Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kutapohaci, Kec. Ciampel, Kab. Karawang, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Karawang terkenal dengan lahan suburnya. Di sana ada Bendungan Walahar yang menjadi sumber utama pengairan sawah dan ladang di dua Kecamatan, yaitu Ciampel dan Klari. Selain itu, tempat tersebut bukan hanya digunakan untuk mengontrol air, namun kini menjadi sebuah tempat yang unik dan menarik untuk dijadikan liburan bersama teman atau keluarga.

Tempat ini sudah ada sejak zaman Belanda, sekitar 100 tahun yang lalu, namun tidak hilang di telan zaman. Kini, tempat tersebut menjadi sebuah destinasi wisata dengan berbagai daya tariknya, dan dapat digunakan untuk melakukan aktivitas yang asyik dan menarik. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengulas informasi penting yang mungkin belum anda ketahui mengenai bendungan tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Bendungan Walahar

Daya Tarik Bendungan Walahar
Image Credit: Google Maps fajar triono

Sesuatu yang biasa akan menjadi luar biasa ketika dikelola secara profesional, kreatif dan inovatif. Dengan hal tersebut akan memberikan ciri khas tersendiri. Seperti halnya Bendungan Walahar, saat ini telah memiliki berbagai daya tarik yang dapat membuat orang ingin berkunjung ke tempat tersebut. Berikut beberapa ulasan yang bisa menjadi informasi buat anda!

1. Sejarah Pembangunan Bendungan Walahar

Sebagai generasi penerus bangsa, menjadi sebuah kewajiban untuk menjaga, merawat dan melestarikan tempat atau bangunan bersejarah. Jangan pernah melupakan sejarah, itulah pesan yang disampaikan oleh para pendiri bangsa. Salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Karawang ini memiliki sejarah pembangunan yang panjang dan berliku.

Keberadaan tempat tersebut sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, yaitu lebih dari seratus tahun yang lalu. Kabupaten Karawang merupakan daerah yang subur, sehingga menjadi daerah favorit dan tulang punggung penyedia lumbung padi pada zaman Belanda. Oleh karena itu, pada tahun 1918, Pemerintah Belanda berinisiatif membuat sebuah bangunan yang besar dan kokoh.

Tujuan pembangunan tersebut untuk digunakan sebagai tadah hujan dan saluran irigasi sawah serta ladang. Maka dibuatlah Bendungan dengan memanggil ahli perairan dari Belanda, dan saat itu bendungan tersebut diberi nama Parisdo, kini bernama Bendungan Walahar. Dalam perjalanannya, tempat ini memiliki sejarah pembangunan yang patut dibanggakan, karena masih berdiri kokoh hingga saat ini dan bermanfaat bagi masyarakat.

Bendungan ini mulai berfungsi pada tahun 1925 dan sempat dilakukan renovasi tahun 1989, serta final perbaikannya saat tahun 2009. Sejarah panjang tersebut menjadikan tempat ini sebagai bendungan yang sangat vital dalam mengontrol debit air sungai Citarum. Hal inilah yang menjadi daya tarik tempat tersebut.

2. Tembok Cina Karawang

Tembok Cina merupakan salah satu keajaiban dunia yang memiliki bangunan kokoh dan rapi. Begitu juga dengan Bendungan Walahar, konstruksi nya solid, tertata sangat cantik dan eksotik. Sedangkan bentuknya sangat mirip dengan bangunan yang ada di Cina, sehingga tempat ini mendapat julukan Tembok Cina Karawang.

Bukan sesuatu yang berlebihan, karena berbagai hiasan yang ada di sana, seperti atap pada bangunan yang dibuat sangat mirip dengan istana kaisar. Ada juga gambar naga dan beberapa hiasan lainnya yang identik Cina. Oleh karena itu, tempat ini merupakan peninggalan Belanda dengan nuansa seperti Cina

3. Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Cantik

Menikmati Sunset atau Sunrise di pantai merupakan hal yang biasa dan sudah banyak orang melakukannya. Namun, melihat pemandangan sunset dan sunrise yang Cantik dengan suara air yang bergemuruh jatuh dari palang bendungan adalah sebuah hal yang bisa menghilangkan lamunan. Aktivitas menarik ini bisa dilakukan, kapan pun yang di inginkan, karena tempat ini buka 24 jam nonstop.

Wisatawan bisa melihat Sunset dan Sunrise saat berada di Bendungan Walahar. Tempat ini memiliki spot yang eksotik untuk menyaksikan matahari terbit dari arah Timur dan tenggelam ke arah Barat. Salah satu daya tarik inilah yang menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun domestik.

Daya Tarik Dimiliki Bendungan Walahar
Image Credit: Google Maps Himawan Setiyo

4. Pusat Sungai Citarum

Pada zaman Belanda, sungai Citarum memiliki sejarah yang panjang dan menghebohkan. Saat jalur darat memiliki risiko tinggi untuk jalur perdagangan, maka sungai ini menjadi alternatif para pedagang sebagai jalur transportasi. Saat ini, Bendungan Walahar menjadi Pusat Sungai Citarum, dimana bendungan tersebut tempat terakhir dari perjalanan air dan menjadi kontrol utama debit air yang ada di sana.

Selain itu, tempat ini menjadi daya tarik tersendiri, karena ada beberapa level air yang mengalir sesuai dengan fungsinya. Ada air yang mengalir untuk irigasi sawah, ada air yang mengalir ke bendungan kecil dan mengalir hingga menuju ke laut.

5. Jembatan Unik dan Klasik

Selain sebagai pusat sungai Citarum, bendungan ini juga memiliki daya tarik lain, yaitu adanya Jembatan Unik dan Klasik yang menjadi penghubung antar dua Kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang. Dua Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Klari dan Kecamatan Ciampel. Selain itu, pemandangan alam di sekitar jembatan seperti sawah yang hijau, asri, udara sejuk dan segar, gemuruh air yang eksotik, menjadi menarik untuk di dokumentasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bendungan Walaha
Image Credit: Instagram Sri Hartati Sri Hartati

Jika anda dan keluarga ingin berkunjung, letak Bendungan Walahar berada di Kelurahan Walahar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Bagi wisatawan yang melakukan perjalanan dari Jalan Raya Klari atau Jalan Raya Pantura, jarak yang ditempuh hanya 8,4 km, sedangkan waktu yang dibutuhkan Cuma 18 menit saja.

Sangat dekat dan mudah dicari, karena tempat wisata ini strategis. Namun bagi wisatawan domestik, lewat Tol Jakarta – Cikampek, keluar tol menuju bekas Pabrik Texmaco. Dari pabrik tersebut, lokasi bendungan tidak jauh lagi dan anda bisa melihat papan petunjuk yang ada di beberapa titik hingga tiba di sana.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bendungan Walahar
Image Credit: Google Maps bagus hendri setyawan

Meski tempat wisata Bendungan Walahar banyak dikunjungi wisatawan, namun tiket masuk untuk ke lokasi tersebut tidak dipungut biaya. Akan tetapi, hanya membayar retribusi parkir motor sebesar Rp. 5.000 dan Mobil hanya Rp. 10.000.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin menggunakan fasilitas sepeda air, maka biaya sewa hanya Rp. 20.000. Tempat ini buka mulai hari Senin hingga Minggu, tidak ada hari libur dan buka 24 jam. Bagi wisatawan yang ingin melihat Sunset atau Sunrise, bisa mendatangi tempat tersebut setiap saat, setiap waktu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bendungan Walahar

Aktivitas di Bendungan Walahar
Image Credit: Google Maps Deny Maulana Malik

Sebuah bendungan yang diperhatikan dan dikelola dengan serius, maka akan memiliki daya tarik dan bisa digunakan untuk melakukan aktivitas seru di sana. Beberapa aktivitas menarik yang asyik di lakukan, baik sendiri, bersama teman atau keluarga adalah sebagai berikut!

1. Memancing

Salah satu aktivitas yang membutuhkan kesabaran tinggi yaitu memancing, kegiatan ini juga dapat melatih kesabaran dalam hal menunggu. Bendungan Walahar merupakan tempat yang cocok bagi wisatawan yang memiliki hobi tersebut, karena di sana terdapat banyak ikan besar.

Sambil menunggu umpan disambar, menghirup udara sejuk dan segar dengan panorama alam yang indah, membuat memancing tidak begitu terasa setiba senja menyapa. Siapkan pancing dan umpan dari rumah, sebab di lokasi tidak ada yang menjual alat tersebut.

2. Bersantai di Sekitar Bendungan

Selain memancing, aktivitas menarik lainnya adalah bersantai di sekitar bendungan sambil minum kopi atau teh panas. Melihat wisatawan lain yang sedang beraktivitas, menatap dan mendengar air yang berlomba turun dari palang pintu bendungan menjadi aktivitas yang asyik dan menarik penghilang penat dan menyejukkan pikiran.

Aktivitas Menarik di Bendungan Walahar
Image Credit: Google Maps Aralim Yuyuni

3. Nongkrong di Café Sekitar Bendungan

Saat nongkrong membutuhkan suasana baru untuk menyegarkan pikiran, Bendungan Walahar menjadi tempat nongkrong yang asyik dengan pemandangan eksotik dan udara bersih dari polusi pabrik.

Saat berkunjung bersama keluarga dan mereka masih menikmati aktivitasnya, menunggu sambil nongkrong di café sekitar bendungan menjadi hal yang menyenangkan. Berkenalan dengan warga lokal sambil ngobrol sejarah bendungan dan obrolan lain tentu merupakan aktivitas yang menarik dan bisa menambah teman.

4. Serunya Sepeda Air di Bendungan Walahar

Apabila semua aktivitas diatas masih belum bisa memuaskan liburan anda, silahkan mencoba sensasi seru sepeda air di bendungan. Tidak banyak bendungan lain yang menyediakan wahana permainan ini. Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan yang tidak datang dua kali. Akan tetapi tentu ada biaya yang harus anda keluarkan sesuai dengan yang telah disebutkan diatas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bendungan Walahar
Image Credit: Google Maps Syamsul Arifin

Tempat wisata ini hanya sebuah bendungan buatan, sehingga belum memiliki fasilitas pendukung yang lengkap. Namun tidak mengurangi daya tarik yang ada dan masih banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bendungan Walahar. Adapun beberapa fasilitas yang ada di sana adalah lahan parkir. Lahannya cukup luas dan keamanan dijamin, karena ada petugas yang jaga di tempat tersebut.

Selain itu, ada juga Gazebo, untuk wisatawan yang ingin santai sambil berselonjor, menunggu keluarga yang sedang bermain dan menghilangkan rasa penat yang menghinggapi. Ada juga jembatan, untuk fasilitas warga lokal atau wisatawan yang menggunakan akses jalan dari satu Desa atau Kecamatan menuju Desa atau Kecamatan lain.

Dengan berlibur ke Bendungan Walahar di Karawang bisa dilakukan kapan saja tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Liburan sekaligus mencari hiburan bisa dilakukan di tempat tersebut, karena tempat ini memiliki berbagai area menarik untuk tempat foto selfie atau foto bersama. Bendungan ini cocok untuk berbagai usia, mulai anak kecil, remaja, hingga dewasa.