Pulau Galang Batam

Pulau Galang salah satu destinasi wisata kaya pesona di Batam, Kepulauan Riau, bekas tempat pengungsian warga Vietnam. Pulau yang memiliki beragam destinasi hits yang menarik dieksplor saat liburan.

Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi yang ada di perbatasan Indonesia. Daerah ini memang secara langsung berdampingan dengan negara tetangga, yakni Singapura, pada perairannya. Terdapat banyak pulau yang memiliki panorama indah sehingga layak dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya yaitu Pulau Galang.

Pemandangan yang ditawarkan di pulau tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Dengan bentukan alamnya yang elok, tempat tersebut menjadi tujuan yang pas untuk wisatawan yang hendak mencari destinasi yang cukup berbeda dari kebanyakan tempat wisata pada umumnya.

Pulau Galang juga mempunyai berbagai sarana umum yang nampak seperti bangunan yang ada di luar negeri. Mengunjunginya maka akan memberikan kesan berada di negara lain. Hal tersebutlah yang banyak dicari orang ketika ingin singgah ke sana. Tempat ini juga seringkali dipakai sebagai lokasi yang bagus untuk melakukan pengambilan gambar dengan latar belakang yang keren.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Galang

Daya Tarik Pulau Galang
Image Credit: Facebook.com @glorymelurbatam

1. Eksotisnya Pantai Vio Vio

Pantai ini merupakan hamparan pasir putih yang berada di dekat perairan yang tenang di sekitar pulau tersebut. Dengan kondisi tersebut, pengunjung tidak perlu ragi ketika memutuskan untuk mengunjunginya manakala mereka berada di salah satu bagian dari Kota Batam ini. Ketenangan airnya tersebut menjadikannya ramah bagi berbagai orang, terutama anak kecil.

Jangan ragu untuk menikmati sejuknya air laut yang ada di pantai yang satu ini. Bahkan lebih dari itu, wisatawan yang berkunjung ke sana juga juga bisa melakukan beragam jenis aktivitas seperti snorkeling ataupun menyusuri keelokan bentangan alam di bawah permukaan airnya dengan diving.

Panoramanya memang tidak hanya tersaji apik pada permukaan tanahnya. Namun jauh di dalam lautnya, menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa, lain halnya dengan tempat-tempat wisata serupa. Hal inilah yang membuatnya banyak diminati masyarakat. Berlibur ke sana merupakan sebuah paket lengkap dalam menikmati setiap detik waktu yang dihabiskan.

2. Menilik Indahnya Pantai Melur

Pulau Galang ini meskipun hanya sebagai satu kecamatan yang ada pada Kota Batam, namun ternyata memiliki garis pantai yang cukup panjang. Di sana terdapat destinasi pantai lain yang disebut dengan Melur. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Pantai Vio Vio, tempat berikut juga menawarkan pemandangan apik dengan putihnya pasir yang terhampar beserta dengan lautan yang tenang.

Namun, perbedaan paling mencolok ada pada luasnya hamparan pasir yang ada di sana. Di sana, pasir yang membentang melebar dari batas dengan air laut dan daratan yang keras. Itulah sebabnya, pengunjung bisa memiliki area bermain pasir yang lebih luas daripada pantai lainnya. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakannya sebagai tempat untuk berjemur ataupun kegiatan yang lain.

BACA:  35 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Meskipun begitu, pantai ini terbilang pendek. Pasir yang ada di sana tidak panjang membentang menghadang ombak laut yang menerpa. Area ini banyak dipakai pengunjung yang menginginkan suasana syahdu dan tidak banyak gangguan. Pasangan yang berbulan madu seringkali menjadi pengunjung yang singgah ke sana.

3. Mengunjungi Anggunnya Pantai Mirota

Pantai ini tidak jauh dari destinasi lain dari Pulau Galang. Tidak hanya aksesnya yang mudah, namun juga karena banyak fasilitas yang dibuat untuk melayani pengunjung yang berwisata. Bagi turis yang membawa anak kecil, terdapat sarana bermain untuk si kecil. Banyak tumbuhan yang hidup di sana juga menambah cantiknya penampilan dari luar.

Daya Tarik dari Pulau Galang
Image Credit: Facebook.com @glorymelurbatam

4. Singgah Sejenak ke Pantai Cakang

Pantai ini menghadap ke sisi di mana matahari tenggelam. Dengan begitu, tentu tempat ini sangat menjanjikan untuk menjadi satu dari beberapa tujuan yang dipilih. Berbeda dari lokasi wisata sebelumnya, pasir di sana berwarna hitam dan berwarna agak hijau. Pun demikian, objek wisata tersebut tidak akan mengecewakan siapapun yang singgah ke sana.

5. Menengok Sejarah Kampung Vietnam

Tempat ini bisa diumpamakan seperti “Suriname” yang ada di Indonesia. Dahulu, tempat ini merupakan pemukiman ini yang dipenuhi oleh orang-orang keturunan negara Vietnam. Seperti yang telah diketahui bahwa pada tahun 70-an terdapat perang pada negara tersebut. Pulau Galang lantas dipilih sebagai penampungan masyarakat yang harus mengungsi.

Sejarah di sana dijaga dengan cukup baik oleh otoritas terkait. Bisa ditemukan museum yang menampilkan bagaimana area tersebut terbentuk. Kapal yang dahulu dipakai untuk mengangkut para pengungsi. Meskipun terletak cukup jauh dari jantung Kota Batam, namun kampung ini tetap memiliki nilai tersendiri dan sudah menjadi ciri khas paling terkenal dari pulau ini.

Meskipun para pengungsi sudah dikembalikan ke negara asalnya ketika perang usai, namun tetap saja peristiwa tersebut menyisakan beberapa hal. Terdapat makam penduduk Vietnam dahulu serta patung sebagai bentuk kemanusiaan lantaran adanya kejadian pemerkosaan perempuan belia oleh sesama pengungsi.

Dengan peristiwa tersebut, tempat ini meninggalkan cerita mistis yang memang selalu menyelimuti objek tersebut. Namun, justru karena itu semakin ramai orang berduyun-duyun mendatanginya karena penasaran dengan hawa mistiknya. Karena kondisi di sana relatif sepi, maka mendukung kesan misterius dan terus berlanjut pula anggapan objek tersebut yang cukup “menyeramkan”.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Galang

Alamat Pulau Galang
Image Credit: Instagram.com @gita.petrimalia

Sebenarnya pulau wisata ini masih merupakan bagian dari Kota Batam. Untuk mencapainya bisa dilalui dengan beberapa jalur dan juga beberapa titik di sekitarnya. Waktu tempuh untuk menjangkaunya tergantung dari lokasi awal perjalanan dan pastinya moda transportasi yang dipakai.

BACA:  22 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Meskipun sebagain besar harus memaki transportasi air, namun ada sebuah jembatan yang menghubungkannya dengan daratan terdekat. Jika ingin melalui jembatan tersebut, maka pengunjung harus terlebih dahulu berada di kawasan Bandar Udara Hang Nadim.

Ambil jalur yang mengarahkan tepat menuju ke Jalan Ahmad Yani. Setelah itu, lalui jalur tersebut hingga sampai ke persimpangan dengan jalan Letjend Suprapto. Ambil jalan tersebut hingga melewati jembatan yang dimaksud. Kalau sudah melalui jembatan ini, maka akan secara langsung berada di Pulau Galang. Lama perjalanan tersebut jika dijumlahkan bisa mencapai kurang lebih 1.5 jam.

Lain halnya jika pengunjung berasal dari Sekupang. Wisatawan harus melalui jalan R.E Martadinata dan akhirnya tiba di jalur Diponegoro. Hingga akhirnya lewat melalui jalur Suprapto dan secara langsung berada di Jembatan penghubung menuju ke pulau tersebut.

Untuk berada di pulau tersebut, memang tidak dipatok biaya tertentu agar bisa mengunjunginya. Namun, jika turis ingin menikmati beberapa fasilitas yang disediakan tentu perlu membayarnya. Inilah yang menjadi keunggulan lain dari platform tersebut. Tidak perlu tarif yang mahal agar dapat bersenang-senang dengan bermacam hal di lokasi ini.

Pengunjung bisa menggunakan transportasi bus di sana. Biaya yang diperlukan jika menggunakan ini yaitu kurang lebih sebanyak Rp 30.000. jika sudah, maka perjalanan yang ditempuh akan dilanjutkan dengan memakai jasa ojek online. Total pengeluaran yang perlu diberikan sekitar kurang lebih 100.000 rupiah.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Galang

Kegiatan di Pulau Galang
Image Credit: Facebook.com @glorymelurbatam

1. Menikmati Keindahan Pantainya

Dengan adanya beberapa pantai di pulau yang terbilang kecil ini, maka melakukan aktivitas ini tentu menjadi sesuatu yang harus dilakukan. Turis yang datang bisa menyusuri indahnya pasir putih yang ada di banyak tempat di pulau itu. Selain itu, ketika air laut tidak pasang maka pihak pengelola memperbolehkan untuk menikmati panoramanya lebih dalam lagi.

Selain itu, pada banyak pantai di sana juga memiliki aneka vegetasi yang hidup. Pepohonan hijau yang rindang membuatnya nampak semakin apik dan cantik untuk dinikmati. Hal ini juga dapat menjadi sebuah alternatif wisata bahari lainnya yang bagi para pengunjung di sisi utara Indonesia.

2. Melihat Momen Terbenamnya Mentari

Pada salah satu pantainya, menghadap langsung ke arah di mana matahari terbenam. Dengan begitu, menikmati bagaimana proses turunnya sang surya memang menjadi aktivitas menarik tersendiri. Warna yang ditampilkan begitu cantik menghiasi Langit dan juga akhirnya memantul oleh cerminan air laut sehingga menimbulkan keunikan dari tempat tersebut.

BACA:  Indahnya Pantai Reviola, Destinasi Pantai Pasir Putih di Barelang Batam

3. Menjelajahi Pesona Bawah Laut Pulau Galang

Di sana pengunjung tidak hanya bisa menikmati air lautnya hanya dengan berenang saja. Namun, berbagai hal bisa dilakukan dan memang terdapat tempat untuk menyewa segala peralatannya di sana. Beberapa kegiatan seperti diving memang menjadi keharusan tersendiri mengingat kenampakan dasar lautnya juga rugi kalau dilewatkan.

Terumbu karang di sana masih nampak cukup indah untuk, setidaknya untuk menjadi latar belakang dari potret foto. Pengelola pulau tersebut menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan untuk melakukan penyelaman sehingga tidak perlu repot-repot membawanya sendiri dari rumah ataupun tempat lainnya.

Kegiatan Pulau Galang
Image Credit: Facebook.com (Deddy Yoga)

4. Mengambil Trip ke Kampung Vietnam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ikon utama dari pulau tersebut adalah perkampungan yang dahulu ditempati oleh pengungsi negara Vietnam ketika dulu terjadi perang saudara. Menjelajahi tempat tersebut menjadi aktivitas menarik karena bisa mendapatkan beberapa peninggalan yang masih dijaga. Selain itu, dengan maraknya isu-isu mistis juga menjadikannya semakin menarik.

5. Mengambil Foto di Berbagai Spot Keren

Inilah aktivitas yang sangat wajib karena membuat kenangan dengan mengabadikan momen akan membuat liburan menjadi semakin sempurna. Pengunjung bisa menjadikan berbagai tempat di sana sebagai latar belakang apik dari gambar yang diambil. Hampir seluruh titik pulau itu cocok untuk menjadi latar belakangnya.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Galang

Penginapan Pulau Galang
Image Credit: Sbsresort.co.id

1. SBS Resort

Penginapan ini terletak tidak jauh dari Kampung Vietnam dan mempunyai beragam fasilitas mewah. dengan lokasinya yang strategis, pengunjung bisa mudah untuk mengaksesnya serta bepergian ke beragam tempat dari sana. Biaya sewanya memang cukup tinggi lebih dari 1.5 juta tiap malamnya.

2. Kelong Almira

Dengan biaya dua kali lebih murah dari tempat sebelumnya, membuat tempat ini rekomendasi menghabiskan malam bagi para pengunjung. Terdapat restoran dan fasilitas koneksi wifi bagi para tamu.

3. Morelo Kelong Resort

Mengusung tema tradisional, penginapan berkelas atas ini dibekali oleh fasilitas yang lengkap dan mumpuni. Tarif sewanya memang cukup tinggi namun hal itu selaras dengan apa yang nantinya didapatkan oleh mereka ketika bermalam di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Galang Batam

Fasilitas Pulau Galang Batam
Image Credit: Google Maps (Dikdok B)

Pada setiap destinasi di sana sudah dilengkapi dengan sarana lengkap seperti adanya toilet, restoran, hingga tempat untuk melepas rasa lelah. Ada pula penginapan dan fasilitas lainnya yang memudahkan pengunjung dalam berekreasi ke pulau ini.

Pulau Galang memang menjadi ikon unik Kota Batam, Kepulauan Riau dan menjadi tujuan yang tepat untuk liburan. Bulan madu ataupun sekadar liburan kecil bersama kerabat menjadi semakin sempurna dilakukan di pulau ini.