebing tersebut dengan hati-hati.

Selain gardu pandang yang memberikan vie menawan, terdapat pula mercusuar. Anda bisa menjadikan titik ini sebagai tempat untuk mendapatkan angle kamera yang fantastis. Tentunya dihiasi dengan hamparan lautan yang indah.

5. Sebagai Penghasil Ikan yang Banyak

Banyaknya perahu para nelayan yang berada di bibir pantai menjadi salah satu bukti bahwa kawasan Pantai Baron memiliki sumber kekayaan alam yang banyak. Para nelayan menghabiskan waktunya untuk mencari ikan. Di sore hari mereka akan berangkat melaut, sedangkan pagi hari akan pulang menuju daratan.

Nah, bagi Anda yang menginginkan ikan segar/fresh bisa membelinya di pagi hari. Selain berwisata bisa juga untuk membeli ikan di tempat pelelalangan. Harganya juga cenderung lebih murah karena langsung dari tangan nelayan.

6. Sering Dijadikan Sebagai Upacara Tradisi

Pada setiap tanggal 1 Suro, para warga setempat sering mengadakan upacara sedekah laut. Dilakukannya upacara tradisi ini sebagai ungkapan syukur penduduk sekitar atas banyaknya tangkapan ikan yang diperolehnya selama ini.

Biasanya para warga akan mengenakan baju tradisional khas Jogja, membawa sejumlah hasil bumi dan melarungnya ke laut. Upacara tersebut dipimpin oleh pamengku adat di desa setempat. Dengan harapan agar ke depannya para nelayan tetap bisa mendapatkan hasil tangkapan ikan yang melimpah serta selamat dalam melaut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Baron
Image Credit: Google Maps _Abizar 04_

Pantai Baron terletak di salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepanya di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Tanjungsari, di Desa Kemadang. Jarak waktu dari pusat Kota Jogja memang terbilang lumayan jauh. Pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam hingga 2 jam berkendara.

Adapun untuk rute yang bisa dilewati jika Anda memilih berangkat dari pusat Kota Jogya yakni melalui ringroad Ketandan kemudian menuju ke arah Playen. Selanjytnya, ambil arah menuju Puslatpur TNI. Kemudian diteruskan ke arah Pasar Trunowo hingga lanjut ke Giring. Anda akan menjumpai papan penunjuk arah. Ikuti arah tersebut yang tak jauh dari lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Baron
Image Credit: Google Maps Wng Sri

Pengunjung yang hendak menghabiskan waktu liburan di Pantai Baron akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. Harga tiket masuk tersebut tergolong murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan wisatawan.

Termasuk pada penetapan tarif parkirnya. Pihak pengelola wisata setempat menetapkan tarif parkir dengan harga standar. Untuk kendaraan roda empat cukup membayar parkir seharga Rp 5.000 per unit. Adapun untuk motor dikenakan tarif seharga Rp 2.000.

Namun, seiring berjalannya waktu penetapan harga tiket tersebut bisa berubah. Sesuai dengan keputusan pihak pengelola dan peraturan daerah setempat. Sehingga jangan jadikan patokan harga ini secara seratus persen ya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Baron

Aktivitas Menarik Pantai Baron
Image Credit: Google Maps diding aji

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Pemandangan di Pantai Baron memang tidak perlu diragukan lagi. Meskipun tiket masuknya tergolong murah, tetapi pesona keindahan yang disuguhkan sangatlah berbanding terbalik. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai tanpa batas waktu. Karena jam berkunjung di pantai cantik ini tidak dibatasi oleh waktu.

Karena keindahan yang dimiliki, maka tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan sampai beberapa turis merasa penasaran ingin menyaksikannya langsung. Di hari libur khususnya, pantai ini akan dipenuhi oleh wisatawan layaknya lautan manusia.

2. Mengeksplore Pantai dengan Naik Perahu

Selain menikmati keindahan dari bibir pantai, pengunjung juga bisa menyewa perahu-perahu nelayan untuk berkeliling Pantai Baron. Anda cukup membayar tarif sewa dengan harga terjangkau, maka pemilik perahu akan mengantarkan Anda untuk eksplore sekitar pantai eksotis ini.

3. Berenang

Jernihnya air laut dan warnanya yang eksotis membuat pengunjung tak sabar ingin segera merasakan sensasinya. Aktivitas yang biasanya dilakukan adalah dengan berenang.

Mulai dari kalangan orang dewasa hingga anak-anak memenuhi lokasi pantai untuk berenang, bermain pasir, ataupun aktivitas seru lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan nuansa air yang lebih segar maka datanglah di waktu pagi atau sekalian menjelang senja. Cuacanya tidak begitu terik sekaligus bisa merasakan kesegaran air pantai.

4. Foto dengan View yang Menakjubkan

Rasanya ada yang ketinggalan jika berkunjung ke Pantai Baron, tetapi tidak berswafoto. Banyaknya spot yang kekinian serta pemandangan hamparan lautan luas menjadi daya tarik untuk diabadikan.

Apabila ingin mendapatkan view yang lebih eksotis dengan terlihatnya lautan luas, pasir putih serta deretan perahu nelayan secara lebih jelas maka bisa memanfaatkan gardu pandang. Anda bisa berfoto di gardu pandang tersebut untuk mendapatkan background yang luar biasa cantiknya.

Aktivitas Menarik di Pantai Baron
Image Credit: Google Maps Iwan Ridwan

5. Wisata Kuliner

Setelah beraktivitas di lokasi pantai dan perut terasa keroncongan, maka Anda bisa langsung mendatangi deretan warung yang ada di pinggir pantai. Anda bisa memesan aneka kuliner termasuk olahan khas pantai.

Bagi pecinta seafood bisa memesan olahan kepiting, udang, kerang, ikan dan lainnya. Tentunya dengan harga yang terjangkau. Namun, soal rasa tetap menjadi juara karena kelezatannya.

Anda bisa menikmatinya di lesehan warung-warung tersebut sambil menikmati suasana pantai yang cantik. Bersama keluarga membuat suasana liburan semakin mengesankan dan sangat romantis.

6. Belanja Cinderamata

Biasanya aktivitas yang satu ini sangat digemari oleh para pengunjung khususnya kaum hawa. Ya, selain adanya warung, di sepanjang pinggir Pantai Baron juga terdapat barisan toko cinderamata. Anda bisa membeli baju, kain pantai, tas, sandal, kalung, gantungan kunci, dan aneka pernak pernik aksesoris lainnya.

Harga yang dibandrol oleh para penjual juga sangat terjangkau. Sehingga memungkinkan untuk membelinya dalam jumlah banyak. Nah, tips untuk Anda yang membeli cinderamata dalam jumlah yang tidak sedikit maka bisa menawar harga atau diskon. Biasanya pedagang akan memberikan harga khusus.

7. Piknik Bersama Keluarga

Suasana berlibur di Pantai Baron bisa dijadikan sebagai acara piknik keluarga. Pengunjung bisa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Misalnya membawa olahan aneka masakan, minuman, cemilan, buah dan sebagainya. Tak lupa juga dengan alas tikarnya.

Sesampainya di lokasi pantai, pengunjung bisa menggelarnya. Menikmati hidangan perbekalan yang dibawanya sambil melihat kecantikan pantai. Sungguh ini menjadi salah satu aktivitas liburan yang mahal harganya dan sangat mengesankan.

Terlebih melihat sang buah hati asyik bermain pasir nan lembut khas pantai. Rasa lelah, penat, bosan dan sebagainya akan hilang begitu saja.

8. Santai di Gazebo

Adanya fasilitas gazebo berupa payung-payung yang berwarna warni juga menjadi daya tarik untuk dimanfaatkan keberadaannya. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat bersantai ataupun berteduh.

Apalagi jika dilengkapi dengan minum es kelapa yang segar. Hmmm rasanya tak ingin segera beranjak dari pantai yang satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Baron
Image Credit: Google Maps Rangganata Adi

1. Tempat Parkir

Area parkir yang tersedia di lokasi Pantai Baron memiliki lahan yang cukup luas. Sehingga bisa digunakan untuk menampung sejumlah kendaraan baik mobil ataupun motor.

2. Toilet

Fasilitas umum berupa toilet juga sudah tersedia. Tidak hanya 1 pintu, tetapi ada beberapa pintu yang bisa digunakan oleh pengunjung.

3. Toko Cinderamata

Wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas pantai bisa langsung berkunjung ke toko cinderamata yang ada di lokasi ini. Harganya juga terjangkau.

4. Warung Makan

Aneka makanan lezat serta minuman yang menyegarkan bisa Anda pesan di warung makan yang ada di sepanjang pinggir pantai.

Itulah sekilas tentang Pantai Baron beserta keindahan yang dimilikinya. Ayo, segera agendakan waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan pantai sekaligus melakukan aktivitas seru lainnya bersama keluarga.