Pantai Kelingking salah satu surga tersembunyi yang ikonik di Nusa Penida, Bali. Pantai dengan pemandangan bukit memanjang kea rah laut menyerupai kelingking dan menyuguhkan pesona alam yang tiada duanya.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Map: Cek Lokasi

Pantai Kelingking Nusa Penida selalu ramai didatangi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai ini sudah sangat populer di telinga para wisatawan. Tak heran jika para wisatawan memasukkan objek wisata ini ke dalam wishlist liburan mereka. Kunjungan wisatawan terpadat adalah ketika weekend maupun musim liburan.

Pantai populer satu ini diakui oleh dunia karena merupakan pantai tercantik di Asia versi CNN Travel dan berada di urutan ke-9. Pulau Nusa Penida merupakan kawasan konservasi perairan yang terkenal dengan sebutan The Global Coral Triangle dari WWF. Ketika berkunjung kesini, para wisatawan juga dapat mengunjungi deretan pantai-pantai lain yang cantik.

Karena merupakan surga tersembunyi, Pantai Kelingking disebut-sebut sebagai salah satu dari Beach Secret Point-nya Bali. Nuansa alam disini masih sangat alami dengan pantai pasir putihnya yang bersih dan menawan. Letak pantai ini berada di kaki bukit sehingga akan membuat Anda terkesima dengan keindahan dan keunikannya yang berbeda dari pantai-pantai lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kelingking

Daya Tarik Pantai Kelingking
Image Credit: Twitter.com @seabitssnack

Pantai ini didominasi oleh tebing-tebing berbentuk karang yang curam. Karena dilihat dari kontur tanahnya berbatu kapur dan kondisi geografisnya, maka pada musim hujan kawasan alam sekitar pantai ini terlihat hijau dan lebih indah daripada saat musim kemarau yang terlihat kering.

1. Disebut Sebagai Secret Point Beach

Sebutan ini sangat pantas disandang oleh pantai satu ini. Letaknya tersembunyi di kaki bukit. Pemandangan berupa tebing dan bukit yang menjorok ke laut dan dipenuhi oleh rerumputan dan pepohonan hijau dengan pesona laut biru akan Anda temui ketika berkunjung kesini. Pantai ini dikelilingi oleh deretan tebing yang curam dengan pasir putihnya yang masih asri dan alami.

Jika ingin menikmati pasir putih Pantai Kelingking, para wisatawan diharuskan menuruni bukit terlebih dahulu melalui jalan setapak. Konon kabarnya, dahulu ketika belum ada jalan setapak tersebut, tidak ada satu pun wisatawan maupun masyarakat sekitar yang berani turun ke bibir pantai. Oleh karena itu, objek wisata ini dahulu seolah menjadi tempat rahasia yang belum pernah terjamah oleh siapapun.

2. Memiliki Tebing Yang Bentuknya Mirip Tyrannosaurus Rex (T-rex)

Salah satu daya tarik pantai ini adalah adanya tebing setinggi 150 meter yang berbentuk mirip seperti dinosaurus jenis Tyrannosaurus rex. Para wisatawan banyak yang tertarik berkunjung kesini karena keunikan bentuk tebing yang mirip dengan hewan purba tersebut. Banyak foto-foto di tempat ini yang bertebaran di sosial media dengan angle yang keren sehingga banyak wisatawan yang penasaran.

3. Kawasan Pantai yang Menyerupai Jari Kelingking

Nama pantai ini sangat unik. Dinamakan ‘kelingking’ karena pintu masuk pantai ini berada di sebuah tebing dengan bukit yang bentuknya memanjang dan menjorok ke laut sehingga menyerupai jari kelingking manusia. Selain bentuk tebingnya yang mirip dengan hewan dinosaurus, kawasan pantainya yang menyerupai jari kelingking juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Kelingking

Rute Pantai Kelingking
Image Credit: Google Maps (l li)

Lokasi pantai ini berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Letak pantai ini berada di sisi barat daya Pulau Nusa Penida. Masyarakat sekitar lebih mengenal pantai ini dengan nama Pantai Karang Dawa atau Pantai Paluang.

Karena objek wisata ini terletak di tengah laut, maka Anda diharuskan menyeberang dahulu ke Pelabuhan Buyuk Nusa Penida melalui jalur laut. Anda dapat memulai perjalanan dari dermaga Pantai Sanur atau Pelabuhan Padang Bai yang berada di Bali Timur.

Apabila Anda berangkat dari dermaga Pantai Sanur, Anda dapat menggunakan kapal tradisional menuju ke Pelabuhan Buyuk Nusa Penida dengan menempuh perjalanan selama sekitar 1,5 jam. Kemudian dari Pelabuhan Buyuk Nusa Penida menuju ke lokasi menempuh jarak sekitar 25 km dan memakan waktu sekitar 45 menit.

Apabila Anda berangkat dari Pelabuhan Padang Bai, Anda dapat menyeberang ke Pelabuhan Buyuk Nusa Penida dengan menaiki kapal feri maupun speedboat dan menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Dari Pelabuhan Buyuk Nusa Penida menuju ke lokasi Pantai Kelingking akan menempuh perjalanan sekitar 45 menit.

Setelah sampai di Pelabuhan Buyuk Nusa Penida, terdapat tempat penyewaan atau jasa rental motor dan mobil beserta sopirnya. Anda dapat menyewa motor maupun mobil supaya bisa sampai ke lokasi. Akses jalan menuju ke lokasi masih tergolong baru. Anda tidak perlu khawatir dengan rute jalan yang akan dilalui karena aksesnya sudah cukup bagus.

Biaya Wisata ke Pantai Kelingking Nusa Penida

Biaya ke Pantai Kelingking
Image Credit: Google Maps (Willem Pennings)

Anda dapat menikmati pesona wisata bahari terindah ini setiap saat karena objek wisata ini dibuka untuk umum selama 24 jam. Para wisatawan yang ingin berlibur ke pantai ini perlu menyiapkan budget Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 25.000 untuk wisatawan asing. Anda akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Di daerah Nusa Penida banyak terdapat jasa penyewaan atau rental kendaraan dengan biaya sewa rata-rata Rp 70.000 per 24 jam tanpa BBM untuk motor dan rata-rata Rp 600.000 per hari untuk biaya sewa mobil termasuk BBM dan sekaligus sopirnya.

Untuk biaya penyeberangan, jika Anda berangkat melalui Dermaga Pantai Sanur menggunakan kapal tradisional Roro Nusa Jaya Abadi, maka Anda perlu menyiapkan budget Rp 30.000 per orang. Penyeberangan menggunakan jasa penyeberangan ini dapat mengangkut motor dengan tarif Rp 30.000 dan Rp 250.000 untuk mobil. Jadwal keberangkatan adalah pukul 08.30 dan 17.30 WITA.

Jika Anda berangkat melalui Pelabuhan Padang Bai menggunakan kapal feri maupun speedboat, maka budget yang perlu Anda siapkan adalah Rp 40.000 per orang untuk kapal feri dan Rp 45.000 per orang untuk speedboat. Perlu diingat bahwa penyeberangan menggunakan jasa penyeberangan ini tidak dapat mengangkut motor maupun mobil. Jadwal keberangkatan adalah sekitar pukul 08.15 WITA.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kelingking

Kegiatan di Pantai Kelingking
Image Credit: Instagram.com @rereseyes

1. Trekking Menuju ke Bibir Pantai

Anda yang ingin menikmati pemandangan pasir putih di bibir pantai ini diharuskan melalui perjalanan trekking yang sangat menantang. Tebing yang harus Anda lalui sangatlah curam dan hanya ada jalan setapak yang licin dengan pagar pembatas berupa dahan pohon kayu dan bambu seadanya. Apabila Anda penasaran, siapkan fisik Anda untuk menguji adrenalin dengan trekking menuju ke bibir pantai.

2. Melihat Pemandangan dan Berfoto dari Atas Tebing

Ada sebuah lokasi di atas tebing bernama Cap de T-rex yang merupakan spot terkeren untuk bisa melihat pemandangan garis Pantai Kelingking dengan leluasa dari atas tebing. Dari spot ini pula Anda juga dapat melihat tebing yang bentuknya mirip dengan T-rex dengan jelas dan berfoto dengan angle terbaik. Anda perlu berhati-hati saat berjalan di atas tebing Cap de T-rex ini supaya tidak jatuh terperosot.

3. Berfoto di Spot Love Tree

Ada pula sebuah spot bernama love tree atau pohon cinta yang biasanya digunakan oleh pasangan saat melakukan sesi pemotretan foto prewedding. Pohon cinta ini sekarang hanya tersisa batang dan rantingnya saja karena pohon tersebut sudah rapuh dan rusak bulan Mei 2018 yang lalu. Meski begitu, spot pohon cinta ini masih populer untuk dijadikan objek foto para wisatawan.

Kegiatan di Pantai Kelingking Nusapenida
Image Credit: Twitter.com @ayuhtravel

4. Berfoto di Spot Love Kelingking dan Kelingking Swing

Selain spot Pohon Cinta, terdapat spot foto Love Kelingking dan Kelingking Swing. Spot Love Kelingking adalah spot foto berupa besi yang dibentuk menyerupai bentuk Love dengan tempelan bunga-bunga di sekitarnya. Spot Kelingking Swing adalah spot foto berupa ayunan yang digantungkan pada sebuah pohon.

5. Berfoto di Spot Titanic Shipwreck Kelingking

Spot foto ini tak kalah menariknya dengan spot yang lain. Lokasi spot ini berada di pintu masuk kawasan pantai. Untuk menuju ke lokasi spot foto ini yaitu dari arah loket lurus saja, jangan belok kanan. Spot ini terbuat dari bambu yang dikreasikan sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti kapal titanic.

6. Diving Ditemani Puluhan Ikan Pari Manta

Kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan disini selain menikmati pemandangan dan berfoto adalah diving bersama dengan puluhan ikan layang pari manta. Diving di pantai ini menyuguhkan suasana bawah laut yang berbeda dengan pantai lainnya, yang mana di pantai lain hanya ada pemandangan terumbu karang dengan berbagai jenis satwa laut, Anda akan ditemani juga oleh ikan pari manta.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Kelingking

Penginapan di Pantai Kelingking
Image Credit: Booking.com

1. Mega Cottage

Penginapan ini berada di Jl. Jungutbatu. Dengan harga sewa kamar per malam mulai dari Rp 560.000, Anda sudah dapat menginap di penginapan ini dengan kelengkapan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut antara lain akses internet, massage, layanan kamar, layanan parkir dan lain sebagainya. Ada pula fasilitas olahraga seperti diving, memancing, dan bermain canoe.

2. Linda Beach Resort

Lokasinya masih sama yakni di Jl. Jungutbatu. Anda hanya perlu menyiapkan budget minimal Rp 450.000 supaya bisa menginap disini. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, seperti restoran, akses internet, kolam renang, lapangan parkir, dan lain sebagainya. Penginapan ini juga ramah difabel bagi wisatawan yang memakai kursi roda.

3. Nitya Homestay

Berlokasi di Jl. Jungutbatu, homestay ini mematok harga sewa kamar per malam mulai dari Rp 300.000. Dengan biayanya yang cukup terjangkau, Anda tidak perlu ragu dengan fasilitas yang ditawarkan. Homestay ini menyediakan kamar dengan beberapa tipe dan memiliki fasilitas seperti kolam renang, bar, restoran, taman bermain anak, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kelingking Nusa Penida

Fasilitas di Pantai Kelingking
Image Credit: Instagram.com @amolrobert

Karena merupakan wisata bahari terindah di Nusa Penida, Bali yang diakui dunia, maka pihak pengelola wisata ini sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas berupa toilet, kamar mandi, warung makan, beberapa spot foto, penyewaan alat diving bahkan berbagai penginapan dapat Anda manfaatkan ketika berkunjung ke pantai ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga maupun pasangan dengan suasana yang berbeda dari yang lain, Anda dapat mencoba berkunjung ke objek wisata Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali. Keunikan yang dimiliki beserta pemandangan yang tiada duanya dapat Anda dapatkan disini.