✦ Harga Tiket: Gratis ✦ Rute Lokasi: Cek Map
✦ Alamat: Sukajaya, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Masjid Al Safar adalah salah satu masjid terbaik karya anak bangsa di bidang arsitektur. Dengan bentuk yang unik dan tidak sama seperti masjid pada umumnya membuat masjid ini menarik perhatian banyak orang. Ridwan Kamil atau yang akrab disapa kang Emil adalah arsitek utama dari masjid yang indah di kota Bandung ini.

Nama Al Safar diambil dari lokasi masjidnya yaitu di pinggir jalan Purwakarta. Safar sendiri berarti perjalanan. Diharapkan dengan adanya masjid ini, mereka yang tengah berada di dalam perjalanan tetap bisa menjalankan ibadahnya. Tidak hanya unik saja, jika dilihat dari keseluruhan, masjid ini memiliki desain yang megah dan modern.

Masjid Al Safar memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi. Tidak hanya desain bangunannya saja yang membuat masjid ini menarik tapi di sampingnya pun terdapat sebuah menara yang unik mirip dengan bangunan utama masjid. Di bawah tower ada kolam cantik yang ukurannya cukup luas. Taman bunga membuat keindahan masjid semakin bertambah.

Daya Tarik yang Dimiliki Masjid Al Safar

Daya Tarik Masjid Al Safar
Image Credit: Google Maps Deddy Enjam

1. Karya Anak Bangsa

Sebagai salah satu warga Negara yang baik, sudah sepatutnya kita berbangga dengan adanya Masjid Al Safar. Karena masjid ini adalah masjid yang megah dan unik. Masjid ini dibangun oleh Ridwan Kamil yang dibantu oleh Urbane Indonesia.

Ridwan Kamil adalah salah satu putra bangsa yang terus menerus menghasilkan karya terbaiknya. Bukan pertama kali Kang Emil menghasilkan karya yang mempesona dan indah. Setiap karyanya dapat diapresiasi mulai dari ciri khas dan juga keunikan yang ditawarkan.

2. Memiliki Desain yang Unik

Selain itu, bila Anda melihatnya dengan lebih detail, masjid di Bandung ini tidak memiliki tiang penyangga dan kubah. Inilah letak keunikan yang ditawarkan oleh masjid ini. Pada umumnya, bangunan masjid memiliki kubah besar di atasnya.

Tapi berbeda halnya dengan masjid yang dibangun oleh Kang Emil ini. Anda akan menemukan sebuah masjid tanpa kubah dan di sampingnya terdapat menara yang memperkuat keunikan yang ada. Tak heran jika banyak orang rela pergi ke Bandung hanya untuk melihat keunikan dari Masjid megah ini.

3. Berbentuk Segitiga Tak Beraturan

Daya Tarik di Masjid Al Safar
Image Credit: Google Maps Dadan Sujana Kusumah

Daya tarik ketiga yang akan Anda temukan saat mengunjungi Masjid Al Safar adalah masjid ini berbentuk segitiga yang tak beraturan di luarnya. Tapi sebenarnya, masjid ini lebih mirip dengan bentuk trapezium. Setiap sudut ada desain lain yang mirip seperti lipatan. Masjid ini menurut pengakuan Kang Emil terinspirasi dari ilmu origami khas jepang.

Pemandangan lain yang bisa Anda lihat dari masjid megah ini adalah saat melihatnya dari jauh, masjid ini mirip seperti lipatan ikat kepala yang khas dengan Budaya Bunda. Jika dilihat dari satu sisi, Anda memang akan menemukan bentuk bangunan yang mirip seperti Totopong Beungkeut.

4. Masuk Nominasli

Karya Ridwan Kamil ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi keunikannya. Bahkan karena keunikannya, masjid ini sempat masuk ke dalam nominasi Abdullah Al Fozan Award di tahun 2019. Award ini diadakan di Negara Arab Saudi.

Tapi sayangnya, kemegahan arsitektur pada bangunan Masjid Al Safar justru pernah menuai kontroversi sebab bentuknya mirip seperti segitiga dan menyerupai dajjal. Ada dua hal yang kala itu dipermasalahkan yaitu desain luarnya dan mihrab pada masjid. Tapi bila dilihat lebih jauh, bentuk luarnya lebih mirip teknik origami dengan beberapa sudut berupa lipatan.

5. Masjid Rest Area Terbesar

Masjid Al Safar dibangun di sepanjang rest Area Tol Cipularang. Memang bukan satu-satunya masjid di rest area karena ada banyak masjid lain yang bisa ditemui selama melalui jalan tersebut. Tapi yang perlu diketahui, Masjid ini adalah masjid dengan luas 6000 meter persegi sehingga bisa dikatakan jika masjid ini adalah yang terbesar di rest area.

Luas ini tidak hanya untuk bangunan utamanya saja tapi objek lain di sekitar masjid. Dan saking besarnya, daya tampung dari masjid ini mencapai 1200 jamaah jadi tidak kalah dengan Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Masjid Al Safar
Image Credit: Google Maps Dadan Sujana Kusumah

Tenang saja, Masjid Al Safar berada di lokasi yang sangat strategis. Untuk menjangkau tempat ibadah ini tidak sulit karena alamatnya di Rest Area KM 88 ToL Cipularang. Jadi bagi yang melalui jalur ini jangan lupa untuk singgah sebentar. Jarak dari titik 0 km adalah 60 km tapi Anda bisa menempuhnya hanya dalam waktu 1 jam saja di kawasan tol bebas hambatan.

Nah, bagi yang datang dari Purwarkarta maka lokasi tempuhnya tentu akan jauh lebih dekat lagi. Sebab masjid ini jika dari perbatasan hanya berjarak kurang lebih 8 km saja. rutenya bebas jadi Anda hanya perlu ikuti arah jalan tol saja.

Di jalan nanti Anda akan menemukan banyak rambu jalan yang dapat dimanfaatkan untuk mencari tahu rute menuju masjid megah ini. Bagi warga dari luar Bandung bisa gunakan Googel Maps supaya tidak kesasar. Tapi tenang saja, lokasi dari bangunan megah ini sangat mudah dijangkau sehingga siapapun bisa pergi kesini dengan mudah.

Masjid Al Safar bukanlah tempat wisata tetapi tempat untuk beribadah umat Islam di Jawa Barat. Tapi karena keunikan yang dimiliki pada bangunannya, tidak sedikit orang justru menjadikan bangunan ini sebagai tempat wisata. Karena fungsinya sebagai tempat beribadah, maka untuk masuk ke dalamnya tidak ada tiket masuk yang harus Anda bayarkan.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi tentu Anda perlu membayar biaya parkirnya. Biaya lain yang akan dibutuhkan adalah saat ingin berwisata kuliner di dekat lokasi. Jika Anda punya kelebihan rezeki tidak ada salahnya untuk menyumbang sedikit uang Anda di kotak amal yang sudah tersedia. Karena kotak amal tersebut akan digunakan untuk pemeliharaan masjid.

Aktivitas yang Menarik di Masjid Al Safar

Aktivitas Menarik Masjid Al Safar
Image Credit: Google Maps Dhanial Iswanto

1. Beribadah

Meski ada yang menganggap Masjid Al Safar ini sebagai salah satu objek wisata, tapi pada faktanya masjid ini adalah tempat untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tidak harus sholat saja tapi Anda juga bisa melakukan ibadah lain seperti sholat shunnah, membaca alqur’an, berdzikir dan sebagainya.

Tidak ada salahnya untuk singgah sejenak sembari berdoa kepada Tuhan atas semua hajat yang saat ini ingin dikabulkan. Lokasinya luas sehingga sangat memungkinkan Anda untuk beribadah dengan khusyu’. Jadi bagi yang melakukan perjalanan jauh, mampirlah sebentar untuk menjalankan ibadah wajib Anda di masjid yang megah dan mewah ini.

2. Menikmati Kemegahan Arsitektur

Selain itu, Anda juga bisa beristirahat sejenak sembari melihat kemegahan yang ditawarkan pada bangunan Masjid Al Safar. Karena kemegahan dan keunikan bangunannya sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika Anda sudah melakukan perjalanan jauh, tidak masalah untuk singgah sejenak dan beristirahat disini.

Apalagi bersantai disini tidak membosankan sebab banyak sekali pemandangan yang bisa Anda lihat. Sembari beristirahat, tidak ada salahnya melakukan kegiatan lain yang mengandung nilai ibadah seperti membaca al qur’an.

3. Berkeliling Masjid

Kegiatan ketiga yang tidak boleh sampai dilewatkan adalah berkeliling masjid. Bila Anda sudah beribadah dan berdo’a serta bersantai sebentar di Masjid Al Safar yang megah ini, kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah berkeliling. Tidak hanya di dalamnya saja yang unik dan megah, tapi bagian luar masjid juga sangat menarik untuk Anda lihat.

Karena di luar masjid terdapat banyak sekali pemandangan indah dan megah seperti taman Bunga, kolam, tower yang menjulang tinggi dan banyak lagi yang lain. Tak heran jika banyak yang terkagum-kagum dengan desain masjid buatan Kang Emil ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Masjid

Fasilitas Masjid Al Safar
Image Credit: Google Maps Dadan Sujana Kusumah

Sebagai salah satu masjid terbesar, Masjid Al Safar pastinya sudah melengkapi dengan banyak sekali fasilitas yang bisa dijumpai mulai dari area parkir yang luas. Jadi bagi yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu pusing atau cemas sebab di tempat wisata ini Anda bisa temukan tempat parkir yang luas sehingga aman untuk memarkirkan kendaraan Anda.

Selain itu, Anda juga akan menemukan perlengkapan shalat yang bisa digunakan. Harap pastikan setelah menggunakan perlengkapan tersebut, kembalikan ke tempatnya supaya masjid yang megah ini tetap rapi. Apalagi pengelola masjid ini juga selalu menjaga kebersihan dan kerapiannya sehingga orang-orang bisa beribadah dengan khusyu’ disini.

Dan fasilitas terakhir yang tak kalah menarik adalah toilet dan tempat wudhu yang dibuat dengan desain unik dan menarik. Jadi apabila Anda ingin menggunakannya, tidak hanya air yang bersih dan jernih saja yang ditemukan tapi juga desain bangunan yang sangat indah dipandang mata.

Masjid Al Safar merupakan salah satu masjid rest area yang terbesar di Indonesia. Tidak hanya karena ukuran bangunannya saja yang besar, masjid ini juga popular karena keunikan bangunannya juga. Banyak orang rela mendatangi masjid ini untuk melihat lebih dekat karya anak bangsa ini.