20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Jambi

Sebagai salah satu daerah yang mempunyai topografi bervariasi, Jambi kaya akan keindahan bentang alam. Kota yang juga menjadi nama provinsi di pesisir pantai Sumatera ini tak diragukan lagi potensi wisatanya. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan, hampir setiap sudut kota Jambi mampu memikat para turis lokal maupun mancanegara. Wilayah yang menjadi tempat tinggal bagi sekitar tiga juta penduduk ini merupakan saksi bisu keberadaan peradaban masa lampau penuh kejayaan di Sumatera.

Adapun bentang alam yang ada di Jambi juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Mulai dari objek wisata khas seperti jembatan, air terjun, kawasan perkebunan, bahkan candi. Berikut 20 rekomendasi tempat wisata paling populer di Jambi untuk liburan menyenangkan dan berkesan.

1. Bukit Ngarau Merangin

Bukit Ngarau Merangin

Image Credit: Jambipos-online.com

Dari atas Bukit Ngalau Merangin Anda bisa menyaksikan lanskap Jambi yang mempesona. Tidak hanya itu, indera penglihatan Anda pun akan dimanjakan dengan panorama hijau yang menyejukkan. Sebuah pemandangan yang tidak akan sanggup Anda lupakan.

Di Bukit Ngalau Merangin juga memiliki berbagai spot foto menarik untuk jepretan yang instagramable. Untuk bisa menikmati keseruan bukit ini, Anda diharuskan mendaki terlebih dahulu agar bisa sampai ke puncak Bukit Ngalau Merangin.

Lokasi: Desa Rantau Ngarau, Kec. Tabir Ulu, Kab. Merangin.

2. Pulau Penyu

Pulau Penyu

Image Credit: Tribunnews.com

Jambi juga mempunyai daerah berupa pulau-pulau kecil tanpa penghuni, salah satunya Pulau Penyu. Pulau ini menjadi habitat alami para penyu. Hamparan zamrud air laut yang berwarna hijau sejauh mata memandang dipadukan dengan putihnya pasir pantai menghasilkan kombinasi seni terbaik dari alam.

Pulau ini tidak dihuni manusia, karena menjadi kawasan bentang alam untuk konservasi penyu. Ada banyak telur-telur penyu yang tersembunyi di pasir pantai, sehingga pengunjung perlu berhati-hati.

Lokasi: Pulau Penyu, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

3. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Image Credit: Wego.co.id

Danau dengan background pegunungan yang mengingatkan pada panorama Ranukumbolo di Semeru ini juga ada di Jambi. Danau Gunung Tujuh membentang di kaki area Gunung Tujuh yang kerap dijadikan destinasi memuncak para petualang.

Eksotisme airnya yang biru sempurna sangat memanjakan mata. Berada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl, udara di sekitar danau ini terasa sejuk. Bagi Anda para pecinta hiking dan trekking, danau ini wajib dikunjungi.

Lokasi: Pelompek, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

4. Air Terjun Pancoran Rayo

Air Terjun Pancoran Rayo

Image Credit: Youtube.com (Dhogy Kincay)

Air terjun alami dengan ketinggian kurang lebih 150 meter ini konon dikatakan sebagai air terjun paling tinggi seantero Sumatera. Bertempat di wilayah perbukitan yang cukup jauh dari kota, Untuk menuju air terjun ini Anda harus melalui jalur trek yang cukup menantang.

Gemuruh air yang jatuh dari ketinggian dan pecah di batuan menghasilkan melodi alam yang menenangkan. Berpadu dengan nuansa asri yang masih sangat terasa dari alam sekitar, air terjun ini sangat cocok dijadikan tempat melepaskan stres paling ampuh.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Lokasi: Jl. Pulau Tengah, Dusun Baru P. Tengah, Kec. Keliling Danau, Kab. Kerinci.

5. Jambi Paradise

Jambi Paradise

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Jambi Paradise adalah sebuah zona wisata semi buatan yang didirikan di atas lahan seluar empat hektar. Di tempat ini ada beragam keseruan yang bisa dinikmati bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Ketika akhir pekan tiba, tempat ini pun akan ramai oleh pengunjung.

Anda bisa menikmati wahana seru dan menantang seperti flying fox, naik perahu, dan masih banyak lainnya. Anda pun bisa berburu spot foto menarik yang instagenic di tempat ini. jika sudah lelah berkeliling, Anda boleh bersantai sebentar sambil menikmati kuliner yang dijual di sana.

Lokasi: Simpang Acai, Kebon IX, Kec. Sungai Gelam, Kota Jambi.

6. Jembatan Pedestrian

Jembatan Pedestrian

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Jembatan Pedestrian ibarat ikon wisata Kota Jambi. Jembatan ini paling cocok dinikmati keindahannya ketika malam hari. Dengan lampu yang memancarkan cahaya mengisi kegelapan, jembatan ini bersinar di atas sungai terpanjang di Jambi.

Jembatan dengan panjang sekitar 540 meter ini menjadi tongkrongan favorit muda-mudi serta keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama di akhir pekan. Di salah satu spot, terdapat banyak penjual makanan yang bisa dinikmati oleh pengunjung dengan harga bersahabat.

Lokasi: Kasang, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi.

7. Danau Sipin

Danau Sipin

Image Credit: Wisatasumatera.com

Jambi juga memiliki bentang alam berupa danau, yakni salah satunya Danau Sipin. Bagi Anda yang menginginkan ketenangan untuk rehat dari hiruk-pikuk keramaian, tempat ini bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi.

Hamparan air danau yang beriak tenang sejauh mata memandang sangat menenangkan. Anda bisa memancing, berlayar dengan perahu nelayan setempat, hingga menikmati sajian kuliner hasil olahan ikan nila yang khas Danau Sipin.

Lokasi: Jl. Ade Irma Suryani Nasution, Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi.

8. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi

Image Credit: Pegipegi.com

Jambi juga meninggalkan saksi bisu masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Candi Muaro Jambi salah satunya. Ditemukan pada 1820 dalam bentuk reruntuhan, candi ini kemudian selesai dipugar hingga tahun 1975.

Pada kawasan Candi Muaro terdapat peninggalan sejarah lain berupa peralatan rumah tangga yang digunakan oleh para biksu zaman dulu. Tempat ini juga menjadi saksi hubungan kekerabatan antara bangsa Cina dengan pihak kerajaan di masa dulu.

Lokasi: Desa Muara Jambi, Kec. Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi.

9. Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun

Image Credit: Pesonaindonesia.kompas.com

Air Terjun yang berada di kawasan Gunung Kerinci ini telah ditemukan sejak 1995, meski demikian keasriannya masih tetap terjaga. Air terjun ini memiliki panorama eksotis yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Air terjun ini bahkan dijuluki surga tersembunyi dari Jambi, berkat keindahan alamnya yang paripurna. Kawasan yang masuk ke dalam area konservasi Taman Nasional ini bisa ditempuh dengan mendaki trek alami yang berada di balik lebatnya hutan.

BACA:  19 Tempat Wisata di Belitung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Kemulun, Kec. Danau Kerinci, Kab. Kerinci.

10. Menara Gentala Arasy

Menara Gentala Arasy

Image Credit: Traverse.id

Menara setinggi 80 meter ini juga menjadi ikon Kota Jambi yang menjadi kebanggan masyarakat. Menara ini memiliki lonceng unik yang akan berbunyi sebagai penanda waktu sholat tiba.

Di kawasan menara bisa dijumpai banyak kedai yang menjual aneka kuliner khas. Camilan andalan yang bisa dinikmati sembari bersantai adalah jagung bakar serta ayam bakar. Semua bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Lokasi: Arab Melayu, Kec. Pelayangan, Kota Jambi.

11. Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Perkebunan teh dapat menjadi alternatif wisata yang menyenangkan. Hamparan hijau perkebunan yang memanjakan mata beserta hawa sejuk khas pegunungan membuat siapa saja betah berlama-lama.

Kebun Teh Kayu Aro yang memiliki luas lebih dari 3.000 hektar ini berada di kaki Gunung Kerinci. Anda bisa berjalan-jalan menjelajahi kebun teh sembari menyapa penduduk setempat yang ramah. Anda pun bisa mengabadikan momen dengan berfoto di setiap sudut tempat.

Lokasi: Desa Sungai Jernih, Kec. Gunung Tujuh, Kab. Kerinci.

12. Tanggo Rajo

Tanggo Rajo

Image Credit: Ksmtour.com

Tempat ini serupa dengan Alun-Alun Kapuas yang menampakkan eksotisme kepulauan Jambi berpadu wisata lokal. Sepanjang pesisir perairan, Anda bisa menyaksikan hamparan laut dan sungai yang memukau.

Pada waktu-waktu tertentu tempat ini akan didominasi oleh para pemancing dari dalam dan luar daerah. Selain itu, Anda pun dapat merasakan kuliner lokal yang khas. Ada banyak sekali kedai penduduk serta warung-warung yang menyajikan makanan bercita rasa lezat.

Lokasi: Jl. Sultan Thaha No.15, Kasang, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi.

13. Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar

Image Credit: Trepelin.com

Air terjun satu ini terletak di kawasan yang masih sangat alami. Nuansa sekitar masih terasa asri, membuat Anda betah berlama-lama. Guyuran air terjun yang menjulang dari ketinggian memberikan kesegaran tersendiri untuk menjernihkan pikiran.

Di kaki air terjun terdapat kolam dan sungai kecil diselingi bebatuan yang bisa digunakan untuk bermain air. Banyaknya pepohonan rimbun di kiri dan kanan air terjun memberikan hawa sejuk yang membuat siapapun tak ingin berpaling dari sana.

Lokasi: Renah Sungai Besar, Kec. Limbur Lubuk Mengkuang, Kab. Bungo.

14. Museum Negeri Jambi

Museum Negeri Jambi

Image Credit: Dictio.id

Jambi juga mempunyai wisata budaya yang amat penting, yakni Museum Negeri Jambi. Di tempat ini Anda bisa belajar seluk-beluk sejarah beserta mencermati peninggalan-peninggalan yang ada, mulai dari perabot rumah tangga suku Jambi, pakaian adat, dan sebagainya.

Beragam peralatan kehidupan suku Jambi yang kaya kearifan lokal dipamerkan di museum ini. Anda bisa belajar dengan panduan petugas yang ada di sana. Adapun museum ini sangat mudah diakses serta tidak menerapkan biaya mahal bagi pengunjung yang hendak mampir.

Lokasi: Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Kec. Telanaipura, Kota Jambi.

15. Taman Mini Jambi

Taman Mini Jambi

Image Credit: Wikipedia.org

Kompleks wisata satu ini didesain sebagaimana kawasan Taman Mini di Jakarta, atau dapat disebut juga replikanya. Bertempat di pusat kota yang mudah diakses, tempat ini bisa menyajikan sejumlah informasi kebudayaan yang menarik untuk diketahui.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Taman Mini ini masih satu paket dengan Taman Rimba yang keduanya berada di tanah dengan luas 18 hektar. Anda bersama keluarga dan anak-anak bisa belajar tentang alam dan kebudayaan dari tempat ini.

Lokasi: Sungai Lilin, Kec. Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo.

16. Air Terjun Tegan Kiri

Air Terjun Tegan Kiri

Image Credit: Tempatwisata.pro

Satu lagi air terjun di Jambi yang menawarkan keindahan paripurna panorama alam. Air Terjan Tegan Kiri memiliki ketinggian kurang kurang 10 meter, dengan pepohonan dan hutan di sekitarnya menciptakan udara segar.

Lokasinya yang tergolong mudah dijangkau membuat air terjun ini sering dikunjungi pada akhir pekan. Anda dapat bermain-main di air yang jernih dan sejuk. Selain itu, bisa juga berfoto ria dengan gambar latar panorama asri yang menakjubkan.

Lokasi: Rantau Pandan, Kec. Rantau Pandan, Kab. Bungo.

17. Danau Kaco

Danau Kaco

Image Credit: Kumparan.com

Danau Kaco hidup dengan legenda yang unik dan sarat akan kearifan lokal. Pengunjung yang mampir ke danau ini pun dijamin terpukau dengan keindahan panorama alamnya yang menakjubkan.

Di danau biru yang cantik ini, Anda bisa merasakan sejuknya udara khas pegunungan. Daya tarik utama danau ini adalah bisa mengeluarkan sinar terang ketika malam tiba, terutama pada saat bulan purnama. Keindahan cahayanya akan terpantul di permukaan danau yang jernih.

Lokasi: Dusun Baru Lempur, Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci.

18. Taman Telun Berasap

Taman Telun Berasap

Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Taman Telun Berasap terdiri dari kawasan air terjun setinggi 50 meter dan konservasi yang masih menjadi bagian dari Gunung Kerinci.

Di tempat ini Anda bisa menikmati semilir kabut yang terasa dingin serta menyaksikan jatuhnya air menimpa bebatuan yang menimbulkan bunyi alami menenangkan. Kawasan sekitarnya masih berupa hutan lebat, butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke sini.

Lokasi: Desa Telun Berasap, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

19. Pasar Keramik Sitimang

Pasar Keramik Sitimang

Image Credit: Tribunnews.com

Jika Anda mempunyai kegemaran mengoleksi keramik, maka pasar ini ibarat surga yang tak ingin ditinggalkan. Bertempat di kawasan perkotaan Jambi, pasar keramik yang dinamakan Sitimang telah berdiri sejak 1980an untuk menyediakan berbagai koleksi keramik unik.

Di Sitimang Anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan keramik dari berbagai jenis, mulai dari keramik peralatan rumah tangga hingga koleksi terbatas keramik China yang telah berusia puluhan hingga ratusan tahun.

Lokasi: Jl. Doktor Wahidin, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi.

20. GeoPark Merangin

GeoPark Merangin

Image Credit: Ngeksplore.com

Kawasan GeoPark Merangin yang terletak di pegunungan ini menjadi area arung jeram dan olahraga alami yang cukup menantang. Bagi Anda yang senang dengan jenis olahraga ekstrim dapat mencoba trek di tempat ini.

Adapun di Merangin juga didapati fosil binatang dan tumbuh-tumbuhan yang telah berusia lebih dari 350 juta tahun. GeoPark bisa menjadi tempat menambah ilmu sekaligus bermain yang seru dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Air Batu, Kec. Renah Pembarap, Kab. Merangin.

Itulah 20 tempat wisata menarik yang terdapat di Jambi dan wilayah sekitarnya. Corak ragam kebudayaan serta kekayaan alam di Jambi, membuatnya setiap tahun selalu menjadi langganan pelancong lokal hingga turis dari luar daerah.