Brown Canyon, Tebing Batu Mempesona di Semarang Layaknya Grand Canyon

Brown Canyon Semarang

Brown Canyon, wisata perbukitan nan cantik incaran para pecinta fotografi di Semarang. Tebing batu menakjubkan layaknya berada di Grand Canyon menarik Anda eksplor saat liburan.

Lokasi: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang.
Map: Cek Lokasi

Brown Canyon tengah digandrungi saat ini. Lokasi penambangan yang masih aktif ini, mendadak menjadi destinasi wisata hits incaran para penggiat fotografi. Meski hanya terdiri dari tebing-tebing yang menjulang tinggi, akan tetapi eksotika panorama tempat ini berhasil memikat para wisatawan dan disebut sebagai Grand Canyon-nya Indonesia.

Sedari dulu Semarang identik dengan wisata sarat sejarah serta bangunan-bangunan tua. Namun, Brown Canyon yang tidak memiliki nilai sejarah apapun kini menjadi obyek wisata yang cukup diperhitungkan di sana. Keindahan panoramanya berhasil menggaet pengunjung dari dalam dan luar kota. Bahkan Wisatawan mancanegara juga tertarik untuk berkunjung ke lokasi ini.

Awalnya, lokasi ini hanyalah perbukitan proyek galian penambangan yang sudah ada sejak berpuluh tahun lalu. Bukit dan tanah lokasi ini kerap digali hingga tebing-tebing yang kini menjulang indah mulai terbentuk karena proses penggalian dan transformasi alam sekitar. Tanpa sengaja, pemandangan tebing yang berwarna senada pasir itu menarik perhatian dan semakin viral berkat media sosial.

Daya Tarik yang Dimiliki Brown Canyon

Daya Tarik Brown Canyon

Image Credit: Twitter.com @phinemocom

Lokasi ini merupakan wilayah perbukitan biasa, bukan obyek wisata. Namun, kemiripan kontur tebing yang curam dengan wisata Grand Canyon di Amerika, menjadikannya lokasi yang banyak diburu untuk dijadikan obyek fotografi. Melalui pemberitaan sosial media, akhirnya menjadikan lokasi ini sebagai salah satu tujuan wisata. Berikut ini beberapa daya tarik yang dapat Anda temui di Brown Canyon.

1. Spot Foto yang Unik dan Cantik

Umumnya tujuan pengunjung datang kemari untuk menciptakan foto yang cantik dan unik. Anda dapat berswafoto dengan background tebing curam yang menjulang tinggi di sini. Ini merupakan spot foto favorit pengunjung. Berada diantara dua tebing yang tinggi, dengan sedikit teknik fotografi maka jadilah foto yang sempurna siap menghiasi akun social media Anda.

Selain berada diantara dua tebing tinggi, terdapat tebing besar lain yang juga sering dijadikan spot foto. Para pecinta fotografi biasanya menggunakan kamera berlensa lebar untuk memperoleh hasil jepretan dengan panorama yang lebih luas.

Dibantu keberadaan batu-batu besar yang dapat Anda gunakan sebagai pijakan, spot foto tersebut dapat diambil dari berbagai sudut dan menghasilkan foto yang indah dan menawan.

Spot foto lainnya yaitu ladang yang berada di sekitar penambangan.

2. Kolam Alami

Keberadaan kolam yang bentuk tepiannya memanjang ini menjadi salah satu daya tarik dari lokasi Brown Canyon. Area sekitar kolam ini seringkali dipadati pengunjung. Sebab, keberadaan kolam ini memberi kesejukan di tengah pasir dan bebatuan yang gersang.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Cilacap Paling Populer

Kolam ini adalah cerukan yang terbentuk tanpa kesengajaan. Pada saat musim hujan, ceruk besar di celah-celah tebing ini akan penuh terisi air hujan. Lama-kelamaan terbentuklah kolam yang kini menjadi favorit wisatawan. Meski hanya kolam tadah hujan, tempat ini menjadi spot pilihan pengunjung untuk menanti momen matahari tenggelam.

Dari tepian kolam, Anda dapat menikmati indahnya senja ditambah kesejukan dari kolam alami tersebut. Perpaduan yang indah di tengah tebing yang berdiri menjulang dengan gagah. Rangkaian keindahan alami yang hanya Anda dapati di sini.

Daya Tarik dari Brown Canyon

Image Credit: Instagram.com @exploresemarang

3. Pepohonan di Puncak Tebing

Mengingat lokasi ini awalnya adalah perbukitan, tidak heran jika terdapat banyak pepohonan berada di puncak tebing. Sebab tebing-tebing tersebut merupakan transformasi bukit setelah mengalami proses penambangan atau penggalian.

Pemandangan hijau di atas tebing yang tinggi menjulang, menjadi obyek foto menarik yang wajib diabadikan. Terlebih lagi jika dikombinasi dengan langit biru yang cerah. Sebuah pesona yang tidak akan terbantah.

4. Rute yang Ekstrim

Rute yang harus Anda lalui untuk menuju lokasi Brown Canyon cukup sulit. Sebab lokasi ini merupakan daerah perbukitan, sebagian besar jalanan masih terjal. Bagi yang suka motocross atu off road, rute ini akan menjadi tantangan yang menyenangkan.

Pengguna motor dapat langsung masuk ke jalur tebing, kondisi jalannya lebih rata tetapi debu yang beterbangan dan melapisi jalanan yang menjadi tantangan. Sebagaimana diketahui, daerah ini merupakan tempat penambangan pasir, tanah uruk serta batu padas, maka debu pasti ada di mana-mana. Bahkan ban motor pun terbenam dalam debu yang ketebalannya mencapai 10cm.

Sementara bagi pengendara mobil, tantangannya berasal dari bebatuan di area penambangan sebelum masuk area tebing. Itulah sebabnya disarankan untuk menggunakan mobil yang bukan modifikasi, dan cocok untuk medan yang terjal.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Brown Canyon

Alamat Brown Canyon

Image Credit: Google Maps (Rangga dy)

Tempat ini berada 2 kilometer di selatan stasiun TVRI yaitu daerah Rowosari, Kota Semarang. Letaknya terbilang jauh dari pusat Kota Semarang. Jika Anda berencana pergi ke sana, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua atau mobil jeep. Mengingat akses jalan yang tidak terlalu bagus karena merupakan area penambangan tidak disarankan menggunakan mobil mewah apalagi ceper.

Jangan lupa gunakan masker atau buff juga kacamata untuk menghindari debu. Sebab lokasi ini memang merupakan penambangan pasir yang berdebu. Maka dari itu lebih baik jika Anda berkunjung diluar jam kerja penambangan, selain menghindari kebisingan, truk yang berlalu lalang, juga debu yang banyak beterbangan.

BACA:  13 Tempat Makan Enak di Jepara Favorit Wisatawan

Rute yang dapat Anda tempuh untuk menuju Brown Canyon dari Semarang bagian Timur yaitu melalui jalan Fatmawati ke arah Ketileng. Lanjutkan ambil lajur kiri ke arah lokasi Klipang Golf. Dari sana menuju jembatan Besi hingga pertigaan, kemudian belok kanan setelah 2 kilometer Anda akan sampai di tebin batu ini.

Bagi Anda yang datang dari arah Solo atau Yogya dapat mengambil rute melalui Banyumanik. Menuju Tembalang sampai menuruni wilayah Sigar Bencah. Ketika sampai perempatan Pasar Meteseh, Anda ambil jalan lurus untuk sampai di lokasi Brown Canyon. Apabila mengalami kesulitan Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi penunjuk jalan dan bertanya pada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Brown Canyon Semarang

Harga Tiket Brown Canyon

Image Credit: Facebook.com @malariahouse

Untuk menikmati keindahan Brown Canyon, para pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Sebab kawasan ini bukan merupakan kawasan wisata resmi. Belum ada pengelola baik dari pihak pemerintah maupun swasta. Namun, beberapa kali ditemui adanya pungutan liar untuk parkir sebesar lima ribu rupiah per motor. Biasanya pengunjung datang saat sore hari untuk menghindari bisingnya penambangan dan juga pungutan liar ini.

Tidak ada jam operasional khusus di lokasi Brown Canyon, akan tetapi mengingat ini merupakan lokasi penambangan yang masih aktif sebaiknya Anda berkunjung pada sore hari setelah jam kerja berakhir atau saat penggalian sedang off. Agar tidak mengganggu proses penambangan dan liburan Anda juga tidak terganggu dengan aktivitas para penambang.

Utamakan keselamatan selama berkunjung ke lokasi ini, selain waspada akan truk yang berlalu lalang juga harus berhati-hati ketika berpijak di batu besar dan pada saat motor melintasi jalur tebing. Kondisi debu yang tebal seringkali menyebabkan ban motor selip, hingga terjatuh. Gunakan kecepatan sedang dan pastikan kondisi kendaraan Anda optimal saat akan berkunjung kemari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Brown Canyon

Kegiatan di Brown Canyon

Image Credit: Google Maps (Athaya Collins)

1. Bersantai di Tepi Kolam

Kegiatan favorit pengunjung ketika datang ke lokasi Brown Canyon yaitu duduk bersantai di tepi kolam alami. Menikmati udara sejuk sembari memandang tebing indah yang menjulang tinggi, dengan warna kecoklatan yang eksotik ditambah pepohonan yang tumbuh di puncaknya semakin sempurna panorama yang memanjakan mata.

Dari tepi kolam ini Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan sunset saat sore hari. Momen yang menakjubkan dan wajib untuk diabadikan melalui lensa kamera Anda untuk dijadikan kenang-kenangan.

BACA:  11 Wisata Pantai di Semarang Favorit Dikujungi Para Wisatawan

2. Berfoto

Tujuan utama para pengunjung datang ke lokasi Brown Canyon adalah mengambil foto dengan obyek alam sekitar atau menjadikannya latar belakang ketika selfie. Bahkan tak jarang pula pasangan calon pengantin menjadikan lokasi ini sebagai tempat pemotretan pre wedding.

Lokasi pemotretan yang paling umum biasanya berada di belakang area penambangan. Area yang lebih rata dan tidak berdebu. Dari sini juga pemandangan senja dapat terlihat. Aktivitas fotografi sangat banyak ditemui di sini, karena tempatnya menawarkan pesona keindahan tersendiri.

3. Menyaksikan Proses Penambangan Secara Langsung

Oleh karena penambangan ini masih beroperasi, maka Anda dapat melihat proses penambangan tersebut secara langsung. Hiruk pikuk pekerja yang tengah menggali serta truk-truk pengangkut muatan yang berlalu lalang menjadi pemandangan unik di tengah indahnya pemandangan Brown Canyon.

4. Menikmati Keindahan Alam

Lokasi yang cukup jauh dari perkotaan, membuat tempat ini begitu cocok untuk menenangkan diri sembari menikmati keindahan alam yang tersaji. Tentunya ketenangan ini hanya dapat Anda peroleh ketika sore hari, di saat proses penambangan telah berakhir. Anda dapat menikmati sore dari bawah tebing yang berdiri bersebelahan seolah membingkai senja.

Anda juga dapat menikmati gugusan bukit yang mulai membentuk tebing dengan beberapa tumbuhan di sisi-sisinya, di temani langit sore yang teduh dan angin yang sejuk, memberikan ketenangan dan melepas kepenatan. Sebuah keindahan alami yang tidak akan Anda dapati di tempat lain.

Fasilitas yang Tersedia di Brown Canyon

Fasilitas Brown Canyon

Image Credit: Google Maps (Windyo Laksono)

Sebagaimana dikatakan pada ulasan di atas, lokasi ini bukan merupakan obyek wisata resmi. Belum ada pihak terkait yang mengelola tempat ini menjadi daerah tujuan wisata. Lokasi ini area penambangan pasir, batu padas dan tanah urug yang masih beroperasi. Oleh sebab itu, tidak ada fasilitas umum ataupun fasilitas penunjang bagi pengunjung yang datang.

Pengunjung yang datang kemari hanya memperoleh pemandangan alam, obyek fotografi serta spot untuk dijadikan latar belakang foto selfie. Bahkan untuk area parkir kendaraan pun tidak terdapat tempat khusus. Beberapa alat berat milik penambang juga diparkir secara sembarangan di area penambangan.

Semua pengunjung yang datang diharapkan telah membawa keperluan seperti obat-obatan, air minum, bekal makanan, tisue kering dan basah, masker, topi dan kacamata demi keselamatan juga kenyamanan Anda. Sebab di sini tidak ada toko ataupun warung yang menyediakan obat-obatan ataupun keperluan pribadi bahkan makanan dan minuman.

Demikianlah ulasan lengkap tentang wisata perbukitan Brown Canyon yang sedang hits dan menjadi wisata favorit kaum millenial. Sebuah keindahan alam Indonesia yang tidak kalah dengan keindahan wisata mancanegara Semoga ulasan ini cukup memberi gambaran tentang wisata ini. Pastikan Anda telah melakukan persiapan baik fisik maupun perbekalan sebelum datang berkunjung kemari.