Purwakarta merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam wilayah Jawa Barat. Purwakarta banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena dekat dan memiliki akses tol Purbaleunyi. Sehingga tidak membutuhkan banyak waktu jika ingin pergi kesana.

Purwakarta menghadirkan berbagai pilihan tempat wisata yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi Anda. Mulai dari wisata kota, pegunungan atau pun goa bisa Anda nikmati disana. Dengan kw Purwakarta maka Anda bisa menikmati berbagai hiburan dengan konsep terbaru.

Topologi Purwakarta terdiri dari kebanyakan dataran tinggi yang tentunya memberikan Anda panorama keindahan bagi Anda yang sudah penat dengan keramaian kota yang penuh dengan polusi. Pergi berlibur ke Purwakarta merupakan pilihan yang tepat.

1. Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan
Image Credit: Sportourism.id

Jika Anda ingin berlibur untuk mencari kenyamanan dan keheningan maka datang ke Pasir Langlang Panyawangan. Disana Anda akan disuguhkan alam yang indah dan udara yang sejuk. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai dalam waktu yang lama.

Di sekitar tempat ini juga terdapat hutan dan juga curug yang mengelilinginya. Sehingga ketika Anda bosan bersantai maka Anda bisa mulai mengexplore bagian lain dari tempat wisata ini. Bahkan bagi Anda yang menyukai swafoto tempat ini memiliki berbagai spot foto yang unik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

2. Curug Tilu

Curug Tilu
Image Credit: Youtube.com

Objek wisata ini mempunyai daya tarik berupa kemiripannya dengan Grand Canyon Amerika. Mayoritas kawasan wisata ini masih berupa hutan belantara. Warna hijau alami airnya mendapat perhatian dari para wisatawan.

Sesuai dengan namanya, Curug Tilu memiliki tiga undakan. Dengan membayar tiket masuk sekitar Rp 5.000, Anda mendapatkan paket wisata lengkap seperti menikmati keindahan pesona alam di curug tersebut, berenang, berfoto, bahkan eksplorasi alam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ciririp, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

3. Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta
Image Credit: Instagram @gatotkaca_alona

Sesuai dengan namanya Tempat Wisata di Purwakarta yang satu ini terkenal dengan unsur keromantisannya. Disana Anda akan disuguhkan hamparan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Untuk dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak karena harga masuk ke tempat wisata ini hanyalah sebesar lima ribu rupiah.

Dengan harga yang sangat murah Anda sudah bisa menikmati pemandangan serta bisa berfoto di berbagai sudut tempat wisata ini. Disana juga terdapat beberapa warung kecil yang menjual berbagai makanan. Meskipun murah tetapi tempat wisata ini sudah bisa memanjakan pikiran dan mata Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Desa Wanawali, Wanawali, Kec. Cibatu, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

4. Gunung Lembu

Gunung Lembu
Image Credit: Kaskus.co.id

Gunung ini memiliki ketinggian 792 mdpl dengan suguhan panorama alamnya yang memukau. Jalur pendakian gunung ini cukup menantang bagi para pemula sehingga cocok untuk Anda pendaki pemula yang pemberani.

Fasilitas di objek wisata yang memacu adrenalin ini sudah tersedia fasilitas berupa mushola dan akses air di tempat beristirahat para pendaki yang tersebar di sejumlah pos. Panorama lanskap Waduk Jatiluhur dan Tebing Parang akan memikat mata Anda dari puncak gunung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Panyindangan, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

5. Desa Wisata Tajur

Desa Wisata Tajur
Image Credit: Okezone.com

Merasakan kehidupan yang damai dari sebuah pedesaan tentu banyak dicari oleh para wisatawan yang sudah bosan dengan ramainya ibu kota. Di desa wisata Tajur ini Anda bisa menyaksikan kekayaan alam yang menjadi sebuah hal yang istimewa untuk Anda lewatkan.

Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Kesan yang ditinggalkan oleh tempat ini akan semakin berkesan ketika Anda mulai berinteraksi dengan masyarakat lokal disana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasanggrahan, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

6. Mata Air Cijanun

Mata Air Cijanun
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Mata air terbesar di Purwakarta ini memiliki ukuran kolam kurang lebih 10×6 meter dengan kedalaman kolam 3 meter. Tiket masuk ke kawasan wisata ini terjangkau yaitu Rp 10.000 per orang dan terbayar lunas dengan keindahan panoramanya.

Lokasi Mata Air Cijanun berada sekitar 30 km dari pusat Kota Purwakarta. Objek wisata ini disebut dengan ‘Stone Garden’ karena adanya bebatuan besar yang mengitarinya. Fasilitas objek wisata ini sudah cukup lengkap.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cipendeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

7. Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills
Image Credit: Wisatatempatku.com

Sesuai dari namanya yang cukup menarik, tempat wisata ini menghadirkan liburan mewah untuk Anda. Disana disediakan kolam renang, villa bahkan ada resort. Tempat wisata ini masih tergolong baru dan masih dalam tahap pengembangan, namun sudah banyak wisatawan yang berkunjung kesana untuk berfoto.

Meskipun tidak menginap disana tapi wisatawan bisa sekedar berkunjung untuk melakukan swafoto. Disana menyediakan berbagai spot foto yang tentunya menarik. Udara disana juga masih sangat segar dan banyak terdapat angin sehingga sangat nyaman.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibodas, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

8. Alam Sari Wates

Alam Sari Wates
Image Credit: Thecolorville.com

Apabila Anda sedang mencari destinasi wisata keluarga dengan berbagai spot foto yang menarik dan wahana eduwisata yang seru, objek wisata ini dapat menjadi pilihan. Wisata alam yang biasa disebut dengan The Colorville ini mematok harga Rp 35.000 untuk tiket biasa dan Rp 50.000 untuk tiket paket combo dengan bonus nasi kotak.

Berbagai wahana seru yang ada di objek wisata ini antara lain waterboom, waterball, airwalk, flying fox, flying fox extreme, sepeda gantung, panahan, skyswing, dan mini motor cross. Ada pula wahana indoor berupa foto booth dan rumah terbalik.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sawit, Kec. Darangdan, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

9. Cikao Park

Cikao Park
Image Credit: Wisatakaka.com

Jika Anda merupakan wisatawan yang menyukai wisata malam, Anda wajib mengunjungi Cikao Park ini. Disana terdapat lampu-lampu indah yang akan menerangi malam Anda. Cikao park bisa dikategorikan sebagai tempat wisata yang baru karena masih belum terlalu banyak pengunjung.

Disana Anda akan melihat panorama keasrian yang menyegarkan. Karena masih tergolong baru tempat ini masih terawat dan memiliki wahana yang bagus. Disana Anda juga bisa menemukan wisata edukasi yang bisa Anda Coba bersama keluarga Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sukatani, Cisalada, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

10. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur
Image Credit: Gunadventure.blogspot.com

Purwakarta memiliki waduk buatan dengan luas 8.300 hektar. Kawasan wisata ini menyuguhkan panorama alam Purwakarta yang eksotis dengan perpaduan langit biru dan pepohonan hijau yang rimbun. Suasana waduk menjadi sangat romantis karena pantulan sinar matahari dari permukaan airnya.

Selain menjadi objek wisata, waduk ini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) serta kebutuhan air irigasi masyarakat sekitar. Terdapat berbagai fasilitas seperti perahu tradisional maupun speedboat untuk berkeliling waduk, Jatiluhur Water World (JWW), Laka View Istora Air, café berbentuk geladak kapal laut, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

11. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa
Image Credit: Pojokseni.com

Situ Wanayasa ini merupakan danau yang berada dibawah panorama gunung Burangrang. Uniknya lagi disana terdapat pulau yang dibangun pada sisi tengah danau yang mana diatasnya dibangun beberapa makam dari para pelopor dibangunnya Purwakarta.

Selain menjadi wisata alam yang menarik, danau ini juga memiliki unsur sejarah yang kental. Disana Anda bisa melihat makam dari para pendiri kota Purwakarta. Anda bisa menyelusuri danau ini dengan menggunakan perahu kayu. Selain itu terdapat juga tempat untuk memancing ikan. Disana Anda juga bisa jogging sambil menikmati udara pegunungan yang segar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wanayasa No. 36, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

12. Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World
Image Credit: Google Maps (Tambang Raras)

Terletak tidak jauh dari Waduk Jatiluhur, Anda juga dapat menyambangi objek wisata Jatiluhur Water World bersama keluarga. Konsep objek wisata ini berupa taman air tematik dengan wahana waterslide (seluncuran) yang menyenangkan. Kolam renang di JWW ini terbagi menjadi beberapa tipe yaitu kolam anak, kolam ombak, kolam dewasa, dan juga waterboom.

Tiket masuk JWW juga beragam. Untuk tiket weekday (Senin-Jumat) adalah Rp 30.000, untuk tiket weekend (Sabtu-Minggu) adalah Rp 45.000, dan untuk tiket hari libur nasional maupun lebaran adalah Rp 65.000. Wisatawan di bawah umur 3 tahun gratis tidak dikenakan tiket masuk. JWW dibuka untuk wisatawan setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

13. Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri
Image Credit: Datawisata.com

Satu lagi spot foto yang banyak digemari oleh para wisatawan yaitu bukit Katumbiri. Kata Katumbiri diambil dari bahasa sunda yang memiliki arti pelangi. Karena dari atas bukit ini jika ansa beruntung maka Anda bisa menikmati keindahan pelangi disana. Banyak wisatawan yang rela mendaki untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan asri.

Anda juga bisa berfoto selfie di beberapa spot yang telah disediakan seperti jembatan, gardu dan juga rumah pohon. Disana Anda bisa mengambil foto yang sangat instagramable dengan berbagai gaya yang kekinian.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Margaluyu, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

14. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps (Mega Sahara)

Resort yang berada di Kabupaten Purwakarta ini mempunyai daya tarik berupa skypool (kolam renang) di atas bukit dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Dari resort ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam Purwakarta dari ketinggian. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dari pusat kota untuk menuju resort ini.

Jarak tempuh perjalanan dari pusat kota kota hanya 20 kilometer dengan kondisi jalan yang sedikit menanjak dan berliku. Meskipun begitu, sudah ada papan petunjuk jalan selama perjalanan menuju ke lokasi. Selain wahana skypool, resort ini juga dilengkapi dengan wahana lain seperti flying fox, ATV, sepeda air, dan lapangan futsal.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wanayasa, RT.04/RW.13, Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

15. Desa Sejuta Batu

Desa Sejuta Batu
Image Credit: Jejakpiknik.com

Jika Anda berpikir Desa Sejuta Batu ini merupakan destinasi wisata dari batu maka Anda salah. Desa ini menghadirkan berbagai rekreasi yang Anda butuhkan seperti wisata alam, kuliner maupun edukasi. Banyak wisatawan yang menyukai tempat wisata ini karena dianggap sebagai tempat wisata yang lengkap.

Dinamakan Sejuta Batu karena disana Anda bisa melihat berbagai macam batu alam dari yang besar hingga yang terkecil. Bahkan disana juga terdapat beberapa wahana ekstrim seperti panjat tebing, flying fox dan offroad. Disana juga disediakan tempat memancing dan berkemah bagi Anda yang menyukainya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pasanggrahan, Kec. Tegalwaru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

16. Tebing Boyer

Tebing Boyer
Image Credit: Google Maps (Una Setiawan)

Objek wisata yang sempat viral di media sosial ini dulunya adalah tempat penggilingan batu andesit. Area kawasan wisata ini luasnya sekitar 4 hektar dengan tebingnya setinggi 100 meter. Dari tebing ini Anda dapat melihat pemandangan Waduk Jatiluhur hingga sejumlah keramba jaring apung di waduk dari ketinggian.

Deretan pepohonan di puncak tebing memberikan suasana yang nyaman dan sejuk. Untuk menuju ke lokasi diharuskan menggunakan kendaraan dalam kondisi fit karena jalanannya yang masih terjal dan ekstrem. Dengan membayar tiket masuk Rp 5.000, Anda harus trekking sekitar 1,5 kilometer dari pintu masuk untuk menuju ke tebing tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Talun, Tajursindang, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

17. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga
Image Credit: Marketeers.com

Taman air mancur ini merupakan wisata yang bisa murah yang cocok mengisi waktu malam Anda. Setiap hari libur tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ini menikmati pertunjukan air mancur. Disana juga memberikan lampu berwarna-warni yang membuat penampilannya semakin menarik.

Terkadang air mancur akan muncrat dengan warna yang berbeda-beda. Air mancur ini dikelilingi dengan danau yang cukup indah sehingga Anda bisa mengambil foto disana. Meskipun terlihat sebagai pemandangan kota namun air mancur ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

18. Parang Gombong

Parang Gombong
Image Credit: Google Maps (Dede Diaz Abdurahman)

Berkemah di Parang Gombong dapat Anda pilih sebagai alternatif liburan Anda sekeluarga. Tempat ini merupakan destinasi favorit para wisatawan yang ingin refreshing dengan berkemah. Untuk masuk ke tempat ini tidak ada pungutan biaya namun Anda hanya diminta untuk membayar Rp 10.000 jika ingin berkemah di kawasan ini.

Kawasan ini menyuguhkan pemandangan alam berupa danau dengan rerumputan hijau, dan deretan pegunungan yang asri. Perjalanan yang Anda butuhkan untuk menuju ke area camping ground ini hanya sekitar 1 jam dari pusat Kota Purwakarta. Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

19. Waterpark Kuya Maranggi

Waterpark Kuya Maranggi
Image Credit: Tempatwisatapurwakarta.blogspot.com

Waterpark Kuya Maranggi merupakan salah satu tempat wisata air yang banyak disukai oleh anak-anak pada umumnya. Karena disana Anda bisa bermain air bersama keluarga. Jika sudah bermain air tentu Anda akan kelupaan waktu hingga menghabiskan waktu seharian. Disana terdapat beberapa wahan air seperti prosotan atau ember air. Yang menjadi ciri khas disana adalah bentuk kolam yang menyerupai kura-kura.

Anda bisa memilih wahana sesuai dengan keinginan Anda. Karena disana terdapat pilihan prosotan dengan tinggi yang berbeda-beda. Selain itu Anda juga bisa menaiki ban dan berkeliling dengan santai di kolam renang. Terdapat juga sesi dimana Anda bisa menikmati ombak buatan. Banyak orang yang menyukainya karena sensasinya begitu menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cibungur, Kec. Bungursari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

20. Wanakula Camp

Wanakula Camp
Image Credit: Google Maps (Tobry Sky)

Purwakarta juga memiliki camping ground bernama Wanakula Camp yang baru dibuka bulan Oktober 2016 yang lalu. Lokasinya tidak jauh dari Kota Jakarta, hanya menempuh waktu perjalanan sekitar 2,5 jam melewati Tol Cipularang. Camping ground satu ini terletak di tengah area persawahan yang luas di antara rumah-rumah warga.

Suasana alam di camping ground ini begitu sejuk dengan pemandangan hamparan sawah hijau yang mempesona. Selain itu, kawasan wisata ini juga terdapat curug yang masih asri untuk bermain air. Area camping ground ini juga biasa digunakan untuk tempat outbond para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

21. Saung Manglid

Saung Manglid
Image Credit: Mikeelfs.com

Saung Manglid ini merupakan tempat makan sekaligus Objek Wisata di Purwakarta yang terdapat di dataran tinggi. Tempat ini menggunakan konsep ruang terbuka dimana tempat makannya dihadirkan dengan konsep saung-saung kayu yang indah. Disana juga terdapat kolam ikan yang menarik banyak perhatian pengunjung.

Selain menghadirkan beragam menu masakan yang enak, disana juga menyediakan berbagai spot foto dengan konsep bambu dimana-mana. Ketika kesana maka Anda bisa berlibur sekaligus menyantap hidangan yang lezat. Karena hal tersebutlah tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berkumpul bersama keluarga Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parakanceuri, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

22. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas
Image Credit: Google Maps (Saepulloh S)

Objek wisata alam ini sering disebut sebagai Blue River of Purwakarta karena airnya jernih dengan warna hijau kebiruan yang alami. Nuansa alam yang begitu memikat hati akan Anda dapatkan dengan udara khas pegunungan yang sejuk, gemericik suara air yang menenangkan, dan juga pepohonan hijau yang rimbun.

Sungai ini berada di kaki Gunung Burangrang. Terdapat bebatuan besar di pinggiran sungai dengan puluhan mata air yang mengalirkan air jernih di sungai ini. Kedalaman sungai ini antara 10 cm hingga 2 meter. Fasilitas berupa penyewaan ban atau pelampung disediakan warga sekitar untuk Anda yang tidak bisa berenang namun ingin merasakan segarnya air sungai ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parakan Garokgek, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

23. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan
Image Credit: Instagram @yopank_

Bagi Anda yang menyukai fotografi tentu Anda harus mengunjungi Bukit Panenjeon. Ini merupakan tempat yang paling fotogenic. Dimana Anda bisa mengambil beberapa gambar dengan latar yang unik. Berfoto di atas sarang burung disana sangat menarik karena bisa langsung memancarkan keindahan hutan yang ada dibawahnya.

Bukit panenjeon ini memiliki konsep pedesaan yang masih merawat budaya yang dimiliki Purwakarta. Untuk masuk ke wisata ini juga Anda tidak perlu mengocek kantong dengan dalam karena harga masuknya cukup murah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Sindangpanon, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

24. Bale Indung Rahayu

Bale Indung Rahayu
Image Credit: Google Maps (Ade Setiawan)

Bale Indung Rahayu memiliki arti ‘Tempat Kemuliaan Ibu’. Museum ini menceritakan perjalanan hidup seorang manusia mulai dari dalam kandungan sampai akhir hayat. Museum ini juga menjelaskan peran penting seorang ibu yang penuh pengorbanan dalam merawat anak dengan sentuhan budaya Sunda.

Ditata secara apik dengan estetika dan teknologi digital diiringi alunan musik sunda di dalam museum tentu akan membuat Anda berdecak kagum ketika berkunjung kesini. Terdapat beberapa bale yang ada di dalam museum tentang kisah perjalanan hidup manusia dari lahir hingga akhir hayat. Segala hal yang berkaitan dengan sunda juga dipamerkan di museum ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

25. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok
Image Credit: Jakartainsight.com

Gunung bangkok merupaka tempat paling enak untuk menikmati sunrise. Sehingga banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk menunggu waktu sunrise. Gunung ini tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan sulit bagi Anda untuk mendakinya. Meskipun belum sampai puncak Anda bisa mengambil foto dengan panorama yang indah.

Meskipun demikian bagi Anda yang ingin mencapai puncak Anda bisa berusaha sedikit untuk mendapatkan spot foto yang lebih baik. Tempat ini menjadi wisata favourite karena memiliki berbagai spot foto yang menarik dan berbeda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cisarua, Kec. Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

26. Bale Panyawangan Diorama

Bale Panyawangan Diorama
Image Credit: Google Maps (Dien Muhammad Raharjo)

Bale Panyawangan Diorama merupakan museum yang memamerkan sejarah seputar Purwakarta melalui teknologi digital. Museum ini menyampaikan sejarah Purwakarta, biografi bupati dan wakil bupati Purwakarta dari masa ke masa, koleksi wayang, tempat wisata yang ada di Purwakarta, dan lain sebagainya.

Penyampaian sejarah melalui teknologi digital yang menarik tidak akan membuat Anda bosan ketika berkunjung ke museum ini. Museum ini menyediakan fasilitas berupa sepeda onthel berbentuk simulator yang dapat Anda gunakan untuk berkeliling Kota Purwakarta secara virtual. Ada juga teater kecil dengan ritual unik berupa goyangan khas Purwakarta ‘Maranggi’.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

27. Curug Cipurut

Curug Cipurut
Image Credit: Wisataterdekat.com

Bagi Anda yang menyukai kesendirian dan ketenangan maka akan sangat cocok untuk berkunjung ke curug Cipurut ini. Curug ini terletak tidak jauh dari gunung Burangrang. Suasa asri disana masih sangat original karena belum banyak disentuh orang. Selain itu curug ini memang sudah dari asalnya terbentuk seperti itu, tidak ada pembangunan atau perbaikan.

Curug Cipurut ini merupakan cagar alam yang wajib dijaga oleh para masyarakat sekitarnya. Untuk kesana Anda bisa menggunakan kendaraan selama 20 menit. Sepanjang jalan Anda akan melihat perkebunan teh yang sangat segar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wanayasa, Kec. Babakan,  Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

28. Galeri Wayang

Galeri Wayang
Image Credit: Google Maps (Erpan Maulana)

Galeri Wayang berlokasi di eks kantor Sekda Purwakarta. Penggagas utama galeri ini adalah mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. Tujuan dibangunnya adalah supaya para anak muda pada zaman sekarang tetap mengenal wayang sebagai warisan leluhur sehingga perlu untuk dilestarikan.

Galeri ini dibuka untuk umum setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB tanpa pungutan biaya masuk. Meskipun gratis, para wisatawan wajib menjaga kebersihan dan kenyamanan galeri ini. Tersedia beragam koleksi wayang nusantara seperti Wayang Betawi, Wayang Suket, Wayang Golek, Wayang Cepak Cirebon, Wayang Klitik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

29. Urban Farming

Urban Farming
Image Credit: Dakatour.com

Mungkin masih banyak masyarakat yang masih asing dengan tempat wisata yang satu ini. Namun, tempat ini menjadi terkenal karena banyak postingan foto disana yang menarik dengan ala Eropa. Disana Anda akan menemukan rumah petani tradisional ala Eropa. Warna catnya juga mencolok dilengkapi dengan tanaman di depan rumah seperti sedang di Eropa.

Disana Anda bisa bermain sambil merasakan bekerja di perkebunan. Disana terdapat berbagai macam bibit bunga atau pun sayuran. Anda bisa membelinya untuk menanamnya di rumah. Bagi Anda yang menyukai wisata berkebun maka akan sangat cocok jika Anda disana. Anda bisa mengambil berbagai foto menarik dengan background perkebunan ala Eropa.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Benteng, Kec. Campaka, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

30. Curug Suhada

Curug Suhada
Image Credit: Google Maps (Catur Prihatiningsih)

Daya tarik utama objek wisata alam ini adalah panorama alam air terjun dengan tebing setinggi tujuh meter. Anda tidak perlu merogoh kocek sama sekali untuk bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona disini. Akses menuju ke lokasi ini cukup menantang dengan bebatuan dan jalanan yang bergelombang.

Objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas seperti area parkir kendaraan, kamar mandi/ MCK, mushola, penginapan, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen Anda bersama keluarga dan juga pakaian ganti jika ingin bermain air disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindanglaya, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

31. Gunung Parang

Gunung Parang
Image Credit: Kedaipena.com

Jika Anda menyukai wisata ekstrim yang menguji adrenalin maka pilihan tepat untuk Anda berkunjung ke gunung Parang ini. Untuk dapat mencapai puncak gunung Parang Anda memerlukan tenaga yang ekstra karena jalur untuk mendaki cukup jauh dan curam.

Namun, sampai diatas Anda akan melihat pemandangan alam yang indah. Sebaiknya ketika Anda kesana maka perhitungkanlah waktunya sehingga Anda bisa menikmati sunset di atas gunung. Anda juga bisa mendirikan tenda atau membuat ayunan gantung dan duduk bersantai sambil menikmati udara segar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamulya, Kec. Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

32. Curug Cisomang

Curug Cisomang
Image Credit: Instagram.com @red_one_127

Curug Cisomang masih sangat asri karena letaknya yang tersembunyi. Akses jalan untuk menuju ke lokasi ini masih cukup sulit. Meskipun begitu, pesona keindahan alam di curug ini tidak akan membuat Anda berpaling karena suasananya tenang dan belum banyak terjamah.

Tidak ada pungutan biaya jika ingin melepas penat di objek wisata tersembunyi ini. Anda perlu berhati-hati karena masih ada binatang liar yang hidup di dekat curug. Curug ini mengaliri tebing tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang dan lebat. Untuk menuju kesini Anda bisa bertanya pada penduduk desa terdekat di daerah Darangdan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Depok, Kec. Darangdan, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

33. Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta

Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta
Image Credit: Google Maps (Gee Gee)

Tempat ini biasa disebut dengan Kuburan Kereta karena banyak bangkai gerbong kereta usang dan tidak berfungsi ditumpuk dan ditimbun di satu kawasan. Daya tarik objek wisata ini adalah warna-warni gerbong kereta yang menghasilkan foto instagramable. Nuansa retro yang unik menjadi latar belakang foto para wisatawan.

Tempat ini menjadi spot foto favorit para wisatawan karena jarang ditemukan di tempat lain. Karena keunikannya, tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film Surat Cinta untuk Starla. Tumpukan gerbong kereta tua disini mencapai ketinggian hingga 7 meter.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Purwakarta yang sangat dianjurkan untuk Anda kunjungi. Kebanyakan orang akan melakukan liburan untuk melihat ciri khas dan kekayaan alam yang dimiliki oleh suatu daerah. Dengan berkunjung ke Purwakarta maka Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupa. Dijamin Anda akan ingin kembali ke Purwakarta.