Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 07.00 – 18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Wanayasa, Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berenang di tempat yang memiliki pemandangan indah menjadi salah satu cara untuk melepas penat di akhir pekan. Jika anda berada di daerah Purwakarta, maka Giri Tirta Kahuripan dapat menjadi destinasi wisata yang bisa anda pilih. Disini, Anda dapat menikmati panorama alam yang terbilang asri ditambah dengan fasilitas yang tergolong cukup lengkap. Apa saja daya tarik dan keseruan liburan di tempat ini?

Daya Tarik yang Dimiliki Giri Tirta Kahuripan

Daya Tarik Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps Indra Susandi

1. Keindahan Sekitar Kolam Renang

Giri Tirta Kahuripan adalah salah satu kolam renang yang berada di Purwakarta. Destinasi wisata ini berada di ketinggian yakni 500 mdpl. Tentunya berada di tempat yang terbilang cukup tinggi tersebut, pastinya udara yang dimiliki oleh kolam renang ini sangatlah sejuk dan segar.

Sehingga akan menjadi destinasi yang bisa anda kunjungi ketika dilanda penat akan aktivitas harian yang melelahkan. Disini, anda tidak hanya akan disuguhkan dengan udara yang sejuk saja. Pasalnya, air kolam renang yang dingin sekaligus segar akan membuat pikiran menjadi fresh kembali.

Terlebih lagi, jika anda datang saat cuaca sedang terik teriknya, maka berenang ataupun sekedar berendam dapat menjadi alternatif yang bisa anda coba. Pemandangan yang asri juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dihadirkan oleh tempat rekreasi ini.

Keindahan dari objek wisata ini tidak hanya sampai disitu saja. Melainkan ketika anda datang di pagi hari, maka anda pun nantinya akan melihat kabut tipis. Seakan akan anda sedang berada di negeri atas awan. Pemandangan ini memang menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Giri Tirta Kahuripan.

2. Konsep dan Arsitektur yang Ditawarkan

Tidak hanya memiliki tempat wisata dengan pemandangan yang indah dan menyejukkan, konsep dari tempat hits ini pun cukup bagus. Sebab, Giri Tirta yang merupakan salah satu resort di Purwakarta ini memang sengaja untuk memadukan konsep resort yang dibangunnya dengan nuansa yang kekinian.

Hal ini tentu saja dapat terlihat jelas karena disini, anda akan disuguhkan dengan kolam renang sebagai wahana utama yang bisa anda jajal. Selain itu, saat berada di lokasi ini, anda juga akan bisa menikmati berbagai wahana bermain yang akan menghadirkan keseruan. Jika anda mengajak si kecil untuk berlibur ke tempat ini pastinya akan sangat menyenangkan.

Kemudian, beralih ke arsitektur yang ditampilkan. Tentunya tidak kalah menarik untuk dibahas. Sebab, arsitektur dari wisata ini pun sangat mengesankan. Dengan memadukan konsep Jawa dan modern akan membuat destinasi wisata ini memang sangatlah indah. Anda pun pastinya akan betah menghabiskan waktu untuk menikmati keseruan yang ditawarkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps Allandra Dibtiya

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Giri Tirta Kahuripan, maka anda pun bisa datang ke Jalan Raya Wanayasa yang berada di RT 13 RW 4. Tepatnya di Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta. Untuk bisa datang kesini, anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Apabila anda menggunakan angkutan umum, maka anda bisa naik bus antar kota terlebih dahulu dan turun di daerah Jatiluhur, tepatnya di rumah makan Ibu Haji Ciganea. Selanjutnya, anda bisa naik angkutan 04 untuk menuju ke arah Pasar Rebo. Perjalanan dilanjutkan dengan angkutan kuning dan turun di daerah Wanayasa. Kemudian, anda bisa gunakan ojek untuk lanjutkan perjalanan.

Namun, jika anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kesini, maka perjalanan yang harus anda tempuh akan lebih mudah. Anda bisa naik mobil dan menempuh rute tol Cipularang, kemudian lewati pintu exit tol Jatiluhur. Lalu arahkan kendaraan menuju ke arah Pasar Rebo dan belok ke kanan untuk menuju ke arah Wanayasa.

Disini, anda bisa menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 20 km. Setelah sampai di kecamatan ini, anda pun akan bisa menemukan papan penunjuk yang mengarahkan menuju ke wisata Giri Tirta. Apabila anda masih bingung, sebaiknya anda bisa menggunakan peta digital untuk sampai ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk dan Paket Wisata

Harga Tiket Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps Mega Sahara

Berwisata ke Giri Tirta Kahuripan, anda akan dikenakan tarif yang berbeda beda. Tergantung wahana dan aktivitas apa yang ingin anda lakukan. Akan tetapi, anda akan dikenakan tarif untuk tiket utama yakni sekitar 25 ribu rupiah. Kemudian, untuk anda yang ingin bermain flying fox Low Roper, akan dikenakan biaya yakni sekitar 25 ribu rupiah.

Wahana lain seperti tiket sky pool bisa anda mainkan dengan merogoh kocek sekitar 60 ribu rupiah. Selanjutnya, water slide yakni sekitar 10 ribu rupiah dan juga sepeda air dengan biaya tiket masuk sekitar 15 ribu rupiah. Kedua permainan tersebut bisa anda mainkan di kala akhir pekan. Jika anda ingin bermain futsal, maka anda pun bisa menyewanya dengan harga 125 ribu per jam.

Ada juga paket tour satu hari yang akan membuat biaya yang dikeluarkan lebih murah. Untuk anda yang memilih paket A, maka anda hanya perlu membayar 120 ribu rupiah. Disini, anda sudah mendapatkan tiket masuk, tiket sky pool dan juga lunch box ditambah snack box. Sedangkan jika anda tidak ingin mendapatkan snack box, maka anda bisa memilih paket B yakni sekitar 100 ribu rupiah saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Giri Tirta Kahuripan

Aktivitas Menarik di Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps Indra Susandi

1. Bermain Outbond

Jika anda suka mencoba wahana yang penuh dengan tantangan, maka wahana bermain outbond dapat menjadi salah satu aktivitas yang bisa anda coba. Di Giri Tirta Kahuripan pun anda juga bisa bermain di area outbond yang terbilang cukup lengkap. Mulai dari Flying fox bisa anda nikmati disini. Anda pun akan bisa merasakan sensasi menuruni jalur dengan menggunakan tali yang sangat menegangkan.

2. Bermain ATV

Belum puas memacu adrenalin dengan menaiki flying fox, maka anda pun bisa melanjutkan menuju ke permainan ATV. Disini, anda bisa mencoba untuk mengendarai ATV. Dengan memiliki medan terjal sekaligus berliku, pengunjung pun akan menjadi tertantang dan pastinya tak akan melupakan momen satu ini.

3. Berenang di Sky Pool

Wahana utama yang harus anda nikmati ketika berada di Giri Tirta Kahuripan tentunya adalah berenang di sky pool. Berada disini, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang sesekali tertutup dengan kabut. Kolam renang ini memang sengaja dirancang khusus berada di ketinggian.

Dengan begitu, pengunjung nantinya akan seakan akan berenang diatas bukit sebab pemandangannya memang sangatlah indah. Disini, anda bisa langsung melihat indahnya bukit dan juga pegunungan yang ada di Purwakarta. Ketika anda berenang di siang hari, anda akan bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan.

Namun, hal ini akan berbeda ketika anda mengunjunginya di malam hari. Sebab, kolam renang ini akan nampak sangat eksotis di malam hari. Dengan cahaya dan lampu lampu kota yang menerangi kolam renang ini tampak sangat mengagumkan. Suasana romantis pun akan bisa anda dapatkan di kawasan wisata ini.

Aktivitas di Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Instagram DR_Stories

4. Bermain Sepeda Air

Setelah puas berenang di kolam renang dengan desain skypool, sebaiknya anda jangan terburu buru untuk pulang. Sebab, anda bisa melanjutkan aktivitas lain yakni bersepeda air. Kegiatan mengayuh sepeda air di danau yang luas ini akan membuat anda berolahraga sekaligus. Ada beberapa jenis sepeda air yang bisa anda temukan disini.

Mulai dari sepeda air yang bisa digunakan untuk berdua dan juga jika anda ingin tenang sekaligus menyendiri, sepeda air khusus untuk satu orang ini bisa anda nikmati. Untuk penggunaannya sendiri, sepeda air ini sangat mudah untuk digunakan dan anda pun bisa berolahraga mengelilingi danau sembari menikmati pemandangan yang indah.

5. Melihat Satwa

Apabila anda mengajak si kecil berlibur, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu sarana edukasi. Hal ini dikarenakan anda juga bisa melihat satwa satwa lucu yang ada di Giri Tirta Kahuripan. Beberapa satwa yang bisa anda temukan disini antara lain adalah buaya muara, rusa timor, kakak tua, siamang, merak dan juga monyet.

Bahkan ikan besar yang berasal dari sungai Amazon yakni Arapaima juga bisa anda temukan di tempat rekreasi ini. tentunya dengan berlibur kesini dapat menjadi salah satu tempat untuk mengedukasi si kecil tentang berbagai jenis binatang yang ada. Mereka pun tak hanya melihatnya di buku atau film saja. melainkan dapat menjumpainya secara langsung dan berinteraksi dengan hewan hewan yang lucu tersebut.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berada di Giri Tirta Kahuripan, Purwakarta. Selain memiliki pemandangan yang indah, anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam wahana yang akan membuat anda betah berlama-lama di tempat ini. Tidak hanya melepas penat saja, anda juga bisa sekaligus berolahraga dengan panorama yang mengagumkan.