Saung Manglid, Wisata Edukatif Berbasis Agrowisata di Purwakarta

Agrowisata Saung Manglid Purwakarta

Lokasi: Parakanceuri, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.
MapCek Lokasi

Berwisata sambil belajar saat ini sedang menjadi trend destinasi wisata di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke Kota Purwakarta, Saung Manglid adalah salah satu destinasi agrowisata yang bisa direkomendasikan jika Anda ingin merasakan pengalaman berlibur sambil belajar.

Objek wisata yang berlokasi di Kecamatan Klarapedes, Purwakarta ini merupakan destinasi wisata edukatif yang menerapkan konsep agrowisata. Konsep agrowisata ini memungkinkan pengunjung untuk berwisata sambil belajar hal tentang pertanian atau perkebunan. Tak hanya itu, destinasi yang awalnya merupakan restoran dan cafe ini juga menawarkan berbagai menu lezat.

Saung Manglid sendiri awalnya merupakan sebuah lahan pertanian yang dijadikan sebagai lahan pembibitan. Dengan luas kurang lebih tiga hektar, lahan pembibitan ini sering dikunjungi oleh tamu-tamu yang berasal dari luar kota. Sebagai bentuk layanan kemudian dibangunlah tempat menginap, yang kemudian terus dikembangkan menjadi restoran dan cafe seperti saat ini.

Fasilitas & Keunikan Agrowisata Saung Manglid

Fasilitas & Keunikan Agrowisata Saung Manglid

Image Credit: Facebook.com @saungmanglid

Ketika akan berkunjung ke suatu destinasi wisata, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah fasilitas apa saja yang disediakan. Nah, tak perlu khawatir karena Saung Manglid ini menyediakan berbagai fasilitas penunjang wisata lengkap. Seperti beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan di Saung Manglid berikut ini.

1. Resto dan Cafe Berbagai Tema Unik

Saung Manglid yang awalnya merupakan resto dan Cafe ini menyediakan fasilitas tempat makan yang unik dan berbeda dengan resto dan cafe lainnya. Menu utama yang disediakan adalah menu masakan khas Sunda dan berbagai jenis jajanan tradisional. Jadi Anda tak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung ke destinasi ini.

Selain masakannya yang lezat, semua bahan yang digunakan di restoran dan cafe di area Saung Manglid ini adalah bahan-bahan lokal. Sayuran, buah-buahan dan bahan lainnya diperoleh dari petani sekitar. Tak hanya itu, semua bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan dan sayuran organik.

BACA:  10 Mall Favorit di Bogor yang Wajib Anda Kunjungi

Yang membuatnya lebih menarik adalah konsep yang digunakan pada resto dan cafe di area Saung Manglid. Restoran dan cafe di area objek wisata ini menggunakan beragam konsep yang sangat menarik, mulai dari konsep restoran tradisional lesehan hingga konsep mewah dan romantis. Anda jadi memiliki semakin banyak pilihan tempat untuk makan.

2. Area Berfoto yang Menarik dan Artistik

Saung Manglid ini merupakan sebuah kawasan agrowisata yang lengkap. Di dalamnya terdapat area kebun bunga berbagai jenis yang bisa Anda jadikan lokasi berfoto. Tidak hanya kebun atau taman bunga yang cantik, di berbagai area juga disediakan area yang memang digunakan khusus untuk berfoto.

Area-area berfoto tersebut juga sudah didesain sedemikian rupa dengan menggunakan carangka. Carangka ini sendiri merupakan anyaman bambu yang dibentuk sedemikian rupa menjadi berbagai bentuk yang unik dan artistik.

Spot foto yang tersedia di kawasan Saung Manglid ini sangat artistik sehingga akan membuat hasil foto yang Anda ambil akan tampak lebih artistik. Karena itu tak heran jika selain dikunjungi oleh masyarakat untuk berwisata, banyak pula calon pengantin yang datang untuk mengambil foto pre wedding disini.

3. Area Edukasi Cocok Tanam

Area Edukasi Cocok Tanam

Image Credit: Facebook.com @Saungmanglid

Berbicara tentang wisata edukasi agrowisata, tak lengkap jika tidak menyebutkan fasilitas edukasi yang disediakan. Di kawasan agrowisata Saung Manglid ini terdapat area yang secara khusus digunakan untuk belajar segala hal tentang pertanian dan bercocok tanam.

Disini, Anda bisa belajar bercocok tanam berbagai jenis tanaman mulai dari proses penanaman, perawatan hingga memanen. Anda pun bisa melakukan wisata petik buah atau sayuran yang sedang masuk musim panen. Jadi, Anda bisa merasakan sendiri lezatnya buah-buahan segar yang baru dipanen dan langsung Anda panen sendiri.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Banten Paling Populer

4. Ruang Rapat

Saung Manglid ini tidak hanya menjadi kawasan agrowisata yang menyediakan area rekreasi sekaligus belajar dalam satu tempat. Jika Anda sedang berada di kawasan Saung Manglid dan membutuhkan ruangan khusus untuk mengadakan pertemuan atau rapat, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas ruang rapat disini.

Kawasan agrowisata ini juga menyediakan fasilitas ruang meeting dengan kapasitas 30 orang. Dengan suasana alam yang sejuk dan terbuka serta artistik, Anda bisa menggelar pertemuan dengan lebih nyaman.

5. Area Oubond

Tidak hanya fasilitas ruang meeting, Saung Manglid juga menyediakan fasilitas berupa area outbond jika dibutuhkan. Suasana khas pedesaan yang sejuk ditambah dengan lokasi yang cantik dengan berbagai area yang dibuat unik dan artistik membuat kegiatan bonding di Saung Manglid menjadi pilihan bagi banyak orang.

Area outbond yang tersedia di kawasan agrowisata Saung Manglid ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas outbond yang memadai. Karena itu, tak sedikit pula sekolah, kantor atau instansi yang menggunakan fasilitas di agrowisata ini untuk mengadakan kegiatan bonding.

Saung Manglid menjadi pilihan terbaik bagi warga Purwakarta atau pengunjung yang kebetulan melewati daerag Purwakarta untuk berlibur melepas penat sejenak. Dengan berbagai fasilitas yang disediakan seperti yang disebutkan di atas, setiap pengunjung tentu bisa menikmati berbagai kegiatan menyenangkan di dalamnya.

Aktifitas Seru yang Dapat Dilakukan di Saung Manglid

Aktifitas Seru yang Dapat Dilakukan di Saung Manglid

Image Credit: Portaljabar.net

Fasilitas yang diberikan di Saung Manglid di atas memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai aktifitas outdoor maupun indoor yang menyenangkan. Seperti beberapa aktifitas seru dan menyenangkan berikut yang bisa Anda lakukan di Saung Manglid.

1. Berselfie dan Mengambil Foto

Area carangka yang merupakan dekorasi yang terbuat dari anyaman bambu adalah daya tarik utama yang disediakan di Saung Manglid ini. Di area ini Anda bisa berselfie atau mengambil foto dengan hasil yang dijamin artistik.

BACA:  Karaha Bodas Tasikmalaya, Kawah Putih Unik yang Memukau

Selain itu, ada pula area kebun bunga dengan berbagai jenis bunga yang ditanam di dalamnya. Saat musim bunga mekar, Anda bisa menjadikannya sebagai lokasi berfoto yang tak kalah cantik. Di lokasi ini jugalah biasanya dijadikan sebagai spot foto untuk pasangan yang sedang melakukan pemotretan pre wedding.

2. Belajar Bercocok Tanam

Belajar Bercocok Tanam

Image Credit: Mynikitadream.blogspot.com

Sesuai namanya, kawasan agrowisata, maka aktifitas utama yang tak boleh Anda lewatkan saat berada di Saung Manglid adalah aktifitas pertanian dan bercocok tanam. Anda bisa belajar cara bercocok tanam berbagai jenis buah dan sayuran disini. Tak perlu khawatir karena akan ada pemandu yang membantu dan memandu Anda selama aktifitas ini.

Selain belajar bercocok tanam, jika Anda datang saat musim panen, Anda juga bisa melakukan kegiatan petik buah. Anda bisa memetik buah dan memakannya langsung di tempat. Selain itu Anda juga bisa langsung mengolah hasil panen Anda di tempat yang disediakan di area saung.

Saung Manglid ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang tidak hanya menyenangkan, namun juga memberikan edukasi. Anda bisa mengunjungi kawasan agrowisata ini setiap hari yang dibuka dari pukul 08.00 hingga 18.00. Di hari libur pun kawasan wisata ini masih buka. Jadi saat musim liburan tiba, Anda bisa memiliki lebih banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi.