Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah anda menghabiskan liburan di Jawa Barat? Jika iya, maka jangan sampai lewatkan mengunjungi objek wisata Situ Wanayasa di Purwakarta. Dengan keindahan alam yang masih asri, tempat ini menawarkan berbagai macam pesona yang membuat siapa saja ketagihan melihatnya. Pengunjung juga bisa menikmati aktivitas seru sambil menyantap hidangan lezat di sekitaran danau. Yuk intip ulasan lebih detailnya seperti berikut ini.

Mengenal Danau Cantik di Purwakarta

Mengenal Danau Cantik di Purwakarta
Image Credit: Instagram Deni Image

Ketika berkunjung ke Jawa Barat, maka tak afdol jika tidak mengunjungi objek wisata alam yang menawan. Salah satu yang bisa anda kunjungi untuk menikmati waktu liburan seru yaitu Situ Wanayasa. Di tempat ini, anda akan disuguhi dengan sebuah danau yang membentang luas dan letaknya ada di sebuah pulau.

Selain keunikan tersebut, ternyata anda juga bisa menemukan hal menarik lainnya yaitu sebuah makam tua. Konon katanya, ada sebuah makam seorang pejuang yang cukup legendaris yaitu R.A Suriawinata. Tokoh ini cukup terkenal karena menjadi salah satu orang yang ikut andil dalam mendirikan Purwakarta.

Di samping menjadi salah satu pendiri kota Purwakarta, ternyata beliau juga pernah menjabat sebagai Bupati Karawang yang ke sembilan. Setelah itu, beliau wafat berkisar tahun 1827 dan di makamkan di sekitar Situ Wanayasa. Karena alasan tersebut, selain menjadi lokasi wisata, tempat ini juga menjadi lokasi berziarah.

Semakin menarik, ada sedikit cerita mengenai asal usul dari danau ini. Kata Situ Wanayasa ini diambil dari kata Wana yang memiliki arti Leuweung atau Hutan. Sedangkan Yasa berasal dari bahasa Sunda didamel lembut yang artinya dijadikan perkampungan. Sehingga arti dari Situ Wanayasa ini merupakan hutan yang dialihfungsikan jadi perkampungan.

Tak hanya itu saja, masih banyak lagi cerita menarik mengenai asal usul situs ini yang banyak dikisahkan bagi sebagian masyarakat setempat. Namun, terlepas dari semua yang diceritakan oleh banyak orang, lokasi yang satu ini tak pernah sepi dari penduduk lokal, bahkan wisatawan luar daerah untuk dijadikan destinasi menarik ketika waktu berlibur.

Selain cerita tersebut, masih banyak kisah misteri dan mitos mitos yang beredar mengenai lokasi yang satu ini. Tak jarang, ada yang mengatakan jika kawasan wisata ini terbilang cukup angker dan penuh kisah mistis. Bukannya malah takut, justru para pengunjung menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk berkunjung menyaksikan kemolekan situ.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Wanayasa

Daya Tarik Situ Wanayasa
Image Credit: Instagram Viiiiiii____

Situ Wanayasa menjadi lokasi yang paling tepat sebagai referensi liburan Jawa Barat, khususnya di daerah Purwakarta yang menyenangkan. Lokasi tersebut memiliki sederet pesona yang sangat menawan dengan pemandangan yang asri karena di sekitaran danau banyak terdapat pepohonan rindang.

Panoramanya semakin elok, sebab terdapat sebuah danau yang cukup membentang luas berlatar belakang Gunung Bungarang yang megah. Tak berhenti sampai di situ saja, pulau yang satu ini juga ditumbuhi dengan deretan pepohonan pinus. Hal inilah yang membuat suasana di sekitar lokasi menjadi lebih sejuk dan segar.

Destinasi ini semakin unik dengan adanya pulau yang ada di bagian tengah situ merupakan makan RA. Suriawinata. Beliau menjadi pendiri Purwakarta sekaligus tokoh Bupati Karawang yang wafat pada tahun 1827. Meskipun terdapat sebuah makam, nuansa di lokasi yang satu ini jauh dari kata seram karena pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan.

Bukan hanya keberadaan pemandangan dan sebah makam tokoh ternama saja yang membuat situ ini berkesan. Sebab ada juga wahana air yang patut dicoba untuk mencoba wahana seru ketika berada di Purwakarta. Lokasi tersebut memang sudah dikembangkan oleh pihak pengelola untuk menunjang aktivitas para pengunjung yang hadir.

Spot wisata ini dikenal sebagai salah satu tempat untuk memancing yang terbaik bagi yang memiliki hobi fishing. Di dalam danaunya, anda akan menemukan beragam ikan yang bisa ditangkap. Belum lagi, di kawasan sekitar Situ Wanayasa juga terdapat beberapa objek wisata alam yang seru untuk dikunjungi yaitu air terjun Cipurut dan juga air panas Ciracas,

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Situ Winayasa
Image Credit: Instagram PURWAKARTA ENDAH

Bagi anda yang berniat untuk mengunjungi lokasi Situ Wanayasa, maka bisa mampir ke alamat Wanasari, Kabupaten Purwakarta. Lokasinya bisa dibilang tidak terlalu dari pusat kota, sehingga memakan waktu yang cukup singkat ketika melakukan perjalanan. Selain itu, para pengunjung juga bisa mengaksesnya dengan mudah menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Bagi anda yang berasal dari luar daerah, maka tak usah khawatir tidak akan segera menemukannya. Sebab, lokasi yang satu ini bisa dibilang cukup terkenal dan tidak jauh dari pusat kota, sehingga anda akan lebih mudah menemukannya. Jika benar benar tidak tahu arah, maka anda bisa mengandalkan bantuan Google Maps.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Situ Wanayasang
Image Credit: Instagram rezaldattalla_07

Berbagai daya tarik yang memukau bisa dinikmati di Situ Wanayasa dengan pemandangan yang menawan. Untuk masuk ke kawasan wisata, anda tidak perlu mengeluarkan biaya karena gratis. Pengunjung yang hadir hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 saja untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 rupiah untuk mobil.

Tak hanya itu saja, pengunjung bisa melihat danau indah ini kapan saja, karena jam operasionalnya sampai 24 jam. Alhasil, bagi wisatawan luar kota tak melewatkan wisata menarik yang satu ini ketika berkunjung ke Purwakarta. Alasan ini juga yang membuat danau ini kerap kali tak pernah sepi oleh pengunjung, meskipun hanya mampir sebentar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Situ Wanayasa

Aktivitas Situ Wanayasa
Image Credit: Instagram PURWAKARTA ENDAH

1. Menikmati Keindahan Sekitar Danau

Seperti yang sudah diketahui, keunggulan Situ Wanayasa terletak pada pemandangan yang indah dan juga cantik, Tak ayal, banyak orang yang datang untuk melepas penat setelah bekerja keras dari kesibukan yang ada. Dengan pemandangan hamparan air yang cukup luas dengan pepohonan hijau yang rimbun, membuat udara yang ada di sekitar lokasi danau jadi sejuk.

2. Berburu Foto

Bagi anda yang suka mengabadikan momen terbaik pada sebuah tangkapan layar, maka akan sulit untuk move on dari kawasan yang satu ini. Sebab, ada banyak sekali spot yang cukup menarik untuk masuk dalam jepretan. Salah satu yang paling populer dari sekian banyak lokasi yang ada yaitu jembatan bambu dengan pemandangan situ yang cukup jelas.

Hasil foto akan jauh lebih menawan ketikan waktu tertentu yaitu menjelang matahari terbenam. Pada saat senja, langit memiliki warna yang cenderung orange untuk membiaskan cahayanya ke air danau yang luas. Belum lagi ada pemandangan di sekitar Situ Wanayasa yang bergerombol membuat hasil tangkapan layar cukup menarik.

3. Melakukan Camping

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di kawasan wisata situ, maka bisa mencoba kegiatan seru yang satu ini. Pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan camping di sekitar lokasi danau. Untuk mencoba kegiatan yang satu in, ada baiknya mempersiapkan berbagai macam perlengkapan sebelum tiba di lokasi.

Aktivitas Menarik di Situ Wanayasa
Image Credit: Instagram Patlot Hideung

4. Mencoba Wahana Permainan Air

Danau yang menjadi destinasi wisata air, tentu memiliki sederet aktivitas seru untuk dinikmati bersama orang tercinta. Karena alasan tersebut, pihak pengelola menyediakan berbagai wahana menarik, seperti perahu bebek untuk digunakan para wisatawan berkeliling melihat danau lebih dekat. Wahana ini dilengkapi dengan penutup kepala untuk melindungi dari sinar matahari.

5. Memancing di Danau

Mengingat lokasi Situ Wanayasa merupakan sebuah danau, maka tak jarang banyak orang yang datang untuk memancing. Hal ini karena danau yang satu ini memiliki berbagai jenis ikan yang cukup melimpah. Sehingga, para pemancing bisa duduk dengan nyaman di sekitar danau sambil menunggu tangkapan ikan.

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka bisa datang ke lokasi dan mencoba kegiatan seru yang satu ini. Namun ingat, jangan lupa untuk membawa kail pancing beserta umpannya ketika ingin melakukan hal tersebut. Apabila ada salah satunya yang tertinggal, kemungkinan anda tidak dapat melakukan kegiatan memancing dengan seru.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Situ Wanayasa
Image Credit: Instagram Patlot Hideung

Demi menunjang berbagai kegiatan yang ada di kawasan wisata Situ Wanayasa, pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas yang cukup mumpuni. Salah satu yang bisa dinikmati yaitu adanya area parkir yang cukup luas untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Sehingga bisa menampung banyak kendaraan, baik jenis roda dua maupun roda empat.

Selain itu, ada juga fasilitas berupa toilet bersih untuk pengunjung yang datang jika ingin menghabiskan waktu seharian di kawasan danau ini. Tak hanya itu saja, pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas berupa mushola lengkap dengan tempat wudhu untuk menunjang para wisatawan yang beragama muslim.

Setelah menghabiskan waktu seharian di sekitaran danau pengunjung bisa memanjakan lidah di tempat makan yang tersedia. Sambil menikmati keindahan pemandangan danau, pengunjung bisa melengkapinya dengan santapan lezat khas Purwakarta. Hidangan yang disajikan pun sangat beragam, mulai dari camilan, makanan berat, hingga minuman.

Ulasan mengenai Situ Wanayasa tersebut bisa menjadi salah satu referensi bagi anda yang sedang mencari tempat wisata indah dan ekonomis di Purwakarta. Sebagai saran, waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi wisata yaitu pagi hari karena udaranya masih sejuk dan lebih terasa segar. Matahari bisa dibilang belum terlalu terik jika anda ingin melakukan berbagai kegiatan seru.