Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Traju, Pucung, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Sungai Bengawan Solo Purba termasuk wisata yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Bahkan destinasi ini menjadi salah satu Sungai terpanjang di Pulau Jawa. Aliran yang jernih mengalir ke setiap celah yang dikelilingi beragam tumbuhan hijau.

Air Sungai diketahui memiliki muara di daerah Gresik serta hulu di Wonogiri. Pelancong yang sedang berkunjung ke Jogja dapat mampir sejenak ke kawasan sungai ini. Meskipun destinasi hits ini sudah lama ada, namun kecantikan tempat masih terjaga dengan beragam panorama di sekitar.

Pengunjung bisa mendengar suara gemericik air dan dijamin mudah mendapatkan udara yang bersih. Selain itu Anda bisa bersantai sambil melihat lembah yang begitu cantik. Keelokan alam memang menarik perhatian karena Sungai Bengawan Solo Purba seakan tidak pernah berhenti menawarkan beragam pemandangan indah.

Daya Tarik Sungai Bengawan Solo Purba

Daya Tarik Sungai Bengawan Solo Purba
Image Credit: Facebook Arifin Muhamad

1. Sungai Terpanjang

Sungai Bengawan Solo sudah banyak dikenal sebagai salah satu aliran terpanjang di Jawa. Air yang mengalir dari hulu ke hilir terlihat begitu bersih karena masih terjaga dengan baik. Bahkan hampir tidak ada sampah yang berserakan di dalam Sungai itu. Traveller sering merasa terkesima setelah melihat kecantikan sekitar sungai dari jarak dekat.

Umur Sungai pun diketahui sudah puluhan tahun serta membentang hingga 2 provinsi. Kecantikan wisata dilengkapi pula dengan lembah yang asri. Tanaman dari kebun pun membuat lokasi sekitar sungai semakin terlihat indah. Anda wajib pergi kesana jika ingin menikmati Sungai paling panjang serta mencari beragam spot untuk hunting foto.

2. Dekat Goa Braholo

Pengunjung yang telah datang di wisata alam ini dapat menemukan goa braholo. Daya tarik itu memang selalu memikat hati karena para tamu bisa berlibur ke 2 tempat sekaligus. Apalagi goa tersebut diketahui sudah lama berdiri kokoh dengan susunan batu. Goa juga menjadi tempat peninggalan sejak manusia purba yang memiliki struktur bangunan kuno.

Jika Anda lelah bermain dan menikmati liburan di Sungai Bengawan Solo Purba maka dapat mampir ke goa braholo. Bahkan para tamu bisa menambah edukasi saat berada di goa. Pelancong pasti kagum ketika liburan kesana karena bisa berkunjung ke goa dan Sungai. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk mengajak sejumlah kerabat mengunjungi Sungai terpanjang ini.

3. Pemandangan Indah

Bengawan Solo Purba memberikan pesona yang tidak kalah dengan destinasi lain. Tanaman liar mudah dijumpai pengunjung yang menyebar di dekat Sungai. Selain itu terdapat pula lembah yang tidak begitu jauh dari Sungai. Pemandangan indah pasti cocok bagi wisatawan yang mencari rekomendasi tempat liburan untuk sekedar bersantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sungai Bawangan Solo Purba
Image Credit: Google Maps kebo langit

Sungai Bengawan Solo Purba tepat berada di Desa Traju, Pucung, Yogyakarta. Berkendara ke destinasi hits ini memang cukup sulit serta perlu tenaga yang ekstra. Pelancong akan melintasi jalan terjal, namun tenang saja karena di kawasan masih banyak papan petunjuk. Bahkan Sungai cantik tersebut mudah diakses melalui navigasi google maps dari ponsel.

Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh menuju Jalan Sultan Agung. Lanjutkan ke kawasan Jalan Kusumanegara untuk menemukan Jalan Gedongkuning. Lurus hingga menuju Jalan Wonosari serta melipir ke Jalan Nasional III. Lalu para tamu dapat melanjutkan berkendara sampai Jalan Rongkop, dari sana sudah mulai tampak Desa.

Setelah masuk ke Desa Traju, Anda dapat menikmati suasana alam yang masih natural. Perjalanan pun semakin menyenangkan dengan melewati tanah dan sawah. Biasanya ada sebuah papan dari kayu yang dipasang di dekat area Desa. Pengunjung pasti mudah dalam mencari lokasi wisata ini karena dapat mendengar suara gemericik air yang mengalir.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Sungai Bengawan Solo Purba
Image Credit: Google Maps Linggar PamBewDey

Sungai Bengawan Solo Purba cocok digunakan sebagai tempat berlibur karena menawarkan beragam keindahan. Tenang saja masuk ke area Sungai tidak perlu membeli tiket sama sekali. Wisatawan boleh menikmati kecantikan aliran Sungai dengan tiket gratis. Sungai juga buka setiap hari dan Anda bisa melihat aliran yang mengarah ke hilir melalui celah.

Para pelancong yang lupa membawa makanan dari rumah dapat mampir sebentar ke warung. Pedagang yang berjualan kuliner dapat dijumpai di kawasan Desa sebelum masuk tempat rekreasi ini. Makanan ada yang masih tradisional dan cocok untuk memanjakan perut. Apalagi budget membeli makan cukup murah mulai dari Rp 10.000 saja setiap porsi.

Destinasi ini juga sudah dikelola dengan baik karena pengunjung bisa menemukan tempat parkir dengan harga murah. Sepeda motor hanya membutuhkan biaya parkir berkisar Rp 2.000. Lalu bagi siapa saja yang mengendarai mobil atau bus cukup menyiapkan budget Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Semua harga yang berlaku memang cocok di kantong traveller.

Aktivitas yang Menarik di Sungai Bengawan Solo Purba

Aktivitas di Sungai Bengawan Solo Purba
Image Credit: Google Maps Babah Wae

1. Bersepeda

Kawasan wisata sungai ini memiliki lahan yang dikelilingi jalan berupa tanah. Pada akhir pekan banyak terlihat pelancong yang kerap membawa sepeda ontel. Olahraga bersepeda yang dilakukan di area pasti membuat setiap tamu gembira karena bisa merasakan semilir udara sejuk. Anda bisa pula mengajak teman dekat atau keluarga ketika bersepeda.

2. Duduk Santai

Bersantai sambil duduk di tepi Sungai Bengawan Solo Purba sudah tidak jarang dilakukan. Aktivitas tersebut bisa memanjakan tubuh serta pikiran. Bahkan Anda yang bersantai juga dapat melihat ke sisi lain yang dikelilingi lembah. Beban pasti terasa hilang setelah pengunjung melepas penat di kawasan tersebut.

3. Melipir ke Goa

Para tamu dapat melipir ke goa braholo setelah selesai menikmati keindahan Sungai. Disana traveller bisa melihat beragam peninggalan zaman pra sejarah. Tak hanya itu, pada area dekat goa pun tampak sebuah taman yang cantik. Wisatawan pasti senang ketika melipir ke Sungai, goa, serta taman tersebut karena liburan terasa begitu berkesan.

4. Piknik

Sungai Bengawan Solo Purba menarik dijadikan tempat piknik bersama keluarga. Pengunjung bisa membawa sejumlah makanan siap saji untuk dinikmati disana. Anda bisa pula mengabadikan momen berupa foto atau video ketika piknik. Latar lembah dan sungai nan indah ini pasti semakin menakjubkan ketika dipotret menggunakan kamera.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sungai Bawangan Solo Purba
Image Credit: Google Maps Ibzi Afra

Sungai Bengawan Solo Purba menyediakan fasilitas penunjang yang terlihat tidak sedikit. Mushola dan tempat ibadah lain mudah dikunjungi pelancong ketika datang ke Sungai. Tempat ibadah masih mudah dijangkau karena tidak begitu jauh dari destinasi. Spot bersantai dapat ditemukan saat berlibur yang ditandai dengan gazebo berjejer di area.

Fasilitas tempat untuk menitipkan kendaraan paling mudah dijumpai. Anda yang datang bisa memakai lahan parkir yang dekat dengan rumah warga. Makanan yang dihidangkan di sejumlah warung pun bisa dinikmati setiap tamu yang merasa lapar. Warung masih dikelola penduduk setempat dan traveller bisa melipir kesana jika ingin memanjakan lidah.

Sungai Bengawan Solo Purba sudah dilengkapi spot foto yang begitu unik dengan latar alam seperti lembah dan goa. Toilet yang bisa dipakai pengunjung tidak sulit dicari karena satu area dengan Sungai. Camping ground tidak tersedia karena disana masih banyak rumput ilalang yang cukup tinggi. Lalu spot bersepeda sudah ada bagi siapa saja yang ingin olahraga.

Sungai Bengawan Solo Purba dapat dijadikan referensi tempat liburan di kala waktu luang. Selain berlibur melihat alam, Anda juga bisa edukasi bersama keluarga. Bahkan tidak jauh dari Sungai pun tampak goa serta taman yang bisa dikunjungi. Traveller dijamin lebih betah selama liburan di wisata menawan ini karena pesona alam terlihat memukau dan cantik.