Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sriharjo, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta menyimpan beragam destinasi wisata alam yang murah meriah. Salah satu yang wajib dikunjungi saat berada di kota yang penuh dengan pesona ini adalah Desa Wisata Sriharjo.

Anda akan menemukan pemandangan alam yang begitu indah dan aliran sungai yang bersih sehingga menambah pesona desa wisata ini. Di Desa ini, sungainya akan surut dan alirannya menjadi tenang saat musim kemarau tiba.

Wisatawan dapat bermain air dan menyeberang dari satu sungai ke sungai yang lain. Meski sedang surut, Anda tetap harus berhati-hati karena terdapat area batu di pinggir sungai dengan tumbuhan lumut yang akan membuat jalanan menjadi licin.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Sriharjo

Daya Tarik Desa Wisata Sriharjo
Image Credit: Google Maps Endang Setyowati

1. Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Sebuah pemandangan alam yang tak biasa akan Anda temukan saat berada di Desa Sriharjo. Karena itu desa ini menjadi salah satu tempat wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemandangan alam yang dipadu dengan aliran air dari Sungai Oya membuat desa ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Apalagi ada banyak tempat wisata yang instragamable yang bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Jadi apabila Anda ingin berwisata di tempat ini, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan moment-moment yang tak biasa. Karena di desa ini, tidak hanya satu atau dua spot foto saja yang bisa Anda temukan tetapi banyak.

2. Jembatan Gantung Pengkol

Desa Wisata Sriharjo juga memiliki jembatan Gantung Pengkol dengan desain yang sangat menarik. Jadi ketika Anda mengikuti rute dari SMP 2 ke arah timur, ada sebuah jembatan yang menjadi penghubung Desa Sriharjo dengan Selopamioro. Di Jembatan Gantung Pengkol, wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat bagus.

Tapi selalu berhati-hatilah supaya tidak ada hal-hal buruk yang terjadi. Saat menyebrang menggunakan jembatan indah ini, pengunjung harus melakukannya secara bergantian dengan pengunjung dari arah lain. jadi ketika berada di Desa Sriharjo nanti jangan lupa untuk berkunjung dan berfoto saat melewati tempat ini.

Daya Tarik di Desa Wisata Sriharjo
Image Credit: Google Maps Om. Eddie

3. Terasering Bertuliskan Sriharjo

Setelah berswa foto di Jembatan Gantung Pengkol, lanjutkan kembali perjalanan sampai menemukan pemandangan yang indah berupa terasering dengan tulisan Sriharjo. Tempat ini menjadi favorit banyak wisatawan yang ingin berselfie dengan teman dan keluarganya. Karena selain menjadi latar yang instragamable, terasering ini juga sangat khas dan unik.

Di dekat terasering juga ada jembatan baru yang menjadi pengganti dari jembatan gantung. Jembatan tersebut berwarna biru dan oranye. Jembatan yang baru saja dibangun ini terlihat sangat kokoh sehingga kerap dijadikan para wisatawan untuk mengambil gambarnya.

4. Ciblon Sungai Oya

Tidak hanya itu saja, Desa Wisata Sriharjo menyuguhkan pemandangan indah lain dari cimblon di Sungai Oya. Pengunjung bisa menikmati segarnya ciblon di musim kemarau. Hanya saja, ketika memasuki musim penghujan, biasanya air Oya cenderung keruh dan warnanya pun berubah kecoklatan. Ini tentu berbeda ketika mengunjungi tempat ini di musim kemarau.

Jadi jika ingin melihat indahnya air sungai Oya sebaiknya datanglah di musim kemarau saja. karena airnya sangat jernih dan indah untuk dipandangi. Sungai ini menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin mereleksasikan diri. Lupakan semua pekerjaan dan rutinitas lain yang melelahkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Desa Wisata Sriharjo
Image Credit: Google Maps Juned servis kompor gas

Perjalanan wisata adalah hal yang sangat menarik untuk dibicarakan. Jika saat ini tempat wisata yang akan dikunjungi adalah Desa Wisata Sriharjo, pastikan alamat dan rute menuju lokasi sudah diketahui. Wisata indah ini berada di lokasi Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Untuk akses menuju lokasi, Anda bisa pergi ke Desa Sriharjo melalui Jogja menuju Jalan Imogiri. Setelah itu, ikuti petunjuk arah menuju Jembatan Gantung. Yang seru dari tempat wisata ini adalah saat perjalanan menuju desa. Pengunjung akan melalui perjalanan yang menantang dan bisa memicu adrenalin.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Sriharjo
Image Credit: Google Maps Masda Nang

Jika Anda tertarik untuk pergi ke Desa Wisata Sriharjo, selain akses menuju ke desa ini tergolong mudah, harga tiketnya pun relatif murah. Sebenarnya, harga tiket masuk ke tempat wisata indah ini gratis alias tidak dipungut biaya sama sekali. Jadi Anda hanya perlu membayar untuk parkir kendaraan saja. Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan mobil.

Tapi kendaraan jenis bus besar masih belum bisa masuk ke lokasi wisata. Jadi jika ingin pergi ke tempat wisata Sriharjo, silahkan gunakan kendaraan pribadi saja. Meski tidak dipungut biaya sedikitpun, tapi destinasi wisata ini memberikan pemandangan yang tak terlupakan. Pesonanya yang indah membuat siapa saja betah meski menghabiskan waktu berlama-lama.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Desa Wisata Sriharjo

Aktivitas Menarik Desa Wisata Sriharjo
Image Credit: Google Maps Masda Nang

1. Bersepeda

Beragam kegiatan menarik bisa Anda lakukan setelah berada di Desa Wisata Sriharjo. Misalnya saja bersepeda. Bersepeda adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung saat berada di desa wisata ini. Bersepeda disini tentu sangat menyenangkan sebab menawarkan kesegaran udara pedesaan yang tidak didapatkan di daerah perkotaan.

Selain itu, bersepeda di desa menyuguhkan suasana jalanan yang masih lenggang. Ini memungkinkan untuk pengendara bisa bersepeda dengan santai. Jadi jika sudah pusing dengan hiruk pikuk perkotaan, pergilah ke Desa Sriharjo. Karena Anda akan menemukan tempat yang indah saja dan membuat pikiran kembali fresh.

2. Berfoto di Jembatan Gantung

Selain bersepeda, kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah berfoto di Jembatan Gantung. Saat menyusuri Desa Sriharjo, Anda akan menemukan Jembatan Gantung yang menjadi salah satu tempat favorit orang-orang saat berselfi. Hanya saja di tempat ini ada aturan berfoto yang harus selalu diingat oleh para pengunjung.

Pada saat melewati jembatan, semua pengunjung tidak bisa langsung masuk. Karena ada aturan terkait jumlah maksimum orang yang bisa berada di atas jembatan yaitu 40 orang. Jadi tidak boleh berkelompok, tidak boleh berlari, bermain-main dan sebagainya. Bahkan di jembatan penghubung ini, kendaraan yang memiliki roda 4 juga tidak boleh melintas.

3. Memancing

Pada saat berwisata di Desa Wisata Sriharjo, Anda bisa melakukan aktivitas seru lainnya yaitu memancing. Bagi yang suka dengan suasana sunyi dan tenang, kegiatan memancing adalah solusi yang tepat. Anda bisa dengarkan suara gemercik air sembari memancing ikan.

Kegiatan ini bisa dilakukan orang-orang setelah berada di spot Bendung Tegal. Spot ini merupakan bendungan aliran Sungai Opak yang dibangun sejak tahun 1997. Ada berbagai jenis ikan yang bisa Anda temukan disini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Desa Wisata Sriharjo
Image Credit: Google Maps Reyhan Farm

Beragam fasilitas bisa Anda temukan dengan mudah saat berada di Desa Wisata Sriharjo. Fasilitas tersebut diantaranya area parkir, toilet umum, warung makanan dan minuman dan banyak lagi yang lain. Jadi untuk yang pergi ke tempat ini, Anda hanya perlu merogoh kocek untuk membayar parkir kendaraan yang dibawa saja.

Selain terdapat area parkir, di lokasi wisata juga sudah tersedia toilet umum untuk memudahkan para pengunjung yang ingin buang air. Toiletnya bersih dan terawat dengan baik. Tentu ini tidak lepas dari bantuan para pengunjung yang turut menjaga kebersihan di tempat wisata ini.

Untuk warung makanan dan minuman juga sudah banyak saat ini. Jadi jika lapar atau haus bisa langsung membeli makanan dan minuman yang Anda sukai. Harganya relatif terjangkau. Jadi tidak perlu kelaparan atau kehausan saat berada di lokasi wisata yang penuh pesona ini.

Desa Wisata Sriharjo adalah salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Jogja. Wisata murah meriah ini tidak hanya menyajikan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi tetapi pemandangan alam nan indah dan tak terlupakan.