Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.30–16.30 WIB, Alamat: Ciririp, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Selain dikenal sebagai penghasil listrik terbaik dengan waduk Jatiluhur, Purwakarta juga dikenal karena mempunyai banyak lokasi wisata dengan keindahan alam. Curug Tilu adalah salah satunya dengan potensi panorama alam menakjubkan. Bagi pecinta alam yang ingin menghabiskan sisa liburan, spot ini wajib anda kunjungi suatu saat.

Sebagaimana curug atau air terjun yang ada di nusantara, curug Tilu juga menyimpan mitos dan sejarah menarik. Nama Tilu diambil dari bahasa setempat yang berasal dari kata Telu, berarti tiga. Dulunya memang ada tiga air terjun yang menghiasi pemandangan bukit indah ini. Namun rimbunnya pohon dan juga banyaknya bebatuan menutupi 2 air terjun yang ada. Sampai sekarang curug yang masih tersisa inilah yang akan kami bahas selengkapnya.

Sejarah lain menyebutkan bahwa nama Curug tilu diambil karena adanya tiga undakan yang ada di air terjun tersebut. Mengenai mitos, warga setempat mempercayai dan melarang untuk melakukan aktivitas berenang pada hari Selasa antara pukul 12.00 – 13.00. Hingga hari ini, masih belum jelas alasan kenapa ada larangan tersebut. Alangkah baiknya jika anda tetap menghargai nilai budaya, kearifan lokal dan keyakinan warga setempat.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Tilu

Daya Tarik Curug Tilu
Image Credit: Google Maps dian rafika

Membahas mengenai daya tarik, tentunya adalah pemandangan dan pesona alam yang disajikan. Penduduk lokal yang ramah juga membuat kesan tersendiri, seolah anda sedang berada di kampung halaman.

Pemandangan alamnya masih alami karena belum banyak adanya campur tangan manusia, apalagi jauh dari lokasi pabrik dan industri. Masuk kedalam kawasan hutan, banyak hal menarik yang bisa anda saksikan selama perjalanan. Pohon, batuan besar, hingga tanaman dengan bunga warna warni terbentang seolah menunggu kehadiran anda.

Ketika anda memasuki curug utama, pandangan mata tidak bisa lepas dari kontur bebatuan yang ada di sana. Beberapa diselimuti dengan tanaman liar berupa rumput dan tumbuhan rambat. Warna air dari air terjun atau Curug Tilu tidak kalah menarik perhatian. Hampir seperti warna tumbuhan yang kehijauan dan sedap dipandang mata.

Daya tarik lain yang mungkin membuat anda berminat yaitu cocok digunakan sebagai outbound. Alasannya tidak lain karena spot dari bebatuan dan tumbuhan yang dimiliki air terjun yang resmi dibuka pada tahun 2016 ini. Tidak mudah untuk melaluinya, karena sebagian besar batu kondisinya licin.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Tilu
Image Credit: Instagram Harie Catur

Bagaimana caranya jika ingin kesana? Tentunya anda harus mengetahui alamatnya terlebih dahulu, yaitu Ciririp, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dengan mengetahui alamat lengkap tersebut, anda bisa dengan mudah mencarinya.

Sedikit panduan untuk rute atau akses jalannya, anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Sepanjang perjalanan, jalan yang anda lalui masih mulus karena jalan yang baik dan jarang ada lubang. Berada di sekitar 35km dari pusat Purwakarta, anda bisa menempuhnya selama kurang dari 1 jam saja.

Jika anda masih bingung, pastikan dulu posisi saat itu berada di Cicirip, kemudian tanyakan warga setempat dimana lokasi jembatan merah berada. Warga lokal asli pasti mengetahui lokasi tersebut karena satu-satunya penghubung agar bisa sampai kesana.

Sesampainya di sana, tinggal lurus saja untuk sampai ke Bendungan Parang gombong. Selain jalannya masih bagus, lokasinya juga tidak sulit ditemukan karena tidak ada cabang atau belokan. Barulah setelah bendungan ada pertigaan, anda ambil arah ke kanan menuju Karawang. Setelah melakukan perjalanan beberapa menit, ada pertigaan lagi yang harus anda ambil arah kiri. Terus saja lurus hingga menemukan kecamatan Sukasari.

Alternatif rute untuk sampai ke Curug Tilu bisa anda ambil jika kebetulan dekat dengan waduk Jatiluhur. Dikatakan rute paling dekat dan membutuhkan waktu jauh lebih singkat dari rute diatas. Namun anda harus menyeberang waduk dengan perahu milik warga setempat. Mengenai tarifnya tergantung dari berapa banyak rombongan yang anda bawa.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Curug Tilu
Image Credit: Google Maps Yoga Official Channel

Berapa harga yang harus dibayar untuk menikmati pesona alam indah dan menakjubkan di Curug Tilu Purwakarta? Pastinya anda tidak akan keberatan dengan tarif tiket masuk yang ditentukan, yaitu sebesar 5000 rupiah per kepala. Ditambah biaya parkir untuk motor sebesar 5000 dan mobil 7000 rupiah.

Anda bisa datang kapan saja karena buka setiap hari dengan jam operasional pukul 06.30 – 16.00 WIB. Perlu diingat, harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dan ketentuan pihak pengelola. Sedikit tips, sebaiknya datang di awal waktu agar bisa menikmati keindahan alam dan bermain air terjun sepuasnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Tilu

Aktivitas di Curug Tilu
Image Credit: Google Maps Yoga Official Channel

Tempatnya yang berada di alam terbuka hampir memungkinkan untuk dibuat kegiatan apa saja. Khusus aktivitas yang menarik dilakukan, berikut kami sampaikan beserta sedikit penjelasannya!

1. Menikmati Suasana Alam

Berwisata ke objek seperti curug atau air terjun memang cocok untuk menikmati suasana alam. Apalagi lokasinya masih alami dibalut pepohonan rindang dan bebatuan khas pegunungan. Sedikit banyak juga ada suara hewan liar seperti burung, monyet, atau serangga lain dengan nyanyian khas masing-masing.

Bukan hanya mata yang akan dimanjakan ketika anda berada di Curug Tilu yang satu ini, melainkan juga refleksi telinga atau pendengaran. Suara alam dari pohon yang menjulang tingi ketika diterpa angin bisa menjadikan pikiran lebih segar dan fresh. Ditambah suara air mengalir deras dari sungai yang menghantam bebatuan kokoh, seperti halnya ombak menerjang karang.

2. Bermain Air

Dinamakan air terjun, aktivitas yang menarik dilakukan pastinya bermain air. Anda bisa berendam, bermain gemercik air, hingga berenang. Banyak spot yang cocok dan aman dijadikan aktivitas tersebut. Bagi perenang profesional, anda bisa menuju Leuwi Reunghas yang memiliki kedalaman 2 meter.

Meskipun ahli, anda tetap harus menjaga keselamatan dengan cara menggunakan pelampung yang memenuhi standar. Area kolamnya cukup luas, sehingga tidak susah mencari tempat kosong, meskipun saat itu sedang dipadati pengunjung.

3. Lompat Tebing

Inilah yang menjadikan asalan penting kenapa banyak pemuda yang pergi ke lokasi wisata Curug Tilu. Aktivitas lompat tebing juga bisa dilakukan. Banyak pilihan ketinggian untuk menguji nyali anda. Sebelumnya, pastikan anda menyiapkan mental dan keberanian ya!

Agar bisa melakukannya, anda harus memanjat tebing terlebih dahulu. Tidak terlalu tinggi, mungkin hanya 3 – 4 meter, tergantung dari spot yang diambil. Hati-hati ketika melakukan aktivitas dengan nama keren Cliff Jumping ini, karena dipastikan bebatuan yang anda pijak licin.

Aktivitas Menarik di Curug Tilu
Image Credit: Google Maps andika aditia

4. Aktivitas Pendakian

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun pendakian boleh kita masukkan kedalam kategori aktivitas yang menarik. Bukan alasan ketinggian, melainkan medan yang harus ditempuh selama perjalanan. Jangan pernah mengharapkan perjalanan mulus dan lancar, kondisi batuan yang licin dan juga tanah yang lembek mengharuskan anda selalu berhati-hati dalam melangkah.

Bagi pendaki profesional tentu tidak masalah, karena sering mendaki ditempat yang lebih tinggi dengan medan yang juga lebih ekstrem. Bagi pemula, akan sangat terasa beban berat yang harus dipikul. Apalagi ketika hujan turun, sebaiknya anda berhenti hingga hujan reda jika kondisi apes tersebut terjadi.

5. Aktivitas Fotografi

Dipastikan tidak ketinggalan untuk aktivitas yang satu ini, karena memang wajib dilakukan untuk mengabadikan momen. Anda bisa mengambil foto di berbagai spot yang diinginkan dengan jaminan hasil menakjubkan. Bukan hanya di lokasi air terjunnya, anda juga bisa selfie selama melakukan perjalanan ke lokasi.

Hasil yang paling bagus untuk kegiatan swafoto yang satu ini yakni ketika pagi atau sore hari, dimana posisi matahari berada di sekitar anda. Alasannya cukup sederhana, dengan posisi tersebut, sinar matahari akan berusaha masuk kedalam padatnya pohon yang tumbuh sehinga tampak lebih indah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Tilu
Image Credit: Google Maps Bukhari

Salah satu yang wajib di berikan kepada pengunjung oleh pihak pengelola yaitu adanya fasilitas yang memadai. Begitu halnya dengan Curug Tilu yang menyediakan beberapa fasilitas , baik gratis maupun dengan tarif.

Fasilitas pertama yang bisa anda nikmati ketika baru datang ke lokasi wisata yaitu area parkir yang luas. Jangan khawatir masalah keamanannya, karena petugas di sana dari warga setempat.

Ada juga warung atau tempat makan dengan jajanan khas Kota Purwakarta. Anda bisa memilih beberapa warung yang tersedia di sana. Masih dalam satu lokasi tempat parkir, jadi anda bisa mengisi tenaga terlebih dahulu sebelum menuju spot utama.

Selain diatas, ada juga fasilitas yang wajib anda dapatkan, yaitu Mushola dan toilet. Semua fasilitas merupakan tanggung jawab pengelola, terutama dalam hal kelayakan pakai. Hingga saat ini, belum ada yang pernah mengeluh akan kondisi dari fasilitas tersebut.

Pastikan anda datang di waktu yang tepat jika tidak ingin kecewa dengan pesona alam yang disajikan Curug Tilu. Siapkan juga pakaian ganti lebih dari satu, juga jas hujan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu hujan turun. Keselamatan adalah hal yang paling utama, oleh karena itu, pastikan anda sudah menyiapkan segalanya sesuai dengan prosedur standar keselamatan yang berlaku.