10 Oleh-Oleh Khas Jambi yang Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Jambi

Jambi memiliki beragam jenis oleh-oleh khas yang menarik dan unik. Buah tangan yang populer dari Kota Jambi wajib dibawa pulang setelah Anda puas mengeskplor tempat wisatanya.

Jambi ternyata memiliki banyak destinasi wisata tersembunyi yang jarang diketahui oleh wisatawan, salah satunya adalah wisata kuliner, wisata alam, ataupun wisata buatan. Tidak banyak yang tahu sebenarnya Jambi memiliki banyak makanan khas menarik yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga.

Cita rasa makanan khas tersebut juga tidak bisa Anda temukan di daerah lainnya. Walaupun dekat dengan kota-kota besar seperti Bengkulu atau Palembang, tentunya ada beberapa kemiripan yang akan Anda temui dalam pilihan cita rasa atau jenis masakannya. Akan tetapi, Jambi tetap memiliki oleh-oleh tersendiri yang berbeda dengan daerah lain.

Buah tangan memang tidak selalu makanan, Anda juga bisa membeli pernak-pernik khas Jambi yang menarik dan membuat Anda terkenang di kota tersebut. Berikut ini beberapa oleh-oleh khas dari Kota Jambi yang bisa Anda bawa pulang.

1. Dodol Nanas

Dodol Nanas

Image Credit: Rinoitink.blogspot.com

Nanas merupakan komoditas utama yang banyak tumbuh di daerah Jambi, sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk dijadikan berbagai olahan. Salah satunya adalah dodol nanas yang nantinya akan menjadi makanan khas dan dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh.

Dodol nanas yang dibuat oleh warga Jambi tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, namun tetap tahan lama karena memiliki pengawet alami dari gula yang menjadi bahan utamanya. Tekstur dodol nanas ini lembut dengan rasa manis yang legit, sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga.

Anda bisa membeli dodol nanas ini di berbagai sentra dan gerai penjual oleh-oleh di seluruh wilayah Jambi. Bahkan Anda bisa membelinya di tempat umum seperti bandara atau stasiun dengan harga yang terjangkau.

2. Lempok Durian

Lempok Durian

Image Credit: Omiyago.com

Lempok durian merupakan salah satu makanan khas yang sering dijumpai di daerah Jambi, yang kemudian dikembangkan dan dijadikan buah tangan khas oleh warga Jambi. Rasanya yang manis dan cocok untuk berbagai kesempatan bisa Anda bawakan khusus dari Jambi untuk teman atau keluarga.

BACA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis lempok durian di sentra penjualan oleh-oleh di seluruh kota Jambi. Namun Anda yang ingin membelinya di perjalanan pulang bisa mendapatkanya pula di stasiun ataupun terminal.

Untuk satu kotaknya, harga yang ditawarkan oleh penjual biasanya cukup terjangkau. Membuatnya menjadi makanan yang laris dan sering digunakan sebagai pilihan buah tangan yang populer bagi para pelancong.

3. Dodol Kentang

Dodol Kentang

Image Credit: Omiyago.com

Jika sebelumnya dodol nanas yang memang wajar dijadikan sebagai manisan, Anda juga akan menemukan manisan yang tidak biasa di Jambi, yakni dodol kentang. Kentang merupakan bahan utama pembuatan dodol ini, yang kemudian dikupas, dicuci, dan digiling sampai halus.

Kentang akan dicampurkan di berbagai bahan pembuatan dodol pada umumnya, seperti tepung ketan, gula, vanili, kelapa, dan masih banyak lagi. Cita rasa dodol kentang hampir sama dengan cita rasa dodol pada umumnya yang manis dan legit.

Dodol kentang ini biasanya dijual di sentra-sentra penjualan oleh-oleh khusus, sebab belum banyak wisatawan yang mengenal jenis dodol ini. Harganya cukup terjangkau dan bisa Anda jadikan alternatif pilihan buah tangan untuk kolega kerja.

4. Tempoyak

Tempoyak

Image Credit: Hipwee.com

Durian memang banyak ditemukan pohonnya di daerah Jambi, membuat masyarakat memanfaatkanya untuk pembuatan makanan khas, salah satunya adalah Tempoyak. Ia merupakan makanan yang terbuat dari buah durian yang sudah di fermentasi.

Cara mengkonsumsi tempoyak cukup unik, Anda akan ditemani dengan ikan laut sebagai pendamping makanan. Biasanya yang di pilih adalah ikan baung, pating, ataupun jenis ikan rerum. Tempoyak mirip dengan sambal yang memiliki tekstur kental dengan aroma yang pekat.

Banyak masyarakat yang menjadikan tempoyak teman makan nasi, karena itu Anda akan sering menemukannya di berbagai rumah makan. Anda bisa mendapatkan tempoyak yang dibungkus rapi untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

5. Duku Kumpeh

Duku Kumpeh

Image Credit: Traveloka.com

Ingin oleh-oleh yang tidak hanya makanan olahan? Duku kumpeh bisa menjadi alternatif pilihan buah tangan yang boleh dicoba. Duku kumpeh merupakan tanaman endemi yang ada di salah satu wilayah Jambi, yakni Kecamatan Kumpeh.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Berbeda dengan jenis duku lainnya, duku ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan duku pada umumnya. Rasanya juga jauh lebih mani dan tidak memiliki biji. Karena merupakan buah-buahan Anda bisa menjadikannya oleh-oleh tanpa takut khawatir tidak disukai oleh keluarga.

Selain di Kumpeh sendiri, Anda bisa mendapatkannya di beberapa kota besar lainnya, terutama di kecamatan di sekitar Kumpeh. Harganya cenderung murah jika Anda membelinya sesuai dengan musim panennya.

6. Pempek

Pempek

Image Credit: Cookpad.com

Palembang memang tempat yang menghasilkan pempek dan cukup terkenal di seluruh Indonesia, dengan menjadikan pempek sebagai makanan khasnya. Jambi ternyata tidak mau kalah dan membuat pempek dengan jenis yang berbeda dari kota Palembang.

Dalam pembuatan pempek, biasanya ditambahkan cuka untuk menambah cita rasa. Sedangkan di daerah Jambi, cuka yang digunakan adalah cuka khusus yang tidak akan merusak gigi. Sehingga aman dikonsumsi untuk keluarga, baik mereka yang masih muda ataupun yang berumur.

Anda bisa mendapatkan pempek khas Jambi di berbagai tempat penjualan oleh-oleh di berbagai region Jambi. Untuk satu kotaknya dihargai sekitar 100 ribu sampai 120 rupiah, tergantung jenis dan varian yang Anda pilih.

7. Kue Srikaya

Kue Srikaya

Image Credit: Gotravelly.com

Anda yang ingin membawakan camilan manis untuk keluarga bisa memilih kue srikaya sebagai pilihan buah tangan. Walaupun bernama srikaya, namun ia tidak terbuat dari buah srikaya, melainkan dari tape.

Tape ini akan dicampurkan dengan santan dan daun pandan, kemudian ditambahkan berbagai rempah-rempah khas kota Jambi. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuatnya diberi nama dengan panggilan kue srikaya.

Ciri utama kue ini adalah warnanya yang hijau, dengan rasa yang manis. Karena dicampur dengan berbagai rempah, Anda akan menemukan cita rasa yang kuat di dalamnya. Satu kotak kue srikaya bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Untuk harga yang lebih murah, Anda bisa coba membelinya di pasar tradisional.

8. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk

Image Credit: Cookpad.com

Varian buah tangan dari daerah Jambi memang beragam, mulai dari olahan, buah, dan salah satu lainnya adalah makanan nasi. Nasi gemuk merupakan kuliner yang menjadi makanan khas dari daerah Jambi yang bisa Anda jadikan buah tangan.

BACA:  19 Tempat Wisata di Belitung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Akan tetapi, karena merupakan makanan berat, Anda harus mengkonsumsinya sesegera mungkin setelah pembelian. Di dalam nasi gemuk, terdapat nasi, telur, ayam yang sudah disuwir kecil, kerupuk, sambal krecek, dan terakhir disiram dengan kari kuah rendang sebelum di hidangkan.

Satu porsi nasi gemuk dijual dengan harga 15 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah. Penamaannya tersebut karena banyaknya lemak yang akan membuat siapapun yang memakannya merasa kenyang dan gemuk.

9. Bolu Kojo Jambi

Bolu Kojo Jambi

Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Bolu Kojo memang merupakan makanan khas dari Palembang, namun jika Anda mengunjungi Jambi, Anda juga bisa menemukan camilan manis ini sebagai oleh-oleh. Terdapat perbedaan yang mencolok terkait penyajian kue bolu kojo inI.

Di Palembang, biasanya bolu kojo disajikan dengan tambahan topping diatasnya, namun untuk bolu kojo khas Jambi biasanya disajikan tanpa adanya tambahan topping ataupun lapisan tambahan.

Teksturnya lembut dan rasanya yang manis membuat banyak pelancong menjatuhkan pilihan oleh-oleh di makanan khas ini. banyak yang tidak tahu, tapi mulanya bolu kojo Jambi diberi nama bolu kamboja karena bentuk cetakannya yang mirip dengan bunga tersebut.

10. Kue Padamaran

Kue Padamaran

Image Credit: Daerahkita.com

Pilihan terakhir yang bisa Anda jadikan alternatif buah tangan adalah kue padamaran yang akan sering dibuat pada bulan Ramadhan. Kue ini sering dijadikan sebagai menu buka puasa oleh masyarakat Jambi.

Selain Ramadhan, kue ini juga sering disajikan di berbagi pesta dan perayaan besar di dalam masyarakat. bahan pembuat utamanya adalah tepung beras yang dicampurkan dengan santan, daun suji, dan gulan merah. Setelah diaduk, ia dituangkan dalam wadah berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman daun.

Teksturnya lembut dan rasanya cukup manis merupakan alasan kenapa banyak orang menjadikannya sebagai pilihan buah tangan untuk keluarga. Anda tetap bisa mendapatkan kue ini di luar Ramadhan, di berbagai sentra dan toko kue di sekitar Jambi.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Jambi yang bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga. Semoga bisa menjadi referensi menarik.