Jambi Paradise salah satu taman wisata kekinian di Kota Jambi yang mirip dengan Gardens By the Bay, Singapura. Objek wisata ini dikelilingi air menawarkan beragam wahana permainan, mulai dari naik perahu hingga flying fox, dan juga terrsedia banyak spot foto yang instagramable.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Simpang Acai, Kec. Sungai Gelam, Kota Jambi, Jambi; Map: Cek Lokasi

Jambi memiliki destinasi menarik dan modern bernama Jambi Paradise. Objek wisata tersebut merupakan taman bermain yang memiliki beragam wahana dan penampakan menarik yang dianggap mirip dengan salah satu destinasi wisata Singapura yaitu Marina bay khususnya di bagian taman.

Sesuai dengan namanya, lokasi wisata ini menawarkan suasana nyaman dan bermacam-macam wahana permainan mulai dari kegiatan fisik yang menantang hingga bermain air. Maka tidak heran jika tempat tersebut layak dijadikan destinasi liburan keluarga.

Bagi yang gemar berfoto, Jambi Paradise ini sangat direkomendasikan untuk didatangi karena banyak spot foto menarik. Selain itu, sebagai destinasi modern tentunya tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yang datang ke objek wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Jambi Paradise

Daya Tarik Jambi Paradise
Image Credit: Google Maps (Farhan Ally)

Destinasi wisata Jambi paradise sangat menjadi pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga karena tempatnya yang indah dan ramah untuk semua usia. Ada banyak daya tarik yang dimiliki tempat ini antara lain sebagai berikut.

1. Suasana Sejuk dan Menyegarkan

Destinasi wisata ini menawarkan suasana yang segar dan sejuk. Pepohonan dan rumput hijau yang membentang luas di seluruh area menambah kesan alami dan udara yang lumayan asri. Oleh sebab itu, tempat ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin menenangkan pikiran dan bosan dengan hiruk pikuk kota.

2. Pemandangan Menarik

Daya tarik lain yang dimiliki oleh wisata modern ini adalah pemandangan alam yang disajikan. Tempat ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau dan danau besar sehingga akan sangat nyaman jika dijadikan tempat bersantai karena pemandangan yang disajikan.

Selain itu, desain taman yang unik mirip Gardens By The Bay, Singapura menjadi bagian menarik pada wisata ini. Kemudian beberapa ornamen tambahan yang juga didesain dengan cantik menjadi pelengkap pemandangan tempat ini.

3. Banyak Wahana Permainan Seru

Tidak hanya taman yang menawan, Jambi Paradise juga mempunyai beragam wahana permainan. Uniknya permainan di tempat ini tidak hanya untuk remaja dan dewasa namun juga anak-anak sehingga bagi yang datang bersama buah hati tidak perlu takut bosan. Pengunjung bisa memilih wahana yang beraneka ragam mulai dari olahraga fisik seperti outbond dan permainan air.

Daya Tarik Dimiliki Jambi Paradise
Image Credit: Google Maps (Azzri Aja)

4. Taman Wisata yang Bersih

Meskipun ditumbuhi banyak pohon dan rumput, tempat ini tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, area jalan sudah diaspal dan jalan setapak sehingga ketika hujan tidak akan mengganggu karena becek.

5. Objek Wisata yang Ramah Disabilitas

Daya tarik berikutnya dari destinasi wisata ini adalah kawasan yang ramah bagi pengunjung disabilitas. Menyambung penjelasan sebelumnya, seluruh area di tempat wisata ini memiliki jalan yang datar dan mulus sehingga memudahkan pengunjung dengan disabilitas menjangkau area sekitar wisata.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Jambi Paradise

Alamat Jambi Paradise
Image Credit: 7saudara.com

Taman kekinian ini terdapat di Kota Jambi, tepatnya di Simpang Acai, Kebon IX, Sungai Gelam, Kota Jambi. Taman ini termasuk kawasan wisata yang strategis karena tidak jauh dari pusat kota. Jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor akan memakan waktu sekitar 20 menit dari Bandara Sultan Thaha Jambi dengan jarak tempuh sekitar 7,1km.

Namun perlu diketahui, karena letaknya yang berada tidak jauh dari pusat kota, tidak jarang saat menuju lokasi terjebak macet. Dengan demikian membuat waktu tempuh jauh lebih lama dari yang diperkirakan. Umumnya saat akhir pekan, libur panjang dan libur hari besar jalan menuju kawasan tersebut padat oleh kendaraan bermotor.

Untuk jalan menuju lokasi sendiri sangat mudah karena hanya melewati jalan utama dengan kondisi jalan yang cukup mulus. Sementara itu, sudah terdapat beberapa petunjuk jalan menuju lokasi wisata ini sehingga tidak perlu khawatir salah jalan. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa menggunakan bantuan google maps lewat smartphone.

Saat masuk menuju kawasan wisata ini juga cukup bagus dan bisa dilewati oleh kendaraan roda empat sekalipun. Jarak yang harus ditempuh dari jalan utama menuju ke kawasan wisata sekitar 2,5km yang memakan waktu kurang lebih 10 menit dengan kendaraan bermotor.

Tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata lainnya, memasuki kawasan Jambi Paradise juga dikenakan tiket masuk. Untuk hari senin sampai jumat harga tiket yang harus dibayar sekitar Rp 20.000 sedangkan untuk akhir pekan tiket masuk pengunjung seharga Rp 30,000. Setelah membayar tiket masuk, pengunjung bebas menikmati pemandangan yang terdapat di lokasi wisata tersebut.

Objek wisata ini buka mulai pukul 09.45 WIB sampai 17.45 yang berlaku pada hari senin hingga jumat. Sedangkan untuk akhir pekan jam buka sedikit lebih lama yaitu mulai pukul 09.30 WIB dan tutup pukul 18.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Jambi Paradise

Kegiatan Menarik di Taman Jambi Paradise
Image Credit: Twitter.com @SupriyadiJambi

1. Naik Perahu

Destinasi wisata Jambi Paradise memiliki danau buatan dengan dimensi sedang. Dari danau ini pengunjung dapat bersantai dengan naik perahu sambil menikmati keindahan pemandangan alam yang disajikan. Anda dapat berkeliling danau menggunakan perahu tersebut bersama keluarga.

2. Flying Fox

Kegiatan yang bisa dilakukan berikutnya yaitu Flying Fox. Salah satu wahana outbond ini akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi setiap pengunjung karena tidak hanya sekedar meluncur dengan tali dari atas dan melintasi danau buatan namun juga menyaksikan panorama alam dari ketinggian.

3. Sewa ATV atau Sepeda

Suka bersepeda? Tak perlu khawatir karena tempat ini juga menyewakan sepeda dan ATV. Pengunjung dapat menggunakan ATV dan sepeda tersebut untuk berkeliling seluruh area wisata yang memiliki luas hingga 4 hektar. Selama bersepeda, pengunjung bisa mengunjungi spot-spot menarik yang letaknya cukup jauh jika dijangkau dengan berjalan kaki.

4. Mencoba Jembatan Gantung

Jembatan gantung menjadi pilihan yang tepat bagi pecinta ketinggian. Wahana sekaligus olahraga yang memicu adrenalin ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai kegiatan menantang dan berbeda dengan lainnya. Tidak perlu takut, karena saat mencoba olahraga ini pengunjung akan dilengkapi alat pengaman seperti helm dan lain sebagainya.

5. Mengunjungi Miniatur Kapal Pesiar

Jika lebih senang dengan kegiatan santai, pengunjung bisa berjalan menuju miniatur kapal pesiar di tepi danau. Meskipun miniatur, sebenarnya kapal tersebut memiliki ukuran yang cukup besar dan benar-benar menyerupai sebenarnya. Spot ini merupakan bagian yang tidak boleh terlewatkan ketika datang ke Jambi Paradise.

Kegiatan di Taman Jambi Paradise
Image Credit: Google Maps (Kristin Novi Dwi Astuti)

6. Memberi Makan Ikan

Kegiatan satu ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang datang beramai-ramai bersama buah hati. Memberi makan ikan di danau sambil bersantai menjadi aktivitas menyenangkan saat datang ke tempat ini. Tidak perlu repot membawa pakan ikan dari rumah, karena pengunjung bisa membelinya langsung di lokasi wisata.

7. Bersantai di Gazebo

Lelah bermain, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi di gazebo atau saung yang ada di sekitar kawasan wisata. Gazebo ini banyak dimanfaatkan oleh beberapa pengunjung untuk bercengkrama atau makan bersama bekal yang mereka bawa dari rumah.

Gazebo yang terdapat di tempat ini mempunyai desain menarik dari bambu, kayu dan atapnya menggunakan ijuk. Gazebo ini tersebar di berbagai sudut kawasan wisata sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat. Harga sewa gazebo ini sekitar Rp. 50.000 rupiah per unit dan tidak dibatasi jam.

8. Berfoto di Spot Menarik

Datang ke tempat wisata menarik ini tentu tidak lengkap jika tidak berfoto. Ada banyak spot indah yang bisa dijadikan latar belakang foto untuk diunggah di sosial media. Saat baru masuk saja pengunjung akan langsung disambut dengan lorong panjang yang di atasnya dihiasi dengan tanaman menjuntai.

Sebagai daya tarik utama tentunya pemandangan taman Jambi Paradise yang dihiasi kursi-kursi layaknya Gardens by The Bay, Singapore wajib diabadikan. Setidaknya pengunjung selalu menyempatkan untuk berfoto di lokasi ini karena pemandangannya indah bahkan dilihat dari berbagai sudut.

Lokasi favorit pengunjung untuk mengambil foto yakni tepi sungai, dimana sebelahnya terdapat balok besar warna-warni. Dan tak ketinggalan dengan anjungan, dimana ia merupakan tempat perahu-perahu berhenti akan menjadi spot berfoto menarik jika diambil dari sudut yang tepat.

9. Jalan Santai

Jalan santai bukan ide yang buruk saat datang ke taman modern ini. semua yang disajikan. Mulai dari pemandangan bangunan, spot-spot foto, danau buatan hingga panorama alam menjadi obat penghilang penat. Sebaiknya lakukan jalan santai ini saat sore jika ingin merasakan atmosfer yang berbeda karena pengunjung sudah tidak terlalu banyak dan sambil menikmati sunset.

10. Petak Umpet di Labirin Raksasa

Satu lagi wahana yang patut dicoba saat berkunjung ke taman wisata modern di Jambi ini yaitu labirin. Wahana satu ini disediakan untuk memanjakan para pengunjung yang ingin bermain dengan suasana baru. Labirin ini dapat dinikmati tanpa harus membayar alias gratis sehingga pengunjung bisa bermain petak umpet sepuasnya.

Labirin ini menjadi spot favorit pengunjung karena merupakan salah satu spot yang unik. perlu diketahui bahwa labirin ini tidak terbuat dari tanaman melainkan dari batu atau tembok yang dicat warna tosca sehingga tampilannya tidak jauh berbeda dengan labirin dari tumbuhan.

11. Menikmati Wisata Kuliner

Puas berkeliling pengunjung bisa memanjakan lidah dengan berwisata kuliner. Di tempat ini sudah ada food court dimana banyak penjual yang menawarkan berbagai jenis makanan mulai dari snack hingga makanan berat.

Setelah makan tentu tidak lengkap tanpa minum, oleh sebab itu di tempat ini juga terdapat beberapa penjual minuman. Dengan begitu bagi pengunjung yang tidak membawa bekal tidak perlu khawatir kelaparan.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Jambi Paradise

Fasilitas di Taman Jambi Paradise
Image Credit: Google Maps (Anto Manullang)Image Credit: Google Maps (Anto Manullang)

Fasilitas yang tersedia di wisata Jambi Paradise ini terbilang cukup lengkap sehingga pengunjung semakin nyaman dan betah berlama-lama. Adapun beberapa fasilitas yang sengaja disediakan untuk menunjang kegiatan pengunjung yaitu gazebo, food court, tempat ibadah hingga toilet.

Selain itu, ada juga fasilitas pendukung seperti lahan parkir yang cukup luas untuk memenuhi kapasitas pengunjung yang meningkat. Lalu, tempat sampah yang ada di setiap sudut mengingat tempat tersebut sangat menjaga kebersihan terutama di bagian taman. Dengan adanya fasilitas tersebut, pengunjung yang datang dapat menikmati liburan dengan nyaman dan aman.

Itulah ulasan tentang daya tarik, alamat, rute, harga tiket dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat ada di Jambi Paradise. Fasilitas di destinasi wisata tersebut juga cukup lengkap sehingga pengunjung bisa berlibur dengan nyaman.