12 Tempat Wisata di Cilacap

Cilacap merupakan kota yang masuk dalam provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali kekayaan alam maupun budaya. Tak hanya kuliner khas saja, Cilacap juga menyimpan berbagai destinasi wisata yang memiliki pemandangan sangat indah dan memesona.

Ada banyak referensi wisata di kota pesisir pantai selatan ini. Mulai destinasi wisata alam seperti pantai, air terjun, gunung, dan bahkan destinasi wisata buatan seperti waterpark, taman, dan lain-lainnya melengkapi Cilacap menjadi kota yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Maka, jika kamu sedang bingung memilih destinasi wisata mana yang cocok untuk dikunjungi, tidak ada salahnya memasukkan beberapa objek wisata di Cilacap ke dalam daftar tersebut. Untuk lebih meyakinkan lagi, sebaiknya kamu simak beberapa tempat wisata di Cilacap berikut ini.

1. Pantai Jetis

Pantai Jetis

Lokasi: Jetis, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Kacamatawisata.blogspot.com

Mungkin sebagian orang belum banyak yang mengetahui destinasi wisata satu ini, sebab keindahannya masih alami dan juga begitu asri. Di tengah-tengah pantai terdapat jembatan panjang yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk tempat istirahat sambil memandangi keindahan pantai yang sangat mempesona.

Lokasi pantai ini berada di bagian timur pusat kota, sehingga tidak terlalu jauh keberadaannya. Di sebelah pantai terdapat bukit yang tidak terlalu tinggi namun pemandangannya benar-benar sangat mengagumkan.

2. Gunung Selok

Gunung Selok

Lokasi: Karangbenda, Kec. Adipala, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter.com @radenrauf

Tempat wisata yang ada di Cilacap satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Hal tersebut karena gunung ini memiliki pemandangan sangat indah serta udara yang sangat sejuk. Akses menuju Gunung Selok juga sangat mudah, karena medan yang dilalui tidak terlalu banyak hambatannya.

Selain itu, ada juga jembatan gantung yang dihias warna-warni yang bertumpu pada pohon besar yang sangat rindang, bahkan disediakan juga bangku cinta yang difungsikan untuk pasangan kekasih. Para petugas pengelola tempat wisata ini juga menyediakan spot-spot foto menarik.

3. Curug Cimandaway

Curug Cimandaway

Lokasi: Serang, Datar, Kec. Dayeuhluhur, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Disporapar.cilacapkab.go.id

Curug ini merupakan air terjun yang memiliki arus cukup deras, namun masih tetap aman apabila ingin bermain di sekitar kolam air tersebut. Keistimewaan pantai ini adalah memiliki beberapa lapisan yang setiap lapisannya dialiri air dengan sangat deras.

Curug Cimandaway akan sangat ramai apabila memasuki hari-hari libur seperti Sabtu dan Minggu. Meskipun begitu, para pengunjung sebenarnya lebih suka datang pada hari-hari aktif, karena suasananya yang sepi bisa membuat otak menjadi lebih rileks dan juga tenang. Selain itu, di sekeliling pantai juga banyak terdapat warung-warung makan yang sangat murah harganya.

4. Pura Mandara Giri Gunung Selok

Pura Mandara Giri Gunung Selok

Lokasi: Jl. Srandil, Karangbenda, Kec. Adipala, Pereng, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Jalanjalanenak.com

Sebagai tempat beribadah umat Hindu, pura ini terbilang cukup indah dengan susunan bangunan yang sangat menarik. Desain-desain yang berada di dalamnya meskipun sudah sangat lama tetap memberikan kesan ekstetik yang mengagumkan. Banyaknya tiang-tiang penyangga yang dimiliki oleh bangunan ini semakin menambah pesonanya menjadi sangat unik.

Selain itu, pura ini juga terletak di sekitar kawasan Gunung Selok yang memiliki panorama cukup indah. Maka tak heran jika banyak juga pengunjung yang beristirahat di pura tersebut. Terkadang pengelola pura juga sering memberikan minum untuk pengunjung yang sedang beristirahat. Bahkan, bagi yang beragama Hindu, mereka diperbolehkan untuk masuk melihat bagian dalam bangunan tersebut.

5. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Lokasi: Jl. Benteng, Sentolokawat, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Id.wikipedia.org

Tak hanya memiliki wisata alam yang menakjubkan, Cilacap juga memiliki wisata sejarah berupa Benteng Pendem. Benteng ini adalah salah satu monumen peninggalan masa pemerintahan Belanda yang sempat berada di Indonesia. Dinamakan Benteng Pendem karena memang bangunan ini terpendam di lautan pasir yang cukup dalam.

Sebelumnya masyarakat tidak menyadari jika di dalam gunung pasir terdapat bangunan bersejarah yang sangat berharga, maka karena pasir mulai tidak terurus lagi, pemerintah memutuskan untuk menggali kawasan ini untuk dijadikan sebagai lahan konservasi. Namun, ternyata di dalamnya terdapat bangunan Benteng yang amat indah.

6. Curug Mandala

Curug Mandala

Lokasi: Mendala, Kec. Jeruklegi, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Jukron.blogspot.com

Selain Curug Cimandaway, Cilacap juga memiliki curug lainnya yang keindahannya tak kalah mempesona, yakni Curug Mandala. Air terjun ini memiliki air berwarna biru yang sangat indah dan juga cukup jernih, bahkan kamu juga bisa merasakan airnya secara langsung dengan cara menceburkan diri pada kolam air terjun ini.

Ketinggian yang sedang serta debit air yang tidak terlalu deras memang sangat menguntungkan para pengunjung untuk bisa berenang atau sekadar berendam di dalamnya. Akan tetapi jika hendak mengunjungi tempat wisata air terjun ini sebaiknya persiapkan terlebih dahulu kondisi tubuh agar benar-benar merasa fit, sebab medan yang akan kamu lalui cukup berat.

7. Kemit Forest

Kemit Forest

Lokasi: Jl. Srikaya Karanggedang, Sidareja, Karanganyar, Kec. Gandrungmangu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Wanarch.com

Bagi kamu kaum milenial, tempat wisata kekinian ini sangatlah cocok untuk dikunjungi. Hal tersebut karena wahana-wahana yang ada di dalamnya sangat modern dan praktis. Meski begitu, bukan berarti yang bukan kaum milenial tidak cocok mengunjungi destinasi wisata ini, karena pemandangan alam yang dimiliki oleh wisata ini benar-benar indah.

Di dalamnya terdapat spot-spot foto yang didesain khusus agar bisa memanjakan para pengunjung. Spot-spot foto tersebut di antaranya adalah ayunan hias, sepeda gantung, dan balon udara. Selain itu yang membuat tempat ini semakin menarik adalah karena adanya hutan pinus yang besar-besar dan sangat eksotif. Apalagi saat matahari terbenam hutan ini akan berwarna cokelat keemasan yang indah.

8. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

Lokasi: Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Disporapar.cilacapkab.go.id

Pantai Teluk Penyu adalah salah satu destinasi wisata di Cilacap yang memiliki penyu sebagai daya tarik utamanya. Saat mengunjungi pantai ini, kamu akan disuguhi dengan banyaknya hewan penyu lucu-lucu. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan bagaimana pertumbuhan serta perawatan penyu tersebut.

Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari Benteng Pendem, sehingga kamu bisa mengunjungi keduanya agar pengalaman liburanmu semakin bertambah. Selain adanya penangkaran penyu, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang tak kalah menarik.

9. Waduk Kubangkangkung

Waduk Kubangkangkung

Lokasi: Sokawera, Kubangkangkung, Kec. Kawunganten, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by

Waduk Kubangkangkung merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Cilacap yang memiliki jumlah pengunjung cukup banyak. Biasanya yang mengunjungi kawasan ini didominasi oleh keluarga karena di dalamnya terdapat wahana yang cocok digunakan, yakni motor bebek.

Dengan menyewa motor bebek yang memiliki kapasitas hingga 4 orang tersebut, kamu bisa mengelilingi waduk dengan leluasa. Selain itu, banyak juga rumah makan yang menjual berbagai makanan hasil laut dan bisa kamu nikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

10. Pantai Kemiren

Pantai Kemiren

Lokasi: Lingkar Selatan, Kemiren, Tegalkamulyan, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Mongabay.co.id

Pantai Kemiren memiliki pesona warna yang sangat indah, apalagi ketika senja tiba. Hal tersebut karena saat senja tiba, sinarnya akan membiaskan warna tanaman ungu yang berada di sekitar pantai. Selain itu, gulungan ombak yang besar semakin membuat pantai ini tampak eksotis.

Petugas juga menyediakan beberapa spot-spot foto yang bisa dinikmati secara gratis. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk membawa kamera yang berkualitas baik agar hasil foto-foto nantinya bisa terlihat bagus.

11. Hutan Pinus Karanggedang

Hutan Pinus Karanggedang

Lokasi: Jl. Srikaya Karanggedang, Sidareja, Karanganyar, Kec. Gandrungmangu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Coretandjawani.blogspot.com

Tempat wisata di Cilacap satu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai pemandangan asri nan sejuk. Deretan pepohonan yang memiliki ukuran hampir sama tersebut terlihat sangat mempesona karena daun-daunnya yang lebat.

Hutan yang terletak di Jl Pisang Karanggedang ini, banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan udara bersih bagi para pengunjung. Hal tersebut karena kualitas udara yang ada di hutan ini memang tidak terkontaminasi dengan polusi udara.

12. Waterpark Tirta Mas

Waterpark Tirta Mas

Lokasi: Jl. Rinjani, Perumahan Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Mungkin kamu bosan dengan beberapa tempat wisata yang hanya menyuguhkan pemandangan alam saja. Maka sangat disarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini, sebab kolam air yang terdapat di dalamnya sangat asyik dijadikan sebagai wahana permainan.

Waterpark ini memiliki tiga tingkatan kolam, yakni untuk anak-anak, remaja, dan yang terakhir dewasa, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengajak seluruh anggota keluarga. Apalagi, tempat wisata ini juga menyediakan gazebo yang boleh dimanfaatkan untuk tempat bersantai.

Itulah beberapa tempat wisata di Cilacap yang wajib untuk dikunjungi ketika musim liburan tiba. Jadi, jika berkunjung ke Cilacap, singgalah di beberapa tempat wisata diatas.