Kota Batu terkenal sebagai surganya wisata alam, udaranya yang sejuk dan pesona alam memukau menjadi daya tarik utamanya. Batu Flower Garden taman cantik dan hits idola para remaja, pemandangan dari atas ketinggian di Bukit Bulu.

Lokasi: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu.
Map: Cek Lokasi

Jalan-jalan ke Kota Malang tidak lengkap jika tidak mampir ke Kota Batu yang sejuk dan juga terkenal dengan wisata alamnya. Kota Batu memiliki banyak sekali keindahan alam yang memikat pengunjung untuk datang setiap harinya. Mulai dari pesona air terjun, wisata arum jeram, taman bunga, hingga daerah petik buah.

Batu Flower Garden salah satunya, keindahan taman bunga yang cantik dan menawan ini cukup memanjakan mata. Terlebih tempatnya yang berada di daerah perbukitan menambah sejuk udaranya. Bisa dinikmati saat siang hari ataupun sore hari sesuai jadwal buka layanan yang sudah ditentukan.

Rencanakan liburan terbaik Anda dengan memperbanyak informasi mengenai daya tarik hingga biaya masuk yang perlu dibayarkan. Selain itu, penginapan terdekat banyak tersedia di sekitar lokasi

Daya Tarik yang Dimiliki Batu Flower Garden

Daya Tarik Batu Flower Garden
Image Credit: Twitter.com @gakbakaldeak

1. Flower Hill

Bagi Anda pecinta kebun yang dihias oleh bunga cantik dan Indah, Flower Hill ada untuk melengkapi keinginan tersebut. Terdapat banyak sekali jenis bunga yang ada di sana. Diperkirakan sekitar ratusan jenis yang bisa Anda temukan saat berkunjung.

Pemandangannya begitu lengkap dengan tambahan pesona bukit dan pegunungan yang hijau. Dipadukan dengan hamparan yang berwarna-warni begitu luas. Setiap momen Anda akan terlewati dengan kesan yang luar biasa. Jangan lupa mengabadikannya dengan foto terbaik, untuk diupload di sosial media.

2. Sky Bike

Wahana permainan di Batu Flower Garden memang banyak sekali. Sehingga liburan Anda tidak membosankan. Bagi pecinta kegiatan ekstrim dengan suasana ketinggian dari bukit, sky bike pilihannya. Anda bisa melihat dari atas pemandangan hijau pepohonan dengan gowes di atas tali yang terbentang dari ujung bukit ke ujung yang lainnya.

Sensasi menaiki sepeda yang melayang tentu akan memacu adrenalin Anda. Cukup menyeramkan jika dibayangkan, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Anda juga bisa befoto di atas tali sambil mengayuh pedal sepedanya. Tentunya ada biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk menikmati fasilitas ini.

3. Hammock

Jika Anda ingin menikmati alam sambil bersantai, bisa kemudian mencoba fasilitas hammock yang tersedia. Anda bisa menikmati hembusan angin yang sejuk dan juga gemericik alam yang merdu sembari tiduran di atasnya. Anda akan menemukan spot ini terbentang di antaran dua batang pohon pinus dengan warna yang menawan.

Banyak sekali jenis yang bisa Anda gunakan diantaranya yaitu, hammock garden, hammock tower, dan juga flying hammock. Semua bisa Anda dapatkan dan coba saat berkunjung langsung ke lokasi. Tentunya untuk aktivitas ini Anda membutuhkan cukup keberanian dalam menaikinya.

4. Sky Swing

Anda berjiwa petualang dan suka dengan hal-hal ekstrim? Sky Swing pilihannya. Wahana ini cocok sekali bagi Anda yang suka memacu adrenalin. Latar belakang ayunan yang merupakan tebing tinggi ini, akan memberikan kesan yang tiada duanya. Mengerikan, menakutkan, dan menantang mungkin itu kata yang tepat untuk mendeskripsikannya.

Jika benar-benar tertarik untuk menaikinya, siapkan mental yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi agar tidak takut saat di atas. Karena memungkinkan sekali suasananya lebih ekstrim saat berada di ayunan daripada saat berada di kejauhan. Namun, bisa banget jadi pilihan terbaik saat di Batu Flower Garden pastinya.

Daya Tarik dari Batu Flower Garden
Image Credit: Twitter.com @malangchannel

5. ATV Offroad

Pernah kepikiran mengendarai ATV gak sih? sekarang Anda bisa menikmatinya di Taman Bunga Batu. Selain berfoto dan menikmati keindahan alamnya, tentu tidak salah jika Anda mencoba aktivitas offroad. Kegiatan ini akan memacu adrenalin Anda dan juga meninggalkan kesan yang tidak terlupakan

Cukup dengan mengeluarkan beberapa uang tambahan untuk menyewa, Anda bisa mengendarai ATV dengan asiknya. Bahkan jika ingin mengabadikannya dengan hasil foto yang bagus, Anda bisa menyewa jasa profesional yang ada.

6. Smurffy’ House

Pernah gak sih ngebayangin berfoto di rumah jamur yang ada di film-film kartun pada masa kecil kita. Bentuknya yang lucu, unik, dan berwarna merah dengan bintik putih di kepalanya, menarik sekali tentunya. Di Batu Flower Garden sensasi itu bisa Anda temukan.

Smurffy House, spot berfoto yang banyak disukai oleh anak-anak ini dibangun dengan indah oleh pengelola. Banyak sekali remaja ataupun kaum muda yang berfoto di sana. Bahkan tidak jarang dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto prewedding yang unik dan cantik.

7. Stenen Bloementuin

Suasana kebun bunga dengan bagunan berarsitek Belanda pasti akan menarik sekali. Taman bunga ini hadir memberikan pemandangan tersebut. Stenen Bloementuin berdiri kokoh dan indah dikelilingi oleh bunga pethunia dan juga krissan.

Banyak Pengunjung yang memanfaatkan tempat ini sebagai spot foto andalan. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan untuk bersantai dan menikmati semilir angin yang menerpa hamparan bunga dengan lembut. Merasakan suasana seperti di Belanda walaupun tidak seratus persen sama persis. Namun cukup untuk memenuhi keinginan Anda yang belum terwujudkan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Taman Bunga Batu

Lokasi Taman Bunga Batu
Image Credit: Google Maps (Azman Rusli)

Letak tempat wisata Batu Flower Garden berada tidak jauh dari pusat Kota Batu dan Kota Malang. Akses jalannya bagus namun sempit, disarankan menggunakan roda dua untuk menuju lokasi. Setelah sampai, parkir kendaraan lalu berjalan sekitar 1,5 Kilometer sampai di kebun bunganya. Ada dua rute terdekat yang bisa Anda gunakan, yaitu mulai dari Kota Malang atau Kota Batu.

Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Malang, maka gunakan jalur dalam agar tidak terjebak macet. Dari Alun-alun Kota Malang silahkan lanjutkan perjalanan menuju daerah Kampus Barwijaya. Sampai di perempatan Veteran ambil arah ke jalan Sigura-gura. Dari sana, kemudian ikuti jalan hingga sampai pada sebuah perempatan tong. Belok kiri kemudian temukan pertigaan ambil jalan yang tidak menurun belok kanan.

Kemudian belok kiri pada pertigaan setelah masjid. Ikuti jalan menuju daerah Tlekung, lokasi tidak jauh dari situ. Lebih tepatnya searah dengan wisata Coban Rais. Rute ke dua bisa dimulai daerah Kota Batu, yaitu alun-alun Kota. kemudian ikuti arahan yang ada di Jalan. Sekitar 4,5 kilometer Anda akan sampai pada lokasi taman bunga cantik ini.

Jika Anda berada dari daerah Jawa Timur bagian Barat seperti Blitar, Kediri, ataupun Nganjuk, rute terbaik bisa dimulai dari daerah Batu. Sedangkan untuk yang berasal dari Jawa Timur bagian Timur, rute terbaik bisa dimulai dari daerah Kota Malang.

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Flower Garden

Harga Tiket Batu Flower Garden
Image Credit: Google Maps (Bambang Triyono)

Sebagai salah satu dari destinasi wisata yang hits dan populer ada di daerah Kota Batu, tentu pengelolaanya sudah mapan dan terstruktur dengan rapi. Terlebih sarana prasarana selalu terjaga dan terawat dengan baik. Sehingga tidak heran jika biaya yang dibandrol untuk setiap perorangan yang masuk mahal, atau bahkan murah jika dibandingkan dengan fasilitas yang disediakan.

Bagi Anda yang memiliki rencana berlibur ke Batu Flower Garden informasi mengenai tiket masuk yang harus dibayarkan akan berpengaruh terhadap anggaran yang disediakan. Biaya masuk yang dibebankan kepada setiap pengunjung adalah Rp 25.000,- saja.

Jika ingin menggunakan wahana yang ada di sana, Anda perlu membayar tambahan biaya. Buka setiap hari, dengan selisih satu jam lebih awal saat hari biasa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Bunga

Kegiatan di Taman Bunga
Image Credit: Instagram.com @heyfie__

1. Tracking dan Hiking

Bagi Anda pencinta olahraga hiking, di Batu Flower Garden bisa ditemukan. Untuk mencapai lokasi ini kamu cukup berjalan menuju area Coban Rais. Dengan berjalan menuju daerah Coban Rais, Anda akan merasakan sensasi hiking yang cukup melelahkan. Karena rutenya cukup ekstrim dan menanjak. Cukup untuk memuasakan hasrat hiking dan trakcing.

2. Berfoto

aktivitas ini adalah hal wajib yang harus dilakukan. Karena Taman Bunga Batu memiliki banyak spot yang memang dikhususkan bagi Anda yang senang berswafoto. Setiap sudut wilayahnya sengaja dibuat dengan menarik dan indah agar dapat dijadikan latar belakang yang menarik. Dengan ini Anda dapat mempermanis timeline sosial media yang dimiliki.

3. Mengeksplore Pemandangan Taman Bunga yang Indah

Datang ke Taman Bunga tapi tidak menyempatkan diri untuk mengeskplore semua keindahan alam yang dimilikinya? sangat disayangkan tentunya. Bukit bunga yang hijau dan Indah, pemandangan bukit yang menampakkan keindahan Kota Batu. Udara yang sejuk, hingga suasana malam yang dihiasi oleh lampu kota terlihat Indah dari atas.

Penginapan Murah Dekat Batu Flower Garden

Penginapan Dekat Batu Flower
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Royal Orchids Garden Hotel and Condominium

Terletak di daerah dekat pusat Kota Batu. Pelayanan dan fasilitas bagus. Biaya menginap per malam yang harus dibayarkan sekitar Rp 708.750,-, cukup mahal namun sebanding dengan kualitasnya.

2. Aston Inn Batu

Lokasinya juga tidak jauh dengan pusat Kota Batu. Suasananya cukup tenang dan juga bersih. Harga menginap per malam untuk dibayarkan sekitar Rp 706.882,-, termasuk deretan penginapan yang mahal namun bagus.

3. Golden Tulip Holland Resort

Memiliki view yang bagus dengan suasana yang tenang. Lokasi dekat dengan pusat Kota Batu. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menginap per malamnya sekitar Rp 950.001,-, tergolong mahal karena termasuk tepat terbaik di Batu.

4. Jambuwuluk Convention Hall

Suasananya begitu tenang dengan gemericik air dari sekitar lokasi. Tempatnya tidak jauh dari pusat Kota Batu. Biaya menginap untuk permalam yang harus dibayarkan sebesar Rp 582.750,-, termasuk yang lumayan murah dibandingkan penginapan lain di atas.

5. Batuque Town Villa

Selanjutnya penginapan terdekat yang menjadi dapat Anda temukan di sekitar pusat Kota Batu adalah Batuque Town Villa. Biaya menginap untuk per malamnya sekitar Rp 429.883,-. Fasilitasnya sudah lengkap seperti penginapan lain yang lebih mahal. Ditambah pelayanannya juga ramah dan tempatnya bersih.

Fasilitas yang Tersedia di Batu Flower Garden

Fasilitas di Batu Flower Garden
Image Credit: Google Maps (Hendra W)

Fasilitas yang tersedia di Taman Bunga Batu sangat lengkap. Banyak sekali wahana permainan yang bisa Anda temukan di sana. Seperti tempat bermain anak, trampoline, spot foto, hingga tempat yang menjual makanan. Wilayahnya juga bersih serta terawat dengan baik oleh pengelola.

Fasilitas pendukungnya juga lengkap dan bersih terawat, seperti musholla, toilet, dan juga lahan untuk parkir. Keamanan parkir kendaraannya juga terjamin. Sehingga Anda tidak perlu khawatir, cukup nikmati liburan Anda.

Itulah sepintas gambaran dari Batu Flower Garden, taman bunga favorit serta populer di Batu saat ini. Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di sana. Begitupun dengan aktivitas beragam yang bisa Anda lakukan bersama keluarga.