Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat wisata baik itu buatan maupun alami. Salah satu yang cukup populer adalah Embung Nglanggeran yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata ini merupakan sebuah waduk raksasa yang berada di kaki gunung api purba bernama Nglanggeran.

Hal tersebut membuatnya menjadi unik dan menarik karena letaknya yang berada di atas ketinggian atau sekitar 500 meter dari permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut anda tidak hanya bisa menyaksikan indahnya waduk raksasa ini saja, tetapi menikmati indahnya pemandangan sekitar juga bisa dilakukan di tempat wisata alam tersebut.

Sebenarnya waduk air yang berada di kaki Gunung Nglanggeran ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan air di Kebun Buah Nglanggeran. Namun, karena letaknya yang strategis dan unik membuatnya semakin sering dikunjungi oleh wisatawan. Berikut kita akan melakukan review singkat mengenai waduk cantik tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Embung Nglanggeran

Daya Tarik Embung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps Kebelet Piknik Indonesia

1. Waduk Air Raksasa

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Embung Nglanggeran jelas adalah waduk air raksasa itu sendiri. Sebelum menjadi tempat wisata sepopuler sekarang ini waduk menawan tersebut pertama kali diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 19 Februari 2013 sebagai salah satu kawasan Kebun Buah Nglanggeran.

Fungsi utama dari waduk air raksasa cantik ini adalah untuk mengairi Kebun Buah Nglanggeran ketika musim kemarau atau saat dibutuhkan. Namun, karena semakin banyak orang yang berlibur ke kebun buah asal Kabupaten Gunung Kidul tersebut dan mengambil foto di waduk air raksasa ini membuat banyak orang yang mulai penasaran.

Orang-orang tersebut penasaran tentang bagaimana bentuk atau rupa dari waduk air yang berada di atas ketinggian tersebut. Satu hal yang membuatnya terlihat menakjubkan adalah ketika air waduk populer ini memantulkan warna langit, dimana momen tersebut terlihat seperti sebuah cermin raksasa yang berada di kaki gunung.

2. Alam Sekitar Embung Nglanggeran

Beralih ke daya tarik berikutnya dari waduk menakjubkan ini adalah alam sekitarnya yang sangat natural dan memiliki udara yang segar. Hal tersebut dikarenakan tepat di sebelah waduk nan indah ini terdapat Kebun Buah Nglanggeran yang jelas memiliki banyak tanaman hijau sehingga udaranya menjadi sangat sejuk dan segar.

Selain itu karena kawasan wisata alam ini yang berada di atas ketinggian membuat udara menjadi lebih sejuk. Tidak hanya itu pemandangan dari Embung Nglanggeran juga sangat menakjubkan karena anda bisa melihat indahnya gunung, bukit, hutan, kebun, dan kawasan pemukiman warga dari ketinggian 500 meter dari permukaan laut.

3. Sunrise dan Sunset

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh tempat wisata asal Yogyakarta ini adalah pemandangan sunrise dan sunsetnya. Dikarenakan lokasinya yang berada di atas ketinggian membuat wisatawan dapat menyaksikan indahnya sunrise atau momen saat Matahari terbit dan sunset atau momen saat Matahari terbenam dengan sangat bebas.

Kedua momen tersebut memang selalu terjadi setiap hari, namun keindahannya tidak akan pernah bisa membuat mata bosan melihat. Apalagi jika anda menyaksikannya dari tempat yang tinggi dan alam yang masih sangat terjaga, dijamin keindahannya akan jauh lebih menakjubkan daripada biasanya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Embung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps fitria ratna

Lokasi dari Embung Nglanggeran sendiri berada di Kecamatan Patuk, Nglanggeran Wetan, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk jam bukanya sendiri adalah setiap hari dengan rincian hari Senin sampai hari Jumat buka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB sedangkan untuk hari Sabtu dan hari Minggu buka selama 24 jam.

Beralih ke rute perjalanannya dimana anda bisa berpatokan kepada Tugu Jogja yang berada di Jl. Jenderal Sudirman, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Jadi dari Jl. Jenderal Sudirman silahkan ambil jalur menuju perempatan Jl. Suroto kemudian belok kanan dan terus lurus sampai tiba di perempatan dekat SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Dari perempatan tersebut anda harus belok kiri kemudian belok kanan di pertigaan Jl. Wardhani setelah itu belok kiri lagi di pertigaan Jl. Trimo. Tetap di Jl. Trimo sampai mentok lalu belok kiri untuk masuk ke Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo dan langsung belok kanan di pertigaan Jl. Kusbini.

Terus di Jl. Kusbini sampai anda menemukan pertigaan dekat Embung Langensari (kiri jalan) lalu belok kiri menuju Jl. Langensari dan terus lurus sampai memasuki Jl. Munggur kemudian tiba di pertigaan Jl. Laksamana Adisucipto. Silahkan belok kanan di jalan tersebut dan terus lurus sampai menemukan perempatan dekat Indomaret Janti.

Silahkan belok kanan di perempatan tersebut untuk masuk ke Jl. Majapahit atau Jl. Raya Janti. Tetap di jalan tersebut sampai anda menemukan perempatan Ketandan lalu belok kiri sedikit dan terus lurus sampai tiba di pertigaan dekat warung makan Soto Bu Marni. Dari pertigaan ini silahkan belok kiri dan ambil jalur menuju Balai Desa Nglanggeran.

Tetap di jalur utama sampai anda menemukan pertigaan Kebun Buah Nglanggeran lalu belok kiri untuk sampai masuk ke lokasi wisata Embung Nglanggeran. Panjang rute perjalanan tersebut adalah sekitar 30 km dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih selama 1 jam.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Embung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps Natsir Asrafi

Bagi anda yang ingin berlibur ke Embung Nglanggeran harus membayar 2 macam tiket masuk yaitu untuk Manusia dan untuk kendaraan (bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi). Tiket Manusia dibanderol dengan harga Rp 10.000 per orang sedangkan tiket kendaraan atau retribusi parkir dibedakan berdasarkan jenis kendaraan.

Untuk kendaraan roda 2 (sepeda motor) akan dikenakan retribusi parkir sebesar Rp 2.000 per unit, sedangkan untuk kendaraan roda 4 (mobil) akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per unit. Kemudian untuk anda yang ingin menjelajahi Gunung Nglanggeran harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Embung Nglanggeran

Aktivitas di Embung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps Fajrul Falah

1. Hiking

Kegiatan menarik paling pertama yang pasti akan dilakukan oleh setiap wisatawan ketika berlibur ke tempat wisata hits ini adalah hiking atau mendaki. Kegiatan ini pasti dilakukan karena lokasi Embung Nglanggeran yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 500 meter dari permukaan laut.

Meskipun namanya hiking namun kegiatan ini tidak seperti kegiatan pendakian pada umumnya. Karena jalur pendakiannya sendiri berupa anak tangga, jadi anda tidak perlu khawatir soal kondisi jalan bisa menyusahkan untuk dilewati.

2. Berfoto

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yang juga merupakan salah satu kegiatan wajib untuk dilakukan di lokasi wisata alam ini yaitu berfoto. Hal tersebut karena alam sekitar lokasi wisata asal Kabupaten Gunung Kidul ini benar-benar menakjubkan dan bisa digunakan sebagai background foto atau menjadikan alam Embung Nglanggeran sebagai objek foto.

Beberapa keindahan alam yang dimaksud adalah hutan dengan banyak sekali tumbuhan hijau, bukit yang terlihat begitu menakjubkan dan objek utama berfoto yaitu waduk air raksasa yang berada di tempat wisata populer ini. Waduk air ini semakin menakjubkan saat siang hari karena warna langit akan dipantulkan oleh air yang ada di dalam waduk tersebut.

Aktivitas Menarik di Embung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps Natsir Asrafi

3. Menikmati Alam Sekitar

Kegiatan menarik selanjutnya adalah menikmati alam sekitar yang masih natural seperti bukit, Gunung Api Nglanggeran, dan Kebun Buah Nglanggeran. Semua keindahan alam tersebut bisa membuat anda mendapatkan ketenangan tersendiri, maka dari itu tidak heran jika ada beberapa orang yang melakukan refreshing di tempat wisata alam hits ini.

4. Menyaksikan Indahnya Sunrise dan Sunset

Terakhir anda juga bisa menikmati indahnya Matahari terbit (sunrise) dan Matahari terbenam (sunset). Kedua momen ini bisa dinikmati dengan lebih leluasa karena Embung Nglanggeran berada di atas dataran tinggi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Embung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps Triana Hilary

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yaitu tempat parkir kendaraan yang bisa menampung beberapa jenis kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Fasilitas ini juga cukup luas dan memiliki petugas yang berjaga jadi masalah keamanan sudah bisa terjamin.

2. Warung Makan

Beralih ke fasilitas selanjutnya yang ada di Embung Nglanggeran yaitu warung makan. Fasilitas ini tidak terlalu banyak, meskipun begitu terdapat cukup banyak menu yang ditawarkan mulai dari makanan dan minuman, bahkan ada juga beberapa barang penting seperti minyak gosok hingga rokok.

3. Toilet Umum

Fasilitas terakhir yang bisa anda jumpai di lokasi wisata alam asal Desa Nglanggeran ini adalah toilet umum. Fasilitas ini bisa anda gunakan untuk membuang air besar atau kecil. Untuk urusan privasi sudah bisa dijamin karena toilet umum tersebut dibagi menjadi toilet umum pria dan toilet umum wanita.

Demikian sedikit review mengenai Embung Nglanggeran yang menjadi salah satu tempat wisata hits di Yogyakarta. Kepopuleran waduk air raksasa ini dikarenakan lokasinya yang cukup unik dan memberikan pemandangan alam yang benar-benar menakjubkan.