7Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pulau Kalong adalah salah satu tempat rekreasi andalan di Gunung Kidul, Jogja. Keindahan dari wisata hits ini tidak diragukan lagi karena sudah banyak pesona alam yang tersebar. Laut yang mempunyai ombak cukup deras terlihat memukau dengan corak warna biru. Pasir pun begitu lembut dengan dilengkapi beberapa batu kapur.

Pemandangan semakin cantik karena tampak tebing yang cukup tinggi. Bahkan tebing ini kerap digunakan sebagai tempat hidup kelelawar. Hal itu mampu memikat hati wisatawan yang berkunjung. Pada pesisir juga terlihat beragam tanaman yang menjulang dengan udara sejuk.

Destinasi menawan ini tentu masih menyimpan beragam biota laut. Pengunjung yang datang dijamin senang dengan melihat beragam spesies hewan yang hidup di area Pulau Kalong. Apalagi banyak spot foto yang selalu menjadi sorotan para tamu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kalong

Daya Tarik Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Ari

1. Hewan di Sekitar

Pulau Kalong tergolong kawasan yang unik karena area sekitar digunakan untuk habitat beberapa hewan. Para tamu yang datang kesana dapat melihat kelelawar yang cukup banyak. Spesies ini sering sembunyi di balik tebing yang masih berada satu kawasan dengan Pulau. Tak hanya itu, destinasi cantik tersebut juga sering dihuni oleh burung gelatik.

2. Laut yang Cantik

Keindahan pulau ini semakin lengkap dengan air laut yang begitu jernih dan biru. Tetapi pengunjung hanya boleh melihat air laut dari atas jembatan saja karena ombak begitu tinggi. Gulungan ombak ini tampak menghantam batu karang. Traveller yang suka bermain air seperti selancar kerap membawa peralatan karena bisa mencoba di atas ombak tinggi.

3. Spot Instagenic

Pulau Kalong mempunyai spot foto instagenic di setiap sudut. Jembatan yang berdiri di atas air laut menjadi salah satu spot yang paling favorit. Bahkan tebing yang menjadi habitat kelelawar pun kerap digunakan berfoto oleh sebagian orang. Selain itu wisatawan juga bisa berjelajah untuk menemukan spot instagenic di kawasan pasir.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Irfan dPriyanto

Pulau Kalong berada di Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Jogja. Berkendara bersama kerabat pasti terasa seru, apalagi daerah Jogja memiliki keindahan di setiap poros jalan. Pengunjung bisa pula menikmati perjalanan dengan menyewa travel atau angkutan umum. Tenang saja kawasan pulau masih termasuk strategis karena mudah dilewati siapa saja.

Jika traveller datang dari luar kota maka dapat memilih rute mulai Jalan Semanu. Rute itu termasuk area pusat kota Jogja yang sering dipadati sejumlah kendaraan roda dua dan empat. Lurus saja sampai menemukan Jalan Wedi Ombo. Selang beberapa kilometer lanjutkan menuju Jalan Pantai Jungwok, lurus hingga Anda melipir ke Desa Pendowo.

Sudut kota yang mempunyai keunikan tersendiri selalu membuat wisatawan tidak bosan saat melakukan perjalanan. Apalagi Anda akan menemukan kereta gantung yang menjadi kendaraan menuju ke Pulau Kalong. Tak hanya itu, biasanya sejumlah tamu juga sering melewati jembatan ketika ke area wisata. Hal ini membuat perjalanan semakin seru.

Biaya Wisata ke Pulau Kalong

Biaya Wisata ke Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps C. Sierra

Pulau cantik di Jogja ini cocok sebagai pilihan rekreasi bersama kerabat dekat. Pada bagian depan tampak petugas yang menawarkan tiket masuk dengan harga murah hanya Rp 6.000 saja. Hal itu membuat setiap pelancong senang dan ingin kembali lagi kesana. Apalagi tiket masuk sudah berlaku setiap hari dan hampir tidak pernah ada kenaikan harga.

Budget yang diperlukan untuk parkir selama satu hari disana juga dikenal terjangkau. Mobil yang memakai lahan parkir wisata bisa menyiapkan budget Rp 5.000. Kemudian bus yang kerap datang ketika hari libur mempunyai harga parkir Rp 10.000. Sedangkan sepeda motor pun tidak kalah murah dengan parkir kendaraan lain karena cukup membutuhkan Rp 2.000.

Pada spot lain Anda dapat melihat jembatan gantung. Wisatawan kerap melipir ke jembatan untuk menikmati air laut yang cantik sekaligus mengambil potret foto. Biaya yang dibutuhkan saat naik ke jembatan sekitar Rp 25.000 saja. Lalu para tamu yang ingin menjelajah kuliner di sekitar hamparan pasir dapat menyiapkan budget mulai Rp 10.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Kalong

Aktivitas Menarik Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps sayur asem

1. Selancar

Pulau Kalong memang mempunyai ombak yang cukup deras. Hal itu semakin memacu adrenalin sebagian orang ketika melakukan aktivitas selancar. Pada hari Sabtu atau Minggu pengunjung yang datang banyak berselancar di perairan pulau ini. Anda dapat menikmati permainan air tersebut untuk menghabiskan waktu kunjungan.

2. Memotret Foto

Destinasi alam ini memang sudah menyimpan beragam pilihan spot yang instagramable. Hamparan pasir, jembatan, air laut yang biru, hingga kereta gantung tentu menjadi obyek foto yang menarik perhatian. Wisatawan boleh memotret foto dari sudut mana saja. Selain itu para tamu juga dapat membuat sebuah video singkat selama liburan.

3. Camping

Pulau Kalong memang masih asri dan begitu alami karena lingkungan wisata terlihat bersih. Camping menjadi salah satu kegiatan pilihan pelancong ketika datang ke Pulau. Biasanya pengunjung juga menunggu waktu sunrise dan sunset saat menggelar tenda disana. Suasana yang nyaman serta jauh dari keramaian pasti membuat camping seru.

4. Bersantai

Pemandangan alam yang ada di sepanjang pulau memang cocok dinikmati sambil bersantai. Sebagian traveller yang pergi ke wisata hits ini sering memilih berdiam diri di gazebo untuk merasakan semilir angin. Anda bisa pula bersantai di pinggir laut sambil memancing ikan karena di area Pulau memiliki biota yang termasuk banyak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Aurora Kids Collections

Pulau Kalong memiliki beragam fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan selama traveller berkunjung. Parkir kendaraan jenis apapun telah disediakan petugas dengan lahan yang memadai dan begitu luas. Mushola kecil ada di dalam Pulau untuk pengunjung yang ingin mencari tempat ibadah. Beragam spot mengabadikan momen pun sudah ada disana.

Kawasan pulau tentu memiliki kamar mandi yang bisa digunakan wisatawan. Camping ground atau tempat kemah sudah terlihat luas di sekitar hamparan pasir. Pelancong bisa menghabiskan akhir pekan dengan mendirikan tenda di kawasan Pulau Kalong. Tempat membeli cinderamata juga tidak begitu jauh dari area destinasi menawan ini.

Kereta gantung tampak disana karena pengunjung perlu naik kendaraan ini saat menuju Pulau. Kursi serta sejumlah gazebo tentu sudah disediakan oleh pengelola. Wisata belum menyediakan fasilitas sewa permainan air. Selain itu Pulau belum terlalu banyak menyediakan rumah makan, biasanya para tamu yang pergi kesana kerap membawa bekal.

Pulau Kalong Jogja memang selalu memikat hati karena kawasan begitu nyaman dan asri. Sejauh mata memandang pasti kagum dengan pesona alam yang ada di area. Pelancong yang ingin pergi ke Pulau dapat membawa kamera untuk mencari beragam spot foto. Selain itu Anda bisa pula membawa papan selancar jika ingin bermain dengan kerabat.