Batu Secret Zoo masuk dalam kawasan Jatim Park 2. Tempat wisata keluarga favorit dan kebun binatang modern di Kota Batu dengan beragam tawaran wahana seru.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu.
Map: Cek Lokasi

Seperti namanya, Batu Secret Zoo terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Kota ini memang dikenal sebagai gudangnya tempat wisata di Indonesia. Tempat wisata ini merupakan salah satu bagian dari Jawa Timur Park 2. Tempat ini merupakan destinasi liburan yang sangat cocok untuk liburan pada saat weekend.

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang dikemas dengan desain modern dan indah. Anda dapat melihat berbagai macam binatang di tempat wisata ini. Luas areanya mencapai 14 hektar. Oleh karena itu, mungkin butuh waktu seharian untuk bisa menjelajah tempat ini secara menyeluruh.

Banyak informasi yang perlu Anda ketahui mengenai kebun binatang modern ini. Berikut seputar informasinya agar Anda paham mengenai tempat wisata yang cukup terkenal di kota Batu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Batu Secret Zoo

Daya Tarik Batu Secret Zoo
Image Credit: Facebook.com @parekrafri

Sebagai salah satu destinasi liburan favorit di Kota Batu, kebun binatang modern ini memiliki banyak keunggulan sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di tempat wisata tersebut. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki tempat ini.

1. Aneka Ragam Satwa yang Sangat Lengkap

Tempat wisata ini dikelola oleh pihak pengelola Jatim Park yang telah berpengalaman dalam membuat tempat wisata yang menyenangkan dan seru. Oleh karena itu, pihak pengelola tidak main-main dalam menciptakan kebun bintang ini.

Pihak pengelola telah menyediakan berbagai satwa dari seluruh penjuru dunia untuk dapat Anda lihat. Anda juga dapat menemukan berbagai binatang langka dari beberapa negara lain seperti Flying Lemur, Savanah, Reptil Garden, dan masih banyak lagi.

2. Berbagai Wahana yang Seru

Selain menyediakan kebun binatang, pihak pengelola tempat wisata ini menyediakan juga berbagai wahana permainan seru. Beberapa wahana yang dapat Anda temukan seperti animal show, kolam renang, safari farm, brigade mobil pemadam, dan masih banyak lagi.

Hal yang membuat banyak wisatawan suka berkunjung disini adalah semua wahana yang disediakan dapat dinikmati dengan gratis tanpa perlu membayar lagi. Fakta ini tentu saja akan membuat para wisatawan merasa senang dan puas bermain di Batu Secret Zoo.

Daya Tarik dari Batu Secret Zoo
Image Credit: Twitter.com @postcardandtag

3. Bermain Sambil Belajar

Hal yang membedakan tempat wisata ini dengan kebun binatang lainnya adalah disediakannya berbagai macam wahana edukasi. Wahana ini tentu saja dapat membuat anak-anak yang berlibur di tempat ini menjadi mengerti mengenai pengetahuan akan berbagai macam satwa.

Salah satu kegiatan edukasinya adalah feeding session. Pada kegiatan tersebut, anak-anak dapat memberikan makan pada binatang yang telah disediakan. Jangan khawatir karena akan ada pemandu yang selalu menjaga dan mengawasi buah hati Anda. Selain itu, wisatawan juga diperbolehkan berfoto bersama satwa tersebut.

Anda dapat memilih binatang apa yang ingin Anda beri makan pada kegiatan feeding session. Anda dapat memilih beberapa binatang yang telah disediakan seperti malayan tapir, alpaca, jerapah, badak putih, kalong, giant ant eater, dan berbagai satwa lainnya.

Agar dapat berinteraksi lebih dekat dengan satwa maka pihak pengelola juga menyediakan layanan seperti menunggang unta dan gajah. Tidak hanya anak-anak yang diperbolehkan, bahkan orang dewasapun juga boleh ikut mencoba layanan ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Kebun Binatang

Alamat Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps (RadhikaMP)

Jarak Batu Secret Zoo sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Malang. Aksesnya cukup mudah untuk menuju lokasi tempat wisata tersebut. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum.

Apabila Anda menggunakan kendaraan umum maka mulailah perjalanan melalui Terminal Arjosari. Anda dapat menggunakan angkutan umum dengan rute ADL atau AL dari Terminal Arjosari menuju ke Terminal Landungsari.

Apabila Anda dari luar kota dan menggunakan kereta maka turunlah di Stasiun Malang. Setelah itu, Anda dapat menggunakan angkutan umum dengan rute ADL atau AL untuk menuju ke Terminal Landungsari. Kemudian Anda harus berganti angkutan umum dengan rute BJL yang melewati lokasi tempat wisata ini.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, baik itu roda dua maupun roda empat maka dapat dengan mudah untuk menuju lokasi kebun binatang modern ini. Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Malang maka langsung saja menuju Kota Batu. Terdapat banyak papan penunjuk jalan yang dapat memandu Anda menuju lokasi tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Secret Zoo

Harga Tiket Batu Secret Zoo
Image Credit: Google Maps (Romy Suharto)

Harga tiket masuk kebun binatang modern ini sekitar Rp 85.000,00 pada hari biasa dan Rp 120.000,00 untuk akhir pekan. Tempat wisata ini termasuk dalam bagian Jawa Timur Park sehingga Anda dapat menghemat biaya tiket masuk dengan membeli tiket yang merangkap dengan wisata lain milik Jawa Timur Park.

Terdapat beberapa paket tiket masuk yang dapat Anda pilih. Paket kaget sekitar Rp 105.000,00 yang mencakup Museum Satwa, Eco Green Park, Batu Secret Zoo. Paket ini hanya tersedia saat akhir pekan.

Tiket Sakti sekitar Rp 375.000,00 yang meliputi Batu Secret Zoo, Museum Tubuh, Predator Fun Park, Museum Satwa, BNS, Eco Green Park, Jatim Park 1, dan Museum Angkut. Tiket ini dapat Anda gunakan selama dua hari. Apabila Anda ingin menggunakannya selama 3 hari maka dapat membeli paket tiket yang harganya Rp 450.000,00.

Anda juga perlu memperhatikan jam operasional tempat wisata ini. Kebun binatang modern ini buka dari hari senin sampai minggu mulai dari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Binatang Batu

Kegiatan di Kebun Bintang Batu
Image Credit: Facebook.com @noermeutia.hidayati

1. Melihat Aneka Hewan

Anda dapat melihat berbagai macam hewan di tempat wisata ini. Kebun binatang modern ini menyediakan berbagai macam satwa dari seluruh penjuru dunia. Anda juga dapat berfoto dengan hewan-hewan tersebut.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk berfoto dengan hewan-hewan tersebut. Hal pertama adalah Anda harus mengetahui secara betul jadwal untuk memotret hewan tersebut. Hal kedua adalah harus antri karena banyak wisatawan yang juga ingin foto bareng dengan satwa tersebut.

2. Memberi Makan Hewan

Jika Anda bosan hanya melihat hewan-hewan saja maka cobalah untuk memberi makan hewan tersebut. Hanya beberapa hewan saja yang boleh diberi makan secara langsung oleh wisatawan.

Anda dapat menggunakan kereta kelinci untuk memberi makan hewan yang ingin Anda beri karena sebagian besar hewan tersebut berada di kandang khusus. Makanan yang akan diberikan juga telah disediakan oleh pihak pengelola. Makanannya dapat berupa wortel yang telah dipotong kecil-kecil.

3. Mencoba Wahana-Wahana Seru

Anda dapat mencoba wahana-wahana yang telah disediakan oleh pihak pengelola Batu Secret Zoo. Terdapat berbagai macam wahana yang dapat Anda pilih.

Anda dapat mengunjungi rumah hantu apabila ingin menguji nyali dengan melihat berbagai macam hantu buatan yang setiap saat dapat menakuti wisatawan. Sangat disarankan untuk mencoba roller coaster karena wahana ini selalu dicari-cari oleh banyak pengunjung.

Terdapat wahana river adventure yang memungkinkan wisatawan untuk naik perahu untuk menyusuri sungai yang dikelilingi hewan-hewan lucu. Terdapat waterpark dengan berbagai perusutan dan wahana air yang menyenangkan. Jika Anda ingin merasakan suasana seperti di Afrika maka dapat mengunjungi savannah.

Ada wahana baby zoo jika Anda ingin melihat bayi beberapa hewan yang sangat lucu. Anda juga dapat mengunjungi zona aquarium apabila ingin melihat berbagai macam satwa air yang unik. Jika ingin melihat pertunjukan yang unik maka Anda dapat melihat willy laro show yang menampilkan pertunjukkan dua singa laut yang pintar.

Terdapat safari farm yang menyediakan kereta yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk melihat berbagai hewan yang bertempat tinggal di gurun. Anda juga bisa mengunjungi wahana fantasy happyland yang dapat dinikmati dengan gratis.

4. Mengunjungi Wisata Terdekat Lainnya

Jika Anda membeli tiket dengan paket menuju ke tempat wisata miliki Jawa Timur Park lainnya maka jangan habiskan waktu Anda dengan bermain di Batu Secret Zoo saja. Anda dapat mengunjungi wisata lain yang termasuk dalam paket tiket Anda seperti museum satwa, Jatim Park 1, dan lain-lain.

Fasilitas yang Tersedia di Batu Secret Zoo

Fasilitas di Batu Secret Zoo
Image Credit: Instagram.com @erna_puspiita

Sebagai tempat wisata modern, kebun bintang ini telah menyediakan berbagai fasilitas yang mumpuni dan pastinya dapat membantu melayani pengunjung dengan lebih baik. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan di lokasi wisata ini.

1. ATM Center

Apabila Anda tidak membawa uang tunai maka Anda dapat menarik uang dari ATM center yang telah disediakan. Sudah disediakan berbagai macam bank sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.

2. Charging Station

Apabila Anda kehabisan batrai pada perangkat elektronik yang yang dibawa maka pergilah ke charging station. Fasilitas ini hanya tersedia di beberapa lokasi tertentu.

3. Baby Care

Fasilitas ini dapat digunakan oleh ibu-ibu yang membawa bayi. Fasilitas ini semacam ruangan bagi para ibu yang membutuhkan privasi dalam merawat bayinya.

4. Loker

Jika Anda membawa barang yang terlalu banyak maka dapat Anda titipkan di loker yang telah disediakan. Kemanannya sangat terjamin sehingga Anda tidak perlu khawatir.

5. Pusat Informasi

Apabila Anda membutuhkan informasi seputar tempat wisata ini maka dapat menuju fasilitas ini. Jika Anda kehilangan barang maka dapat menggunakan layanan dari fasilitas tersebut.

6. Pusat Oleh-Oleh

Jangan khawatir dengan masalah oleh-oleh karena terdapat berbagai macam toko oleh-oleh yang dapat Anda pilih. Beberapa toko yang tersedia antara lain Pusat Fashion, Camilan Nusantara, Central Oleh-Oleh, dan lain-lain.

7. Mushola

Bagi wisatawan yang beragama islam maka dapat menggunakan mushola yang tersedia untuk beribadah. Selain itu, tempatnya juga sangat bersih dan nyaman.

8. Alat Transportasi

Pihak pengelola menyediakan beberapa alat transportasi yang dapat mempermudah wisatawan menjelajah tempat wisata ini. Beberapa alat transportasi yang tersedia antara lain E-bike, shuttle car, dan lain-lain.

9. Food Court

Jika Anda merasa lapar setelah bermain seharian di tempat wisata ini maka dapat mengunjungi food court yang telah disediakan. Di fasilitas ini terdapat beberapa kuliner khas Jawa Timur yang pastinya sangat lezat.

Beberapa informasi diatas dapat Anda jadikan referensi apabila ingin berlibur ke Batu Secret Zoo. Pastikan untuk memperhatikan masalah tanggal, hari, harga tiket sebelum berangkat ke lokasi tempat wisata ini. Pastikan untuk membawa uang lebih untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.