Pesona Waduk Riam Kanan, Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan

Waduk Riam Kanan, danau buatan terbesar dan indah yang berada di Kalimantan Selatan. Waduk yang menawarkan pesona alamnya yang memukau sebagai tujuan untuk melepaskan penat dan Lelah.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kota Banjar, Kalimantan Selatan; Map: Cek Lokasi

Terkenal dengan julukannya sebagai Bumi Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan ini memiliki berbagai keindahan dalam kotanya. Terlebih lagi ada sebuah danau buatan bernama Waduk Riam Kanan, yang mana merupakan waduk terbesar di daerah ini. Banyak wisatawan yang datang hanya sekedar melepas penat dan bersantai menghabiskan akhir pekan. Lantas seperti apa keindahan alam waduk ini? Simak ulasannya.

Mengulik Legenda Waduk Terbesar di Kalimantan Selatan

Mengulik Legenda Waduk Terbesar
Image Credit: Google Maps (Ade Jager)

Menurut sejarah yang beredar, dahulu kala di sebuah Puncak Meratus telah tinggal dua orang bersaudara. Yang mana saudara tua bernama Utuh Pujung dan saudara muda bernama Anang. Saat itu, keduanya rajin dan senang mencari madu, garu, dan damar di daerah hutan belantara Meratus. Hanya saja kedua anak ini memiliki watak yang sangat jauh berbeda.

Saudara tuanya memiliki sifat yang keras kepala dan sangat berbeda dengan saudara mudanya. Anang merupakan anak dengan sifat yang menerima berbagai pendapat dan pandangan siapa saja. Pada suatu ketika, mereka sedang mencari madu dan bertemu dengan gadis desa yang sangat cantik. Wanita itu bernama Galuh Sakadut, yang mana sedang membawa sebuah karun berisi intan dan emas.

Sementara itu, kedua anak bersaudara ini memiliki kesepakatan untuk beradu kesaktian demi mendapatkan hati gadis cantik itu. Seketika Pujung langsung berusaha untuk memperlihatkan kekuatannya. Pujung memulai dengan tangan kirinya bergerak dan permukaan tanah mulai membelah dan beriringan dengan gemuruh air yang mengalir dari Pegunungan Meratus.

Kemudian getaran itu juga disertai dengan banyaknya bahan alam yang dikeluarkan. Seperti mangan, bijih besi, bebatuan, intan, emas, akik, kecubung, hingga buntat kalulut. Hingga akhirnya tempat ini diberikan sebuah nama atau julukan yang disebut dengan Riam Kiwa. Berbeda dengan saudara mudanya yang juga berusaha menunjukkan kesaktian yang dimiliki dalam dirinya.

Anang mulai memperlihatkan kekuatannya dengan menggerakkan tangan kanan. Hingga tiba-tiba muncul bunyi guntur yang sangat kencang. Selain itu juga disertai angin kencang, kilat menyambar, dan bahkan bumi mulai bergoncang. Ketika itu, terjadilah vulkano tektonik yang mengeluarkan berbagai isi perut bumi yang sangat melimpah.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Hujan pun mulai turun dengan derasnya. Ketika itu bumi telah membelah menjadi sungai dan Riam. Saat itu juga penduduk mulai khawatir dan merasa panik. Hingga saat itu daerah ini dikenal dengan sebutan Riam Kanan. Dikarenakan Agung menunjukkan kesaktiannya dengan tangan kanan serta aliran itulah yang saat ini dibendung dan menjadi Danau Riam Kanan.

Daya Tarik Lain yang Dimiliki Danau Riam Kanan

Daya Tarik Danau Riam Kanan
Image Credit: Instagram.com @__sandaljapit_

Danau buatan terbesar di Kalimantan Selatan ini berada di dekat area kawasan hutan. Bahkan untuk menuju lokasinya harus menempuh perjalanan yang terbilang cukup panjang. Meskipun harus melewati perjalanan yang jauh, nantinya Anda akan terkesan dengan pemandangan dari berbagai tanaman yang tumbuh dengan rindang di sekitar area Waduk Riam Kanan ini.

Dengan banyaknya tanaman yang rindang, mampu menghasilkan suasana nyaman dan tenang. Terlebih lagi menjadi sangat sejuk dan sembari ditemani suara air yang dapat menenangkan suasana hati. Tentunya hal ini menjadi daya tarik dari ketika wisatawan akan berkunjung ke kawasan wisata satu ini, yang mana jarang Anda dapatkan di area wisata alam lainnya.

Tak hanya pemandangannya yang sangat indah dan menawan, Anda juga akan disuguhkan dengan pesona yang sangat unik. Hijaunya dedaunan dari pepohonan yang ada mampu membuat udara menjadi jauh lebih segar dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk melepaskan lelah atau stres. Atau bahkan Anda dapat menjadikan lokasi ini sebagai tempat beristirahat dari hiruk pikuk di perkotaan.

Ketika mengunjungi kawasan ini, Anda akan menyaksikan hamparan air yang terbentang sangat luas dan sangat tenang. Meskipun begitu, air yang ada di danau buatan ini memiliki kedalaman yang cukup tinggi. Sehingga pengunjung yang datang ke daerah ini tidak diperbolehkan untuk berenang ataupun melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air dan hanya bisa dari kejauhan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kawasan Waduk

Kegiatan di Kawasan Waduk
Image Credit: Instagram.com @dhanie_marlonk

Waduk Riam Kanan ini posisi kawasannya berada di dekat hutan cagar alam setempat. Sehingga suasana yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini jauh lebih sejuk, segar, dan damai. Tak heran apabila, banyak pengunjung yang berdatangan ke lokasi ini. Meskipun hanya sekedar untuk menikmati keindahan alam di sekitar area danau buatan. Atau bahkan untuk bersantai saja setelah melakukan perjalanan yang panjang.

BACA:  22 Tempat Wisata di Palopo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Ketika berada di sini, Anda dapat menghabiskan waktu dengan berseru-seru sembari menaiki perahu. Untuk menggunakan perahu yang ada Anda perlu menyewa terlebih dahulu kepada pihak pengelola wisatanya. Pihaknya telah menyediakan fasilitas ini dengan tarif yang telah ditetapkan sebelumnya. Meskipun begitu harga tarif yang dibandrolnya masih ramah dikantong para pengunjung.

Dengan begitu, Anda dapat menikmati pemandangan lebih dekat di kawasan wisata ini. Selain itu, menaiki perahu ini juga dapat menjadi penghilang rasa jenuh dari berbagai aktivitas pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari. Dalam menggunakan perahu ini tentunya masih ditemani oleh pihak pengelolanya, mengingat bahwa air yang ada memiliki kedalam yang cukup tinggi.

Tak hanya itu, ketika berada di kawasan ini Anda juga dapat menjumpai berbagai lokasi yang menawan seperti Pulau Pinus, Pulau Rusa, dan Bukit Batas. Beberapa lokasi tersebut merupakan destinasi wisata lainnya yang sangat dekat dengan kawasan waduk ini. Bahkan untuk mengunjungi area wisata tersebut Anda hanya perlu memanfaatkan perahu bermesin yang telah disediakan.

Tidak berhenti sampai disitu saja, bagi Anda yang menyukai hobi memancing maka dapat menyalurkan aktivitas tersebut di area Waduk Riam Kanan. Anda dapat memiliki berbagai spot menarik untuk melakukan kegiatan itu. Hanya perlu menyewa perahu maka Anda akan langsung diantar oleh pemandu yang mana dapat membantu untuk memuaskan hobi memancing.

Bahkan lokasi kawasan ini juga menyediakan berbagai spot foto menarik yang dapat dijadikan sebagai spot instagenic. Kebanyakan pengunjung mengambil foto dengan berdiri di tepi waduk. Yang mana hal tersebut dapat membahayakan keselamatan pada diri pengunjungnya. Bila ingin mendapatkan hasil jepretan yang bagus maka usahakan untuk menangkap indahnya langit biru di siang hari.

Usahakan untuk selalu mematuhi aturan bahkan larangan yang telah dibuat. Hal itu berguna untuk menjaga Anda agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya atau berakibat buruk. Bila sudah puas mengabadikan momen, maka tak ada salahnya untuk mencicipi sajian kudapan yang dapat memuaskan lidah dan perut Anda. Bahkan kudapan ini dapat Anda nikmati untuk dijadikan oleh-oleh.

Fasilitas yang Tersedika di Waduk Riam Kanan

Fasilitas di Waduk Riam Kanan
Image Credit: Nativeindonesia.com

Untuk fasilitas yang disediakan juga sangatlah lengkap, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Mulai dari kamar mandi yang bersih, fasilitas kesehatan, jasa pemandu yang dapat membimbing Anda, berbagai rumah makan, tempat parkir, atau bahkan sebuah tempat penginapan yang nyaman. Seluruh fasilitas ini dapat Anda nikmati selama berada di kawasan wisata ini.

BACA:  Pulau Kembang, Pulau Unik Rumah Para Kera di Sungai Barito

Ketika berkunjung ke daerah ini, kemudian lupa membawa perbekalan maka tak usah takut. Dikarenakan sekitar area ini sudah banyak warung kecil yang menjual makanan, minuman, dan camilan. Tak hanya itu, telah disediakan tempat ibadah bagi Anda yang akan menunaikan ibadah. Bahkan sudah ada jasa pemandu yang dapat membantu Anda selama berada di area kawasan ini.

Tak berhenti sampai disitu, bagi Anda yang menggunakan motor atau kendaraan pribadi. Saat ini telah disediakan kawasan khusus area parkir yang dapat menjaga kendaraan Anda. Meskipun lokasinya agak curam, tetapi area parkirnya sangat luas dan tentunya cukup memadai untuk berbagai jenis kendaraan yang Anda gunakan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Waduk Riam Kanan

Alamat Waduk Riam Kanan
Image Credit: Google Maps (Dadang oscar Saptono)

Kawasan ini berada di dalam Taman Hutan Raya Sultan Adam, yang mana sudah pastinya berada di Kalimantan Selatan. Bila Anda ingin mengunjunginya, maka harus melewati beberapa trek yang berbeda. Jika berasal dari Banjarmasin, maka Anda tinggal mengikuti sepanjang Jalan Ahmad Yani yang akan mengarahkan Anda ke Kota Banjarbaru. Untuk menempuhnya diperkirakan sekitar 36 km.

Ketika sudah ada di persimpangan bundaran Banjarbaru, maka langsung ambil Jalan Ir. PHM Noor yang mana akan ditempuh sejauh kurang lebih 30 km. Setelah melalui jalanan tersebut, Anda akan menemui sebuah plang yang bertuliskan Danau Waduk Riam Kanan. Untuk kawasan atau lokasi tepatnya berada di Pelapuan Tiwingan, Kecamatan Aranio.

Sebagaimana fungsinya, waduk atau danau buatan ini berguna untuk menampung air. Tempat ini memiliki jam operasional yang terbilang lama atau cukup panjang. Untuk menikmati keindahan panorama alamnya, maka Anda hanya perlu merogoh kocek yang sangat murah. Hal ini dikarenakan kawasan wisata ini dikelola oleh pihak masyarakat setempat.

Itulah penjelasan lengkap seputar Waduk Riam Kanan. Dengan keindahan alamnya yang telah ditawarkan tak dapat dipungkiri lagi. Hal ini dikarenakan pepohonan dan hamparan air yang ada mampu menyuguhkan pesona menyejukkan mata. Selain dapat dijadikan sebagai kawasan wisata, tempat ini tetap berfungsi sebagai area pembangkit listrik atau PLTA. Keasrian lingkungan yang ditawarkan, membuat banyak pengunjung berdatangan.